Cara Cek Backlink Website Kompetitor dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Backlink mungkin sudah tidak asing bagi Anda pengguna website, sebuah backlink bisa terbentuk dari saat suatu situs web menyebutkan dan menautkan situs web lainnya di situs yang mereka miliki. Kegiatan ini membawa dampak yang cukup besar bagi website Anda, koneksi yang terjadi antara situs web eksternal yang membantu menghubungkan dan mengarahkan lalu lintas pencarian mengarah ke situs Anda. Tautan link ini bisa menjadi pengukur sejauh mana website mereka berada di dunia maya.

Menautkan link ini bisa dicontohkan seperti website A mengisi blognya tentang kartu kredit, di website B yang merupakan perusahaan kartu kredit menautkan artikel blog A di situs web mereka. Tautan yang dilakukan oleh website B menjadi tautan balik atau backlink bagi website A, atau bisa juga disebut tautan masuk. Tautan yang bisa menambah nilai di website Anda haruslah tautan alami, jika tidak resiko yang Anda dapatkan bisa berupa penurunan peringkat situs dan otoritas domain.

Backlink yang baik terdiri dari banyak jenis dan lapisan, bisa dikatakan semakin rumit pola sebuah backlink maka semakin natural tautan baliknya. Perlu Anda ingat bahwa yang paling penting dari sebuah website tentu saja terletak pada kualitas konten yang paling utama, nilai manfaat dari konten juga penting untuk diperhatikan. Jika manfaat yang diberikan baik, maka artikel yang Anda buat bisa mendapatkan apresiasi dalam bentuk share yang otomatis dilakukan oleh orang yang merasakan manfaat dari konten Anda.

 

Mengenal Backlink

Cara Cek Backlink Website Kompetitor dengan Mudah dan Cepat
 

Sebutan untuk menamai sebuah tautan atau link yang berfungsi mengarahkan ke website Anda adalah Backlink. Manfaat menggunakannya adalah sebagai rujukan yang memudahkan pengguna mencari atau untuk keperluan optimasi agar website yang dimiliki lebih populer di mesin pencari. Dari segi manfaat backlink dibedakan menjadi dofollow dan nofollow, secara kasat mata hal ini tidak berbeda sama sekali. Namun jenis dofollow lebih disukai karena memiliki nilai yang tinggi pada mesin pencarian, sedangkan jenis nofollow kurang diminati karena tidak memiliki efek yang cukup berarti bagi website.

Di era modern ini, fungsi backlink menjadi semakin bergeser, dari yang awalnya untuk menguatkan metrik di Google kini menjadi salah satu lead generator dalam melakukan soft selling sekaligus sebagai personal branding kepada calon konsumen. Dengan menggunakan backlink website Anda diharapkan mendapatkan value SEO yang bagus, namun jika Anda melakukan kesalahan dalam strategi backlink, website Anda bisa berada dalam posisi yang buruk di halaman Google bahkan bisa di deindex.

 

Baca Juga   :   Bagaimana Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website

 

Manfaat Melakukan Pengecekan Backlink Kompetitor

Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam melakukan pengecekan backlink adalah sebagai berikut.

 

  • Strategi ATM

    ATM yang dimaksud adalah Amati, Tiru, Modifikasi, yang merupakan strategi lumrah yang terdapat pada persaingan bisnis baik online maupun offline. Strategi ini cukup menarik hingga bisa dipakai pada optimasi website di mesin pencari, terutama jika Anda sudah menemukan seperti apa tipe-tipe backlink milik orang lain.

  • Antisipasi Penurunan Keyword

    Posisi keyword di mesin pencarian tidak bersifat abadi, karena sebagus apapun metrik website dan strategi SEO nya yang Anda lakukan suatu saat akan mengalami penggusuran dari mesin pencarinya disebabkan adanya kompetitor lain yang punya optimasi lebih baik. Dengan melakukan pengecekan backlink kompetitor, bisa menjadi patokan atau penanda apakah kompetitor sedang melakukan perbaikan optimasi atau masih stagnan saja.

  • Melakukan Outranking Website Lain

    Berbanding terbalik dengan poin sebelumnya, manfaat satu ini bisa untuk mengantisipasi ancaman yang didapat dari website orang lain. Dengan begitu Anda bisa menyusun strategi yang baik untuk menggusur posisi website orang lain di halaman mesin pencari. Cara melakukannya bisa dengan melakukan analisa kekuatan backlink, konten, hingga struktur website yang digunakan.

