Tips dan Trick Membangun Website Kuliner Yang Baik dan Benar

Tips dan Trick Membangun Website Kuliner Yang Baik dan Benar

Pada era digitaliasi yang mendominasi sekarang ini, banyak website baru bermunculan dengan tema dan tujuan beragam pula. Salah satu jenis website yang juga turut muncul adalah website kuliner yang tidak hanya membuat branding tetapi juga memasarkan produk mereka secara online.

Mengingat jangkauan internet yang luas tak terbatas, penguasah kuliner di daerah manapun juga bisa turut meluaskan informasi mengenai usaha mereka. Konsumen dapat menemukan berbagai macam referensi makanan dan informasi pendukun lainnya seperti review konsumen terhadap masakan dan service dari restaurant tersebut, alamat dan jadwal buka serta ragam menu yang tersedia.

Usaha kuliner atau restaurant dengan website sendiri akan lebih banyak membantu konsumen dan biasanya telah mempunyai nama branding yang solid. Usaha kuliner dengan website yang stabil juga mempunyai design tema yang konsiten dan selaras.

Website kuliner yang selalu di update dan memiliki konten yang rapi akan semakin banyak dilirik serta menarik lebih banyak pengunjung. Jika Anda hendak membangun website kuliner untuk usaha Anda, Anda dapat mencoba berbagai macam pelayanan domain dan web hosting yang gratis maupun berbayar.

Begitu juga dengan platform pembuatan website yang tersedia mulai dari Blogger (blogspot) hingga WordPress yang memberi banyak plihan tema premium untuk para penggunanya.

 

Elemen- elemen dasar sebuah website kuliner

 

Mempersiapkan semua keperluan baik itu keperluan basic maupun mengembangkannya, akan membuat website kuliner Anda terlihat lebih siap serta professional. Berikut ini beberapa elemen penting penunjang website yang harus Anda penuhi :

 

  1. Pilihan platform website

    Blogger dan WordPress adalah dua pilihan dasar bagi mengembangkan website karena kedua platform ini memberikan tidak hanya pilihan design dan teman yang menarik tetapi juga tidak berbayar. Dalam memlilih platform website Anda juga harus mempertimbangkan langkah ke depan nanti, karena setiap platform tentu mempunyai kekurangan dan kelebihannya.

  2. Domain dan hosting

    Domain adalah nama yang Anda pilih untuk digunakan menjadi nama brand atau image usaha kuliner Anda, maka pilihlah nama domain yang singkat, unik dan mudah dingat untuk membantu menanamkan image bisnis Anda lebih cepat. Sedangkan hosting adalah penunjang dari domain, sebagai wadah penampung domain, Anda harus mencari penyedia domain yang stabil dan juga kuat.

  3. Tema dan design website

    Hindari menggunakan tema dan design yang berat dengan latar belakang yang hitam dan kontras. Sebaiknya gunakan latar yang terang dengan susunan layout yang mudah untuk diakses. Karena jika Anda menggunakan tema website yang terlalu rumit, ini akan berperangaruh pada akses masuk dan SEO Anda.

  4. Pengaturan konten

    Buat dan tata konten Anda sebaik mungkin untuk di lihat, gunakan tema yang mudah dan compatible jika dibuka dari desktop, laptop maupun ponsel.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Memilih Yang Tepat Untuk Bisnis Online

 

Tips dan trick membuat website kuliner menarik

Setelah memastikan elemen- elemen dasar website kuliner diatas terpenuhi, langkah berikut yang bisa Anda terapakan adalah tips dan trik dibawah ini :

 

1. Pajang foto menu makanan semenarik mungkin

 

Sebuah website kuliner tentu tidak lengkap jika tidak mengunggah foto- foto makanan yang menggugah selera. Edit dan beri watermark setiap foto yang Anda unggah agar tidak bisa di klaim oleh orang- orang yang berniat mencuri foto Anda.

Capture foto dengan penempatan, lighthing dan elemen penunjang lainnya yang bisa Anda lihat ide dan temanya melalui foto- foto Instagram serta social media lainnya. Jangan menggunakan warna foto yang terlalu buram atau over exposure, sebaliknya gunakan pencahayaan yang lambut tanpa menghilangkan warna asli dan selling point dari makanan tersebut.

 

2. Cantumkan infomasi kontak dan foto keseluruhan restaurant

 

Foto interior dan kesulurahan tampilan restaurant Anda dengan angel foto yang phogenik. Atur pencahayaan dan penempatan kursi serta meja. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat, nomor kontak dan peta yang bisa langsung terkoneksi oline dan GPS untuk mempermudah calon pelanggan dalam melacak keberdaraan restaurant Anda.

