Membangun Website Company Profile yang Menarik

Membangun Website Company Profile yang Menarik

Di zaman yang serba canggih, cepat dan kemudahan akses yang tidak terbatas, sebuah bisnis atau perusahaan dituntut agar lebih maju mengikuti perkembangan tersebut. Salah satunya adalah menggunakan media online seperti website untuk memberikan informasi dan juga melakukan penjualan.

Website menjadi penunjang profesionalitas dan kredebilitas sebuah bisnis atau perusahaan mengingat kebiasaan masyrakat yang selalu mengandalkan internet sebagai alat mengecek informasi apa saja. Pengguna internet secara sadar atau tidaknya menggantungkan semua aktivitas pembelian mereka melalui review, testimoni dan rekomendasi yang mereka temukan di internet.

Mereka mengandalkan informasi dan kemudian mengolahnya sesuai dengan kebutuhan mereka. Seperti contohnya dalam membeli smartphone, banyak dari kita yang akan mencari terstimoni pembelian di Google dari pembeli sebelumnya untuk akhirnya memutuskan membeli atau tidak.

Berdasarkan penelitian The Robo yang mengatakan 83 persen orang lebih memilih menggunakan pencarian rekomendasi dan referensi sebuah produk atau jasa dari mesin pencari lebih dulu sebelum mereka melakukan pembelian. Ini bermakna akan banyak bisnis usaha dapat ditemukan lebih luas di hasil pencarian.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Travel dengan Tanpa Modal

 

Apa Itu Website Company Profile?

 

Anda dapat membuat rancangan kasar awal desain dan gambaran template yang Anda inginkan sebelum melanjutkannya ke proses pembuatan situs. Anda harus mencari tahu berapa banyak halaman yang situs Anda perlukan, cara terbaik mengatur konten di setiap bilah navigasi sehingga pengunjung tidak menjadi tersesat saat mencoba mencari produk atau informasi yang mereka cari.

Jika pemasaran konten adalah bagian dari strategi bisnis Anda, pertimbangkan bagaimana mengategorikan posting blog Anda dengan cara yang memudahkan pembaca untuk memilih artikel yang relevan.

Pikirkan fungsionalitas juga. Jangan melompat dan memilih template yang terlihat keren sedangkan beberapa keren mungkin tampak menarik tetapi tujuan bisnis Anda lebih penting. Bial Anda memerlukan situs e-commerce, misalnya, Anda tidak perlu membuang waktu untuk melihat opsi yang tidak ada sangkut pautnya dengan komponen toko.

Banyak situs yang ada memungkinan perubahan warna, gambar, tipografi tetapi semua tata letak akan sulit diubah jika Anda telah berkomitmen memakainya. Apabila Anda tetap mengubah tata letak tersebut maka Anda akan melihat penurunan pada situs web Anda.

 

6. Tambahkan Visual dan Warna yang Menarik

Software pembangunan situs dapat membantu Anda memilih palet warna dan serangkaian font, jadi Anda dapat menggunakan panduang ini dan mengembangkannya sesuai kreatifitas Anda. Sesuaikan warna mengikuti logo khas bisnis Anda.

Beberapa company profile mungkin lebih memilih menggunakan perpaduan warna dan visual yang lebih konservatif, tetapi jika usaha Anda mempunyai image yang lebih ceria, tidak ada salahnya dalam memadukan dan bermain warna.

Anda dapat bermain- main dengan warna, citra, slogan, foto, video dan logo situs web Anda tetapi sebelumnya pikirkanlah terlebih dahulu mengenai factor- factor diatas sebelum Anda memilih desain situs web yang akan Anda gunakan.

 

7. Isi Situs Web Bisnis Anda dengan Konten Anda Sendiri

Pastikan Anda membuat konten Anda sendiri dan jangan menggunakan atau mengambil konten dari luar untuk menjaga traffic dan rasa tertarik para pengunjung. Buatlah template Anda secara generic dengan menukan semua fitur atau plugin konten placeholder Anda dengan menambahkan halaman atau bagian tambahan.
Dalam hal halaman, semua situs web bisnis akan membutuhkan :

 

  • Beranda yang kuat. Pengunjung harus dapat mengetahui apa yang Anda lakukan dengan cepat dan menavigasi ke setiap bagian yang di klik dengan lancar.
  • Halaman “About Us” yang informatif. Ceritakan kisah Adan kepada orang- orang dan tambahkan foto tim Anda (perusahaan).
  • Halaman “Contact” yang jelas. Pelanggan perlu tahu dimana mereka dapat menemukan dan menghubungi Anda serta cara- cara atau ragam pilihan terbaik untuk menghubungi Anda.
  • Sebuah blog. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk menungjukkan keahliasn Anda, membuat situs terasa segar dan membatu situs Anda berkinerja dengan baik pada mesin pencari. Anda hanya perlu menjaga ritme dan komitemen untuk mempostingnya secara teratur.

 

8. Dapatkan Analisis Anda Secara Berurutan

Banyak dari pembuat situs dan website secara umumnya menambahkan pelacak untuk melacak pengunjung ke situs web mereka dengan Google Analytics atau menggunakan alat mereka sendiri. Disini pemilik website dapat melihat data traffic pengunjung berdasarkan wilayah geografis, perangkat dan system operasi yang mereka gunakan. Selain itu pelacak ini juga mampu menampilkan beberapa detail pribadi setiap pengunjung berdasarkan perilaku mereka sebelumnya.

