Patchman : Amankan Website Anda dari Malware

Patchman : Amankan Website Anda dari Malware

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, jika website rentan terhadap serangan malware maupun hacking. Apalagi saat sebuah website berhasil diretas oleh hacker, maka dapat dipastikan data atau file penting didalamnya berpotensi hilang dan tidak dapat ditemukan. Sehingga penting bagi seorang pengelola website untuk menjaga keamanan website agar terhindar dari serangan siber. Salah satunya dengan menggunakan software bernama Patchman. Lalu, apa itu patchman? Simak selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Patchman?

Patchman adalah sebuah software yang memiliki fungsi utama untuk mengamankan website dari berbagai ancaman atau serangan siber lainnya. Karena hal tersebut seringkali website mengalami permasalahan karena infeksi malware atau virus atau adanya spamming dengan jumlah yang sangat banyak. Malware ini disebabkan karena komputer yang digunakan untuk melakukan koneksi FTP atau cPanel terkena virus.

Sehingga script malware tersebut menginjeksi beberapa file website dan dapat menyebabkan banyak masalah seperti akses yang lambat, bahkan pencurian informasi.Sebagai salah satu contoh yang sering terjadi diakibatkan fitur yang tidak update, hal ini sering terjadi pada CMS Website seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lainnya. Hal ini bisa saja memungkinkan update lama mengandung malware sehingga menyebabkan banyak masalah pada website.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Software Open Source

Manfaat dari Patchman

Ketahui terlebih dahulu manfaat dari patchman sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya pada website.

  • Mendeteksi Aplikasi Web Lama, manfaat pertama yang bisa Anda rasakan adalah patchman dapat mendeteksi aplikasi website lama. Biasanya celah yang seringkali dimasuki oleh hacker adalah script website yang sudah lama atau usang. Sehingga software ini membantu untuk mendeteksi adanya aplikasi pada web yang perlu untuk diupdate sesuai dengan platform yang Anda gunakan.
  • Mengecek Celah Keamanan, selanjutnya adalah software ini juga bermanfaat untuk mengecek celah keamanan dari website. Hal ini bisa diatasi karena patchman dapat melakukan scanning jika ada masalah atau malware yang ada pada website hanya 60 detik saja.
  • Menangani Malware, kemudian manfaat dari patchman adalah dapat mendeteksi hingga menangani malware. Ini didukung dengan keunggulannya yang dapat mengatasi serangan tersebut dengan memberikan beberapa langkah-langkah pengamanan bagi website Anda.

Fitur-Fitur dari Patchman

Sama seperti perangkat lunak lainnya, berikut ini fitur-fitur dari patchman yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Automated vulnerability patching and malware removal

Fitur ini mampu mendeteksi kerentanan ini dan dapat dengan aman menambal sistem mereka pada website yang terkena malware. Patchman akan secara otomatis mendeteksi upload malware dan langsung mengamankannya.

2. Pemantauan Secara Real-time

Patchman akan dengan cepat memberikan informasi apabila terjadi serangan yang mengenai website Anda. Selain itu juga, aplikasi ini akan memberikan informasi mengenai keterangan details tentang isu keamanan yang sedang terjadi. Hal ini bisa dilakukan karena patchman memiliki fitur pemantauan secara real-time. Dengan demikian, fitur ini bisa memantau situs web secara real-time, aktif mencari kerentana baru serta ancaman potensial pada website. Pemantauan proaktif ini memastikan bahwa situs web Anda tetap terlindungi dari ancaman siber terbaru.

3. Roll Back Changes

Fitur selanjutnya, dimana Anda tidak perlu takut kehilangan data jika serangan terjadi pada website. Karena fitur Roll Back Changes yang ada di Patchman ini secara otomatis mengembalikan setting sebelum patching dilakukan. Sehingga membuat file atau data tetap terjaga keamanannya.

4. Setup Terintegrasi

Terakhir adalah fitur setup. Dimana sistem setup pada Patchman dapat diintegrasikan dengan control panel apapun sehingga dapat digunakan secara fleksibel untuk platform website Anda. Sebagai contoh Patchman secara otomatis terintegrasi dengan cPanel, Plesk and DirectAdmin. Untuk Setup yang digunakan juga sangat mudah sehingga tidak sulit untuk memasang fitur ini.

5. Pendeteksi Kerentanan Serangan

Salah satu fitur unggulan Patchman lainnya adalah kemampuannya untuk secara otomatis menangani kerentanan serangan yang teridentifikasi. Begitu sebuah kerentanan ini terdeteksi, Patchman menerapkan patch atau perbaikan yang diperlukan tanpa memerlukan intervensi manual. Hal ini memastikan bahwa situs web dilindungi dari kerentanan yang diketahui dengan cepat.

 6. Laporan Terperinci

Didukung dengan fitur laporan terperinci yang memberikan cacatan tentang issue serangan yang terdeteksi dan tindakan yang diambil untuk menanganinya. Laporan ini memberikan informasi tentang status keamanan situs web, ini memungkinkan pemilik web tetap terinformasi dan membuat keputusan berdasarkan data.

Baca Juga: SaaS (Software as a Service): Software Berbasis Cloud Populer

Kelebihan Patchman

patchman

Setelah Anda mengetahui manfaat serta apa saja fitur-fitur dari patchman. Berikut ini kelebihannya jika Anda menggunakan software yang satu ini.

  • Meningkatkan keamanan, maksudnya adalah jika Anda menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Maka bisa dipastikan website yang Anda kelola lebih aman. Karena patchman dapat melakukan deteksi dan mengatasi celah website yang baru akan terkena serangan siber.
  • Menghemat biaya menjadi lebih efisien, kemudian software ini juga memiliki kelebihan dalam memangkas biaya menjadi lebih hemat. Mengapa demikian? karena patchman menerapkan sistem patch otomatis dimana pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apabila terjadi serangan pada website.
  • Memberikan ketenangan, salah satu yang diinginkan oleh pengguna dalam mengelola website adalah ketenangan dan rasa aman akan website yang mereka kelola. Oleh karena itu,banyak fitur yang diberikan oleh software ini untuk menjaga keamanan website Anda sehingga Anda merasa lebih tenang saat menggunakannya.

Baca Juga: Keunggulan dan Kapasitas Software as a Service (SaaS)

Penutup

Jadi kesimpulannya adalah jika Anda ingin website Anda lebih aman dari serangan malware dan berbagai serangan siber lainnya. Anda harus menggunakan software patchman untuk menjaga keamanan website. Pastikan sebelum memutuskan untuk menggunkannya Anda ketahui terlebih dahulu pengertiannya,kemudian pahami apa saja manfaatnya bagi website,fitur-fitur apa saja yang mendukungnya serta kelebihan yang ditawarkan.

Apabila Anda tertarik ingin mencoba software ini. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu lebih dalam mengenai software tersebut. Yang tidak kalah penting adalah Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda akan website terlebih dahulu ya.Patchman memiliki fitur yang berbeda-beda. Anda tidak perlu khawatir dengan kinerja dan keandalan software yang sudah kami sajikan diatas. Jika harus memilih dengan posisi Anda sebagai pemula dalam memiliki sebuah website, maka Anda bisa menyesuaikan jenis plugin mana saja yang cocok untuk digunakan. Dan pastikan software tersebut sudah aman bagi Website Anda.

Aktivitas website yang banyak ternyata bisa menyebabkan mengalami kenaikan traffic yang cukup tinggi. Sehingga Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan untuk solusi segala kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update