Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa

Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa

Beasiswa saat ini masih menjadi salah satu pilihan yang diinginkan semua orang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk mendapatkannya ada serangkaian proses yang tentu harus Anda lewati. Secara umum, proses tersebut diantaranya proses pendaftaran berkas, tes online, tes wawancara hingga pengumuman. Akan tetapi, bisa saja rangkaian proses di atas bertambah sesuai dengan ketentuan dari penyelenggara beasiswa. Untuk itu perlu memahami tips untuk lolos wawancara beasiswa, bukan?

Hal ini bertujuan agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan pantas untuk menerima beasiswa yang Anda ajukan. Perlu untuk memperhatikan apa saja berkas yang harus dibawa saat pendaftaran, kemudian memeriksa kelengkapan berkas sesuai dengan aturan yang telah tertulis pada syarat beasiswa.

Selanjutnya tahap yang seringkali menjadi pertimbangan untuk lolos adalah tahap wawancara. Dimana Anda harus mampu meyakinkan panitia penyelenggara beasiswa bahwa Anda sangat membutuhkan bantuan biaya tersebut. Ini dia tips dan trik yang wajib Anda terapkan agar lolos wawancara beasiswa!

Baca Juga: Beasiswa Indonesia 2024, Anda Harus Coba!

7+ Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa

Setelah Anda dinyatakan lolos pada tahap seleksi berkas dan tes online. Perjuangan Anda untuk mendapatkan beasiswa tidak hanya sampai disitu saja. Ada tahap wawancara yang harus Anda lewati, simak tips dan triknya agar lolos berikut ini!

 1. Persiapkan Diri

Tips yang pertama sebelum menghadapi tes wawancara beasiswa adalah dengan mempersiapkan diri Anda. Dalam hal ini Anda harus menjaga kesehatan Anda dengan tidur tepat waktu sebelum tes wawancara dilaksanakan. Kemudian konsumsi makan-makanan yang bergizi agar Anda tetap fit menuju tes wawancara. Inilah yang menjadi bagian dari persiapan diri Anda.

2. Banyak Berlatih

Kedua tipsnya adalah banyak berlatih terutama berlatih wawancara. Hal ini dilakukan agar Anda terbiasa untuk berkomunikasi dan tidak gugup saat nantinya akan ditanya. Anda bisa mulai berlatih dengan pertanyaan wawancara umum yang sering ditanyakan seperti:

  • Cerita tentang diri Anda sendiri
  • Apa saja kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki
  • Apa saja kelemahan dan kekuatan yang Anda miliki
  • Apa saja prestasi akademik yang pernah Anda miliki
  • Alasan memilih beasiswa ini, dan lain-lain

3. Pakaian Rapi dan Sopan

Tidak semua penyelenggara beasiswa menentukan pakaian apa yang harus Anda gunakan saat tes wawancara. Biasanya secara umum, pakaian yang harus Anda gunakan adalah pakaian yang formal,rapi dan sopan. Hindari memakai aksesoris yang berlebih dan penggunaan warna yang mencolok terang, meski pakaiannya bebas pilihlah model pakaian kemeja rapi dengan warna yang netral seperti hitam atau putih dan warna lainnya. Jangan lupa memakai sepatu juga ya

4. Tepat Waktu

Selanjutnya adalah Anda harus tepat waktu. Tujuannya untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada panitia tes wawancara. Sehingga secara tidak langsung Anda telah menunjukkan sikap antusias untuk mendapatkan beasiswa. Jika Anda terlambat, bukan hanya akan memberikan kesan yang buruk akan tetapi juga berpengaruh pada proses seleksi selanjutnya. Jadi usahakan Anda jangan begadang ya.

5. Tetap Tenang

Tes wawancara memang menjadi salah satu tahap yang bisa disebut menegangkan bagi calon penerima beasiswa. Hal ini bisa disebabkan karena rasa takut pertanyaan yang tidak bisa dijawab atau takut salah menjawab. Semua itu wajar untuk Anda rasakan, akan tetapi ada baiknya Anda harus mampu mengontrol nya dengan berusaha untuk tetap tenang. Ini dilakukan agar Anda bisa menguasai diri saat berbicara dengan pewawancara.

6. Kenali Diri Anda

Selain itu, Anda juga harus mengenali diri Anda. Maksudnya adalah Anda menyadari apa saja yang akan Anda katakan. Jika diberi pertanyaan berilah jawaban yang ringkas, pasti dan tidak bertele-tele apalagi ragu-ragu. Yakinlah dengan jawaban yang sudah Anda berikan. Apabila ada pertanyaan yang kurang jelas Anda bisa menanyakannya kembali agar lebih relevan dengan jawaban Anda.

