Tokoh Inspiratif yang Bisa dijadikan Motivasi untuk Kesuksesan Hidup

Tokoh Inspiratif yang Bisa dijadikan Motivasi untuk Kesuksesan Hidup

Pastinya semua orang yang ada di dunia pernah mengalami kegagalan. Namun kegagalan itu bukanlah akhir dari segalanya. Kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Dari kegagalan tersebut Anda dapat mengambil hikmah dan pelajarannya. Serta dari kegagalan itu menjadikan kemampuan Anda menghadapi masalah menjadi meningkat. Terdapat cara untuk mengatasi kegagalan tersebut. Hal yang paling penting untuk mengatasinya dan sebagai pendorong adalah sebuah motivasi yang muncul dari diri sendiri atau orang lain.

Dalam menjalani hidup, seseorang pastinya harus memiliki motivasi untuk menambah semangatnya dalam meraih kesuksesan. Motivasi itu dapat muncul dari dalam diri seseorang tersebut dan dari luar, maksudnya adalah dari seseorang terdekat atau seseorang yang telah sukses. Biasanya motivasi seseorang dalam mencapai kesuksesannya adalah terinspirasi dari orang lain. Inspirasi tersebut datang dari orang yang telah sukses di hidupnya.

Kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Begitu kata pepatah lama yang sering dipakai orang untuk pembelaan ketika gagal. Memang, ungkapan itu terkesan hanya sebagai dalih. Tapi kenyataannya memang banyak tokoh yang berkali-kali gagal tapi kemudian sukses besar. Bukan mustahil kita bisa masuk ke golongan yang sama dengan tokoh-tokoh tersebut, meski tentu saja tak ada yang mau berharap gagal dalam hal apapun. Tapi tak ada salahnya kita belajar dari kisah mereka. Tokoh-tokoh ini terdiri dari para pemimpin negara, penulis, dan selebriti yang tentu memiliki pengalaman hidup sendiri. Pengalaman hidup mereka yang penuh perjuangan dalam meraih kesuksesan di bidang masing-masing telah diakui dunia.

 

Fungsi Motivasi Untuk Setiap Orang

 

Anda pastinya sudah mengetahui istilah motivasi ini. Namun sebenarnya apa yang menjadi fungsi motivasi itu sebenarnya? Jika Anda belum mengetahui fungsi dari motivasi untuk diri Anda, maka akan sedikit sulit untuk menjalankan kesuksesan dengan motivasi yang kuat. Inilah fungsi dari motivasi untuk setiap orang antara lain:

  • Menentukan Arah yang Ingin Dicapai

    Motivasi dapat berfungsi sebagai pengarah, maksudnya motivasi dapat menunjukkan arah terhadap kegiatan yang dilakukan oleh seorang individu sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini, ada dua jenis arah yang bisa dicapai, yaitu arah yang positif dan arah yang negatif.

  • Menyeleksi Perbuatan

    Seseorang yang tertanam motivasi di dalam dirinya akan melakukan upaya tertentu dalam melakukan tindakan yang akan dilakukannya demi mencapai hasil yang diharapkan. Dengan demikian, motivasi berfungsi sebagai penyeleksi untuk membantu individu membuang perbuatan yang tidak berkaitan dengan tujuannya.

  • Menentukan Cepat atau Lambatnya Suatu Tindakan

    Motivasi juga dapat berfungsi sebagai promotor, yaitu mesin penggerak yang memberikan kekuatan bagi individu untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Seseorang yang termotivasi akan menentukan upaya apa yang harus ditempuh agar tujuan semakin cepat tercapai.

 

Baca Juga:  Motivasi Bisnis untuk Pengusaha Muda

 

Tokoh Inspiratif yang Dapat Dijadikan Motivasi

 

Mencapai sukses tentu jadi impian setiap orang. Meskipun sukses berbeda dengan orang lain, tapi tidak ada salahnya untuk tahu resep dibalik sukses orang hebat. Pastinya tiap individu pastinya punya tokoh inspiratif masing-masing. Berikut ini tokoh-tokoh yang dapat dijadikan inspirasi :

  1. Stephen Hawking

    Prof. Stephen Hawking menjadi tokoh inspiratif dunia yang membuat sebagian besar orang akan malu untuk mengeluh. Dengan keterbatasan fisik yang dialaminya, Hawking tetap menghasilkan berbagai karya ilmiah yang berguna bagi banyak orang. Penyakit syaraf yang dideritanya telah membuat Hawking tak lagi bisa beranjak dari kursi rodanya selama hampir 42 tahun. Bukan hanya itu saja, pria ini bahkan sudah tidak bisa lagi berbicara hampir 28 tahun. Namun semua itu bukan alasan bagi Hawking untuk terus berkarya dalam bidang sains.

