Ide Bisnis Online Bagi Anda yang Ingin Memulai Tanpa Modal Banyak

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Siapa yang yang tidak ingin memiliki bisnis sampingan yang menguntungkan? Tentunya semua orang menginginkan hal itu. Di zaman yang serba digital ini memiliki sebuah bisnis merupakan perkara yang mudah. Internet tidak hanya menyajikan jutaan informasi bagi penggunanya namun internet juga menawarkan peluang bisnis yang cukup menjajikan. Makanya tidak heran sekarang banyak sekali ditemui orang yang memiliki bisnis online pribadi mereka. Ada yang menjual barang, menawarkan jasa mereka, menjadi dropshipper, dan masih banyak lagi.

Kadang orang masih ragu untuk mencoba berbisnis melalui internet, apakah benar-benar menguntungkan? Modalnya yang dibutuhkan berapa? Bisnis apa yang cocok dengan dirinya. Sebenarnya keraguan tersebut bisa dijawab dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dipaparkan di artikel. Membuat sebuah bisnis online sangatlah menguntungkan bagi mereka yang benar-benar memiliki niat. Modal yang diperlukan juga tidak terlampau besar, bahkan ada yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari mencoba berbisnis online ini. Namun, bagi para pemula jangan mudah untuk tergiur dengan keuntungan-keuntungan yang didapat saja. Sebab yang namanya sebuah bisnis pasti memiliki tantangan, kerugian, dan kekurangan bagi yang menjalaninya. Nah, oleh karena itu di artikel ini juga akan dipaparkan tips untuk memulai bisnis online ini. Yuk mari kita simak ide apa saja yang berpeluang menguntungkan di tahun 2020 dengan modal yang tidak terlalu banyak.

 

Tips Memulai Sebuah Bisnis Online Bagi Pemula

Ide Bisnis Online Bagi Anda yang Ingin Memulai Tanpa Modal Banyak

 

Seorang pelaku bisnis online harus memiliki jiwa entrepreneurship yang profesional meskipun bisa dibilang yang dijalankan hanya sampingan saja, namun bukan tidak mungkin bisnis tersebut berkembang menjadi lebih besar. Bisnis online meskipun jika dilihat dari kulitnya memiliki pengelolaan yang mudah namun hal inilah yang sebenarnya tidak boleh diremehkan. Sebab karena mudah banyak yang ingin memiliki bisnis online, tentu ini berakibat pada persaingan yang kompetitif. Nah, oleh sebab itu berikut ini akan dijelaskan mengenai tips membangun bisnis online dari nol.

  1. Memahami Jenis Bisnis yang Dijalankan

    Akan aneh dan lucu jika pemilik bisnis tidak memahami tentang bisnis apa yang dijalankan secara jauh. Asalkan jalan saja intinya, yang penting untung dan dapat pembeli. Inilah yang justru membahayakan bagi pelaku bisnis online. Apabila seorang pelaku bisnis online tidak memahami secara detail akan berdampak sekali bagi perkembangan dari bisnis tersebut. Nah, untuk itu seorang pelaku bisnis wajib mengetahui tentang bisnis mereka secara detail, mulai dari produk apa yang mereka jual. Ketahui produk yang akan dijual secara spesifik, jenisnya, kualitasnya, kuantitasnya.
     
    Baru setelah itu pelaku bisnis bisa mendalami ilmu bagaimana sistem bisnis yang dijalankan. Berapa modalnya, biaya pengeluarannya, alurcashflownya, dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan cara memasarkannya, siapa saja segmentasi pasar yang cocok untuk produknya. Jadi pahami dan kenali terlebih dahulu tentang bisnis yang ingin dijalankan.

  2. Mencari Model Bisnis Online

    Selanjutnya tibalah pada tahap memilih model bisnis apa yang ingin dijalankan. Setelah tadi berusaha untuk mengenali bisnis apa yang ingin dijalankan, jika sudah saatnya bagi pelaku bisnis mencari bisnis yang cocok. Model bisnis berperan pada bagaimana bisnis tersebut dikelola. Seseorang bisa jadi menjual barang yang sama namun model bisnis yang dijalankan berbeda. Menentukan model bisnis yang dijalankan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan pelaku bisnis.
     
    Misalnya saja begini jika ada seseorang yang ingin menjual pakaian secara online, apabila dia memiliki modal yang cukup besar ditambah memiliki ruang untuk menyetok barang dia bisa menggunakan tipe bisnis reseller. Berbeda jika dia hanyak memiliki modal yang minim ditambah tidak memiliki ruang yang cukup menampung barang yang banyak, maka tipe bisnis model dropship lebih cocok untuk dia

  3. Melakukan Riset Kompetitor

    Bisnis yang sehat dan keren adalah bisnis yang mengetahui seluk beluk kompetitornya. Maka oleh karena itu, seorang pelaku bisnis akan lebih baik jika melakukan riset tentang kompetitor mereka. Ketahui tentang kelebihan dan kekurangan bisnis mereka. Kekurangan yang dimiliki oleh kompetitor bisa dijadikan kelebihan pada bisnis yang anda dijalankan dan kelebihan dapat memberikan gambaran untuk memulai inovasi yang bisa menyaingi hal itu.
     
