Kenali Perbedaan Web Server dan Web Hosting!

Kenali Perbedaan Web Server dan Web Hosting!

Ketika membuat website, jika ingin situs Anda dapat diakses di internet Anda harus memahami perbedaan Web Server dan Web Hosting. Kedua istilah ini sangat penting untuk menjalankan suatu situs. Namun, apakah Anda salah satu dari orang-orang yang bingung dengan istilah-istilah seperti itu?

Jangan lewatkan artikel ini sampai akhir karena akan ada bahasan seputar perbedaan dasar antara keduanya, serta bagaimana keduanya dapat bekerja sama. Simak hingga akhir ya!

Apa Itu Web Server?

Software dan hardware web server berfungsi sebagai perantara untuk menerima permintaan dan mengirimkan hasilnya ke pengguna. Di sisi hardware, ia terhubung ke internet dan bertukar data, baik file maupun data. Tugas utama komputer pusat adalah mengirimkan data yang diminta pengguna, menghapus cache, dan memeriksa keamanan dari permintaan HTTP.

Dalam menjalankan tugasnya web server terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut jenis-jenis server web yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Web Server

Berikut ini adalah beberapa jenis server web populer yang tersedia:

  • Server File – Ini adalah jenis komputer atau perangkat penyimpanan yang dirancang untuk menyimpan file. Seorang pengguna memanfaatkan server untuk menyimpan file di jaringan.
  • Server Basis Data – Ini mengacu pada perangkat atau server yang didedikasikan untuk hosting server. Server ini memproses permintaan basis data.
  • Server Cetak – Server cetak memungkinkan untuk berbagi printer dengan beberapa komputer di jaringan yang sama.

Apa Itu Web Hosting?

Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Web hosting adalah proses hosting situs web menggunakan server. Dalam hal perangkat keras, penyedia layanan web hosting menggunakan perangkat atau komputer untuk mengalokasikan ruang bagi pengguna untuk menyimpan file mereka. Web hosting juga disebut layanan hosting. Layanan ini memungkinkan sebuah situs dapat diakses oleh pengunjung melalui internet.

Jika Anda ingin situs web Anda ditayangkan, Anda harus memiliki layanan web hosting. Perusahaan idcloudhost.com menawarkan hosting internet yang menyediakan situs web pelanggan mereka dengan komputer server. Di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis web hosting yang dapaat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Jenis-Jenis Web Hosting

Empat jenis utama hosting web yang tersedia untuk masyarakat umum meliputi:

  • Shared Hosting – Layanan hosting internet ini dapat digunakan untuk bisnis kecil, pemula, dan pekerja lepas. Layanan ini melibatkan hosting situs web pada satu server yang juga memiliki situs web lain. Membagi sumber daya, seperti inti CPU, bandwidth, dan RAM membantu menjaga biaya tetap rendah.
  • Hosting VPS – Hosting server pribadi virtual (VPS) adalah pilihan yang bagus untuk situs web yang membutuhkan lebih banyak sumber daya. Ada server fisik bersama, tetapi situs web di-host pada ruang mereka sendiri di dalam server. Pemilik situs web VPS mendapatkan lebih banyak opsi penyesuaian dan penyimpanan.
  • Hosting Khusus – Situs web Anda akan menjadi satu-satunya situs web di server jika Anda memilih hosting server khusus. Semua sumber daya akan menjadi milik Anda karena situs web Anda akan menjadi satu-satunya situs web yang ditempatkan di server. Anda akan dapat mengontrol semuanya, termasuk sistem operasi yang digunakan.
  • Cloud Hosting – Paket cloud hosting (atau shared hosting) melibatkan beberapa server jarak jauh dan selalu ada server di dalam jaringan jika salah satu server mengalami masalah dan mati. Server-server ini merupakan server yang paling skalabel sehingga pengguna dapat meningkatkan sumber daya server seiring bertambahnya pengunjung situs dan bisnis.

Dengan menggunakan layanan web hosting, pengguna yang berada di internet dapat mengakses website Anda, yang mencakup file seperti script, gambar, teks, video, dan berbagai jenis file lainnya. Fungsi utama web hosting adalah menyimpan data pada website, membuat website, membuat website toko, membuat email dengan domain sendiri, dan meningkatkan keamanan website.

Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa Web Host harus selalu terhubung ke internet sedangkan Web Server dapat terhubung ke LAN atau internet. Selain itu Web Host dapat menggunakan dan berbagi sumber daya, sedangkan Web Server hanya berbagi layanan dan sumber daya.

Berikut aspek-aspek yang memengaruhi perbedaan diantara keduanya:

Komputer atau Proses

Dari aspek komputer atau proses, Web Server adalah komputer yang digunakan untuk menjalankan situs. Sedangkan. Web Hosting mengacu pada proses yang digunakan oleh server untuk menghosting situs.

Tujuan

Server digunakan untuk menghosting situs web. Server ini hampir selalu berisi banyak situs web. Sedangkan Hosting melibatkan pembuatan situs web yang dapat diakses oleh pengunjung melalui internet.

Layanan

Server web menyediakan layanan untuk program dan perangkat dalam jaringan tertentu. Sedangkan Web Hosting memungkinkan pengguna untuk membuat situs mereka dapat diakses melalui WWW.

Penyimpanan

Server web menyimpan perangkat lunak dan file komponen yang diperlukan dari situs web. Lingkungan hosting web hanya mempublikasikan dan menggunakan server web untuk menyimpan halaman web yang akan diakses melalui internet.

Penggunaan Jaringan

Server web memproses permintaan jaringan pengguna untuk menyajikan file yang membuat halaman web yang berbeda. Hosting web menggunakan jaringan lain untuk menyampaikan kumpulan informasi yang sama.

Objektif

Tujuan utamanya Web Server adalah untuk menyimpan, memproses, dan mengirimkan halaman web ke pengguna yang berbeda. Sedangkan Web Hosting tujuan utamanya adalah untuk menyimpan semua halaman web yang berbeda di server. Layanan hosting juga menangani masalah teknis dan pengaturan.

Manfaat

Server web memungkinkan pengkodean standar, instalasi yang tidak merepotkan, pengaturan server yang disesuaikan, dan penyebaran Layanan hosting web meningkatkan keamanan dan kinerja situs web sambil memberikan dukungan teknis

Web server adalah komputer yang menjalankan situs web, sementara web hosting adalah layanan yang memungkinkan orang mengakses situs web. Fungsi web server adalah menyediakan layanan pada perangkat lain di internet, sementara web hosting memungkinkan organisasi dan bisnis menjalankan situs web mereka secara online.

Salah satu tugas utama web server adalah menyimpan, memproses, dan mengirimkan halaman web. Di sisi lain, tugas utama web hosting adalah meng-host situs web dan menjaga situs web secara keseluruhan di server mereka.

Bagaimana Keduanya Dapat Bekerja Sama?

Ketika pengguna melakukan permintaan untuk mengakses situs web, proses komunikasi antara web server dan web hosting dimulai. Middleware adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani antara web server dan web hosting sebelum permintaan tersebut dikirim ke web server.

Setelah menerima permintaan, server internet mencari file yang dimaksud dan mengirimkannya kembali ke pengguna melalui internet. Ini menunjukkan bahwa middleware memfasilitasi kerja sama antara web server dan web hosting, yang memungkinkan akses situs web yang cepat dan efektif.

Sekarang Anda lebih memahami perbedaan antara web server dan web hosting. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa web server bertanggung jawab untuk menerima dan memproses permintaan masuk halaman web dari pengguna, sedangkan web hosting adalah layanan yang bertanggung jawab untuk menghost halaman web sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui internet.

Jika Anda sedang mencari penyedia hosting yang terpercaya dan dapat diandalkan untuk membangun situs web, jawabannya ialah IDCloudHost.

Penutup

Meskipun terdengar mirip, ada perbedaan antara web host dan web server. Server web adalah komputer yang menjalankan situs web Anda, sedangkan web hosting adalah proses membuat situs web tersebut dapat diakses oleh pengguna dengan menggunakan server web.

Mengetahui perbedaan antara keduanya akan membantu Anda memahami seluk beluk web hosting yang dapat membantu Anda menjadi web developer yang lebih baik. Jika ingin membangun sebuah website, pastikan untuk memilih layanan hosting yang handal, ya! Tidak perlu bingung mencari, Anda bisa menggunakan Cloud Hosting IDCloudHost yang handal, aman, dan memiliki performa cepat dengan dukungan teknologi 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update