YouTube Marketing : Penjelasan dan Tips Sukses 2022

YouTube Marketing : Penjelasan dan Tips Sukses 2022

Pemasaran video secara bertahap menaklukkan hidup setiap orang selama beberapa tahun terakhir. Salah satu platform media sosial yang bertanggung jawab atas dominasi ini adalah YouTube. Ada 2,3 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia yang menjadikan YouTube sebagai platform media sosial terpopuler kedua. Selain itu menurut laporan oleh Think With Google, 68% pengguna menonton YouTube sebelum mereka membuat keputusan pembelian.

Youtube bukanlah jaringan media sosial lain melainkan adalah mesin pencari yang dimiliki oleh Google, dengan volume pencarian yang lebih besar daripada browser seperti Yahoo atau Bing. Jadi, jika Anda seorang pemasar yang bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan brand awareness dan sasaran promosi Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Apalagi konten-konten berbentuk video di tahun ini menjadi tren yang tidak bisa dilewatkan.

Konten YouTube dapat menjadi senjata ampuh untuk upaya pemasaran digital Anda, dan mendatangkan pengunjung baru ke situs web Anda. Ketika konsumen berinteraksi dengan konten yang memenuhi kebutuhan mereka, mereka cenderung bertahan dan menjadi pelanggan di masa depan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda setidaknya harus memiliki pemahaman tentang YouTube Marketing yang benar karena jika salah dalam menggunakan sebuah platform, bisa jadi seluruh hasil kerja Anda akan sia-sia. Artikel ini akan membantu menjelaskan dengan singkat definisi YouTube Marketing dan tips sukses menjalankannya di tahun 2022.

 

Baca Juga :  Panduan Lengkap YouTube Marketing Tahun 2022 Terbaru

 

Mengenal Apa Itu YouTube Marketing

 

Pemasaran YouTube atau YouTube Marketing adalah praktik mempromosikan produk atau layanan tertentu. Karena YouTube adalah platform berbasis video, ini memungkinkan bisnis dan perusahaan untuk mempromosikan brand mereka melalui video, baik sebagai iklan atau melalui saluran masing-masing. YouTube adalah media pemasaran yang sangat berpengaruh karena platform ini adalah situs web ke-2 yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. Era pemasaran digital telah membuka banyak peluang dan YouTube adalah salah satu media tersebut. Video sangat efektif karena memiliki dampak yang lebih dalam pada audiens, sehingga membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas. Kunci YouTube Marketing adalah fokus pada konten berkualitas tinggi, SEO efektif, dan optimalisasi kata kunci.

Dengan segala manfaat yang ada, tidak heran bahwa YouTube dapat menjadi alat pemasaran yang berguna untuk berbagai bisnis dan brand. Tidak hanya untuk fashion influencer atau orang yang membuat tutorial makeup. Perusahaan di banyak industri manapun sekarang menggunakan YouTube untuk memanfaatkan kekuatan pemasaran video. Berikut adalah beberapa manfaat pemasaran konten YouTube :

  • Brand awareness
    YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia setelah Google dan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi secara global. YouTube memberi Anda peluang signifikan untuk menjangkau banyak orang guna meningkatkan brand awareness.
  • Jangkauan yang luas
    YouTube memungkinkan jangkauan yang luas. Bukan hanya orang Amerika yang mengakses situs ini. Orang-orang yang berasal dari seluruh dunia, seperti dari India yakni 9,5% pengunjung global, Jepang 4,9%, dan yang paling sering berkunjung adalah pengguna dari AS sebesar 15,9%.
  • Sasaran yang tepat
    Pemasaran YouTube dapat tepat sasaran. Anda dapat menyesuaikan kampanye berdasarkan detail seperti kata kunci, topik, dan demografi, seperti bahasa audiens, lokasi, dan lainnya.
  • Tempat yang serbaguna
    Brand dan bisnis dapat membuat saluran mereka sendiri di YouTube dan mengunggah konten untuk mempertahankan subscriber secara organik. Selain itu mereka juga dapat memanfaatkan platform dengan cara lain, seperti melalui pemasaran influencer atau penempatan iklan berbayar.
  • Terukur
    Pemasaran YouTube dapat diukur. Bergantung pada cara kampanye disiapkan, Anda dapat mengukur keberhasilan strategi video Anda menggunakan indikator kinerja utama Key Performance Indicator (KPI) seperti rasio klik-tayang (RKT). Mereka kemudian dapat mengubah kampanye sesuai dengan metrik konten tersebut.

