Mengenal Prinsip Gestalt dalam Desain Website Profesional

Mengenal Prinsip Gestalt dalam Desain Website Profesional

Ketika Anda menggunakan desain website dengan prinsip Gestalt, maka akan memberikan hasil yang lebih besar dan maksimal. Karena dengan memiliki desain website akan bisa menunjukkan kredibilitas yang Anda miliki. Dengan memiliki desain yang sesuai, akan membuat web Anda lebih mudah untuk dikenal dan dipahami.

Apa itu Prinsip Gestalt?

Gestalt berasal dari bahasa jerman yang berarti bentuk.  Prinsip Gestalt dikembangkan oleh  seorang psikolog kelahiran Austro- Hungaria Max wertheimer (1880-1943), kemudian dikembangkan oleh Wolfgang Kohler (1929), Kurt Koffka (1935), dan Wolfgang Metzger (1936). Dan prinsip ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana memandang suatu bentuk yang tunggal bersatu menjadi bentuk keseluruhan dari unsur-unsur sederhana yang terpisah.

Elemen-elemen Prinsip Gestalt

desain website profesional prinsip gestalt

Sebelum Anda menggunakan prinsip Gestalt dalam website Anda, perlu diketahui beberapa prinsip Gestalt diantaranya :

  • Simplicity

Yang pertama adalah prinsip Simplicity, simplicity ini memiliki kesan yang sederhana.  Dan desain ini menjadi acuan utama untuk bagaimana komponen tersebut dapat menjadi satu kesatuan yang sederhana dan tepat untuk digunakan. 

  • Similarity

Prinsip ini adalah tentang kesamaan atau kemiripan dalam hal tertentu. Antara bentuk, warna, dan sebagainya. Tentunya banyak yang harus diperhatikan di dalam tampilannya, dan dengan cara ini akan banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Hal terpenting adalah dalam hal memilih bentuk yang tepat agar bisa memberikan nuansa terbaik yang Anda butuhkan.

  • Proximity

Proximity ini merupakan jarak atau spasi antara satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa terlihat pada saat ketika Anda mendesain sebuah website dengan jarak antara satu kolom atau satu kategori yang tidak sama dengan yang lainnya. Dan hal ini bisa menjadi pertimbangan. 

  • Uniform

Prinsip Uniform ini dapat bisa membuat sebuah elemen bersatu dengan lainnya, bail itu warna, frame, ataupun bentuk yang signifikan lainnya yang ada didalamnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tampilan yang menarik nantinya.

  • Continuation

Dalam continuation ini, Anda akan melihat sebuah bentuk atau tema yang bergerak satu sama lain secara berkelanjutan. Biasanya berada pada tampilan website yang menggunakan slideshow.

  • Figure/ Ground

Figure atau Ground ini membuat tampilan terlihat lebih nyata dalam hal pengisian ruang-ruang negatif dan positif. Anda akan melihat bagaimana unsur tersebut menyatu dan mendapatkan banyak manfaat yang lebih besar.

  • Closure

Otak manusia akan lebih cenderung akan melengkapi sebuah objek meskipun memiliki banyak kekurangan dan tidak lengkap. Closure ini adalah ikonografi yang dilihat oleh jutaan orang pada website setiap hari. Pada website tersebut Anda akan menjumpai ikon yang mewakili jenis situasi, tindakan,  atau elemen dengan cara yang jelas, ringkas dan ringan.

  • Symmetry dan Order

Symmetry dan Order ini akan memberikan kesan yang seimbang dan harmoni ketika mata melihatnya. Dengan menggunakan Symmetry dan Order ini, Anda akan mencapai titik simetris dengan membuat keseimbangan desain.

  • Common Fate

Mata manusia cenderung melihat unsur-unsur yang bergerak ketika bersama-sama sebagai sesuatu yang terlihat mirip dengan yang lain daripada melihat unsur yang tetap diam dan tidak bergerak.

  • Focal Point

Focal Point ini hampir sama dengan Similarity, karena didukung  adanya unsur-unsur objek lainnya. 

Itulah beberapa prinsip dari Gestalt yang dapat Anda pilih, dan tentunya pemilihan yang sesuai dan tepat, akan membuat Anda mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan ketika Anda memahami prinsip dari Gestalt ini, Anda akan menemukan jawaban untuk membuat website yang baik.

Mengapa perlu untuk mendesain website dengan prinsip yang tepat?

desain website profesional prinsip gestalt

Jika ingin website Anda terlihat menarik tentu perlu mendesain website Anda supaya dapat menimbulkan kesan dan visual yang baik. Berikut ini merupakan alasan-alasan mengapa perlu untuk mendesain sebuah website :

  • Memberikan kesan visual yang baik

Desain website yang baik akan memberikan kesan yang baik pula kepada pengunjung situs web Anda. Akan tetapi ketika Anda membuat desain yang tidak menarik dan asal-asalan tentunya para pengunjung tidak tertarik untuk berlama-lama di website Anda. Dan jika hal itu terjadi, maka akan sulit untuk membuat pengunjung kembali percaya dengan bisnis Anda.

