Mengenal Apa itu URL dan Fungsinya untuk Website

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Sebagian pengguna internet pasti tidak asing lagi ketika mendengar istilh URL karena anda sudah sering menggunakannya ketika berselancar di internet. Akan tetapi, sebagian orang tentu ada yang tidak memahami apa sih sebenarnya URL itu.

Bahkan Anda mungkin sering berfikir mengapa ketika membuka mesin pencari Google Anda akan diminta untuk mengetikkan karakter URL. Banyak orang yang sering berselancar di internet untuk mencari informasi tertentu namun bingung ketika ada yang menanyakan tentang URL.

Padahal secara tidak sadar Mereka menggunakan URL ketika berselancar di internet. Karena kurangnya pemahaman tentang URL, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada banyak sekali funsi URL bagi Mereka.

Untuk mengurangi rasa kebingungan Anda tentang URL, disini akan Kami bahas seputar URL agar Anda tidak asing lagi ketika mendengar istilah URL tersebut atau ketika Anda mendengar Uniform Resource Locator. Selain itu, mungkin seperti terdengar sangat sepele ketika URL di dengar oleh Anda atau bahkan Anda mengira hal itu tidak mempunyai fungsi apapun ketika Anda berselancar.

Baca Juga : Google Menampilkan Url Post Website Asli Pada Amp Google

Sejarah URL

Pada tahun 1991 merupakan tahun URL pertama kali ditemukan oleh Tim Barnes – Lee. Penemuan ini didasari oleh Tim Bernes- Lee dengan tujuan supaya dapat memudahkan para penulis dokumen atau artikel untuk merefrensikan tulisannya ke WWW (World Wide Web), itulah sejarah singkat mengenai URL.

Hingga pada akhirnya pada tahun 1994, Pengembangan terhadap URL terus dilakukan hingga menjadi URI (Uniform Resource Identifier) yang sifatnya lebih luas.

 

Apa Itu URL?

 

URL merupakan kepanjangan dari Uniform Resource Locator yang berarti suatu rangkaian karakter yang memiliki format dengan standar tertentu serta dapat digunakan untuk penunjuk alamat sebuah sumber yang ada di internet, baik itu berupa teks, gambar, dokumen, dan lain-lain.

URL dIgunakan sama halnya ketika Anda ingin membuka file di laptop atau di komputer Anda yang dapat dilakukan dengan double click, akan tetapi karena Anda tidak mempunyai akses fisik secara langsung terhadap file yang terdapat pada situs web di internet atau remote computer, Anda diharuskan menggunakan karakter URL agar dapat mengetahui letak suatu file tersebut.

 

Definisi URL

 

Menurut Beberapa Tokoh Ada beberapa tokoh yang mendefinisikan URL berdasarkan pendapat Mereka. Dibawah ini akan Kami jelaskan 3 definisi mengenai URL mengenai beberap ahli. Yuk, simak penjelasannya :

 

  1. Sora N. Sora

    URL mempunyai arti karakter yang disusun berdasarkan format tertentu yang mempunyai kegunaan untuk menggambarkan suatu alamat sumber dokumen misalnya file gambar, teks yang ada di internet.

  2. Anonimous

    Definisi yang kedua yaitu datang dari Anonimous. Ia berpendapat bahwa URL merupakan singktan dari Uniform Resource Lacator berupa sebuah karakter yang dapat berbentuk (huruf, angka, dan juga simbol) dan juga disusun dengan mengikuti suatu standar yang telah ditentukan dan berguna untuk menunjukkan suatu alamat sumber dari dokumen yang terdapat di internet.

  3. Prayogi Prayogi

    Mendefinisikan URL Sebagai rangkaian karakter yang dibuat berdasarkan aturan tertentu dengan mengikuti standar yang digunakan sebagai penunjuk alamat direktori dokumen yang terdapat pada halaman web di jaringan internet.