    Anda bisa membuka sosial media maupun website dari kompetitor untuk melakukan riset. Lihat apa yang ditawarkan oleh mereka, rating yang diberikan oleh pelanggan, komentar tentang produk yang ditawarkan. Catat dengan detail lalu jadikan catatan tersebut resep untuk bersaing bahkan mungkin mengalahkan mereka. Nah, apabila anda memerlukan tempat brainstorming ,anda bisa melakukannya dengan orang-orang terdekat anda

  4. Membuat Brand Bisnis

    Memperkenalkan sebuah bisnis kepada pelanggan diperlukan sebuah identitas yang bisa melekat di pikiran mereka. Inilah yang disebut sebuah brand bisnis, brand akan membantu bisnis anda dikenal oleh khalayak. Membangun brand bisnis yang baik maka bukan tidak mungkin menjadikan bisnis anda lebih dikenal masyarakat. Contoh saja merk air mineral Aqua. Siapapun orang yang membeli air mineral kemasan sepertinya selalu mengucapkan aqua pada saat membeli padahal air mineral kemasan yang dibeli memiliki nama merk yang berbeda. Itulah kekuatan dari sebuah brand, buatlah sebuah nama dan logo yang dapat menjadi market share masyarakat.

  5. Membuat Website atau Media Sosial

    Memiliki sebuah bisnis online kurang pas rasanya jika tidak memiliki sebuah website dan media sosial. Bahkan, bisa dibilang jika website dan media sosial merupakan pintu utama bagi pebisnis untuk mengenalkan barangnya kepada pelanggan potensial mereka. Sebenarnya kedua media ini sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Media sosial bisa digunakan untuk media kampanye masif dan tempat yang mengarahkan pelanggan ke website untuk melakukan tindakan selanjutnya, bisa jadi langsung membeli, atau juga melihat lebih spesifik tentang produk. Website juga akan memberikan value trust bagi pelanggan hal ini terbukti dengan surveri Verisign yaitu sebanyak 56% pelanggan tidak percaya bisnis yang tidak memiliki website.

 

Baca Juga : Cara Memperpanjang SKCK Secara Online Melalui Smartphone dan Laptop 

 

Daftar Ide Bisnis dengan Modal yang Tidak Besar

Ide Bisnis Online Bagi Anda yang Ingin Memulai Tanpa Modal Banyak
 

Layaknya internet yang terus berkembang dari waktu ke waktu, peluang bisnis online juga akan terus berkembang bahkan mungkin bisa jadi muncul peluang bisnis yang baru. Banyak sekali sebenarnya bisnis online yang tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan bisnis yang dijalankan ini bisa dilakukan di rumah saja bahkan rebahan. Meskipun begitu juga jika pelaku bisnis ingin mendapatkan keuntungan yang lebih maka usaha yang dilakukan tidak boleh seenaknya. Bagi anda yang ingin memiliki bisnis online inilah rekomendasi yang kami berikan.

  1. Bisnis Isi Ulang Pulsa dan Uang Digital

    Bisnis ini sepertinya tidak akan ada matinya. Seiring dengan tumbuhnya kebutuhan masyarakat akan internet. Tentunya peran dari pulsa sebagai alat pembelian paket data internet juga akan terus naik. Sebab tidak bisa dikatakan tidak jika pulsa merupakan kebutuhan mendasar bagi siapa saja yang ingin melakukan kegiatan internet. Oleh karena itu, bisnis online menjual pulsa ini merupakan peluang yang menjajikan. Penjual pulsa melalui online bahkan bisa mengelola bisnis sembari rebahan di rumah saja.
     
    Nah, selain bisnis jual pulsa yang memiliki peluang, ada lagi bisnis yang hampir mirip dengan bisnis jual pulsa ini. Pastinya bagi pengguna internet, lebih khususnya aplikasi ecommerce, ride hailing, anda mengenal tentang uang digital. Nah, sama halnya dengan pulsa tren uang digital ini lagi naik-naiknya. Maka dari itu peluang bisnis online ini cukup menjajikan.Cara bisnis nya pun hampir mirip dengan bisnis isi ulang pulsa

  2. Memulai Bisnis Reseller

    Bisnis ini sempat populer pada tahun-tahun sebelumnya bahkan sekarang pun bisnis ini tetap eksis. Bagi siapa saja yang memiliki modal yang cukup sangat direkomendasikan untuk memulai bisnis ini. Apalagi anda memiliki ruang yang cukup untuk wadah barang-barang resell. Bisnis ini juga lumayan menguntungkan apabila anda memilih barang yang tepat untuk dijual. Cari supplier yang terpercaya dan mau memberikan harga yang cukup kompetitif sehingga saat anda menjualnya kembali bisa bersaing dengan reseller lainnya.

