Mengenal Threads by Instagram, Aplikasi Saingan Twitter!

Mengenal Threads by Instagram, Aplikasi Saingan Twitter!

Belakangan ini, para netizen ramai membicarakan platform media sosial terbaru yang semakin banyak penggunanya. Peluncuran aplikasi Threads yang kini sudah bisa diunduh dan digunakan secara umum membuat banyak orang ingin mencoba dan menjadikan platform yang satu ini sebagai sorotan. Apalagi, aplikasi ini disebut-sebut sebagai media sosial yang akan menggantikan Twitter.

Apakah Anda sudah atau tertarik membuat akun di aplikasi ini? Dalam artikel ini, kita akan mengenal platform media sosial yang satu ini lebih dekat. Mulai dari keunggulan, fitur, hingga perbedaannya dengan Twitter. Penasaran? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, ya.

Apa Itu Threads by Instagram?

Threads adalah aplikasi media sosial yang dikembangkan oleh Meta. Aplikasi ini telah menjalani proses pengembangan selama berbulan-bulan dan rumor rilis yang dinanti-nantikan banyak calon pengguna. Platform yang satu ini akhirnya resmi diluncurkan pada tanggal 5 Juli 2023 di 100 negara. Mulai dari Amerika Serikat, Australia, New Zealand, Indonesia, Kanada, dan lain-lain. Namun, saat ini aplikasi tersebut belum bisa diakses di Uni Eropa.

Threads memiliki fungsi yang kurang lebih mirip dengan Twitter. Dengan media sosial yang satu ini, Anda bisa berbagi dengan pengguna lain menggunakan teks, gambar, dan video. Saat ini, media sosial milik Meta ini hanya bisa digunakan di Android dan iOS serta harus terhubung dengan akun Instagram pengguna.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Followers Instagram untuk Bisnis Anda

Perbedaan Threads dengan Twitter

Perbedaan Threads dengan Twitter

Threads baru saja diluncurkan sebagai pesaing aplikasi Twitter oleh Meta. Meskipun disebut sebagai kloningan Twitter, Threads memiliki beberapa perbedaan yang signifikan dengan aplikasi milik Elon Musk tersebut.

1. Cara Mendaftar

Salah satu perbedaan utama adalah cara pendaftaran. Untuk menggunakan Threads, pengguna harus memiliki akun Instagram. Saat membuat profil baru di aplikasi ini, pengguna memiliki opsi untuk mengimpor informasi dari akun Instagram, seperti bio, foto profil, link, dan verifikasi centang biru.

Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah mengikuti akun yang telah diikuti di Instagram. Di sisi lain, pengguna Twitter memiliki berbagai opsi untuk membuat akun baru, baik melalui pendaftaran biasa, login menggunakan akun Google atau Apple yang sudah ada.

2. Jumlah Karakter

Karakteristik lainnya adalah jumlah karakter yang dapat digunakan. Pengguna dapat mengunggah postingan media sosial dengan teks hingga 500 karakter. Mereka juga dapat membagikan foto, GIF, dan video dengan durasi hingga lima menit.

Sementara itu, Twitter memiliki batasan karakter hingga 280 karakter untuk pengguna reguler. Pengguna yang berlangganan Twitter Blue dapat mencuit dengan lebih banyak karakter, hingga 25.000. Selain itu, pengguna Twitter juga dapat menyematkan polling di cuitannya.

3. Trending Topic dan Timeline

Perbedaan lain terletak pada tampilan timeline dan fitur trending topic. Di Threads, konten yang diunggah disebut sebagai thread, sedangkan di Twitter disebut tweet. Aplikasi ini memiliki satu timeline yang berisi thread dari akun yang diikuti dan rekomendasi dari algoritma.

Saat ini, belum ada opsi untuk menampilkan thread secara kronologis atau tab yang hanya menampilkan thread dari akun yang diikuti. Sementara itu, Twitter memiliki dua tab, yaitu Following yang menampilkan tweet dari akun yang diikuti secara kronologis, dan For You yang menampilkan tweet dari akun yang diikuti dan direkomendasikan secara acak. Threads belum memiliki fitur Trending Topic, tetapi Meta berencana untuk menambahkan lebih banyak fitur di masa depan untuk membantu pengguna menemukan thread dan content creator yang diminati.

4. Cara Upload

Pengguna Threads memiliki kemampuan untuk membuat utas seperti di Twitter dengan menekan tombol enter sebanyak tiga kali untuk menambahkan thread berikutnya. Di Twitter, pengguna cukup menggunakan tombol “+” di sudut kanan bawah untuk menambahkan tweet berikutnya.

Saat diluncurkan, Threads belum menyertakan fitur draf untuk menyimpan thread yang sedang ditulis, yang berbeda dengan Twitter yang telah memiliki fitur draf. Pengguna Twitter juga dapat menjadwalkan tweet yang akan diposting melalui versi web.

5. Direct Message

Berbeda dengan Twitter, saat ini pengguna Threads belum dapat berkomunikasi secara pribadi karena belum ada fitur pesan langsung (DM). Namun, pengguna Threads dapat dengan mudah mengakses profil Instagram orang lain melalui aplikasi.

Baik Threads maupun Twitter memiliki fitur yang membantu pengguna mengendalikan percakapan. Pengguna dari kedua media sosial ini dapat memilih siapa yang diizinkan untuk membalas postingan mereka, mulai dari semua orang, hanya orang yang diikuti, atau orang yang disebutkan.

6. Iklan

Threads saat ini tidak menampilkan iklan di platformnya. Meskipun Meta berencana untuk memonetisasi platform ini di masa depan, fokus utamanya saat ini adalah menarik sebanyak mungkin pengguna. Di sisi lain, Twitter menampilkan iklan dalam bentuk cuitan yang muncul di timeline, baik di tab For You maupun Following. Pengguna yang berlangganan Twitter Blue dijanjikan akan melihat lebih sedikit iklan di timeline mereka.

