Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Memiliki sebuah bisnis sampingan yang menguntungkan merupakan hal idaman yang didambakan oleh setiap orang. Apalagi bisnis tersebut dapat membantu kebutuhan sehari-hari serta pengelolaannya juga bisa dilakukan dengan mudah. Di era yang serba digitial ini sangatlah terbuka kesempatan bagi setiap orang untuk membuat bisnis mereka sendiri. Dengan pasar miliaran orang yang setiap hari membuka internet atau sosial media tentu menjadi hal yang menggiurkan bagi setiap orang.

Berbagai macam model bisnis online yang menguntungkan seperti reseller, dropshipper, blogger, freelancer bisa dijadikan opsi bagi siapa saja yang berminat ingin memulai bisnis online mereka. Memulai sebuah bisnis online memang terlihat mudah namun bukan berarto tidak ada tantangan dalam menjalaninya. Seperti sebuah bisnis pada umumnya, bisnis online juga memiliki tantangan bagi siapa saja yang melakoninya.

Seorang pemilik bisnis online harus memiliki jiwa entreprenuh yang kuat ketika menjalankan bisnisnya. Memang kebanyakan dari mereka yang memulai bisnis online memiliki motif untuk mendapatkan untung yang bisa digunakan untuk keperluan mereka. Namun, untuk mencapai keuntungan tersebut tidaklah mudah begitu saja. Seorang pelaku bisnis harus memiliki konsistensi dan komitmen terhadap bisnis. Berikut ini akan dijelaskan cara memulai bisnis online dari nol bagi pemula yang ingin berjualan online.

 

Mengenal Apa Itu Bisnis Online?

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online
 

Bagi para pembaca pastinya sudah pernah melakukan pembelian pada suatu situs e-commerce atau bahkan sering. Nah, situs e-commerce tersebut merupakan bagian dari sebuah sistem bisnis online. Bisnis online adalah sistem atau cara berbisnis melalui internet, mulai dari transaksi, pemasaran, dan hal lainnya dilakukan melalui internet. Menjalankan sebuah bisnis online ini sangatlah mudah, seseorang tidak perlu membangun atau menyewa sebuah toko untuk menjalankan bisnis mereka.

Sekarang banyak sekali media di internet yang bisa dijadikan lapak pengganti toko fisik. Media-media tersebut seperti website, aplikasi, blog, dan akun sosial media. Anda yang membaca artikel ini pastinya memiliki sebuah akun sosial media bukan? Bahkan biasanya akun yang dimiliki lebih dari satu. Ternyata sosial media selain sebagai tempat untuk bersosialisasi juga bisa dirubah menjadi lapak berjualan. Sudah banyak sekarang kita temui orang-orang yang berjualan di sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dan masih banyak lagi.

Memang tidak bisa dipungkiri jika pengguna internet dari tahun ke tahun akan terus mengalami pertambahan. Menurut data APJII jumlah pengguna internet Indonesia sudah menembus angka 170 juta. Dengan jumlah yang sedimikian fantastis tentu ini merupakan pasar yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis. Pelaku bisnis akan lebih mudah menjangkau pelanggan mereka. Market share yang begitu besar tersebut akan mempermudah pelaku bisnis online untuk menjual bisnis mereka. Banyak sekali perusahaan yang sukses karena penjualan di internet contoh situs Amazon yang berhasil membuat pemiliknya sebagai orang terkaya di dunia.

Baca Juga :   Ide Bisnis Online Bagi Anda yang Ingin Memulai Tanpa Modal Banyak

 

Tips Sebelum Memulai Bisnis Online

Sebagai calon pelaku bisnis online yang sukses akan lebih baiknya anda memiliki komitmen terhadap bisnis yang akan dijalankan. Motivasi untuk meraih keuntungan saja tidak cukup malahan hal itu bisa membuat anda terjerumus pada sebuah kerugian. Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang harus dikuasai oleh seorang pemilik bisnis sebelum memulai bisnis mereka. Meskipun bisnis online memang telihat gampang dalam pengelolaannya namun bukan berarti tantangan yang akan dijalani nantinya mudah. Maka dari itu, berikut ini adalah tips bagaimana membangun sebuah bisnis online bagi pemula.

