Ini Alasan Kamu Wajib Pelajari Jenis-Jenis Hosting

Ini Alasan Kamu Wajib Pelajari Jenis-Jenis Hosting

Pastinya sebelum membeli hosting untuk kebutuhan bisnis kamu. Kamu harus mencari tahu dulu, mengenali dan memahami kebutuhan untuk hosting yang akan kamu beli. Hal ini penting untuk kita ketahui dengan mengetahui jenis-jenis hosting ini kita dapat dengan mudah memilih jenis paket hosting saat kita akan membeli hosting untuk situs web atau blog kamu bisa juga untuk keperluan bisnis.

Jenis-jenis Hosting Yang Perlu Kita Pahami dan Ketahui :

Sebelum lanjut menjelaskan. Bisa jadi jenis hosting dibawah ini ada beberapa lengkap di penyedia halaman ada juga yang tidak. Namun, di IDCloudhost kita menyediakan platform ini jika dibutuhkan. Marilah kita simak apa saja jenis – jenisnya.

Baca Juga : Apa itu Domain, Hosting, dan VPS?

Shared Hosting

Shared hosting merupakan istilah yang kita gunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Di Shared web hosting merupakan jenis pilihan yang termurah dan paling terjangkau dari web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server. Disini banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan paket shared hosting / cloudhosting dengan harga yang sangat terjangkau berkisar dari $1 per bulan dan juga $6 per bulan. Nah karena harganya yang murah, shared web hosting cukup ideal bagi kamu yang memiliki usaha kecil, blog pribadi, dan situs web portofolio.

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting teknologi terbaru yang mungkin belum dapat kita temui pada semua penyedia layanan web hosting. Ada beberapa yang belum menyediakannya. Nah Cloud hosting sendiri adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja tapi juga menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara.
Maka dari itu, hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman dan menjadi pilihan saat ini karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan. Luarbiasa bukan ?

Layanan Cloud Hosting IDCloudhost

Cloud hosting juga menjelaskan metode mengkonfigurasi server dalam berbagai cara yang fleksibel untuk memungkinkan kerja web yang paling terjangkau, terstandar dan terukur, serta dapat diandalkan dalam infrastruktur web yang dibangun. Perlu diketahui cloud hosting sedikit memiliki harga yang lebih mahal dibanding paket shared hosting, dan juga ada biaya yang dikenakan ada yang tergantung pada seberapa sumber daya yang kamu gunakan, Nah perlu diingat layanan ini akan cocok bagi situs kamu yang seantiasa berkembang setiap waktu dan juga menggunakan cloud hosting tentunya sangat mudah saat membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

Apa itu WordPress Hosting

WordPress Hosting istilah ini muncul dan bermaksud adalah layanan atau sebuah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress. Nah banyak yang tahu tentunya bahwa WordPress merupakan platform website terpopuler dan menguasai seluruh jenis platform yang ada saat ini. Maka dari itu banyak penyedia layanan hosting kemudian membangun server mereka khusus yang diperuntukkan kepada para pengguna WordPress dan juga perusahaan hosting contohnya Bluehost memiliki paket hosting khusus untuk menjalankan WordPress dengan WooCommerce.

Salah satu kelebihan menggunakan hosting jenis ini dibanding dengan hosting lain saat kamu menjalankan WordPress adalah pada sisi server yang sudah di optimalkan secara khusus supaya WordPress bisa berjalan dengan baik. Beberapa manfaat lainnya :

  1. Kamu bisa meng-update situs otomatis / WordPress.
  2. Ada fitur Backup harian / mingguan otomatis.
  3. Dalam prosesnya, ada pengoptimalan kecepatan terpasang melalui jaringan caching dan CDN.
  4. Memiliki Mekanisme keamanan terintegrasi dioptimalkan untuk WordPress.
  5. Adanya optimasi database built-in untuk WordPress.

