Tips dan Trik Meningkatkan Remarketing Bisnis

Tips dan Trik Meningkatkan Remarketing Bisnis

Pemasaran pada hakikatnya terdiri dari kreativitas, psikologi, dan keterampilan. Saat ini, pemasaran telah beralih ke lingkungan digital dan sebagian besar perusahaan dan usaha kecil saat ini harus beradaptasi. Setiap pemasaran memiliki tujuan tertentu, tetapi seringkali, satu-satunya aspek yang penting adalah hasil yang Anda dapatkan di akhir kampanye. Meskipun mengirimkan lalu lintas bertarget kembali ke situs web Anda adalah bagian pertama dari proses, mengubahnya menjadi prospek dan kemudian menjadi pelanggan adalah dua proses yang sama sekali berbeda. Untuk mengembangkan kampanye pemasaran luar biasa yang memberikan hasil, Anda tidak boleh mengabaikan lalu lintas yang terpental dari situs web Anda di masa lalu.
Adapun remarketing atau pemasaran ulang adalah seni dan keterampilan menampilkan iklan kepada orang-orang yang telah melakukan kontak dengan brand Anda melalui situs web Anda tetapi telah memutuskan untuk tidak melalui seluruh proses penjualan yang telah Anda persiapkan untuk mereka. Sederhananya, menargetkan ulang audiens Anda berarti membawa mereka kembali ke saluran Anda dan mendorong mereka untuk mempertimbangkan tawaran Anda lagi.

 

Baca Juga :  Remarketing : Pengertian dan Cara Kerjanya bagi Bisnis

 

Mengenal Apa Itu Remarketing

 

Pemasaran ulang atau remarketing adalah istilah yang diperkenalkan Google Ads ke industri pemasaran digital sebagai cara baru untuk membuat audiens berkonversi dalam jangka panjang jika mereka pernah mengunjungi situs web Anda sebelumnya tetapi tidak cukup yakin untuk membeli produk atau layanan Anda. Baik Anda B2B, B2C, asosiasi, atau perusahaan non profit, pemasaran ulang dapat digunakan dalam berbagai cara, yang menjadikannya strategi ini ampuh bagi bisnis apa pun untuk ditambahkan ke upaya pemasaran.

Saat iklan pemasaran ulang ditempatkan secara strategis, audiens yang ditargetkan ulang akan melihat penawaran berharga organisasi Anda atau diingatkan tentang item yang sebelumnya mereka lihat di situs Anda. Ini akan membantu meningkatkan brand awareness dan memberi mereka pengingat lembut tentang nilai yang Anda miliki. Pemasaran ulang memungkinkan Anda untuk kembali ke kehidupan mereka, semoga mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan bisnis Anda. Menargetkan ulang audiens adalah fitur yang digunakan banyak platform online, seperti Iklan Facebook, tetapi saat ini banyak platform lain telah bergabung dalam kiat remarketing. Salah satunya adalah Instagram yang telah menjadi hot spot untuk iklan pemasaran ulang, serta platform media sosial dan situs web populer lainnya.

Baca Juga :  Go-To-Marketing Strategy : Pengertian dan Komponen yang Membetuknya

Dalam istilah yang lebih sederhana, pemasaran ulang adalah cara untuk memasarkan dua kali kepada anggota audiens yang tidak berkonversi pertama kali, tetapi memiliki potensi untuk membeli produk atau layanan Anda saat diminta dengan cara yang benar. Iklan pemasaran ulang adalah pengingat lembut bagi pengunjung halaman web untuk bertindak sesuai minat mereka tanpa membombardir mereka dengan ratusan email promosi. Untuk memulai, Anda akan memerlukan akun Google Ads dan situs web untuk mengarahkan lalu lintas iklan online setelah Anda memulai.

Anda mungkin tidak akan menggunakan iklan online jika Anda belum menyiapkan situs web, tetapi jika Anda tidak terlalu memahami teknologi, Google memiliki platform pelacakan lalu lintas yang hebat yang disebut Google Analytics yang memungkinkan Anda melakukan semua analisis web dalam satu alat yang mudah digunakan. Setelah Anda menyiapkan semua alat dan platform dan siap digunakan, Anda dapat mulai membuat daftar pengunjung situs web yang ingin Anda targetkan ulang dengan iklan Google Anda. Menurut Google, daftar pemesanan ulang adalah kumpulan pengunjung situs web yang dikumpulkan oleh cuplikan kode yang ditambahkan ke situs atau aplikasi Anda. Dengan daftar ini, Anda dapat menetapkan aturan di daftar Anda seperti kapan pengunjung situs web akan melihat iklan dan berapa lama mereka akan bertahan di kampanye pemasaran ulang Anda.

 

Baca Juga :  Panduan Mengenal Apa Itu Remarketing Bagi Pebisnis Pemula

 

Tips dan Trik Meningkatkan Remarketing

Tips dan Trik Meningkatkan Remarketing yang Harus Diketahui Oleh Pemasar/Marketer
 

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja remarketing, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan untuk mendorong konversi.

  1. Kembangkan strategi remarketing

    Seperti kebanyakan segmen pemasaran, penting untuk melakukan kampanye penargetan ulang dengan mempertimbangkan strategi. Pikirkan tentang daftar apa yang ingin Anda buat dan bagaimana Anda ingin menggunakan daftar ini. Pertimbangkan sasaran yang ingin Anda capai melalui kampanye dan buat daftar pemasaran ulang dengan mempertimbangkan sasaran tersebut.

