Cara Belajar SEO untuk Pemula : Tips & Trick, Langkah-langkah, dan Hasilnya

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Saat ini, perkembangan bisnis kian melesat dengan cepat terlebih dengan adanya situs website yang sangat efektif dalam mempromosikan produk. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis melalui website, maka perlu mempelajari belajar SEO untuk pemula. Lantas, sudah tahukah Anda apa itu SEO?

SEO dapat Anda gunakan untuk mengoptimasikan pencarian. Dengan begitu situs yang Anda miliki dapat muncul di halaman pertama pencarian. Akan tetapi, untuk mendapatkan hal tersebut Anda perlu mengetahui banyak hal mengenai apa itu SEO. Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar SEO untuk pemula.

Dengan belajar SEO untuk pemula, Anda akan mengerti lebih banyak mengenai SEO, tips dan trik menggunakannya, langkah-langkah kerjanya, hingga bagaimana hasilnya nanti. Di bawah ini beberapa penjelasan yang bisa Anda simak sampai habis seputar SEO.

 

Mengenal Apa Itu SEO

 

SEO atau yang dikenal dengan kepanjangan Search Engine Optimization merupakan pengoptimalan mesin pencarian yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan blog maupun website. Optimasi yang satu ini tentu memiliki langkah-langkahnya sendiri agar berhasil dilakukan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda mengetahui seperti apa saja tips dan trik maupun langkah-langkah kerja SEO itu sendiri.

Lantas, mengapa harus menggunakan SEO? SEO sangat penting untuk Anda pelajari untuk meningkatkan volume pengunjung dari mesin pencarian Google. Dengan begitu, semakin baik SEO yang dihasilkan maka semakin meningkat pula kualitas pengunjung yang diperoleh dari mesin pencarian itu sendiri.

 

Baca Juga:   Tips Memilih Nama Domain untuk SEO yang Baik dan Benar

 

Tips dan Trik Belajar SEO untuk Pemula

Mengetahui dan mengenala apa itu SEO saja belumlah cukup, untuk mendapatkan hasil yang sesuai maka Anda juga perlu mengetahui lebih lanjut mengenai tips dan trik belajar SEO untuk pemula. Di bawah ini beberapa tips dan trik tersebut:

  1. Pahami konsep dasar SEO

    SEO adalah cara efektif yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pengunjung website/blog yang Anda miliki. Untuk itu, pikirkan apa saja yang dicari dan dibutuhkan pengguna saat mengunjungi blog Anda. Salah satu tipsnya yakni dengan membuat konten yang relevan dan sesuai dengan keyword yang dicari pengunjung.

  2. Riset keyword dengan tepat

    Melakukan riset keyword merupakan hal yang tak boleh dilewatkan saat Anda belajar SEO untuk pemula. Anda perlu mengetahui kata kunci mana saja yang banyak dicari oleh pengunjung yang nantinya digunakan dalam sebuah konten. Untuk melakukan riset tersebut, Anda bisa memanfaatkan tools-toools gratis yang ada pada Google. Salah satunya seperti Keyword Planner.

  3. Gunakan domain yang berisi keyword

    Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memasukkan keyword pada domain. Hal ini dilakukan agar Anda lebih terbantu saat pengunjung melakukan pencarian. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah dalam menemukan halaman yang Anda miliki.

  4. Buatlah konten yang berkualitas

    Konten berkualitas tentu sangat penting untuk dibuat. Pasalnya, dengan adanya konten yang berkualitas tersebut Anda bisa memberikan manfaat pada pengguna berupa informasi yang dibutukan. Sementara Anda sendiri dapat mengenalkan bisnis yang dimiliki dari setiap pengguna yang membaca konten tersebut.

  5. Cek penamaan gambar dengan baik

    Selain konten yang berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan setiap gambar yang ingin diunggah. Pastikan gambar tersebut diberi nama sesuai dengan keyword yang sudah diriset sebelumnya atau keyword yang digunakan.

  6. Dapatkan link dari blog lain

    Link building merupakan salah satu tips dan trik belajar SEO yang bisa Anda terapkan. Caranya yakni dengan menggunakan backlink agar Anda lebih mudah mendapatkan rangking pertama di mesin pencarian Google.