 

3. Buatlah kolom testimoni pelanggan dan rating yang mereka berikan

 

Saat ini sebuah review atau testimoni mempunyai pengaruh yang besar dalam menarik pengunjung. Dengan kemajuan social media yang pesat, orang- orang tidak lagi harus mencoba segala sesuatunya sendiri terlebih dahulu, mereka akan mempercayai mereka yang telah mencoba suatu produk sebelum memutuskan untuk mencobanya juga.

Rating juga mempunyai andil besar dalam menjual makanan, menu A belum tentu semenarik menu B karena menu A lebih banyak mendapatkan bintang ranting. Jika restaurant Anda menggunakan fitur rating ini, tentu Anda dapat melihat dan membuat strategi marketing untuk menjadi serta menjual secara lebih baik nantinya.

 

4. Buatlah artikel yang menarik

 

Disamping mengunggah foto makanan dan menu- menu yang tersedia, artikel adalah saran promo yang baik teruatama artikel yang mengandung kata kunci dan SEO. Disini Anda juga berbagi resep dan informasi mengenai trend bahan atau pengolahan makanan yang sedang terkenal.

 

5. Tautkan semua link social media yang ada

 

Berikan tautan link semua social media yang Anda punya ke dalam website Anda. Anda juga dapat mengubah penganturannya dengan cara real time agar pengunjung juga dapat melihat atau sneak peek terhadap informasi terbaru pada social media Anda tanpa harus membuka link tersebut. Keuntungan dari memautkan semua link social media ini adalah pengunjung lain dapat melihat interaksi Anda dengan pengungjung social media lainnya dengan hanya melalui website.

 

6. Memberi Tawaran dan Voucher

 

Untuk dapat menarik lebih banyak pengunjung yang akan membeli produk Anda, salah satu cara yang banyak digunakan adalah dengan memberi potongan diskon atau voucher. Contohnya adalah Anda bisa menarik minat mereka dengan memberikan diskon jika costumer jika mereka melakukan reservasi online atau memcoba menu tertentu.

 

7. Jalin kerjasama dengan aplikasi makanan dan food blogger

 

Kemudahaan yang tersebar saat ini juga termasuk banyaknya aplikasi makanan yang menjamur dengan keuntungan kerjasama dengan berbagai merchant yang dapat ditemukan dalam satu aplikasi saja. Apabila Anda tidak mempunyai aplikasi sendiri, Anda bisa bergabung dengan aplikasi besar yang lebih besar dan professional.

Selain aplikasi makanan, Anda juga bisa mengundang dan melakukan endorsement untuk orang- orang yang memang kompeten di bidang mereka yaitu food blogger (vlogger atau influencer). Food blogger adalah mereka yang mempunyai passion terhadap bidang kuliner dengan kemampuan yang sudah terasah baik dalam menjelaskan suatu produk, mengambil foto dan melakukan engagement online.

Anda juga bisa menggunakan jasa micro influencer, orang- orang yang juga berkecimpung dalam memasarkan produk secara online, dengan begini produk Anda akan mendapat banyak perhatian karena banyakanya orang yang mengunggah produk makanan Anda terus menerus.

Baca Juga :  Pembuatan Website Murah – Web Bisnis Online – IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Memulai situs web restaurant memang tidaklah sesulit yang dibayangakan, hanya saja Anda harus tetap konsisten dalam melakukannya. Perhatikan segalam elemen- elemen dasar tanpa pengecualian karena kesemua elemen itu adalah penunjang hidupnya sebuah website.

Bijaksanalah dalam memilih platform, nama domain , tagline dan juga hosting. Anda dapat melakukan riset terhadap website kuliner yang sama, buat catatan kelebihan dan kekurangan dari tema dan layout yang pernah Anda riset.

Dari sini Anda bisa menentukan desain yang sekiranya tepat untuk website kuliner Anda karena desain tema serta layour tersebut tidak bisa lagi diganti- ganti setiap waktu untuk menjaga ritme traffic dan rasa tertarik pengujung terhadap website kuliner Anda.

Jaga terus profesionalisme website kuliner Anda dan benang merahnya, hindari memasukkan artikel atau foto yang tidak mempunyai sangkut paut dengan restaurant Anda. hubungan kerjasasama yang baik dengan aplikasi makanan dan influencer kuliner juga harus selalu dijaga dengan baik karena ini adalah zaman dimana orang lebih mempercayai testimoni dan rating dari mereka yang menggunakan social media sebagai sarana promosi daripada cara konvensional lainnya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update