Tips Memilih Nama Domain untuk SEO yang Baik dan Benar

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Saat ini banyak trend baru yang berkembang di masyarakat. Trend tersebut tidak lepas dari adanya dunia maya atau internet. Untuk mencari dan mendapatkan informasi di zaman sekarang sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mengetiknya lalu muncul semua penjelasan mengenai pertanyaan Anda. Tentunya Anda memilih website terpercaya agar mendapatkan informasi yang akurat. Seringkali memilih website yang muncul paling awal atau berada diatas untuk dijadikan sumber informasi.

Hal itu bisa terjadi karena adanya SEO yang tidak lepas dari nama domain yang dipakai dan kata kunci yang diselipkan. Nama domain dan URL akan memainkan peran besar dalam pencarian. Tujuan dalam hal ini tidak hanya sebagai tempat untuk pengunjung bisa menemukan website dan konten Anda, akan tetapi domain yang Anda pilih juga dapat berdampak pada website Anda terlihat di hasil pencarian search engine.

Dengan begitu website yang Anda buat akan mendapatkan banyak pengunjung dan jika Anda mengaitkannya dengan google adsense tidak menutup kemungkinan untuk mendapat uang. Sebelum itu ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat SEO. Diantaranya adalah pemilihan nama domain yang pas untuk konten blog SEO itu sendiri. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa nama domain sangatlah penting untuk keperluan sebuah website atau blog SEO.

 

Pengertian dan Definisi SEO

Tips Memilih Nama Domain untuk SEO yang Baik dan Benar
 

Sebelum memilih domain untuk SEO sebaiknya Anda perlu mengetahui pengertian serta penjelasan singkat mengenai SEO ini. SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer”. Pengertian SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.

Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik pun akan meningkat. Untuk bisa mendapatkan trafik tinggi yang tepat sasaran, Anda perlu mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari, dalam hal ini Google. Anda perlu memahami bagaimana cara kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama SEO.

Ada beberapa komponen utama dalam SEO, komponen-komponen ini yang akan menentukan seberapa baik website anda secara SEO. Komponen ini pula lah yang menentukan urutan rangking di hasil pencarian search engine.

Inilah yang perlu anda pelajari untuk menguasai SEO :

 

  • Mengoptimasi halaman website
  • Riset kata kunci (Keyword research)
  • Menganalisa kompetisi
  • Membuat konten yang teroptimasi
  • Membangun popularitas, link, dan reputasi
  • Melakukan audit terhadap performa SEO

 

Baca Juga :    Cara Optimasi Website yang Google Mobile First Index (SEO Friendly)

 

Cara Kerja SEO

Tujuan SEO adalah pengoptimalan website sehingga pengguna dapat mencari informasi atau yang dibutuhkan menggunakan kata kunci. Terdapat tiga manfaat yang ditawarkan dalam proses optimasi, yaitu memberi informasi yang relevan, mendatangkan lebih banyak trafik organik, serta menjadikan search engine sebagai sumber yang andal. Hasil pencarian mungkin tidak akan muncul saat itu juga karena proses search engine optimasi tidak sesederhana dan semudah yang dibayangkan. Search engine memiliki tiga tugas utama dalam melakukan pencarian sesuai permintaan, antara lain :

 

  • Crawling

    Crawling bertugas untuk mengumpulkan informasi dari semua website. Halaman satu ke halaman lainnya, serta link satu ke link yang lainnya. Proses ini adalah tahap awal dari proses kerja Search engine optimasi.

  • Indexing

    Setelah proses crawling dilakukan, langkah selanjutnya Google akan mencatat setiap signal yang akan menjadi penilaian untuk menentukan ranking pada hasil pencarian. Kemudian data tersebut disimpan kedalam database google yang disebut index. Jika website Anda sudah masuk kedalam index maka website Anda akan muncul di pencarian google yang sesuai dengan kata kunci.

  • Ranking

    Mesin pencari akan menampilkan konten sesuai hasil pencarian yang paling sesuai dengan peringkat secara berurutan. Pemeringkatan ini juga disesuaikan dengan isi konten dalam website serta kata kunci yang dimunculkan. Agar menduduki posisi teratas website Anda juga harus memenuhi standar google.

 

Baca Juga :   Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Online yang Baik dan Benar

 

Pentingnya SEO Dalam Perkembangan Website

Saat ini google menjadi mesin pencari nomor satu di dunia. Setiap hari banyak penduduk dunia yang menggunakan google untuk mencari informasi dan membeli suatu produk. Menurut data dari google sekitar 50% jumlah klik dari suatu website adalah yang menempati posisi pertama sampai ketiga. Dengan akumulasi klik sebesar itu maka secara otomatis akan banyak yang mengunjungi website Anda dalam sehari.