  1. Niat dan Minat

    Seorang yang memiliki passion di bidang bisnis tentu akan sangat suka dengan apa yang mereka lakukan untuk bisnisnya. Meskipun hal itu harus melewati tantangan dan kesulitan seorang pebisnis sejati akan melaluinya dengan gigih dan pantang menyerah. Hal inilah yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis online, bukan berarti bisnis yang dijalankannya itu gampang dan malah meremehkan justru jika dapat dilakukan dengan mudah pelaku bisnis online haruslah sungguh-sungguh agar cepat mencapai keuntungan. Hal yang penting juga adalah bisnis yang dijalankan itu sesuai dengan minat dari pelaku bisnis. Jadi jika bisnis tersebut dalam perkembangannya mengalami kesulitan atau tantangan pebisnis tetap menghadapinya dengan gigih.

  2. Manajemen Uang yang Baik

    Dalam mengembangkan sebuah bisnis, suatu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu manajemen keuangan. Sebuah bisnis yang besar tingkat manajemen keuangannya akan sangat kompleks dan rumit. Berbeda dengan bisnis yang kecil tetapi hal ini tetap tidak boleh diremehkan oleh para pebisnis. Misalnya sebuah studi kasus seseorang pelaku bisnis kecil-kecilan tanpa memikirkan keberlanjutan usahanya ketika mendapat penghasilan langsung dipakai untuk keperluan pribadinya. Tentu hal ini salah karena harusnya calon pelaku bisnis tersebut menghitung dulu mulai dari modal yang dikeluarkan dalam sekali produksi produknya, jumlah penghasilan yang di dapat, keuntungan yang diperoleh. Barulah jika sudah dihitung dengan teliti pelaku bisnis bebas menggunakan sisa keuntungannya.

  3. Berpikir Strategis

    Menjadi seorang pelaku bisnis juga harus memiliki pemikiran yang maju dan cerdas. Meskipun yang dikelola adalah bisnis online yang notabene merupakan bisnis sampingan bukan berarti dalam mengembangkannya tidak memikirkan rencana-rencana yang strategis. Justru jika pelaku bisnis online semakin mahir mengelola bisnisnya bukan tidak mungkin bisnis yang dikerjakan akan memberikan keuntungan yang lumayan. Seorang pebisnis yang sukses tidak hanya melihat keuntungan saat mengambil peluang bisnis yang akan dijalankan namun mereka juga melihat risiko-risiko yang akan dihadapi. Jadi, dalam menjalankannya selain semangat yang diperlukan pebisnis juga harus siap sedia dengan kemungkinan yang terjadi.

Baca Juga :   Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Kerja di Perusahaan/Bisnis

Cara Membangun Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online
 

Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara membangun bisnis online dari nol. Apabila anda sudah melihat pernyataan tips diatas dan sudah mempertimbangkannya maka jika anda sudah bisa dikatakan siap untuk memulai bisnis online. Peluang dan cara membuat bisnis online sangatlah mudah tetapi anda tidak boleh meremehkannya. Tetap belajar untuk fokus dan komitmen dalam mengembangkan bisnis yang dipilih. Jangan takut menghadapi kegagalan karena sebenarnya gagal itulah yang memberikan anda pengalaman dalam mengelola sebuah bisnis. Berikut ini adalah cara memulai bisnis dari nol.

  1. Paham betul dengan apa yang ingin dijual

    Kadang permasalah pertama yang fatal bagi seorang pebisnis online adalah mereka tidak mengetahui secara spesifik barang yang mereka jual. Padahal pemahaman pebisnis ini berpengaruh pada hasil bisnis online yang dijalankan. Maka dari itu, seorang pelaku bisnis ini online wajib mengetahui apa yang mereka akan jual, kualitasnya, harga belinya, dan masih banyak lagi. Nah, apabila sudah mengenal baik produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mengenal selera pasar yang dituju. Apa yang lagi tren sekarang? Barang apa yang disukai orang disekitar anda? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini adalah modal dasar untuk mengetahui selera pasar anda.
     
    Selanjutnya pastikan produk yang anda dijual itu bisa dicari melalui search engine Google. Sebab sekarang siapa yang tidak menggunakan Google untuk melakukan riset. Tips yang bisa anda pakai adalah dengan menggunakan tool Google Keyword Planner. Nah dari sinilah anda bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mencari barang yang akan dijual. Namun perlu diingat jika semakin tinggi pencarian suatu barang maka persaingannya juga semakin tinggi. Maka setelah ini akan dibahas untuk melakukan riset kompetitor.

