Tips Meningkatkan Followers Instagram 2023

Tips Meningkatkan Followers Instagram 2023

Saat ini, semua orang yang pasti menggunakan media sosial Instagram. Dilansir dari datareportal, total pengguna Instagram terhitung januari 2023 berjumlah sebanyak 1,318 miliar atau 16,5%. Ini menunjukkan bahwa semakin banyaknya pengguna Instagram, membuat media sosial yang satu ini bukan hanya menjadi platform sosial untuk hiburan, berinteraksi atau berbagi peristiwa saja.

Interaksi dalam Instagram secara umum bergantung pada jumlah followers akun kita, terlebih apabila Anda berkeinginan menjadikan seorang selebgram. Berminat menjadi selebgram? simak tips meningkatkan followers Instagram berikut ini!

Apa Itu Instagram?

Instagram adalah platform media sosial yang digunakan sebagai media untuk berbagi foto serta video. Akan tetapi saat ini Instagram bisa dijadikan sebagai platform untuk menambah pundi-pundi uang, bukan hanya sebagai hiburan. Selain itu, Instagram juga dijadikan berbagai brand sebagai alat untuk mempromosikan brand mereka.

Tetapi untuk menjadi brand yang berpengaruh, tentu tidak bisa mengandalkan akun instagrmannya saja. Brand harus menciptakan eksitensi mereka di platform tersebut. Hal tersebut membutuhkan followers agar interaksi bisnis dan pengaruh konten yang mereka buat menguasai pasar. Karena itu, brand juga perlu meningkatkan followers instagram mereka.

Semakin banyaknya followers Instagram yang kamu punya, maka akan semakin terbuka juga peluang untuk melakukan interaksi dengan followersmu yang merupakan target pasarmu juga. Dengan begitu, semakin luas pengaruh atau influence yang bisa kamu berikan kepada orang-orang yang mengikuti akun Instagram kamu.

7+ Tips Meningkatkan Followers Instagram

Tips Meningkatkan Followers Instagram

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan followers Instagram, yaitu:

Rutin Mengunggah Konten/Feed

Pertama adalah Anda harus rutin mengunggah feed Instagram pada waktu yang tepat. Dilansir dari socialpilot, waktu terbaik untuk mengunggah feed seperti dari pukul 6-9 pagi, 12-2 siang, dan pada sore hari diantara jam 5-7 sore. Hal yang perlu untuk diperhatikan adalah jenis konten yang akan Anda unggah. Pastikan bahwa postingan tersebut sesuai dengan brand akun Instagram yang ingin kamu bangun.

Dengan kata lain, pastikan postingan Anda secara keseluruhannya berpusat di satu tema atau konsep. Misalnya Anda ingin menjadi influencer di bidang pendidikan, maka fokuskan unggahan Anda pada konten-konten yang berkaitan dengan pendidikan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki target audiens yang jelas. 

Selain itu untuk meningkatkan followers Instagram, Anda juga harus memperhatikan kualitas konten yang diunggah. Konten yang akan Anda unggah akan lebih bagus lagi bila kontennya unik dan kreatif. Meskipun tidak mudah karena memang harus terus menerus bekerja keras dan berpikir secara berkala untuk membuat konten yang menarik, tetapi bila dilakukan terus menerus dan mengunggahnya secara konsisten, pasti akan mendatangkan hasil yang diinginkan. 

Jangan Mengunci/Memprivate Akun

Akun yang bisa dilihat oleh publik akan lebih mudah menjangkau banyak orang dibandingkan dengan akun yang dikunci (private). Apabila kamu mengunci akunmu, berarti orang-orang yang bisa melihat akun Anda hanyalah orang-orang yang mengikuti Anda saja. 

Untuk meningkatkan followers Instagram, yang Anda perlukan adalah exposure yang bisa Anda dapatkan saat akun dibuka untuk umum. Karena postingan yang berasal dari akun yang diprivate kamberpotensi tidak masuk ke dalam eksplor IG yang memungkinkan publik untuk melihat akun Anda. 

Gunakan Hashtag

Hashtag adalah tagar (tanda pagar) bisa diartikan sebagai label untuk konten. Hashtag mulai digunakan pada tahun 2007 setelah dibuat oleh Chris Messina, seorang web marketing specialist Twitter sebagai penanda bagi tweets yang membahas topik yang sama.

