Tips Membuat Caption Menarik

Tips Membuat Caption Menarik

Sosial media saat ini bukanlah sesuatu yang asing lagi di kehidupan kita. Dahulu, orang menggunakan sosial media hanya untuk meng-upload foto ataupun video, atau membagikan sesuatu yang menarik misalnya musik. Akan tetapi, di zaman sekarang sosial media telah berubah menjadi sesuatu yang jauh lebih luas. Sosial media menjadi tempat bagi orang-orang untuk mencari penghasilan atau bahkan menjadi tempat bisnis yang paling menguntungkan. Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh caption yang menarik bukan?. Berikut ini simaklah beberapa tips membuat caption yang menarik untuk Anda!

Apa Itu Caption?

Caption adalah sebuah teks singkat yang berisikan kata-kata yang bisa menarik perhatian orang-orang untuk membacanya. Di caption lah biasanya para pebisnis menyisipkan kata-kata untuk mempromosikan produknya. Biasa dimulai dengan kata-kata yang ketika membacanya membuat orang mau untuk terus melanjutkannya.

Mempromosikan sesuatu di sosial media tidaklah segampang membalikkan telapak tangan, banyak orang yang juga belum bisa menaklukkan promosi di sosial media. Penyebabnya bisa jadi karena tidak banyak orang yang tertarik dengan produk yang dipromosikan tersebut.  Agar promosi kita itu menjadi menarik, banyak hal yang bisa dilakukan, misal meng-upload foto atau video dengan cara menarik ataupun yang tak kalah penting adalah dengan memberikan caption yang juga harus menarik. 

Mengapa Caption Itu Penting ?

Caption menarik

Jawabannya adalah sangat penting. Karena dengan menggunakan caption, orang-orang yang tertarik dengan foto ataupun video produk Anda akan sangat terbantu dengan caption yang berisikan informasi dari produk yang Anda jual tersebut. Paragraf pertama merupakan kunci utama agar orang-orang yang tertarik dengan foto atau video produk  tadi semakin kuat dan yakin untuk membeli produk Anda. 

Caption yang Anda buat haruslah berisi dengan informasi-informasi dari produk  dengan singkat, padat, jelas dan tentu saja menggunakan bahasa yang menarik. Karena secara tidak langsung  bisa dijadikan salah satu strategi baru untuk meningkatkan engagement sosial media Anda. Dengan begitu, bisa dibilang caption merupakan sesuatu hal yang cukup krusial ketika kita ingin mempromosikan sesuatu.

Tips Membuat Caption Menarik untuk Menaikkan Engangement

Caption menarik

Lalu, bagaimana tips membuat caption menarik untuk menaikkan engagement sosial media? Berikut kami berikan tips membuat caption yang menarik agar bisa Anda terapkan di sosial media.

1. Singkat dan bernilai

Tips membuat caption menarik untuk menaikkan engangement yang pertama adalah membuat caption dengan kata-kata yang singkat tetapi memiliki nilai didalamnya. Tidak semua orang suka membaca. Banyak orang yang bahkan langsung merasa pusing ketika melihat kata yang terlalu banyak. Hal inilah yang harus Anda hindari ketika membuatnya. Anda bisa memilih kata-kata yang jumlahnya tidak terlalu banyak tapi sudah mampu memberikan informasi yang jelas dari produk yang dipromosikan. 

Gunakanlah kata-kata yang baik dan mudah dipahami. Selain itu, jangan pilih kata-kata yang terlalu lebay yang membuat banyak orang tidak memahaminya. Boleh memberikan dengan kata-kata modern tetapi yang masih masuk akal untuk dipahami banyak orang. Serta usahakan didalam captionnya memberikan informasi penting.

2. Berinteraksi dengan para pembaca

Tips selanjutnya adalah membuat caption dengan kata-kata yang isinya berinteraksi terhadap calon customer. Bentuk kata yang bisa digunakan seperti kata pertanyaan. Misal menanyakan “Anda sudah tahu belum kalau ternyata…..?”. Hal-hal kecil tersebut seperti itu bisa membuat calon customer seolah terbawa ke dalam percakapan sehingga semakin tertarik untuk membaca informasi selanjutnya dari caption Anda. 