Baca Juga :  10 Trend Social Media Marketing yang Populer Tahun 2022

Jika Anda belum pernah terlibat dalam pemasaran YouTube sebelumnya, prospeknya mungkin dapat menakutkan. Namun jangan khawatir karena salah satu daya tarik terbesar dari YouTube adalah bahwa YouTube sebenarnya cukup ramah pengguna dan mudah. Beberapa hal yang Anda butuhkan untuk memulai adalah sebagai berikut :

  • Akun YouTube
    Perhatikan bahwa Anda memiliki akun Google untuk menyiapkan akun YouTube. Jika Anda memiliki akun Gmail, Anda sudah memiliki akses ke akun YouTube. Setelah itu Anda dapat mengunjungi YouTube dan masuk menggunakan nama akun Google Anda. Di kanan atas, klik menu tarik-turun dan pilih “Buat Saluran”. Di bagian bawah, Anda dapat mengklik “Gunakan bisnis atau nama lain” kemudian pilih “Gunakan Nama Kustom” untuk membuat saluran menggunakan brand atau nama bisnis Anda. Anda kemudian dapat menyesuaikan detail tampilan sesuai dengan brand Anda, seperti gambar mini khusus, gambar profil, tajuk, sampul saluran, dan banyak lagi. Anda juga dapat menambahkan cuplikan saluran untuk memperkenalkan pengunjung ke bisnis Anda. Jika Anda mengalami masalah atau tidak punya waktu untuk menyiapkannya, Anda dapat merekrut pemasar YouTube yang dapat membantu.
  • Strategi pemasaran YouTube
    Mengelola saluran YouTube yang sukses membutuhkan strategi. Anda pasti tidak ingin hanya mengunggah video secara acak. Mengintegrasikan upaya YouTube Anda ke dalam rencana pemasaran Anda yang lebih luas akan memastikan pendekatan yang lebih terfokus, meminimalkan upaya yang sia-sia, dan membantu Anda menjangkau audiens yang tepat dengan konten yang tepat pada waktu yang tepat.
  • Tim yang berdedikasi untuk membantu
    Konsistensi dan kualitas adalah kunci keberhasilan pemasaran YouTube. Jika Anda tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk menyiapkan mengerjakan konten saluran Anda sendiri, carilah profesional eksternal untuk membantu. Jika Anda mulai membangun tim Anda dari awal, Anda dapat memastikan konsistensi. Untuk membantu pekerjaan Anda terhadap konten YouTube, Anda mungkin membutuhkan bantuan di bidang-bidang seperti :

Videografi : Ini adalah proses mengkonseptualisasikan, merekam, dan memproduksi video.

Pengeditan : Ini adalah proses membuat produk yang dipoles dari rekaman mentah. Ini dapat mencakup pemotongan adegan, menambahkan bingkai dan musik transisi, dan banyak lagi.

Animasi : Video YouTube tidak hanya harus berupa cuplikan dunia nyata. Animasi memungkinkan Anda menjadi lebih kreatif.

Subtitle dan terjemahan : Jika Anda ingin menargetkan orang-orang di wilayah bahasa lain, subtitle atau terjemahan akan bermanfaat. Subtitle juga membantu membuat video Anda lebih mudah diakses, misalnya, bagi komunitas tunarungu.

SEO : YouTube secara teknis adalah mesin pencari. Pengoptimalan mesin telusur seperti kata kunci apa yang Anda gunakan dalam deskripsi video dapat membantu membuat video Anda lebih mudah ditemukann.

Pemasaran : SEO hanyalah salah satu alat dalam alat pemasaran YouTube. Pakar pemasaran YouTube dapat membantu video Anda mendapatkan visibilitas. Mereka juga dapat membantu Anda mengembangkan strategi tentang cara terbaik memanfaatkan YouTube Anda untuk meningkatkan bisnis.