Beranjak dari twitter, hashtag kemudian diimplementasikan ke hampir seluruh sosial media yang ada sekarang seperti Facebook, TikTok dan tak tertinggal pula Instagram. Saat Anda akan mengunggah konten, selain membuat caption yang well written, ada baiknya Anda juga menambahkan tagar yang populer dan menarik tetapi tetap sesuai konteks agar postingan Anda bisa menjangkau banyak pengguna.

Sebelum menggunakan tagar, sebaiknya Anda riset lebih dulu tagar populer yang sesuai dengan konten. Dalam satu caption, sebaiknya Anda menggunakan sekitar 3-5 hashtag yang sesuai dengan konten agar bisa menjangkau audiens yang tepat.

Menulis Caption yang Menarik

Dalam Instagram, setelah seseorang melihat postingan (foto/video) yang kita gambar, selanjutnya mereka akan memperhatikan caption dibawahnya. Karena itu, agar tetap mempertahankan perhatian ke postingan kita, bagusnya kita turut membuat caption yang menarik dan kreatif, bukan hanya dipostingan saja. Sebaiknya, caption tidak perlu terlalu panjang tetapi singkat dan padat. Untuk meningkatkan followers Instagram, tulislah caption dengan menambahkan titik-titik dan jarak agar orang merasa penasaran. 

Rutin Menggunakan Fitur-fitur Instagram

Instagram memiliki banyak fitur-fitur seperti lokasi, music, poll, dll. Baiknya saat mengunggah feed atau snapgram, gunakan fitur-fitur tersebut agar postingan Anda menjadi lebih unik dan banyak menjangkau publik yang berpotensi untuk mengikuti akun Anda.

Mengoptimalkan Bio Instagram

Dengan mengisi bio Instagram informasi akun Anda akan lebih lengkap. Dengan begitu, algoritma Instagram dapat memunculkan akun Anda saat pengguna lain mencari tentang satu topik di Instagram. Mengoptimasikan bio di Instagram juga bisa membantu verifikasi akun agar tidak dianggap sebagai akun spam,  fake, dan lainnya.

Bangun Interaksi dengan pengguna lain

Untuk meningkatkan followers Instagram, Anda juga harus konsisten berinteraksi dengan pengguna lain. dipostinganmu sendiri ataupun di akun lain yang lebih banyak pengikutnya atau yang sudah centang biru. Hal ini bertujuan agar pengikut serta pengguna lain mengetahui bahwa akun Instagram Anda aktif.

Interaksi yang paling ampuh untuk mendapatkan followers adalah dengan berkomentar dan membalas komentar. Misalnya ada salah satu postingan dengan jumlah like yang banyak, Anda bisa memberikan komentar unik yang sesuai dengan topik. Interaksi dengan pengikut yang memberikan komentar di postingan Anda juga diperlukan untuk mempertahankan engagement dengan followers.

Kolaborasi dengan kreator populer

Terakhir, cara untuk meningkatkan followers Instagram adalah dengan berkolaborasi dengan user Instagram lain yang populer. Sebelum mengajukan kolaborasi, sebaiknya Anda melakukan riset dulu untuk memilih kreator yang tema/konsep Instagramnya sesuai atau berhubungan dengan konsep/tema Instagram yang kamu punya. Diskusikan juga bentuk kolaborasi seperti apa yang diinginkan dengan baik hingga kedua pihak mendapatkan dampak positif dari kerja sama tersebut.

Penutup

Nah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan followers Instagram. Singkatnya, pastikan untuk membranding Instagram secara konsisten dengan rutin mengunggah konten-konten yang unik dan orisinil pada waktu-waktu tertentu. Untuk terus meningkatkan followers, Anda juga harus ingat untuk jangan mengunci akun Anda dan rutin berinteraksi dengan pengguna lain.

Bagi Anda yang menggunakan Instagram sebagai media promosi bisnis. Tentu memerlukan biolink agar praktis bukan? Jangan khawatir, Anda bisa gunakan Website Instan dari IDCloudHost yang memudahkan Anda untuk membuat bio link dengan ratusan template gratis sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update