  2. Oprah Winfrey

    Wanita yang lahir di Kosciusko, Mississippi ini terlahir dalam keluarga broken home. Kehidupannya bersama ibunya yang kelam memaksanya memilih tinggal bersama sang ayah. Didikan sang ayah yang ketat dan selalu mewajibkannya membaca buku serta membuat rangkumannya setiap akhir pekan justru membuat dirinya menjadi pribadi yang disiplin, cerdas, tegas, dan percaya diri. Bahkan sang ayah tidak akan mau mengambil raportnya kecuali Oprah mendapat nilai A.
     
    Selepas SMA, ia mulai merintis karier di dunia televisi, bahkan Oprah menjadi wanita berkulit hitam pertama dan termuda yang menjadi pembawa berita di stasiun televisi lokal saat itu. Hingga akhirnya ia diamanatkan untuk membawakan acara The Oprah Winfrey Show yang selalu menuai rating tinggi selama 25 tahun penayangannya. Meskipun memiliki karir yang gemilang, masa lalu Oprah yang kelam justru membuat hatinya tergerak untuk membantu sesama.
     
    Oprah tidak pernah lupa untuk berbagi pada sesama, mulai dari melakukan kegiatan amal secara rutin di berbagai yayasan, rumah sakit, sekolah, dan juga rehabilitasi. Bahkan ia kerap memberikan beasiswa kepada wanita berprestasi. Hingga berkat kerendahan hatinya tersebut ia mendapatkan predikat The Greatest Black Philanthropist in America History.

  3. Bill Gates

    Bill Gates adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia kini dikenal sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih 103,1 miliar dolar AS (2019). Meski kini hidup bergelimang harta, bukan berarti Bill Gates tidak pernah mengalami kegagalan.
     
    Justru ia telah berkali-kali gagal saat mendirikan perusahaan Microsoft. Berbagai kesulitan telah ia lalui dengan berprinsip bahwa kegagalan akan berbuah keberhasilan. Berkat usaha keras dan tidak pernah berputus ada, Microsoft kini menjadi salah satu perusahaan raksasa yang memberinya kekayaan berlimpah.

  4. Albert Einstein

    Bicara tentang tokoh inspiratif, kita tidak mungkin melupakan sosok Albert Einstein. Ilmuwan terbesar dalam abad ke-20 ini telah menjadi inspirasi bagi banyak orang di dunia. Ia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Namun, siapa sangka jika Einstein pernah dianggap menderita cacat mental? Hal ini dikarenakan pertumbuhannya yang tidak normal.
     
    Ia baru bisa berbicara di usia 4 tahun dimana hal tersebut tidak wajar. Namun, keterlambatan pertumbuhan tidak membuatnya cacat selamanya. Ia justru dianugerahi otak cerdas hingga mampu membuatnya menjadi seorang fisikawan yang sukses. Tentu saja kesuksesannya tidak luput dari kerja keras dan kesungguhan dalam berusaha.

  5. Colonel Sanders

    Kolonel Harland Sanders merupakan sosok dari pendiri KFC (Kentucky Fried Chicken) yang memiliki ciri khas rasa ayam goreng yang berbeda dan digemari banyak orang hingga seluruh penjuru dunia. Dibalik kesuksesannya mendirikan KFC tanpa disangka pernah berprofesi sebagai kuli, tukang parkir hingga tentara angkatan darat. Pada tahun 1930, ia mendirikan Rumah makan Kolonel Harland Sanders kemudian usahanya semakin berkembang dan terkenal.
     
    Kemudian dia terus berusaha untuk melakukan percobaan untuk menu ayam gorengnya hingga akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng. Singkat cerita sang pensiunan tentara tersebut memutuskan untuk pensiun dan mencoba menjual resep ayam goreng ala KFC ke rumah makan di wilayah Outta, AS. Selama dua tahun berkeliling menawarkan resepnya ada lebih dari 1000 penolakan yang ia terima. Tanpa kenal menyerah dan yakin akan berhasil, ia terus berusaha hingga membuat KFC bisa berada di seluruh penjuru dunia.

 

Baca Juga:  5 Film yang Akan Menginspirasi Untuk Menjadi Seorang Entrepreneur

 

Kesimpulan dan Penutup

Tokoh-tokoh inspiratif di atas tentunya tidak secara langsung mendulang kesuksesan. Melainkan juga melalui proses dan kegagalan yang bertubi-tubi. Tetapi mereka tidak menyerah dengan keadaan dan terus melanjutkan hidupnya. Pada akhirnya mereka juga menikmati hasil dari kerja keras dan usahanya untuk melewati kegagalan tersebut.

Jadikanlah motivasi-motivasi tersebut sebagai dorongan Anda untuk mencapai kesuksesan dalam belajar, dalam bersosialisasi. Motivasi untuk kebutuhan akan prestasi merupakan dorongan untuk terus bersaing agar menjadi yang terbaik serta tidak akan berhenti untuk meraih ilmu dan prestasi yang gemilan. Selanjutnya adalah motivasi dalam bersosialisasi. Ini sangat penting untuk Anda hidup di masyarakat dan penting bagi Anda yang ingin meraih karir yang cemerlang di suatu pekerjaan.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update