 

Baca Juga :  Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

 

Tips Sukses YouTube Marketing 2022

YouTube Marketing : Penjelasan dan Tips Sukses 2022
 

Berikut adalah urutan tips sukses yang dapat Anda gunakan dalam strategi pemasaran video Anda di YouTube :

  1. Intro dan branding

    Pada langkah pertama, Anda akan harus memberi tahu audiens tentang siapa Anda dan di mana lagi mereka dapat terhubung dengan brand Anda, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, atau situs web yang Anda miliki.

  2. Call To Action (CTA)

    Semua video Anda harus memiliki CTA yang meminta pemirsa untuk menjadi pembaca, berlangganan/mendaftar, dan membeli sesuatu. Sungguh menakjubkan melihat berapa banyak pemasar YouTube yang melewatkan langkah ini. Pada akhir video, setelah Anda mengirimkan CTA sisakan sedikit waktu untuk penekanan, mungkin satu atau dua menit. Mungkin hanya keheningan dengan panah yang mengarah ke tautan yang Anda promosikan. Karena Anda pasti tidak ingin video tersebut berakhir begitu saja, disinilah Google akan segera menyarankan video lain di dalam pemutar dan kemudian tautan Anda akan hilang.

  3. Memaksimalkan akun

    Ini adalah salah satu konsep YouTube yang sangat penting yang perlu Anda ketahui bahwa YouTube tidak lagi hanya situs pencarian video tetapi juga memiliki aspirasi untuk menjadi situs jejaring sosial papan atas. Artinya, semakin banyak teman, suka, pemirsa, dan keterlibatan video Anda, semakin baik peringkatnya. Jika Anda ingin memaksimalkan keterlibatan sosial saluran YouTube Anda, Anda dapat mencoba menggunakan Tube Toolbox. Layanan ini terkenal karena sangat efektif dan sesuai dengan aturan persyaratan layanan YouTube.

  4. Pahami audiens

    Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda mempromosikan bisnis dengan cara yang relevan dengan grup pilihan Anda, membuat persona pelanggan yang mewakili audiens target dapat membantu untuk mengetahui produk dan layanan apa yang akan dipromosikan dan bagaimana caranya. Misalnya, minat media seorang remaja, pasti akan berbeda dengan orang dewasa.

  5. Berkoordinasi dengan upaya pemasaran lain

    Pemasaran video tidak boleh dipisahkan dari pemasaran Anda yang lain. Integrasikan konten video ke dalam keseluruhan strategi pemasaran Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan jejaring sosial lain misalnya Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dll untuk mendorong video baru. Ahli strategi pemasaran digital profesional dapat membantu. Anda juga dapat menemukan pakar untuk menyiapkan kampanye Iklan YouTube dan AdWords formal jika Anda ingin berinvestasi lebih banyak dalam iklan video berbayar.

  6. Analisis kesuksesan

    Seperti yang disebutkan, salah satu manfaat besar pemasaran YouTube adalah dapat diukur berkat metrik seperti penayangan, pelanggan, dan klik. Jangan abaikan data berharga ini. Gunakan untuk mencari tahu konten apa yang beresonansi dengan audiens Anda dan sesuaikan konten, kampanye, dan strategi keseluruhan Anda di masa mendatang.

 

Baca Juga :  Tips Digital Marketing Terbaik 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

YouTube adalah salah satu situs web terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia. Untungnya YouTube juga merupakan salah satu tempat termudah untuk mendapatkan lalu lintas dalam jumlah besar dengan sedikit usaha. Dengan memanfaatkan tips terbaik ini, kini Anda dapat membuat video yang menarik, mendominasi SEO, dan mengirimkan video Anda untuk naik ke peringkat pencarian di YouTube dan Google.

YouTube Marketing adalah strategi yang luar biasa kuat dan akan membantu Anda memposisikan diri untuk menumbuhkan kekuatan dari pemasaran video di seluruh web. Bagian terbaiknya adalah strategi cepat ini dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda. Jadi mulailah hari ini dan lihat bagaimana Anda dapat menaikkan peringkat halaman 1 Google dengan metode pemasaran melalui YouTube.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update