Dan masih banyak lainnya. Namun cukup diketahui, harga hosting jenis Managed WordPress Hosting ini memang lebih mahal dibanding shared hosting dan bisa setara dengan harga VPS hosting.
Tertarik mencoba ?

Mengenal VPS Hosting

VPS hosting merupakan singkatan untuk Virtual Private Server hosting. Dimana Virtual Private Server hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Adanya konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting. Maksudnya adalah dalam satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Tapi hal yang perlu ditekankan, teknologi virtualisasi ini dapat memungkinkan setiap account musti diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.

Sebagai contoh: Dalam lingkungan dan lingkaran shared hosting semua klien berbagi sumber daya dari komputer yang sama. Kebanyakan penyedia layanan shared hosting memiliki skrip / system coding yang membatasi sumber daya masing-masing klien, sehingga tidak ada satu klien yang menggunakan semua sumber daya. Dalam hal ini, klien tidak dijamin sumber daya komputasi yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak klien yang menggunakan sumber daya pada saat yang sama.

Dalam pandangan lain, VPS hosting sendiri dapat menjamin sumber daya yang tersedia untuk klien dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Hal ini memberikan klien dengan lingkungan hosting yang jauh lebih stabil dengan sedikit atau tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia. Bila kamu pernah menggunakan program seperti Microsoft Virtual PC, VMWare Player, workstation, dan lainnya. Maka kamu telah menggunakan konsep yang sama pada komputer itu. Perangkat lunak tersebut memungkinkan kita untuk melakukan hal yang sama pada komputer pribadi kita dengan memungkinkan kita untuk “jadi” menjalankan lingkungan sistem operasi lain di atas salah satu yang sudah diinstal.

Kebanyakan orang menggunakan teknologi ini pada komputer pribadi terutama untuk test atau untuk menjalankan software dan website di lingkungan yang berbeda tanpa menimbulkan biaya untuk membeli komputer baru. Kemudian VPS Hosting sangat disarankan juga kepada kamu yang memiliki traffic yang tinggi pada blognya terutama yang berprofesi sebagai blogger mengingat kelebihan yang dimiliki.

Layanan VPS Murah IDCloudHost

Mengenal Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan sebuah paket web hosting yang menyediakan resource server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien bersifat tunggal. Maksudnya Dedicated hosting ini ideal untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat besar sekali. Nah, banyak juga Penyedia Layanan WordPress hosting menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

Misalnya nih, dalam rencana shared hosting, klien berbagi komputer dengan banyak klien lain. Dalam kasus hosting VPS plan, klien berbagi mesin tetapi bukan sumber daya dengan klien lain pada komputer yang sama. Disisi lain, rencana hosting khusus klien yang sewa seluruh server dengan semua sumber dayanya. Perusahaan web hosting menawarkan paket yang berbeda untuk Dedicated hosting. Harga juga didasarkan pada pilihan klien pada hardware dan alokasi sumber daya.

Dedicated hosting sangat ideal untuk organisasi besar atau situs dengan lalu lintas yang sangat besar, misalnya perusahaan media online, startup dengan banyak klien. Di Dedicaterd Server klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Dedicated Hosting Plan juga tersedia dalam bentuk dikelola dan unmanaged mana pusat hosting dapat mengelola server untuk klien dalam kasus masalah. Dedicated server Managed umumnya lebih mahal. Harga ini juga dipengaruhi oleh jumlah sumber daya yang dibutuhkan seperti bandwidth, ruang penyimpanan, dan jumlah RAM, antara lain.

Layanan Dedicated Server IDCloudhost

Biaya tambahan untuk dedicated server juga mencakup beberapa paket perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan server. Lalu kamu perlu tahu nih, perangkat lunak tersebut dapat mencakup lisensi untuk Windows. Kita bisa menambahkan beberapa layanan tambahan untuk server kamu dengan kustom yang sesuai yang diinginkan.

Jadi sudah tahu nih memilih hosting yang mana ?

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update