Jangan meremehkan pentingnya analitik. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menyempurnakan desain situs web Anda dan menyesuaikan efektivitas ajakan untuk bertindak pada setiap halaman. Perhatikan halaman entri, rasio pentalan, waktu yang dihabiskan di situs, dan apakah pengunjung baru atau kembali. Lakukan investasi itu di muka, dan Anda akan mendapat manfaatnya nanti.

 

9. Jangan Abaikan Pengunjung Anda yang Melakukan Kunjungan Melalui Seluler

Anda mungkin membuat situs web di PC desktop atau Mac, tetapi statistik mengatakan lebih dari setengah pengunjung Anda akan melihat situs Anda di perangkat seluler. Jangan abaikan pengalaman mereka, periksa setiap template pada berbagai perangkat untuk memastikan bagaimana tampilannya di ponsel / tablet Anda.

Jangan hanya mengandalkan mengklik tombol demo yang menyesuaikan tampilan desktop Anda untuk meniru layar yang lebih kecil; periksa perangkat nyata atau lainnya untuk memastikan Anda telah membahas berbagai platform dan faktor bentuk perangkat.

 

10. Gunakan Jasa Professional Untuk Desain, Copywriting, Editor dan Gambar

Apabila Anda tidak mampu menyediakan semua aspek komponen Anda, tidak ada salahnya menggunakan jasa professional yang menawarkan desain yang indah serta responsif, copywriting dengan kemampuan jual yang baik , editor yang memilah dan menyesuaikan benang merah situs web Anda dan juga fotografi yang berkualitas.

 

11. Tambahkan Aplikasi Untuk Fungsionalitas Tambahan

Banyaknya aplikasi dan social media akan sangat membantu Anda dalam menempatkan nama dan mempromosikan brand Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi dan social media yang ada serta menambahkan tautannya langsung ke website Anda.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi dan fitur praktis yang dapat berfungsi dengan baik untuk situs web bisnis:

 

  • Formulir 

    Ini memberi pelanggan Anda cara alternatif untuk menghubungi Anda, dan membantu Anda mengatur pertanyaan Anda. Anda juga dapat mendorong orang untuk mendaftar untuk komunikasi email

  • Integrasi media social

    Anda dapat membuatnya dalam bermacam bentuk seperti bentuk tombol yang menghubungkan ke akun sosial Anda, galeri Instagram yang disematkan, atau feedback langsung dari Twitter.

  • Cookie

    transparan dengan pengunjung Anda tentang cara Anda menggunakan data mereka, dan beri mereka opsi untuk mengubahnya

  • Obrolan langsung (live chat)

    cara lain yang bermanfaat (dan semakin populer) untuk terhubung dengan pelanggan Anda secara real time.

  • Google Maps

    Peta interaktif untuk membantu pelanggan menemukan Anda.
    Testimoni pelanggan – tampilkan komentar dan testimoni pelanggan di situs Anda. Menambahkan bukti sosial ke situs web Anda akan meningkatkan kepercayaan dan konversi.

12. Optimalkan Situs Anda Untuk Mempermudah Mesin Pencari

 

 

Manfaat dalam menambahkan fitur blog dalam sebuah website adalah membantu Anda dalam tampil di mesin pencari. Blog akan membantu dalam menerapkan SEO (Search Engine Optimization) yang mampu mengukur sejauh manakan situs Anda muncul dan dicari.

memiliki desain situs yang indah, menambahkan halaman kontak, menambahkan aplikasi Google Maps interaktif memang akan menuntun pelanggang ke lama depan usaha Anda, tetapi pelanggan Anda tidak pernah melihat situs web Anda karena itu tidak pernah membuatnya ke halaman salah satu hasil mesin pencari, maka semua kerja keras Anda akan sia-sia.

Saat seseorang mengetik istilah pada pencarian Google, maka algoritma Google yang kompleks akan menampilkan semua hasil pencarian yang terindeks. Algoritma ini memperhitungkan sejumlah besar faktor (jumlahnya dianggap lebih tinggi dari 200), tetapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk memastikan Google mengenali situs web Anda sebagai relevan dan berguna untuk istilah pencarian yang berlaku untuk bisnis Anda :

 

  • Pastikan situs Anda dapat dimuat (loading) dengan cepat
  • Jangan abaikan pengguna internet ponsel
  • Gunakan kata kunci (keyword)

 

Kesimpulan dan Penutup

Pada era yang serba terbuka ini, compaly profile dengan website yang mudah diakses dan desain yang menarik sangat penting untuk branding bisnis Anda. ditambah lagi Anda juga bisa menggunakan layanan platform yang ada dengan penyesuaian sesuai dengan Anda yang minati.

Jika Anda memakai paket gratis, perlu diingat bahwa paket ini mempunyai batasan yang dapat membatasi bisnis Anda. Belum lagi, memakai layanan gratis tanpa domain dan hosting sendiri akan membuat rasa percaya pelanggan menjadi turun. Ini tentu membuat citra perusahaan dan usaha Anda sangat tidak professional.

Fitur- fitur dan plugin yang ditawarkan juga terbatas hanya sampai tahap yang tidak berbayar saja yang membuat Anda kurang leluasa untuk mengembangkan pilihan- pilihan yang luas. Anda juga harus memperhatikan desain, tema, penempatan layout serta tampilan kesuluruahn situs web Anda.

Banyak perusahaan yang cenderung memiliki profil perusahaan yang bertele- tele. Oleh karena itu selalu gunakan garis panduan pembuatan yang simple, unik dan berciri tanpa membuat pengunjung merasa bingung dan berlebihan.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update