  7. Masukkan internal link maupun eksternal link

    Selanjutnya, jangan lewatkan juga untuk memasukkan link internal mauun link eksternal. Link internal sendiri merupakan tautan sebuah halaman ke halaman lain namun masih dalam situs yang sama. Selanjutnya, link eksternal merupakan tautan yang bisa Anda cantumkan untuk mengarahkannya pada situs yang berbeda.
    Tentu saja dengan mencantumkan kedua jenis link tersebut akan memudahkan Anda untuk meningkatkan engagement pengguna serta situs Anda juga akan memperoleh nilai positif dari pihak Google.

  8. Promosikan konten Anda ke sosial media

    Saat ini sosial media sudah seperti sarana wajib yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Terlebih ada banyak sosial media yang saat ini dapat digunakan. Seperti Twitter, Facebook, Instagram, hingga Youtube. Anda bisa memilih berbagai sosial media yang ada tersebut kemudian promosikan konten yang diinginkan.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda ketahui selama belajar SEO untuk pemula. Selanjutnya, pelajari juga bagaimana langkah-langkah menggunakan SEO tersebut di bawah ini.

 

Baca Juga:   Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Langkah-langkah Menggunakan SEO

 

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda gunakan dalam memanfaatkan SEO untuk keperluan bisnis maupun lainnya. Beberapa langkah tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit saat Anda menerapkannya sekalipun masih sebagai seorang pemula. Di bawah ini langkah belajar SEO untuk pemula yang bisa Anda lakukan:

  1. Pilih dulu tema atau topik website yang ingin Anda buat

    Untuk bisa menerapkan SEO dengan baik, Anda terlebih dulu perlu membuat website. Anda bisa memulainya dengan memilih blog maupun wordpress. Kemudian tentukan tema ataupun topik yang ingin dibuat. Dari tema tersebut nantinya dapat menjadi judul blog yang kemudian direlevankan langsung dengan website secara menyeluruh.

  2. Pilih kata kunci dengan bijak

    Saat Anda ingin menulis konten-konten pada blog tersebut, maka ada baiknya Anda memilih kata kunci dengan bijak. Anda bisa memulainya dengan terlebih dulu memilih keyword yang ringan barulah kemudian bisa meningkatkannya dengan memakai keyword yang memiliki persaingan berat.

  3. Posting konten yang relevan dengan website Anda

    Selanjutnya, pastikan Anda memosting konten yang relevan dengan website yang dimiliki. Selain itu, setiap konten yang diposting pastikan bahwa konten tersebut berkualitas dan bermanfaat untuk setiap pembaca.

  4. Siapkan SEO onpage

    Onpage SEO merupakan salah satu teknik yang penting untuk dimaksimalkan agar kualitas website bisa bagus dan lebih kuat. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kata kunci pada bagian judul, deskripsi, dan lain-lain.

  5. Indexing

    Agar postingan Anda lebih mudah terindex oleh Google, maka Anda bisa membagikannya ke berbagai sosial media yang ada. Anda bisa juga mendaftar juga di Google Web master untuk membantu bot Google mengenali Website Anda dan cepat terindeks Google.

  6. Terapkan juga SEO offpage

    Yakni dengan memakai pola backlink commenting, submit ke social bookmark, backlink wheel, dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui bahwa teknik Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEO merupakan salah satu proses yang tidak bisa secara instan didapatkan. Anda perlu menekuninya dengan sabar belajar SEO untuk pemula agar memperoleh hasil yang maksimal.

 

Kesimpulan

Mendapatkan pengunjung yang banyak tentu diinginkan oleh setiap pemilik website. Terlebih bagi Anda seorang pebisnis yang ingin menerapkan trik SEO diatas, Anda perlu menekuninya dengan baik agar situs website yang Anda miliki dapat meningkat dengan maksimal.

Dengan begitu, mendatangkan trafik pengunjung lebih banyak pun bukan hal yang mustahil lagi untuk dilakukan. Terapkan beberapa tips dan trik serta langkah-langkah SEO dengan baik sehingga Anda bisa memperoleh peringkat yang baik di pada mesin pencarian Google tersebut.

Related Post :