  3. Memulai Bisnis Dropshipping

    Bisnis selanjutnya ini juga memiliki kesamaan seperti bisnis reseller, yaitu menjual kembali barang dari supplier. Nama bisnis ini adalah Dropshipping, namun perbedannya adalah bisnis dropship tidak mengharuskan untuk membeli barang dari supplier hingga menyetoknya. Dropshipper panggilan pelaku bisnis dropship, bisa menjual barang yang berada di tangan supplier tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Dropshipper hanya berperan sebagai pihak ketiga untuk menghubungkan supplier dengan pembeli. Biasanya dropshipper akan menyepakati harga yang akan dijual dengan supplier, nah disitulah seorang dropshipper mendapat keuntungan.

  4. Menjadi Seorang Freelancer

    Menjadi seorang freelancer juga bisa dijadikan pilihan bagi siapa saja untuk dijadikan bisnis sampingan. Menjadi seorang freelancer bahkan tidak memerlukan modal karena lebih condong pada keahlian yang dimiliki. Namun, sebenarnya hal ini tergantung dengan jenis freelance apa yang ingin dijalani. Freelancer yang masih eksis sampai saat ini seperti seorang content writer, designer graphic, filmmaker, copywriter, dan masih banyak lagi. Menjadi seorang freealncer juga memiliki keuntungan yang lumayan. Disarankan bagi siapa saja yang ingin menjadi seorang freelancer untuk bisa mengelola permintaan dari klien dengan baik, rampungkan terlebih keperluan client pertama baru client berikutnya.

  5. Menjadi Seorang Copywriter

    Menulis adalah sesuatu yang mudah. Namun, menulis dengan baik dan bisa membuat pembacanya terpengaruhi oleh tulisan yang ditulis merupakan hal yang cukup sulit. Bagi siapa yang mau mempelajarinya sebenarnya sangatlah mudah. Kemampuan seperti ini disebut dengan copywriting. Copywriting merupakan pekerjaan yang sekarang lagi naik daun. Banyak perusahaan yang memerlukan jasa copy ini. Sekarang banyak sekali kursus yang diinternet yang menjelaskan dasar-dasar ilmu copywriting ini. Nah, orang yang membuat copy ini disebut copywriter. Seorang copywriter memliki role kerja seperti membuat iklan yang menarik. Kkata kata yang disampaikan harus menarik, bisa berkomunikasi dengan pelanggan, dan dipahami.

  6. Bisnis Persewaan Barang

    Memiliki sebuah barang tapi tidak digunakan setiap harinya pastinya akan sedikit mengurangi value dari barang tersebut. Maka dari itu, daripada barang tersebut menganggu r akan lebih baik jika dimanfaatkan pada hal lain. Misalnya disewakan, dengan menyewakan ini anda bisa menambah penghasilan anda. Contohnya memiliki kamera yang tidak digunakan setiap harinya anda bisa menyewakan bagi mereka yang memerluka dengan memasang tarif sesuai dengan lama waktu peminjaman. Bisa jadi dengan menyewakan ini anda bisa balik modal pembelian barang yang disewakan dalam waktu yang cepat.

  7. Jual Beli Domain atau Website

    Peluang ide bisnis selanjutnya adalah menjadi reseller domain dan website. Ide bisnis ini banyak yang menyebutnya sebagai bisnis flipping. Peluang bisnis cukup menguntungkan dan menjanjikan. Untuk memulai bisnis ini anda harus mengetahui tentang website, traffic, dan juga metric website. Namun, sebenarnya bagi anda yang ingin melakukan penjualan domain dan website ini ada tidak perlu mengetahu teknis terlalu detail. Situs yang bisa jadikan tempat jual beli domai dan website seperti, Flippa, Ads.id, Afternic.

Baca Juga : Apa itu Karya Ilmiah Pengertian, Fungsi, dan Contoh Karya Ilmiah

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai daftar peluang bisnis online yang tidak memerlukan modal banyak. Bagi seseorang memiliki bisnis online yang menghasilkan adalah sebuah idaman. Sebuah bisnis online ini bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan untuk membantu memenuhi keperluan sehari-hari atau keperluan-keperluan yang lain. Seorang calon pebisnis online juga harus tetap memperhatikan bagaimana cara mengelola bisnis online tersebut.

Sebab meskipun cara mengelola bisnis tersebut terlihat mudah namun dibalik kemudahan itu seorang pebisnis sampai terlena. Justru dengan mudah pebisnis bisa memanfaatkan dengan lebih leluasa agar bisnisnya bisa bergerak dan berkembang dengan cepat. Banyak sekali ide bisnis yang bisa diterapkan di era yang serba digital. Semua kembali lagi kepada calon pelaku bisnis online bisnis apa yang mereka passion dan sukai untuk dijalankan. Demikianlah artikel mengenai daftar ide bisnis online bagi anda tanpa modal banyak.

Related Post :