Cloud VPS vs Cloud Hosting: Mana Lebih Baik?

Cloud VPS vs Cloud Hosting: Mana Lebih Baik?

Teknologi cloud computing sudah banyak digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar. Sebenarnya dalam dunia cloud Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan layanan yaitu cloud VPS dan cloud hosting. Meski sama-sama berbasis penyimpanan awan, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Lalu, cloud VPS vs Cloud hosting manakah yang lebih baik? simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Cloud VPS? 

Apa itu Cloud VPS? Cloud VPS adalah sebuah server virtual yang yang memiliki server khusus untuk digunakan oleh user tanpa harus dibagi dengan user lainnya. Artinya satu user memiliki satu server. Meskipun demikian antara satu server fisik yang sama dengan server fisik lainnya tidak bisa saling terhubung. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir ada orang lain yang mengakses data VPS milik mereka.

Biasanya layanan ini digunakan untuk kebutuhan suatu lembaga atau perusahaan bisnis. Karena itulah, pada sistem servernya VPS tetap menjalankan sistem operasi lengkapnya sendiri dan setiap server dapat di-boot ulang secara independen. 

Selain itu, Anda bisa melakukan aktivitas kapan saja hingga 24 jam penuh. Hal ini disebabkan oleh penggunaan akses root yang ada pada cloud VPS. Sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan sumber daya yang bisa diskalakan serta yang sudah ter virtualisasi.

Apakah Anda sudah mulai terbayang tentang cara kerja dari cloud VPS? singkatnya pada server VPS Anda diberikan kebebasan untuk menambahkan fitur atau aplikasi sebagai komponen pendukung untuk website milik Anda. Akan tetapi, hal ini disesuaikan dengan space yang ada terlebih dahulu. Jika Anda ingin menggunakan server VPS secara maksimal pastikan Anda sudah memiliki keahlian teknis ya.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah layanan yang mencakup penyimpanan data pada berbagai server untuk menyeimbangkan beban server dan memaksimalkan server saat uptime. Selain itu, teknologi yang digunakan oleh cloud hosting adalah teknologi cluster yang merupakan gabungan dari beberapa server yang dapat memusatkan beberapa server tersebut. 

Dengan demikian, jika  satu server bermasalah maka server lain akan memberikan resource sehingga website bisa berjalan dengan normal. Oleh karena itu, hal tersebut dapat membuat sebuah website dapat terhindar dari down atau error. 

Berbeda dengan VPS layanan cloud hosting bekerja dengan beberapa server virtual sekaligus. Cara kerjanya juga terbilang simple karena Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk mengoperasikannya. Anda bisa langsung memakai nya tanpa harus ribet dengan berbagai opsi pengaturannya.

Cloud VPS vs Cloud Hosting Manakah yang Lebih Unggul?

vps vs hosting

Pada penjelasan sebelumnya, Anda sudah mengetahui tentang pengertian dari cloud VPS dan cloud hosting. Ini dia beberapa perbandingan antara keduanya dalam hal kapasitas,keamanan,performa,kustomisasi,harga dan yang lainnya berikut ini.

  • Kapasitas

Perbedaan pertama antara cloud VPS dengan cloud hosting adalah dari segi kapasitas yang diberikan oleh keduanya. Jika pada cloud VPS pengurangan dan penambahan kapasitas bisa dilakukan dengan mudah. Ada dua jenis caranya yaitu dengan vertical scaling dan horizontal scaling. 

Sementara pada cloud hosting kapasitasnya bisa ditambah dan dikurangi dengan mudah tanpa ada batasan. Uniknya, jika Anda melakukan penambahan atau pengurangan kapasitas, website Anda dapat dipastikan aman dari masalah down atau error.

  • Keamanan

Bagian keamanan tidak kalah penting untuk menjadi pertimbangan antara kedua layanan cloud ini. Jika melihat pada VPS layanan ini memiliki jaminan keamanan yang ditawarkan tergantung pada penggunanya. Sehingga keamanan website Anda tergantung bagaimana Anda memiliki pengetahuan tentang keamanan tersebut. Akan tetapi, dari sisi keamanan sibernya cloud VPS bisa dikatakan aman secara server fisik.

