Cara dan Tips Singkat Membuat Blog Bagi Pemula

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Saat ini sudah banyak kemudahan dalam membuat blog yang tidak lagi memerlukan keahlian khusus seperti kemampuan coding layaknya seorang programmer. Dengan tersedianya platfrom tanpa bayar dan layanan hosting semakin membuat semangat pemula yang tertarik untuk menulis semakin tersalurkan.

Sedangkan blog sendiri mempunyai banyak tujuan, jenis dan alasan penciptaannya. Tidak ada batasan bagi semua kalangan entah itu untuk menyalurkan tulisan uneg- uneg pribadi, berbagi informasi atau untuk sebuah bisnis. Jika kamu tertarik ingin menjajal dunia blog, maka mari kita mulai dari hal yang paling sederhana yaitu memahami arti blogging itu sendiri.

Blog adalah situs web diskusi atau informasi yang di terbitkan di World Wibe Web yang terdiri dari entri berbentuk diari atau jurnal, lebih condong kearah gaya tidak formal. Posting atau artikel biasnya ditampilkan dalam susunan atau urutan kronologis terbalik dengan enti yang paling terbaru akan berada pada bagian teratas halaman web atau blog. Blogging sendiri adalah istilah untuk menjelaskan aktivitas dalam membuat blog dan blogger adalah panggilan bagi pelaku atau pembuatnya.

Bermacam alasan sebuah blog dibuat dan dikembangkan, kita dapat memanfaatkan blog dalam banyak hal termasuk secara professional dan finansial atau sekedar menyalurkan hobi menulis. Untuk mengetahui lebih dalamnya, mari simak penjelasan lebih lanjut dibawah ini.

Baca Juga : Mengapa Bisnis Perlu Portal Konten? Ini 5 Alasannya

Menentukan Alasan dan Tujuan Sebuah Blog

 

 

Memulai blog bisa dikatakan cukup mudah mengingat adanya dua platform raksasa yang memberikan akses basic secara gratis. Tiga platform tak berbayar tersebut adalah Blogspot yang disediakan Google, Tumblr dan WordPress. Platform ini juga telah menyediakan tema, plugins dan template yang bisa dipilih dan di kostumisasi lebih lanjut.

Namun jika kamu bermaksud menjadikan blog ini untuk menghasilkan uang, maka tentukan jenis platform yang ingin dipakai, lalu pelajari hosting plan yang banyak ditawarkan kemudian pilih domain dan menyelaraskan semua fitur aplikasinya. Berikut ini poin yang harus dipertimbangkan dalam membangun blog yang bagus :

 

  1. Memulai Tanpa Kemampuan Teknik Coding

    Tanpa harus perlu mengetahui pemograman dan coding skill, setiap orang bisa langsung mendaftara dan mendapatkan satu akun blog secara gratis. Ikuti semua step yang diperlukan yang sudah mudah  dan ramah untuk digunakan.

  2. Menarik pembaca ke laman blog

    Gunakan blog ini sebagai sarana untuk menarik pembaca yang tersegmentasi atau umum. Pengguna internet yang mencari informasi mempunyai peluang untuk menjadi pembaca tetap, contohnya adalah jika kamu memilih hanya menulis mengenai review game, maka akan dipastikan tidak hanya pembaca tetapi ikut memperluas pasaran yang membuat blog menjadi lebih besar.

  3. Membangun segmen

    Pilihan target atau segmen blog dapat turut membangun kesan, imej bagi si penulis blog. Tata rapi semua artikel dan tulisan post agar lebih serius secara professional karena ini bisa menjadi sebuh rekam jejak digital dan portfolio di masa depan.

  4. Menulis dari mana dan kapan saja

    Waktu yang fleksibel dan akses yang terbuka tanpa batas merupakan hal menarik lainnya dari sebuah blogging. Apabila kamu seorang yang suka berpergian atau traveling tentu fleksibilitas waktu mendokumentasikan perjalanan kedalam blog kapan saja tentu amat sangat membantu.

  5. Tingkatkan kemampuan menulis

    Semakin sering kita blogging maka semakin terasah juga kemampuan dalam menulis dan nantinya akan menciptkan ciri khas tersendiri yang membedak setiap blogger. Jangan takut untuk terus belajar dan juga membaca hasil penulis dari blog lain yang akan memperkaya kosa kata dan pengetahuan serta naiknya kualitas konten.

  6. Berbagi pengetahuan dan informasi

    Pilihan segmen dan subjek tertentu akan menarik pembaca yang mendapat manfaat dari apa yang kamu tulis, bahkan bisa saja menjadi sumber suatu berita dengan yang valid dan terpercaya. Blog yang mereview suatu produk teknologi adalah salah satu jenis blog yang paling diminati dan banyak memberi manfaat.