  • Memanjakan Pengalaman Konsumen

Website yang baik akan membuat pengunjung mudah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan mudah untuk menjelajah. Dengan kita membuat desain yang menarik dan tidak menjemukan maka para konsumen atau pengunjung akan merasa puas dan tahu apa yang harus mereka lakukan. Website Anda juga akan lebih mudah untuk diakses meskipun dengan navigasi yang sederhana.

  • Meningkatkan Konversi Pembelian

Ketika pengunjung merasa nyaman ketika menjelajahi website Anda, tentunya mereka sudah banyak melihat detail dari setiap produk Anda. Dengan keuntungan tersebut, tentunya pengunjung akan tertarik untuk membeli produk Anda.

  • Mempercepat Akses Website

Desain yang menarik dan baik bisa mempengaruhi kecepatan loading website Anda. Ini dikarenakan setiap elemen pada website telah dirancang dengan tepat dan juga efisien, sehingga karena hal tersebut tidak  akan menghambat laju website itu sendiri.

Dari beberapa alasan penting mengapa perlu mendesain website diatas, tentunya penting sekali sebuah desain dalam website Anda agar dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan membuat pengalaman pengunjung itu lebih terarah.

Kesalahan desain yang dapat merusak kualitas website 

desain website profesional

Berikut ini merupakan berbagai alasan yang dapat merusak kualitas website Anda :

  • Tidak memiliki target pasar

Ketika Anda ingin membangun bisnis, memiliki target pasar itu merupakan hal yang penting. Karena kita bisa mengetahui kelompok orang yang ingin diambil perhatiannya. Contohnya ketika kita menjual mainan anak-anak, tentunya desain website yang digunakan akan terlihat lucu. Ketika kita sudah mengetahui target pasarnya, maka akan lebih mudah menarik kalangan tersebut menggunakan layanan Anda. 

  • Salah Pilih Tipografi dan Warna

Terkesan sepele akan tetapi pemilihan tipografi dan warna akan berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung saat melihat situs website Anda. Pastikan website Anda menggunakan tipografi dan font yang jelas dan mudah dibaca serta nyaman dilihat. Tentunya tanpa melepaskan perhatian dari karakter brand Anda 

  • Media visual sembarangan

Seringkali kita melihat sebuah website penempatan video contohnya promosi sebuah produk yang peletakkannya tidak tertata. Ini biasanya sering kita temui setelah mengunjungi sebuah website dan iklan atau video tersebut akan muncul di kiri atau kanan bawah layar. Tentunya dengan adanya hal ini akan membuat pengunjung website merasa tidak nyaman

  • Bentuk navigasi yang rumit

Ketika pengguna masuk ke website Anda, berikan mereka navigasi yang jelas dan jangan memberi navigasi yang sulit untuk dipahami pengguna. Hanya tampilkan menu-menu yang penting  dan harus diketahui oleh pengguna.

  • Website Layout Anda Berantakan

Layout merupakan salah satu faktor yang penting untuk kenyamanan pengguna dalam menjelajah website Anda. Ketika tata letak website Anda tidak dirancang dengan baik, maka akan mengganggu bentuk navigasi yang telah ada. Dan ketika tata letak website Anda telah tersusun rapi, maka akan lebih nyaman untuk dilihat dan mudah untuk dijelajahi.

  • Website Tidak Responsive

Fitur responsive ini sangat berguna karena bisa menyesuaikan tata letak/layout saat tampil di berbagai jenis device (desktop, mobile, tablet) dengan ukuran layar yang berbeda. Dan sangat berperan ketika konsumen ingin mengakses website anda dengan berbagai jenis device. Untuk itu, diperlukan rancangan website yang baik.

  • SEO Website yang Lemah

Search Engine Optimization (CEO) sangat penting untuk berada di awal pencarian google dan bertemu mata dengan pengguna. Untuk bisa membangun CEO, Anda harus membangun artikel-artikel yang menarik terkait produk dan layanan Anda. Dan google akan mencari kata kunci yang dimasukkan ke dalam website Anda. Ketika website Anda menggunakan kata kunci yang menarik, maka akan besar peluang situs Anda berada di awal pencarian google.

Penutup

Tentunya membuat desain website yang bagus dan terstruktur akan membuat pengunjung tertarik bahkan betah berlama-lama untuk melihat berbagai produk yang Anda tawarkan di website Anda. Dan untuk membuat pengunjung lebih betah, menggunakan prinsip Gestalt akan membuat elemen bersatu dengan  yang lainnya sehingga tampak lebih menarik. 

Selain desain yang menarik, menggunakan layanan hosting yang tepat juga penting untuk website Anda, lho. Gunakan Cloud VPS dari IDCloudHost yang fleksibel, aman, dan cepat sehingga cocok untuk website bisnis Anda yang terus berkembang!

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update