Tips Bisnis Kue Kering di Bulan Ramadhan 2023

Tips Bisnis Kue Kering di Bulan Ramadhan 2023

Tak terasa sebentar lagi bulan puasa akan tiba. Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, baik dari segi pahala maupun peluang bisnis. Salah satu peluang bisnis yang menguntungkan di bulan Ramadhan adalah bisnis makanan, contohnya seperti bisnis kue kering yang banyak diincar apalagi jika mendekati idul fitri. Di bulan ramadhan, kuliner menjadi incaran utama semua orang. Maka tak heran bisnis kuliner sangat melejit di masa ramadhan.

Walaupun terdengar menguntungkan, tapi tentu saja berjualan memerlukan tips dan trik nya sendiri. Tak hanya tips membuat kue kering agar lezat dimakan, tips bisnis yang lainnya pun juga harus diketahui. Dengan menguasai tips bisnis ini, bulan Ramadhan kali ini bisa mendatangkan banyak cuan. 

Tips Bisnis Kue Kering

Ketika memulai bisnis, tentunya tujuan dari setiap orang adalah memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Agar mendatangkan banyak untung, maka berikut tips untuk jualan kue kering.

Ikuti Selera Masa Kini

Cari tau dan lakukan riset pasar untuk dapat mengetahui produk apa yang sedang populer di masa sekarang. Riset ini bisa dilakukan dengan melihat sosial media. Dimana produk yang banyak dinimati akan sering dijumpai di media sosial. Buat kue kering yang sedang banyak dicari di masa sekarang agar produk bisa dikenal dan laris manis. 

Jika riset sudah dilakukan, maka jenis kue kering yang akan dibuat dapat ditentukan. Sedikit improvisasi, modifikasi, maupun pengembangan terhadap resep pun bisa dilakukan agar produk bisa berbeda di bandingkan produk yang lainnya. Hal ini juga dapat menggaet banyak pelanggan yang penasaran dengan rasa baru.

Memasarkan Kue Kering Secara Digital

Apa jadinya jika kue kering yang sudah sudah sesuai trend dan siap dijual malah tak memiliki metode pemasaran yang tak sesuai, tentu saja akan berakhir tak laku dan bisnis pun gagal. Pemasaran yang baik dapat dilakukan melalui media sosial, apalagi di zaman digital ini. Poster-poster menarik tentang produk bisa menjadi penunjang marketing bisnis kue kering. 

Tak hanya poster, video kreatif dan foto yang aesthetic sangat bisa membantu promosi bisnis kue kering. Feeds Instagram yang memikat pun dapat mendatangkan banyak pelanggan. Dengan promosi kreatif seperti ini, tentu saja produk kue kering dapat memikat banyak audiens di media sosial.

Marketing interaktif pun dapat dilakukan dengan meminta pelanggan untuk melakukan mention akun media sosial bisnis ketika sudah membeli, hal ini bisa menyebarluaskan jualan. Bahkan giveaway, promo, ataupun voucher dapat diberikan pula untuk menambah ramai trafic akun bisnis. 

Memasarkan Produk di E-commerce

Selain melalui media sosial, kue kering juga dapat dipasarkan melalui e-commerce. Teknik pemasaran ini bisa menjangkau area yang lebih luas. Tak hanya dalam satu daerah saja, kue kering pun bisa dikirim ke seluruh Indonesia melalui metode pemasaran ini. Tentu saja untung yang banyak bisa didapatkan.

Tentu saja untuk bisa memasarkan kue kering melalui e-commerce, banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Selain sudah harus terkenal sehingga bisa terdengar ke pembeli di luar daerah, pelaku bisnis juga harus menyiapkan modal lebih untuk produksi agar lebih tahan lama, packing agar tahan dikirim di jalan, hingga biaya tak terduga lainnya.

Untuk biaya pengiriman, biasanya akan ditanggung oleh e-commerce, tapi dengan beberapa syarat. Tentu saja hal ini harus diurus dulu oleh pelaku bisnis. Tapi sebanding dengan biayanya, untung yang banyak juga bisa diraup, bahkan bisnis kue kering rumahan bisa menajadi brand sendiri dengan teknik marketing ini. 