 

Baca Juga  :   Memaksimalkan Penggunaan Backlink Website untuk SEO

 

Tools untuk Cek Backlink

Cara Cek Backlink Website Kompetitor dengan Mudah dan Cepat
 

Berikut beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan backlink.

 

  • Ahrefs

    Merupakan salah satu tools untuk melakukan pengecekan website yang paling banyak digunakan, dilihat dari sisi pengguna tools ini memberikan banyak fitur yang cukup powerful yang bisa digunakan untuk menganalisa kompetitor. Kelemahan dari tools ini adalah biaya berlangganannya yang cukup mahal untuk sebagian orang, namun bisa menjadi kelebihan bahwa cara cek backlink di Ahrefs sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengetikkan link website yang ingin di analisis ke dalam menu di site Explorer, setelahnya akan muncul rincian informasi seperti jumlah backlink, jumlah reffering domain, dan berbagai metrik lain di sana.

  • Moz

    Untuk Anda yang ingin tahu seberapa banyak backlink website kompetitor yang tertanam, Moz sangat cocok untuk Anda. Dengan menggunakan situs ini kualitas backlink bisa di cek berdasarkan metrik Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), menjadi sebuah patokan yang cukup populer untuk digunakan setelah Google menghapus PR (Page Rank) beberapa tahun silam, cara kerja fitur Moz ini relatif sama dengan menggunakan Ahrefs.

  • SEMrush

    Adalah salah satu tools cek backlink yang memiliki fitur cukup lengkap untuk melakukan analisa backlink pada website kompetitor. Tools ini juga mampu digunakan untuk melakukan riset keyword lengkap dengan saran jumlah kata dan jumlah backlink yang harus ada di posisi teratas. Cara kerjanya hampir mirip dengan Ahfres dan Moz yaitu dengan memasukkan nama domainnya di menu yang ada pada site Explorer.

  • Ubersuggest by NeilPastel

    Merupakan salah satu tools sejuta umat yang terkenal powerfull dan bebas digunakan tanpa perlu membayar biaya langganan nya. Relatif sama cara kerjanya dengan tools berbayar lain, hanya saja istilah dan matrik penilaiannya sudah dikonfigurasikan sendiri oleh tim Neil Patel.

  • Majestic

    Sudah tidak diragukan lagi bahwa majestic menjadi tools checker dengan tingkat reputasi yang tinggi, metrik yang dimilikinua bernama Trust Flow (TF) dan Citation Flow (CF), majestic bisa memberikan analisa kualitas website yang didasarkan pada strategi link building yang sudah pernah dilakukan.

  • Pi Datametrics

    Merupakan salah satu tools yang bisa menjawab kebutuhan perusahaan dengan mengukur strategi SEO yang dijalankan, melalui tools ini Anda bisa mendapatkan ringkasan performa traffic, posisi peringkat di halaman website mesin pencari, hingga keefektifan Champaign.

  • SEO Spyglass

    Dikenal sebagai tools SEO yang mampu memberi data backlink website lain dengan sangat baik, sangat cocok bagi Anda yang saat ini ingin menyusun strategi dalam melakukan outranking pada website orang lain.

 

Baca Juga   :   Cara Cek Backlink Website dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Backlink cukup memiliki peran penting dalam dunia per website-an, hal ini bisa menjadi penambahan nilai bagi website yang Anda miliki. Semakin populer website Anda, tentu semakin bagus dimata esok pencarinya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan backlink pada website, tentu tidak lupa untuk meningkatkan kualitas bukan hanya kualitas konten di dalamnya.

Beberapa tools bisa Anda gunakan untuk menambah dan mengecek seperti apa backlink website, menyusun strategi untuk melakukan outranking pada website orang lain juga bisa menggunakan tools yang ada. Perlu jadi perhatian Anda bahwa website dengan backlink yang baik bisa menguntungkan Anda, tetaplah memperhatikan backlink yang baik untuk kemudahan ranking website Anda. Manfaatkan tools yang ada untuk membantu Anda meningkatkan backlink website milik sendiri.

Related Post :