Cara Cek Ongkos Kirim (Ongkir) Jasa Pengiriman [JNE, TIKI, JNT, POS, dll]

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Seiring berkembangnya zaman, saat ini ada banyak orang yang tidak mau kerepotan untuk mengirimkan barang secara langsung ke tempat tujuan. Hadirnya jasa pengiriman telah memudahkan mereka untuk mengirimkan barang dengan cepat dan mudah. Terlebih saat ini tersedia banyak aplikasi pengiriman yang mendukung pengecekan ongkos kirim sehingga pelanggan dapat melihat biaya yang harus mereka keluarkan jika mengirim barang.

Seperti JNE, TIKI, JNT, POS, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa mengecek ongkos kirim lewat aplikasi jasa pengiriman tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengetahui ongkos kirim dan informasi mengenai pengiriman lainnya. Pertanyaannya, bagaimana cara cek ongkos kirim dari beberapa jasa pengiriman tersebut?

Cara cek ongkos kirim sebenarnya sangat mudah dilakukan dan Anda bahkan bisa mengeceknya melalui beberapa platform baik itu website resmi jasa pengiriman maupun aplikasi yang disediakan. Namun, sebelum mengetahui cara cek ongkos kirim jasa pengiriman tersebut, Anda juga perlu mengenal lebih jauh apa itu jasa ekspedisi/pengiriman itu sendiri. Simak selengkapnya di bawah ini jika Anda juga sedang mencari informasi mengenai ongos kirim.

 

Apa Itu Jasa Ekspedisi/Pengiriman

Cara Cek Ongkos Kirim (Ongkir) Jasa Pengiriman [JNE, TIKI, JNT, POS, dll]
 

Jasa ekspedisi/pengiriman merupakan sebuah perusahaan pengangkutan dan layanan pengiriman barang. Dengan layanan ini nantinya Anda bisa memindahkan atau mengirim barang dari tempat asal ke tempat tujuan dalam estimasi waktu yang cepat dan akurat. Proses pengiriman inilah yang sampai saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia.

Umumnya mereka yang melakukan proses pengiriman tersebut adalah para penjual online, pembeli barang online, atau orang lain yang memiliki kebutuhan dalam pengiriman barang agar sampai ke wilayah lain. Sebelum melakukan pengiriman pun, Anda perlu mengetahui juga cara cek ongkos kirim dari beberapa jasa ekspedisi/pengiriman yang tersedia di Indonesia. Jika ingin tahu mengenai cara cek ongkos kirim tersebut, cari tahu tarif pengiriman berdasarkan masing- masing penyedia jasa ini di Indonesia.

Baca Juga :     Ide Bisnis Online Bagi Anda yang Ingin Memulai Tanpa Modal Banyak

 

Cara Cek Ongkos Kirim JNE, TIKI, JNT, POS, dll

Cara Cek Ongkos Kirim (Ongkir) Jasa Pengiriman [JNE, TIKI, JNT, POS, dll]
 

Apabila Anda ingin mengirimkan barang atau paket sejenisnya, maka sangat penting untuk mengetahui cara cek ongkos kirim terlebih dahulu. Hal ini agar Anda bisa mengetahui berapakah biaya yang harus dibayarkan untuk mengirimkan paket. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih up to date dari jasa pengiriman seputar pengiriman produk tersebut.

Di bawah ini merupakan beberapa cara cek ongkos kirim yang bisa Anda ketahui sesuai dengan jasa pengiriman masing-masing :

 

  • JNE

    Cara cek ongkos kirim melalui jasa pengiriman JNE bisa Anda lakukan lewat website berikut www(dot)jne(dot)co(dot)id. Selanjutnya Anda bisa fokus pada bagian tarif kiriman. Pada bagian tersebut, Anda bisa mulai mengisikan alamat awal pengiriman (origin) dan alamat tujuan pengiriman (destination shipment). Kemudian, Anda bisa mengisi bagian berat (weight). Terakhir, Anda hanya perlu mengeklik check, memasukkan captcha, lalu klik check lagi. Setelah itu, Anda akan melihat sejumlah layanan dengan tarif yang beragam. Dengan begitu, Anda bisa memilih sendiri berapakah ongkos kirim paket, estimasi sampai, dan jenis kiriman yang diinginkan.

  • TIKI

    Selanjutnya cara cek ongkos kirim melalui jasa pengiriman TIKI bisa Anda praktekkan dengan mengakses web www(dot)tiki(dot)id/id/tariff. Kemudian lihat bagian cek tarif dan mulai isi kolom dari (alamat asal), tujuan (alamat yang dituju), dan berat paket yang akan dikirim. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai ongkos kirim, estimasi paket sampai, dan jenis kiriman.
     
    Baca Juga :    Mengenal Kepuasan Pelanggan Dan Bagaimana Cara Meningkatkannya

  • JNT

    Untuk cara cek ongkos kirim sendiri cukup mudah, Anda bisa mengakses web berikut www(dot)jet(dot)co(dot)id/. Dari situ, Anda bisa mengisi kolom dari (alamat asal), ke (alamat yang dituju), kemudian berat paket yang akan dikirim lalu klik cari. Setelah mengeklik fitur cari, maka Anda akan menjumpai kolom captcha, lalu langsung saja isi huruf yang diinginkan kemudian klik verifikasi. Dengan cara cek ongkos kirim ini maka Anda akan mendapatkan beberapa detail informasi, seperti biaya kirim, dan jenis layanan.