Tidak hanya puluhan bahkan ribuan orang dapat mengunjungi website Anda dalam sehari. Jika Anda sedang mencoba berbisnis online dengan pemasaran melalui website ataupun seorang blogger yang ingin tulisannya dibaca oleh orang banyak memerlukan SEO ini sebagai penunjang keberhasilan usahanya. SEO sendiri merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital. Pemasaran inbound dan teknik SEO ini merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

Baca Juga :     Bagaimana Pengaruh Nama Domain Terhadap Hasil Pencarian Google (SEO)

 

Tips Memilih Nama Domain Untuk SEO

Tips Memilih Nama Domain untuk SEO yang Baik dan Benar
 

 

Nama domain atau alamat website sangat penting dan menjadi faktor utama dalam menerapkan metode SEO ini. Dimana nama domain adalah yang pertama kali muncul dan dicari oleh pengunjung. Maka dari itu tidak boleh sembarangan dalam memilih nama domain untuk website jika ingin menerapkan SEO. Berikut tips untuk memilih nama domain yang baik :

 

  1. Mengandung Isi Website

    Nama domain yang baik harus mencerminkan isi dari konten website tersebut. Setidaknya terdapat kata yang mencerminkan isi konten tersebut. Hal tersebut dimaksudkan agar pengunjung website tidak salah sangka atau kecewa dengan isi konten yang tidak sesuai dengan apa yang dicarinya.
    Website Anda juga akan mendapatkan penilaian buruk karena hal tersebut. Contoh jika Anda ingin membuat website untuk menjual roti maka nama domain yang baik harus mengandung unsur yang sesuai seperti rotiku(dot)id , fortunebread(dot)com dan lain-lain.

  2. Menyisipkan Kata Kunci

    Hal ini dapat membantu untuk Anda bisa menemukan dan mengingat tiga sampai lima kata kunci saat melakukan hal ini. Kata-kata dan ungkapan-ungkapan ini harus secara jelas mendefinisikan apa yang Anda lakukan (atau ingin Anda lakukan). Sebagai contoh Anda memulai sebuah toko roti lokal. Beberapa istilah yang ingin Anda sertakan adalah kota, roti, roti tawar, roti isi dan sebagainya. Tipsnya adalah menggunakan awalan dan sufiks untuk membantu Anda membuat domain yang bagus dan menarik perhatian, seperti contoh untuk nama domain seperti kurniaroti(dot)com

  3. Hindari Penggunaan Tanda Hubung dan Angka

    Menghindari penggunaan kata hubung atau angka bertujuan agar nama domain Anda mudah diingat. Nama domain dengan menggunakan kata hubung dan angka seringkali dinilai merepotkan ketika mengetiknya, salah penempatan tanda hubung atau angka akan muncul website yang berbeda. Fakta yang ada pada google adalah website dengan nama domain yang singkat serta tidak memiliki tanda hubung atau angka yang menjadi posisi pertama sampai ketiga atau yang biasa disebut SEO.

  4. Menggunakan Ekstensi .com

    Terdapat ribuan ekstensi yang disediakan oleh registrar atau penyedia domain. Namun jika Anda ingin menambah kualitas dari website Anda sebaiknya gunakanlah ekstensi domain .com . Menggunakan redirect 301 untuk mengarahkan traffic ke .net atau .org bisa dibilang baik namun memiliki .com atau TLD setara seperti co.id atau yang setara untuk target pasar negara Anda sangat penting.
    Ada beberapa alasan mengapa hal ini penting, namun yang paling penting adalah bagi pengguna Anda. Meski ada ribuan TLD yang bisa dipilih, .com masih paling bisa dipercaya. Banyak para pengguna internet masih belum sadar bahwa TLD lain ada dan mungkin banyak yang merasa ragu untuk mengklik.

 

Baca Juga :    Panduan Lengkap SEMrush Tools SEO Untuk Pemula dan Pebisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk mengoptimalkan usaha di era digital ini memang tidak gampang. Apabila Anda sebagai orang awam yang baru mengenal dunia digital marketing tentunya harus memulai beradaptasi dari awal. Mempelajari hal yang berbau digital harus memerlukan banyak wawasan serta latihan agar cepat untuk menyesuaikan diri. Konsep digital marketing SEO ini contoh nyata perkembangannya, jika seseorang tidak cepat beradaptasi dengan ini maka akan jauh tertinggal.

Penjelasan diatas merupakan sedikit ulasan mengenai SEO itu seperti apa dan juga cara menentukan langkah awal dari SEO. Pemilihan nama domain yang tepat merupakan salah satu kunci kesuksesan website dan juga kemudahan dalam membantu image branding. Tidak hanya soal nama domain saja tetapi juga harus memperhatikan aspek lain seperti penyisipan kata kunci dan lain-lain.

Related Post :

popup image