 

Fungsi URL di Website

URL (Uniform Resource Locator) sangatlah penting untuk para pengguna karena dapat digunakan untuk mengakses suatu informasi tertentu yang ingin didapatkan dan diketahui. Karakter URL dapat berfungsi sebagai penamaan suatu file yang tersimpan pada sebuah website. Dibawah ini, akan Kami rangkum empat fungsi URL untuk website :

 

  1. Untuk pengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat pada Web.
  2. Dapat berfungsi untuk pemberian nama suatu alamat pada web yang berisi suatu dokumen
  3. Karakter URL berfungsi untuk mempermudah pengguna mengingat suatu alamat dokumen yang pernah Mereka akses
  4. Karakter URL dapat berfungsi untuk mengidentifikasi suatu file, gambar, maupun dokumen dalam berbagai bentuk yang diinginkannya

 

Jenis-Jenis URL

Setelah anda mengetahui fungsi URL, maka anda juga perlu mengetahui jenis – jenis dari URL. Yuk, simak uraian berikut ini :

 

  1. URL Relatif URL

    Jenis Pertama Relatif penentuan alamatnya didasarkan pada alamat yang saat itu sedang aktif. Selain itu, pada URL relatif susunanya tidaklah baku dan merujuk hanya pada dokumen yang saat itu sedang Anda buka.

  2. URL Absolut

    Jenis yang kedua yaitu URL absolut. URL absolute yaitu URL yang alamatnya dilengkapi dengan lokasi dokumen dan juga domain. Format dari URL relative biasanya mempunyai format domain-direktori-dokumen yang mempunyai arti di dalam sebuah domain pada setiap halaman mengandung direktori berisi file atau dokumen.

 

Alamat URL dan Maksudnya

 

Seperti apa yang sudah dijelaskan di atas, terdapat berbagai bagian yang saling melengkapi dalam sebuah URL. Dibawah ini contoh URL dan maksudnya:

Contoh alamat URL: https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-internet-of-things-iot-defenisi-manfaat-tujuan-dan-cara-kerja/l Maksudnya :

 

  • Pertama, https merupakan protokol dan mempunyai kegunaan sebagai website di internet.
  • Kedua, www merupakan sebuah nama host yang digunakan untuk mengenali dengan pastis sumber yang berguna dari situs yang ada di internet.
  • Ketiga,IDCloudHost.com yaitu domain utama dari sebuah situs
  • Keempat, mengenal-apa-itu-internet-of-things-iot-defenisi-manfaat-tujuan-dan-cara-kerja/ merupakan nama file yang diakses di internet Nah, apa yang Kami paparkan di atas merupakan penjelasan singkat untuk Anda agar dapat mengenal URL beserta fungsinya.

 

Sehingga Anda tidak hanya mendengar saja istilah URL tetapi paham dan mengetahui bahwa karakter URL mempunyai fungsi tertentu. Kemudahan yang telah ditawarkan karakter URL yaitu Anda tidak perlu mengetahui alamat yang digunakan untuk mengakses suatu alamat IP server karena IP server address yang berfungsi menjadi alternative link URL dan homepage URL. Selain itu Anda dapat menggunakan kedua IP tersebut agar dapat mengakses direktori dokumen.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Url Nama Domain Pada Url  Twitter

Kesimpulan dan Penutup

Dengan mengenali pengertian URL, fungsi URL sekarang Anda tidak perlu khawatir dan bingung ketika ingin mengidentifikasi suatu file di internet. Tentunya karakter URL sangat membantu Anda sebagai pengguna internet ketika berselancar untuk mencari informasi yang Anda inginkan.

URL sangat penting bagi perkembangan dunia digital, hal ini karena url berperan penting agar kita dapat mengingat nama domain website suatu perusahaan maupun website anda. Jika tidak ada url, maka kita mau tidak mau harus mengingat nomer IP yang ada pada website anda.

IDCloudHost Menawarkan Hosting dan Domain dengan harga terjangkau dan kualitas bagus yang telah mempunyai sertifikasi SSL. Anda dapat memanfaatkan Layanan Hosting IDCloudHost untuk membangun bisnis online anda. Dapatkan segala kemudahan website dalam berbisnis dengan IDCloudHost yang sudah digunakan jutaan perusahaan.

Related Post :

popup image