Perbedaan dari Kegiatan Sales dan Marketing

Perbedaan dari Kegiatan Sales dan Marketing

Pasti kalian berpikir kalau sales dan marketing itu sama sama jualan produk? Pada kenyataannya, kedua istilah itu sangat berbeda. Marketing merupakan keseluruhan dari system pada suatu kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan suatu produk, penetapan harga, penetapan cara promosi serta pendistribusian barang yang bertujuan dalam memuaskan pelanggan.

Sales adalah kegiatan yang hanya terfokus pada penjualan suatu produk serta bertujuan dalam meningkatkan penjualan produk saja. Terlihat pada penjelasan singkat diatas, bahwa proses marketing lebih panjang dibandingkan dengan sales. Sales hanya memperhatikan faktor promosi pada pemasaran bisnis mereka. Sedangkan marketing mempunyai strategi dengan istilah 7P, yaitu Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical evidence. Selain itu, pada strategi marketing mereka akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa dengan cepat memustuskan untuk membeli salah produk yang ditawarkan karena telah mengetahui kualitas dari brand tersebut.

Berbeda dengan sales, strategi sales yaitu mereka tidak terlalu mementingkan bagaimana cara untuk menjaga citra dari brand yang ia pasarkan, melainkan focus bagaimana cara mereka menawarkan produk ke pasar dengan memberi informasi apa saja yang menjadi kelebihan produk tersebut. Untuk apa mereka seperti itu? Tentunya supaya konsumen tertarik dengan produk yang mereka jual dan membelinya. Yang lebih menarik lagi, salesman tidak mau tahu apakah pelanggan menyukai dan terpuaskan dengan produk yang mereka jual atau tidak. Yang penting bagi mereka adalah produknya terjual dengan memenuhi target penjualan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Kerap kali, ada perusahaan yang menjadikan sales bagian dari marketing, tetapi tugas mereka tetap dibedakan. Tim marketing bertugas untuk menyusun strategi pemasaran sedangkan sales sebagai tim pelaksananya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update