7. Data Pengguna

Saat Threads pertama kali diluncurkan, ada perhatian dari pengguna Twitter terkait jenis data pribadi yang dikumpulkan oleh aplikasi ini. Selain data umum seperti kontak, lokasi, dan riwayat pencarian, Threads juga mengumpulkan data yang lebih sensitif seperti “kesehatan dan kebugaran” serta informasi keuangan. Twitter juga mengumpulkan data pengguna seperti riwayat pembelian, info kontak, riwayat penelusuran, dan lain-lain yang umum dalam hal pengumpulan data.

Baca Juga: 5 Strategi Tingkatkan Penjualan di Instagram

Keunggulan Threads

Keunggulan Threads

Setelah memahami apa itu Threads dan perbedaannya dengan Twitter, Anda tentunya harus tahu apa saja keunggulan platform yang satu ini. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tampilan Sederhana

Threads menampilkan antarmuka yang sederhana dengan dominasi warna hitam dan putih. Terdapat lima menu utama dalam Threads, yaitu lini masa, pencarian, pembuatan postingan, aktivitas, dan profil pengguna.

Pada menu lini masa, setiap postingan dilengkapi dengan tombol tindakan yang mirip dengan Twitter, seperti “Reply”, “Repost/Quote”, “Like”, dan “Share”.

Threads juga menyediakan fitur filter untuk menghindari tampilan postingan dengan kata-kata tertentu di lini masa. Terdapat juga berbagai fitur lainnya yang mirip dengan Twitter.

2. Jumlah Karakter Lebih Banyak

Kelebihan lain dari Threads adalah kemampuannya untuk membuat postingan dengan jumlah karakter yang lebih panjang. Pengguna dapat membuat postingan hingga 500 karakter di Threads. Sementara itu, di Twitter, pengguna biasa memiliki batasan 280 karakter, sementara pengguna yang berlangganan Twitter Blue dapat membuat postingan hingga 4.000 karakter.

3. Pengguna Biasa Dapat Muncul di Timeline Publik

Postingan dari pengguna biasa yang belum terverifikasi masih dapat dengan mudah muncul di lini masa publik Threads. Ini memungkinkan suara dan postingan dari pengguna dengan jumlah pengikut yang sedikit untuk dengan mudah ditemukan di lini masa publik.

Keterbukaan lini masa ini menjadi salah satu keunggulan Threads, karena pengguna dapat membaca dan mendapatkan postingan dari berbagai pengguna.

Berbeda dengan Twitter, di mana postingan dari pengguna yang terverifikasi atau yang berlangganan Twitter Blue lebih diprioritaskan.

4. Tidak Perlu Mendaftar Akun Baru

Salah satu kelebihan Threads adalah tidak perlu membuat akun baru untuk mengaksesnya. Media sosial yang satu ini terhubung langsung dengan akun Instagram. Pengguna dapat menggunakan akun Instagram yang sudah ada untuk masuk ke Threads, dan bahkan mengimpor profil akun Instagram mereka ke dalam aplikasi.

5. Fitur Istirahat Sejenak

Threads juga menghadirkan fitur “Istirahat Sejenak” yang telah ada di Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur peringatan istirahat sejenak, yang akan mengingatkan mereka untuk beristirahat setelah menggunakan aplikasi ini dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

6. Bebas Iklan

Kelebihan lain Threads dibandingkan Twitter adalah saat ini Threads belum menyertakan layanan iklan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membaca postingan tanpa adanya gangguan iklan seperti yang sering muncul di Twitter.

Cara Download Threads

Anda yang merupakan pengguna Android dan iOS sudah bisa mengunduh Threads di smartphone Anda. Namun, pastikan kata kunci yang Anda masukkan adalah Threads by Instagram. Karena jika tidak, bisa saja Anda salah mendownload aplikasi lain dengan nama serupa.

Sebelum mulai menggunakan Threads, pastikan Anda sudah memiliki akun Instagram yang aktif. Hal ini karena Threads harus terhubung ke akun Instagram dan nantinya username Anda akan disamakan dengan username Instagram. Berikut langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh aplikasi yang satu ini:

  1. Masuk ke Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Masukkan Threads by Instagram di kolom pencarian.
  3. Jika sudah memastikan aplikasi yang ingin didownload benar, tekan tombol Install untuk mengunduhnya.
  4. Tunggu hingga proses download dan instalasi selesai.
  5. Setelah itu, buka aplikasi Threads di ponsel Anda dan klik Login.
  6. Akan muncul pilihan Import from Instagram. Setelah itu, atur privasi apakah Anda ingin akun Anda terbuka secara publik atau privat.
  7. Selanjutnya, akan tampil beberapa saran akun yang Anda follow di Instagram. Jika ingin memfollow mereka di Threads, Anda bisa klik ikuti. Jika tidak, Anda bisa klik tanda panah di pojok kanan atas.
  8. Setelah semuanya selesai, klik Gabung ke Threads.

Baca Juga: Mengenal Strategi Instagram Marketing Terbaru Tahun 2023

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Threads. Apakah Anda berminat untuk menggunakan aplikasi media sosial yang satu ini? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui tentang Threads atau butuh perbandingannya dengan Twitter.

Jika ingin mengembangkan bisnis, tentunya Anda harus memaksimalkan aktivitas marketing di berbagai media sosial termasuk Threads. Selain itu, memiliki website juga tak kalah penting, lho! Gunakan Cloud Hosting dari IDCloudHost yang cepat, handal, dan cocok untuk bisnis Anda yang terus berkembang.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update