Anda juga bisa memberikan kata-kata dengan memasukkan sesuatu yang sedang trend sekarang. Misal ketika sedang trend kata-kata “kamu nanya???” itu juga bisa dimasukkan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Karena, sesuatu yang sedang nge-trend membuat orang selalu penasaran dengan sesuatu yang terhubung dengan hal tersebut. Tips membuat caption dengan cara berinteraksi dengan para pembaca termasuk ke dalam tips yang cukup penting dan sangat berguna untuk meningkatkan engagement sosial media.

3. Memberikan informasi yang jelas

Tips membuat caption ketiga yang bisa kamu terapkan adalah mengisi caption dengan informasi yang jelas sesuai dengan gambaratau video yang diberikan. Anda bisa dengan menuliskan berbagai kelebihan dari produk Anda atau juga bisa menuliskan perbandingan produk milik Anda dengan produk yang serupa yang dijual orang lain. 

Menulisnya pun harus sesuai dengan konteks ataupun sesuai dengan gambar/video yang diberikan. Jika gambar/video yang di share mengenai A lalu kita menulis caption mengenai B tentu saja ini akan membuat calon pelanggan Anda kebingungan dan akhirnya beralih ke orang lain. Caption harus dibuat sedemikian rupa agar tidak membuat orang dengan mudah berpindah. Inilah tips membuat caption menarik untuk menaikkan engangement sosial media.

4. Ajakan untuk beraksi

Selanjutnya, tips membuat caption yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengajak para pembaca caption untuk beraksi atau melakukan sesuatu. Menyertakan ajakan bisa menjadi salah satu cara untuk membuat caption Anda menjadi menarik sehingga dapat meningkatkan engagement

Anda bisa mengajak para pembaca caption untuk bantu like postingan, mengajak mereka untuk follow akun sosial media , tag teman mereka ataupun melakukan sesuatu yang secara tidak langsung mengajak para pembaca caption Anda untuk berkomentar di postingan Anda tersebut. 

Anda juga bisa menggunakan pilihan misal Anda memberikan pilihan “Anggur sama stroberi lebih enakan yang mana.. hmmm” sehingga membuat para pembaca caption akan otomatis ingin memberikan pendapat mereka sehingga dapat meningkatkan engagement.

5. Gunakan hashtag

Selalu gunakan hashtag yang berhubungan di setiap caption Anda. Inilah tips yang terakhir. Hashtag merupakan sesuatu yang cukup penting ketika membuat caption. Karena, di zaman sekarang masih banyak orang yang mencari sesuatu dengan menggunakan hashtag, misal #jual sepatu atau #thrift murah. Menulis hashtag yang berhubungan dengan produk Anda akan membantu dan mempermudah calon customer untuk mencari produk dan tentunya akan meningkatkan engagement Anda.

Anda tidak perlu membuat hashtag terlalu banyak karena beberapa sosial media membatasi setiap penggunanya dalam penggunaan hashtag. Jadi gunakanlah hashtag sesuai dengan yang ingin Anda tonjolkan dari produk Anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag daerah Anda misal #indonesia untuk menggapai orang-orang yang berada di daerah Anda.

Penutup

Nah itu dia beberapa tips membuat caption untuk meningkatkan engagement Anda. Dari beberapa tips diatas, sudah berapa tips yang sudah Anda terapkan untuk menulis? Jangan lupa untuk selalu share postingan yang sudah Anda berikan caption semenarik mungkin. Sehingga juga dapat meningkatkan engagement Anda setelah itu ya!

Selain sosial media, Anda pasti membutuhkan website untuk menarik perhatian calon pelanggan terhadap produk milik Anda bukan? Agar kinerja website cepat dan stabil, Anda bisa gunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost yang sudah terintegrasi berbagai tools, aplikasi serta fitur yang dapat mendukung kebutuhan promosi bisnis Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update