  2. Kelola harapan klien

    Salah satu perasaan terburuk adalah ketika Anda melihat hasil positif, membagikannya dengan klien Anda, dan kemudian menyadari bahwa mereka tidak senang dengan data tersebut. Berbicara dengan klien Anda tentang apa yang diharapkan selama kampanye pemasaran ulang dapat membuat perbedaan antara mereka merasa senang dengan hasilnya atau mereka ingin menghentikan kampanye.

  3. Kebijakan privasi up to date

    Sebelum Anda meluncurkan kampanye pemasaran ulang dan menambahkan kode apapun ke situs web, perbarui kebijakan privasi Anda untuk memastikan bahwa kebijakan tersebut menyatakan bahwa cookie DoubleClick digunakan di situs Anda.

  4. Dapatkan pelanggan untuk bertindak

    Perusahaan menggunakan pemasaran ulang untuk membuat audiens mereka mengambil tindakan, yang biasanya melakukan suatu pembelian. Perusahaan harus menargetkan orang-orang yang mempertimbangkan produk mereka. Apakah seseorang menelusuri produk atau meninggalkan keranjang mereka, perusahaan dapat menargetkan ulang orang-orang tersebut untuk mendorong mereka mempertimbangkan kembali pembelian.

  5. Segmentasikan klien

    Ada banyak orang dalam audiens Anda yang memiliki minat yang sama atau melihat produk serupa. Jadi, saat Anda membuat kampanye, Anda akan melihat lebih banyak kesuksesan dengan kampanye Anda jika anggota grup masuk ke kategori tertentu. Katakanlah Anda memiliki bisnis untuk kebutuhan lantai. Anda akan memiliki beberapa orang yang akan melihat karpet, sementara yang lain melihat lantai kayu. Karena mereka melihat produk yang sangat berbeda, Anda tentu harus memasarkan ulang secara terpisah. Anda dapat memecahnya lebih jauh dan mengelompokkan penonton bersama-sama berdasarkan lantai persis yang mereka lihat juga. Ini akan membantu Anda membuat iklan yang dipersonalisasi yang menarik bagi audiens Anda. Saat Anda mengelompokkan audiens berdasarkan minat mereka, Anda dapat mengirimkan konten yang lebih disesuaikan yang akan membantu mereka berkonversi.

  6. Buatlah iklan yang mencerminkan bisnis

    Jika Anda akan membuat iklan, penting bagi Anda untuk membuat iklan yang mencerminkan brand Anda. Anda perlu memastikan bahwa anggota audiens Anda akan mengenali bahwa iklan tersebut berasal dari bisnis Anda. Untuk melakukan ini, Anda akan menggunakan skema warna dan gaya khas yang terkait dengan perusahaan Anda. Ini akan membantu orang-orang mengenali iklan bisnis Anda segera saat mereka melihatnya. Dengan memberikan sentuhan unik pada iklan Anda, Anda akan mempertahankan brand Anda di benak orang. Bangunlah pengenalan brand untuk menonjol di antara pesaing Anda untuk mendapatkan lebih banyak konversi prospek pada saat pembelian.

  7. Buatlah iklan yang responsif

    Anda harus membuat iklan responsif untuk kampanye pemasaran ulang Anda. Iklan responsif penting karena membantu memberikan pengalaman iklan yang lebih baik kepada audiens Anda. Iklan responsif menyesuaikan ukurannya agar pas dengan layar. Ini memungkinkan semua jenis pengguna untuk melihat iklan dalam format terbaik untuk perangkat mereka. Selain itu, mereka sesuai dengan ruang iklan di setiap perangkat yang digunakan audiens Anda. Misalnya, jika Anda memiliki satu prospek yang melihat iklan Anda di seluler dan yang lainnya di desktop, iklan tersebut akan mengubah tampilannya agar sesuai dengan ruang yang ada di perangkat. Baik Anda memiliki iklan banner, iklan dinamis, atau jenis media promosi lainnya, desain responsif memastikan bahwa iklan Anda beradaptasi dengan pengalaman audiens Anda. Ini berarti bahwa semua pengguna akan mendapatkan pengalaman positif dengan iklan Anda yang akan membuat mereka lebih mungkin untuk berkonversi.

 

Baca Juga :  Strategi dan Kiat Menerapkan Business Process Management Bagi Bisnis/Perusahaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran ulang adalah cara yang lebih cerdas untuk membawa kembali pemirsa ke situs web bisnis atau perusahaan Anda untuk mengubahnya menjadi pelanggan baru di waktu-waktu mendatang. Sebelum memulai iklan dan kampanye pemasaran ulang, pastikan situs web Anda memiliki lalu lintas yang cukup untuk mendukung upaya Anda. Setelah Anda mendapatkan alat dan platform yang Anda perlukan untuk menjalankan kampanye dan daftar pemasaran ulang yang substansial, Anda kemudian dapat mulai menyusun strategi pemasaran ulang, dan Anda akan segera mendorong konversi dalam waktu singkat.

Setelah itu, jika Anda telah menetapkan tujuan bisnis, Anda perlu mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membantu bisnis Anda mencapainya. Semoga 7 tips dan trik diatas dapat membantu Anda menyusun kampanye remarketing untuk mendapatkan hasil maksimal dari upaya pemasaran Anda. Semangat!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update