Memasarkan Kue Kering Secara Konvensional

Jika tadi membahas pemasaran digital, maka kali ini pemasaran konvensional pun akan dibahas. Tak hanya pemasaran secara digital, pemasaran secara konvensional pun dapat membantu bisnis. Salah satu contoh pemasaran konvensional adalah seperti menitipkan kue kering di pasar ramadhan, kedai-kedai, atau berjualan di lapak yang sudah dipersiapkan. Teknik pemasaran ini cukup manjur karena ketika bulan puasa, banyak orang yang berkunjung ke pasar ramadhan atau kedai konvensional, melalui ini, bisnis kue kering pun dapat dikenal dan dicoba pembeli. 

Kemampuan Membuat Kue Kering yang Baik

Sia-sia saja semua teknik marketing jika hal penting ini terlewat. Sebagus apapun teknik pemasaran, tentu saja rasa dan kualitas dari sebuah kue kering juga harus menjadi prioritas yang paling utama. Untuk itu, penjual harus belajar cara membuat kue dengan benar. Entah itu melalui kursus atau otodidak. 

Menyiapkan Packaging yang Cantik

Faktor yang satu ini juga menunjang suksesnya bisnis kue kering. Selain bisa menjaga kualitas kue, packaging juga bisa mempercantik tampilan kue pun bisa menjadi ciri khas dari suatu bisnis kue itu sendiri. Maka untuk itu, rencanakan packaging yang cantik namun juga berguna untuk menjaga kualitas kue. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kue Kering di Bulan Ramadhan?

Tips Bisnis Kue Kering di bulan ramadhan

Bisnis kue kering dapat dimulai dari rumah. Pelaku bisnis bisa membuat kue sendiri atau bahkan menjadi reseller dari penjual lain. Tentu saja jika ingin memulai bisnis kue kering dengan proses produksi sendiri maka artinya akan banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti peralatan masak hingga packagingnya, tapi menjual kue kering sebagai reseller juga memerluka banyak persiapan. Seperti pemasaran digital, pemasaran konvensional, hingga biaya-biaya yang perlu dikeluarkan. 

Rencana bisnis harus disusun secara matang, apalagi jika sudah mendekati idul fitri yang mana permintaan kue kering melonjak di saat seperti itu. Atau jika tidak ingin biaya produksi menjadi mahal, pelaku bisnis bisa mengadakan sistem PO atau pre-order. Sistem PO ini mengharuskan pembeli untuk melakukan DP terlebih dahulu baru kemudian melunasi ketika barang sudah jadi. DP yang dibayarkan ini dapat membantu penjual untuk memproduksi kue kering tanpa harus mengeluarkan dompet sendiri. 

Seperti yang sudah disebutkan pula sebelumnya, teknik pemasaran pun harus dipersiapkan. Siapkan media sosial atau e-commerce khusus bisnis kue kering atau siapkan lapak atau kedai untuk berjualan. 

Contoh-contoh Kue Kering

memulai bisnis kue kering

Ada banyak sekali macam jenis kue kering. Mulai dari yang awam di telinga orang Indonesia hingga yang hanya muncul di berbagai rumah saja. Berikut contoh-contoh kue kering yang bisa menjadi rekomendasi untuk bisnis kue kering ramadhan 2023 kali ini.

  • Kue Sagu Keju

Kue kering ini adalah kue kering yang awam di telinga orang Indonesia. Rasanya manis tapi terasa gurih juga, kue ini pun rapuh hingga terasa lumer di mulut. 

  • Kue Putri Salju

Bentuk bulan sabit dan gula tepung menjadi ikon dari kue ini. Kue ini bertekstur padat, namun langsung lembut turut luruh dengan gula tepung saat masuk ke dalam mulut. 

  • Kue Nastar

Siapa yang tak kenal kue ini ketika lebaran? Kue manis dengan isian selai nenas ini adalah ikon dari lebaran. Asam, manis, dan juga asin dari toping kejunya membuat kue ini banyak disukai semua orang.

Penutup

Bisnis kue kering ketika lebaran memang menguntungkan. Tak salah untuk dicoba pada lebaran tahun ini. Diharapkan dengan tips yang telah dipaparkan, bisnis dapat menjadi sumber rezeki di bulan yang suci. 

Agar dapat menjangkau lebih banyak pembeli, tentunya Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Gunakan Website Instant IDCloudHost untuk membuat Landing Page dan Bio Link yang dapat menunjang kegiatan marketing Anda di media sosial. Dengan ratusan template yang menarik, landing page dan bio link bisa Anda buat dengan mudah tanpa perlu banyak konfigurasi!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update