7. Tetap Fokus

Fokus sangat diperlukan saat Anda akan mengikuti tes wawancara. Dengan fokus yang tetap terjaga Anda juga akan lebih siap untuk menjawab apa saja yang akan ditanyakan oleh pewawancara. Selain itu, latihan jawaban serta pertanyaan umum yang sudah Anda pelajari juga lebih mudah untuk diingat ketika Anda fokus. Salah satu cara untuk tetap fokus adalah dengan tetap tenang,percaya diri dan minum air putih ya.

8. Jawablah Sesuai Pengetahuan 

Sama halnya dengan tes online, Anda juga akan menemukan pertanyaan yang sulit saat wawancara. Meski Anda kurang mengetahui jawabannya,usahakan untuk tidak mengarang jawaban ya. Karena itu akan berdampak pada kejujuran Anda. Cukup dengan menjawab sesuai dengan yang Anda ketahui saja, jika tidak jelas mengenai pertanyaan silahkan minta penjelasan ulang ya.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Diri untuk Lolos Tes Beasiswa

9. Perhatikan Attitude 

Meski Anda mengetahui semua jawaban dari pertanyaan wawancara, bukan berarti Anda harus mengabaikan sopan santun. Hal ini wajib diperhatikan karena penilaian attitude menjadi salah satu yang berpengaruh. Anda bisa memulai dengan menerapkan etika dasar seperti memberi salam dengan hormat saat akan masuk ruang, kemudian postur tubuh yang santai tetapi sopan serta mengucapkan terima kasih saat selesai dari wawancara.

10. Riset Mendalam

Tidak sedikit dari penyelenggara beasiswa yang akan menanyakan seberapa banyak pengetahuan Anda terhadap program beasiswa yang mereka buat. Ini akan menjadi pertanyaan saat wawancara yang akan mereka tanyakan, seperti kampus mana saja yang menjadi mitra beasiswa, apa jenis beasiswa yang mereka berikan, benefit apa saja yang dihasilkan hingga apa saja tugas yang dilakukan penerima beasiswa. Maka penting untuk lakukan riset mendalam ya.

11. Jadilah Diri Sendiri

Peserta tes wawancara tentu memiliki beragam keunikan dan kepribadian masing-masing. Anda tidak perlu fokus pada keunikan mereka, namun tetaplah jadi diri Anda sendiri. Ketika diberi pertanyaan jawablah sesuai dengan kemampuan Anda menjawab. Ceritakan tentang prestasi, pengalaman hingga minat versi Anda sendiri tanpa harus mencoba meniru keunikan orang lain.

12. Ajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan juga bisa Anda lakukan saat tes wawancara selesai. Anda bisa menanyakan pewawancara tentang hal yang ingin Anda ketahui mengenai beasiswa tersebut. Mungkin saja seperti berapa lama durasi beasiswa, apa saja yang akan dibiayai, peraturan sebagai penerima beasiswa, apakah ada prospek lanjutan setelah beasiswa.

13. Perbaharui Sosial Media

Terakhir tips dan trik agar lolos tahap wawancara beasiswa adalah memperbaharui sosial media. Saat ini branding Anda bisa dibentuk lewat sosial media. Sehingga perlu bagi Anda yang akan mengajukan beasiswa untuk meng-upgrade sosial media yang Anda miliki. Misalnya jika Anda belum memiliki platform LinkedIn Anda bisa membuatnya dan memasukan data diri Anda disana. Tujuannya agar pewawancara tidak kesulitan melihat profil Anda di media massa dan juga branding Anda terkesan lebih formal.

Baca Juga: 10 Beasiswa Kuliah untuk Lulusan SMA 2024

Beasiswa IDCloudHost 2024

jurusan saintek

Program beasiswa resmi yang berkolaborasi antara PT Cloud Hosting Indonesia dengan Telkom University ini merupakan program bantuan biaya studi untuk jenjang S1. Program ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat kelas 12.

Perlu diketahui bahwa beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, jika Anda diminta untuk membayar harap melaporkannya ke pihak IDCloudHost di kontak yang tersedia. Pendaftaran dilakukan secara online, dan sudah dibuka sejak 24 Februari hingga 18 Juni 2024 mendatang.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda harus melewati beberapa tahapan lagi sebelum tahap pengumuman kelulusan seperti Tes Kompetensi Online, hingga tes wawancara. Jika Anda adalah siswa yang memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar bisa dengan mengunjungi halaman Beasiswa IDCloudHost untuk mencari tahu lebih lanjut lagi.

Penutup

Ketika Anda sudah memulai mendaftar beasiswa dan lolos dari beberapa tahap sebelumnya, maka selanjutnya adalah mempersiapkan tahap wawancara dimana ini menjadi tahap akhir sebelum pengumuman beasiswa. Sehingga untuk mempersiapkannya perlu beberapa trik, jika masih bingung dengan triknya silahkan baca artikel mengenai tips dan trik agar lolos wawancara beasiswa diatas ya.

Jika ingin mendaftar Beasiswa IDCloudHost 2023, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudahnya dengan video berikut ini!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update