  7. Blog usaha atau bisnis

    Jenis blog seperti ini merupakan salah satu tool terbaik untuk membangun awareness dan membangun kepercayaan pada suatu brand. Blog yang menyediakan informasi dan adanya interaktif langsung akan membuat pelanggan lebih percaya dan merasa dekat karena brand akan merespon secara cepat bila ada layangan keluhan atau pertanyaan.
     
    Disamping interaktif, ini juga akan meningkatkan traffic yang masuk ke dalam blog resmi perusahaan yang menambah pembelian atau penjualan produk.

  8. Peluang monetisasi

    Apabila blog sudah tertata rapi dengan layout dan tema yang sesuai juga memliki banyak pembaca, maka kesempatan monetisasi akan terbuka lebar baik dari kerjasama yang didapat dari brand, permintaan sponsor atau Google Ad.

 

Panduan Membuat dan Memulai Blog

 

Jika kamu telah memahami 8 langkah diatas, maka yang harus dilakukan berikutnya adalah melakukan atau mempraktekkan langkah nyata dalam membuat blog. Cobalah 4 langkah simple dan cepat dibawah :

 

  • Pilih platform yang sesuai

    Dari tiga platform blogging yang menawarkan pilihan tak berbayar pilihlah yang sekiranya mudah digunakan dan memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh blog yang ingin kamu buat. WordPress adalah platform blogging terbesar saat ini yang digunakan hingga 82 juta orang secara global. Platform ini mempunyai banyak kelebihan pendukung seperti support forum yang siap membantu.
     
    Blogspot berada diurutan kedua setelah WordPress, platform ini cukup user friendly dan mempunyai tampilan yang minimalis dan mudah dipahami. Berikutnya adalah Tumblr yang merupakan gabungan dari blog dan social media yang interaktif.

  • Gunakan template yang menarik

    Meski WordPress, Blogspot dan Tumblr juga menyediakan template secara gratis, tapi tidak ada salahnya menggunakan template lain yang lebih mendukung blog seperti tampilan yang SEO ready, dua kolum dan lainnya.
     
    Ada banyak jasa penyedia template gratis di internet seperti di Gooyabi, Colorlib, Btemplates, Cssauthor, Templatetoaster atau FreshDesignWeb. Template ini bisa di kembangkan atau di kostumisasi lagi, tetapi template yang berbayar akan lebih memberi banyak keuntungan ketimbang yang gratis.

  • Beri nama blog yang menarik dan mudah diingat

    Niche dan jenis segmentasi blog bisa dijadikan sebuah ide dalam penamaan blog, maka dari itu pilihlah nama blog yang sudah langsung dapat menggambarkan isi dan maksud tujuan dari blog.
     
    Hindari memakai angka, ejaan yang terlalu sulit dan tanda hubung. Meski batas maksimum sebuah domain bisa melebihi 50 karakter, tetapi buatlah nama blog sesingkat, padat dan mudah dieja serta diingat.

  • Tentukan domain blog

    Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakases sebuah website atau blog. Mempunyai domain dibelakang nama blog adalah sebuah personalisasi dan branding bagi seorang blogger. Adanya domain juga turut membuat pemiliknya lebih terlihat serius, professional yang paling utama adalah memberi kuasa penuh bagi pemilik blog dalam kreatifitas tanpa lagi terikat pada aturan platform blog. Inilah beberapa domain yang banyak digunakan dan bisa kamu pertimbangkan : .com | .co.id | .net | .id | .org | .info | .xyz

  • Design dan fitur yang penting

    Template yang bagus perlu juga ditunjang dengan pengemasan laman web yang baik. Jangan menggunakan latar berlakang gelap yang kontras dengan font tulisan karena akan sangat menggangu dan menurunkan minat baca. Atur ukuran foto dan video mengikut standard tonton. Masukkan fitur yang mempunyai korelasi, perhatikan pemakaian music sebagai latar belakang dan setting template yang sekiranya bisa menghambat laju loading halaman.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website

Kesimpulan dan Penutup

Proses membuat blog tidak akan langsung berhenti ditahap membuatnya saja, tetapi justru akan terus berlangsung terutama jika kamu ingin menggunakan blog sebagai sumber keuangan. Blog yang bisa dimonetisasi mempunyai syarat tertentu seperti konten yang stabil dan konsisten, pembaca dan traffic yang teratur juga lamanya umur sebuah blog itu.

Pantau terus traffic, pageview juga followers yang mengikuti blog kamu. Gunakan judul- judul artikel yang tidak mengandung click bait atau yang tidak ada hubungannya. Beri nama setiap file yang berupa foto dan video menyesuaikan judul, begitu juga penamaan permalink.

Teruslah konsisten dan selalu siap mengembangkan ilmu blogging serta jangan lupa untuk mampir ke idclouhost.com untuk mendapatkan tawaran promosi paket hosting setiap bulan yang menarik dari kami yang tentunya sayang untuk dilewatkan

Related Post :

popup image