Sedangkan pada cloud hosting sistem keamanan sudah sangat terjamin. Pengguna tidak perlu memiliki keahlian atau skill khusus untuk menjaga keamanan website mereka. Karena sistem keamanan tersebut sudah langsung diatur oleh penyedia provider layanan. 

  • Performa

Performa juga tidak kalah penting untuk memastikan website dapat berjalan dengan baik. Pada cloud hosting performa dari layanan ini sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh spesifikasi dan fitur yang langsung disediakan oleh penyedia layanan, sehingga performa dari website bisa berjalan secara maksimal. Ini juga yang membuat website Anda sangat kecil kemungkinan untuk mengalami error atau down.

Sementara itu pada cloud VPS performa yang disediakan mereka juga tinggi. Saking tingginya performa yang diberikan layanan ini, pengguna bisa dengan mudah memiliki beberapa website yang sudah dilengkapi dengan panel khusus. Meski demikian, sebenarnya performa dari VPS sangat bergantung dari konfigurasi yang pengguna berikan.

  • Kustomisasi

Cloud VPS bisa di kustomisasi secara fleksibel jika pengguna menguasai bahasa pemrograman. Contoh kustomisasi VPS yang sering dilakukan adalah pemilihan panel kontrol. Biasanya pengguna akan diberikan kebebasan untuk memilih antara cPanel,webuzo atau yang lainnya.

Sedangkan pada cloud hosting tidak memiliki opsi untuk melakukan kustomisasi. Hal ini disebabkan oleh konfigurasi server yang sudah dilakukan sebelumnya oleh penyedia jasa layanan. Sehingga pengguna bisa dengan mudah langsung memakainya tanpa harus ribet dengan hal-hal teknis.

  • Harga

Perbedaan terakhir terletak pada harga dari masing-masing layanan cloud. Cloud VPS dari segi harga lebih terjangkau, hal ini disebabkan oleh pengoperasian VPS yang memang dilakukan secara mandiri oleh pengguna. Jadi, jika pengguna memiliki kemampuan teknis yang baik maka untuk menambah fitur baru, tidak perlu membayar biaya tambahan.

Cloud hosting mematok harga yang sedikit lebih mahal dari VPS. Ini karena pengoperasian hosting sudah diatur oleh penyedia layanan, sehingga pengguna tinggal menggunakannya saja untuk keperluan mereka. Selain itu, layanan ini juga menyediakan performa dan fleksibilitas yang tinggi apabila pengguna ingin melakukan upgrade.

Baca juga: Mengenal Teknologi Cloud Hosting dan Keunggulannya

Kelebihan dan Kekurangan Cloud VPS vs Cloud Hosting

Setelah Anda mengetahui beberapa perbandingan antara VPS dengan cloud hosting. Berikut ini ada beberapa perbedaan dari segi kelebihan dan kekurangan dari kedua layanan cloud tersebut.

1. Kelebihan dan Kekurangan Cloud VPS

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari layanan cloud virtual private server yang harus Anda ketahui antara lain: 

  • Kelebihan VPS

Keuntungan Anda menggunakan VPS adalah pengguna diberi kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Selain itu, dari segi performanya VPS memiliki performa yang tinggi karena beroperasi dalam sebuah server khusus. Yang tidak kalah penting sistem keamanannya ganda bisa online atau offline. Terakhir, layanan ini juga mematok harga yang ramah dikantong pengguna. 

  • Kekurangan VPS

Kekurangan dari layanan virtual private server adalah jaminan keamanan ditanggung sepenuhnya oleh pengguna. Kemudian, jika pengguna ingin VPS bekerja secara maksimal, pengguna harus memiliki keterampilan khusus agar bisa mengkustomisasinya menjadi lebih baik. Selanjutnya, ada resiko server down saat sesama pengguna menggunakan server dalam waktu bersamaan.

2. Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari layanan cloud hosting yang harus Anda ketahui antara lain: 

  • Kelebihan Cloud Hosting

Keuntungan bagi Anda yang menggunakan hosting adalah pengguna bisa langsung mengoperasikannya tanpa harus memiliki keahlian khusus. Selain itu, memiliki performa yang super dengan jaminan uptime yang tinggi. Selanjutnya adalah sistem keamanannya yang terjamin dengan kapasitas untuk menambah server lebih fleksibel. Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan kualitas dari hosting.

  • Kekurangan Cloud Hosting

Kekurangan dari layanan ini adalah jika pengguna ingin melakukan kustomisasi opsi yang disediakan terbatas. Selain itu, harga cloud hosting sedikit lebih mahal dibandingkan dengan VPS.

Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, dan Server VPS

Manakah yang Lebih Cocok untuk Anda?

Sebagai pengguna yang akan memakai diantara kedua layanan ini, Anda pasti harus mempertimbangkan manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda bukan? Jika Anda seseorang yang tidak terlalu memiliki kemampuan teknis untuk mengelola server. Kemudian Anda memiliki website dengan traffic tinggi yang mengharuskan selalu online. Serta sangat menyukai layanan dengan fleksibilitas agar mudah melakukan upgrade. Maka, layanan yang cocok untuk Anda gunakan adalah cloud hosting.

Mengapa cloud hosting? Jawabannya adalah karena pada layanan tersebut Anda sebagai user tidak perlu khawatir untuk mengoperasikannya, karena Anda bisa langsung menggunakan server tanpa keahlian khusus. Selain itu, berbagai kemudahan juga Anda dapatkan seperti fleksibel,mudah untuk di upgrade dan masih banyak lagi.

Sementara itu, jika Anda seseorang yang memiliki kemampuan teknis untuk mengoperasikan VPS. Bukan hanya itu saja, jika website yang Anda punya memiliki traffic yang besar serta Anda ingin semua data yang Anda punya disimpan pada satu server khusus tanpa harus dibagi. Maka,layanan yang cocok untuk Anda gunakan adalah cloud VPS.

Mengapa cloud VPS? Jawabannya adalah pada layanan tersebut Anda bisa dengan mudah menyimpan data pada satu server khusus, sehingga Anda tidak perlu membaginya dengan pengguna lain. Selain itu, jika Anda memiliki keterampilan teknis untuk mengoperasikannya, maka salah satu kemudahan yang Anda dapatkan adalah VPS dapat bekerja dengan maksimal dan sangat baik.

Penutup

Jika disimpulkan secara ringkas, cloud hosting adalah layanan yang mayoritas digunakan oleh user ketika mereka ingin memiliki website fleksibel tanpa harus mengatur servernya. Selain itu, pada layanan ini juga mencakup penyimpanan data pada berbagai server untuk menyeimbangkan beban server dan memaksimalkan server saat uptime. 

Selanjutnya, cloud VPS adalah layanan yang seringkali digunakan oleh user yang memang sudah memiliki keterampilan teknis sebelumnya. Didukung dengan penyimpanan data yang terletak pada satu server khusus, membuat pengguna tidak perlu khawatir untuk berbagi server dengan klien lainnya, karena sistem VPS memberikan pengguna akses penuh terhadap server milik mereka sendiri. 

Jadi, Anda tertarik ingin mencoba layanan yang mana? Jika Anda tertarik ingin mencoba cloud hosting. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu lebih dalam mengenai layanan tersebut. Yang tidak kalah penting adalah Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda akan server terlebih dahulu ya.

Akan tetapi, apabila Anda tertarik ingin mencoba cloud hosting. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu lebih dalam mengenai layanan tersebut. Kemudian, pastikan Anda sudah menentukan provider mana saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mempertimbangkan dari sistem operasinya,teknologi yang digunakan,layanan support yang diberikan hingga biaya sewa layanan cloud VPS.

Masih bingung menentukan provider untuk layanan VPS? Jangan khawatir, semua kriteria tersebut bisa Anda dapatkan pada layanan cloud VPS dari IDCloudHost. Layanan full cloud access terbaik yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan serta harga yang terjangkau menjadikan VPS murah IDCloudHost sebagai solusi untuk segala kebutuhan Anda. Yuk,coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update