  2. Melakukan Riset Kompetitor

    Setelah mengenal dengan baik produk dan pasar yang akan anda jalankan pada bisnis online. Faktor penting yang perlu disiapkan adalah mengenai riset kompetitor bisnis anda. Cara untuk riset kompetitor ini bisa anda lakukan dengan membuka platform online marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, hingga Lazada. Cari tahu sedetail mungkin soal kelebihan dan kekurangan dari kompetitor anda. Sehingga anda bisa meracik strategi untuk bersaing dengan mereka bahkan mungkin bisa mengalahkan mereka. Dalam riset di dalam online marketplace tersebut anda bisa melihat apa yang mereka tawarkan, komentar konsumen, rating, hingga review. Mengenal lebih mendalam kompetitor adalah pilihan penting yang harus dilakukan.

  3. Memilih Model Bisnis Online

    Riset anda belum berhenti begitu saja, langkah selanjutnya adalah anda harus melakukan riset model bisnis apa yang akan anda jalankan. Bisnis model apa yang harus dijalankan agar nantinya bisa memberikan menguntungkan, karena dengan bisnis model meskipun anda menjual barang yang sama namun cara menjual bisa berbeda-beda. Berikut ini adalah studi kasus tentang bisnis model yang dijalankan, misalnya anda memiliki ide untuk menjual pakaian remaja. Jika anda memiliki sedikit modal anda bisa membuat sebuah website e-commerce dan melakukan penyetokan barang di rumah. Namun, jika modal yang anda miliki hanya cukup untuk membuat website saja anda bisa menjalankan bisnis dropshipping sehingga tidak perlu membeli barang untuk di stok. Itulah contoh kasus dari penentuan model bisnis online.

  4. Membuat Brand Bisnis

    Banyak yang memulai sebuah bisnis online dengan cara yang bisa dikatakan asal-asalan. Seperti pemilihan nama bisnis, logonya, pelayanannya yang dilakukan dengan asal-asalan. Padahal hal inilah yang membuat bisnis dipercaya oleh orang-orang dan cara untuk mendapat citra yang baik di mata mereka. Bisnis yang baik akan sangat menjaga brand mereka. Contoh saja minuman air mineral Aqua. Nama dan logo barang mereka sangat melekat di pikiran orang-orang. Bahkan, ketika seseorang membeli air mineral di sebuah toko yang mereka ucapkan pastinya aqua padahal air yang dibeli merknya bukan aqua.

  5. Membuat website dan media sosial bisnis

    Website adalah salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan untuk membuat sebuah bisnis online. Banyak pengguna internet sekarang memanfaatkan website untuk menggali informasi tentang barang yang mereka beli, tentu hal ini peluang segar bagi pelaku bisnis online. Agar bisnis mereka lebih mudah dikenal oleh pelanggan mereka. Selain itu, sosial media juga memerankan peran penting dalam membangun sebuah bisnis online. Sosial media bisa dijadikan gerbang penghubung antara penjual dan pembeli. Sosial media juga bisa digunakan untuk pusat informasi dan kampanye iklan.

  6. Melakukan pemasaran bisnis

    Selanjutnya adalah masalah iklan yang perlu juga untuk dibahas. Membuat iklan adalah sesuatu hal yang sangat vital dalam bisnis. Bagaimana pelanggan bisa mengenal bisnis anda ketika anda saja tidak memperkenalkan diri anda, iklan berfungsi untuk menarik pelanggan untuk mengenal, tertarik, dan setelah itu melakukan action membeli. Pemasaran bisnis ini bisa dilakukan di website dan sosial media yang telah dibuat. Dalam membuat sebuah konten iklan di dalam sosial media dan website bedakanlah jenis iklannya. Sebab bisa jadi audiens pelanggan memiliki latar belakang yang berbeda.

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah itulah tadi penjabaran mengenai cara memulai bisnis online dari nol. Perlu diketahui bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungan melalui bisnis online ini sangat disarankan untuk mengenal lebih dulu tentang apa itu bisnis online. Setelah mengetahuinya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dijadikan pegangan sesuai dengan tips yang sudah dinyatakan diatas. Apabila sudah mengerti secara menyeluruh Anda langsung bisa memulai membangun bisnis online anda.

Tentu yang harus dilakukan pertama kalinya bagi pebisnis online adalah apa yang mereka akan jual. Riset pasar perlu dilakukan juga, serta riset-riset lain seperti kompetitor hingga bisnis model. Jika sudah anda bisa langsung mengeksekusi bisnis online anda. Demikianlah artikel mengenai cara memulai bisnis online dari nol semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu banyak orang memulai bisnis online mereka.

Related Post :

popup image