  • POS Indonesia

    POS Indonesia menjadi salah satu jasa pengiriman yang kerap digunakan selain beberapa jasa pengiriman di atas. Untuk cara cek ongkos kirim POS Indonesia, Anda bisa mengunjungi web berikut www(dot)posindonesia(dot)co(dot)id. Kemudian cari fitur yang bernama hitung tarif pengiriman dan Anda bisa mulai mengisi kolom dari (alamat asal pengiriman) berupa kota/kabupaten.
     
    Kemudian isi juga bagian ke (alamat tujuan pengiriman) berupa kecamatan/kota/kabupaten, lalu isi juga berat paket yang Anda ingin kirimkan, kemudian klik cek tarif. Selanjutnya, akan muncul captcha dan Anda hanya perlu mencentangnya. Setelah itu, klik ulang cek tarif,  dari sini nantinya Anda bisa mengetahui jenis jasa kirim, estimasi pengiriman sampai, dan tarif pengiriman.

  • Si Cepat

    Cara cek ongkos kirim dari jasa ekspedisi Si Cepat, Anda bisa mengunjungi website berikut www(dot)sicepat(dot)com/delieveryFee. Selanjutnya, Anda bisa langsung menuju pada bagian cek tarif. Dari bagian tersebut mulailah isi asal kota/kabupaten pengiriman, tujuan pengiriman, kemudian berat. Setelah terisi semua langsung saja klik cek harga. Pada bagian tersebut nantinya akan ditampilkan beberapa jenis layanan pengiriman yang tersedia. Kemudian tersedia juga informasi mengenai layanan tersebut, tarif pengiriman, serta estimasi waktu sampai paket yang akan dikirimkan nantinya.
     
    Baca Juga :    Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online

  • Wahana

    Salah satu ekspedisi pengiriman lainnya yang bisa Anda pilih adalah Wahana. Ekspedisi ini sebenarnya termasuk sebagai salah satu ekspedisi yang sudah berdiri sejak lama yakni pada tahun 1998. Untuk cara cek ongkos kirim ekspedisi ini Anda bisa langsung mengakses web www(dot)wahana(dot)com.
     
    Setelah itu, Anda bisa mencari menu cek taris yang sudah tersedia pada website tersebut. Selanjutnya mulai pilih kota asal pengiriman dan alamat tujuan berupa kota, kabupaten, dan kecamatan. Jangan lupa juga untuk mengisi berat paket yang akan Anda kirim. Setelah semuanya berhasil terisi, maka Anda bisa langsung mengeklik bagian cek. Dengan begitu, nantinya Anda akan mendapatkan informasi seputar tarif pengiriman, jenis pengiriman, dan yang lainnya.

  • Indah Logistik

    Merupakan salah satu jasa pengiriman yang tak hanya bisa Anda gunakan untuk pengiriman ke seluruh kota di Indonesia saja, akan tetapi, jasa ini juga bisa Anda gunakan untuk pengiriman barang dan dokumen dengan tujuan ke luar negeri. Tak hanya itu, jasa pengiriman ini juga dapat mengirim paket dengan jumlah berat yang besar.  Untuk cara cek ongkos kirim jasa yang satu ini Anda bisa melakukannya pada URL berikut www(dot)indahonline(dot)com/layanan/tarif. Setelah itu, Anda akan menemukan bagian cek tarif Indah Logistik cargo, selanjutnya, mulai isi kolom kota pengiriman dan kota penerima, Anda bisa memindai kode keamanan sesuai yang tersedia. Kemudian, Anda akan mendapatkan informasi seputar pengiriman paket, seperti tarif, jenis ekspediri laut atau udara, dan estimasi pengiriman akan sampai.

 

Baca Juga :      Contoh Copywriting untuk Berjualan Online yang Baik dan Benar

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika dilihat dari jasa pengiriman yang ada di Indonesia, Anda bisa memilih ekspedisi mana saja yang Anda sukai dan inginkan. Setiap jasa tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terlebih saat ini jasa pengiriman seperti sudah menjadi kebutuhan wajib untuk perorangan maupun perusahaan.

Dengan adanya banyak jasa pengiriman tersebut, tentu masyarakat di Indonesia akan semakin dimudahkan dalam melakukan aktvitas pengiriman barang. Yakni dari satu wilayah ke wilayah lainnya bahkan hingga keluar negeri yang membuat tak ada lagi istilah kerepotan saat Anda ingin mengirimkan paket ke saudara, teman, rekan kerja, dan lainnya. Anda hanya perlu mengunjungi agen jasa pengiriman terdekat yang ada di kota masing-masing. Kemudian menyerahkan paket kepada jasa tersebut dan paket yang diterima pun akan dikirimkan ke sesuai dengan alamat tujuan yang Anda minta.

Related Post :

popup image