Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebuah bisnis yang baik pasti memiliki strategi pemasaran atau iklan yang baik juga. Mengapa strategi iklan menjadi hal penting dalam bisnis? Sebab sebagus apapun produk yang dijual oleh sebuah perusahaan atau pelaku bisnis jika tidak mempunyai manajemen periklanan yang bagus maka bisnis tersebut tidak akan cepat berkembang. Apabila sebuah bisnis memiliki manajemen pemasaran yang baik dengan membuat berbagai macam strategi maka tidak perlu waktu yang lama bagi bisnis tersebut mendapatkan profit yang maksimal.

Iklan menjadi suatu hal penting yang harus dipikirkan oleh para pelaku bisnis. Zaman sekarang terdapat banyak sekali media yang bisa digunakan untuk mengiklankan sebuah produk yang akan dijual. Media konvensional, media cetak, media elektronik, media digital, dan masih banyak lagi. Iklan yang menjadi hangat-hangatnya sekarang dan paling banyak disukai oleh marketer adalah beriklan di media sosial seperti yang  banyak digunakan untuk beriklan adalah Facebook, Linkedin, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Bagi pelaku bisnis yang ingin mempromosikan produknya secara visual dianjurkan sekali  untuk menggunakan media sosial yang tending saat ini yaitu Instagram.

Instagram menyediakan sebuah fitur yaitu instagram ads. Fitur ini membantu para pemilik bisnis untuk mengenalkan produknya kepada jutaan pengguna instagram yang tersebar di seluruh dunia. Instagram sendiri merupakan platform yang pas bilamana seorang pelaku bisnis ingin mengiklankan produk mereka secara visual. Lalu, bagaimana cara membuat iklan di Instagram? Apa saja hal-hal penting yang wajib diketahui saat beriklan di instagram? Dalam artikel ini akan dijelaskan cara-cara beriklan melalui instagram dengan mudah dan cepat.

 

Apa Itu Instagram Ads

Instagram Ads adalah sebuah fitur yang diberikan oleh Instagram bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk yang dijual secara berbayar. Melalui fitur yang diberikan oleh Instagram ini pengguna Instagram Ads bisa melakukan segmentasi pasar yang mereka inginkan. Segmentasi pasar ini berguna untuk menjangkau target pasar atau target audiens yang tepat untuk produk yang mereka jualshingga akan memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk melakukan pemasaran di platform milik Facebook ini.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Instagram Ads inilah adalah adanya parameter atau analitik tentang seberapa banyak Like, Engagement, Followers yang terdapat pada unggahan promosi pada Instagram Ads. Dengan adanya fitur ini membantu para pelaku bisnis untuk mengetahui seberapa efektifkah iklan yang berjalan pada platform ini atau tipe iklan macam apa yang cocok dan disukai para pengguna Instagram. Cara ini juga bisa dijadikan panduan atau guidline iklan seperti apakah yang akan lebih tepat sasaran.

Dalam melakukan promosi di Instagram, para marketer pada umumnya memanfaatkan platform ini untuk beriklan secara visual. Dimana sebenarnya Instagram sangat cocok bagi mereka yang ingin mengenalkan produk melalui foto maupun video. Cara membuat iklan di platform ini sangatlah mudah apalagi bagi mereka yang sebelumnya sudah terbiasa beriklan di Facebook yang  dapat dilakukan melalui Facebook Ads Manager. Alasan mengapa Instagram ads bisa melalui Facebook adalah sejak 2012 Instagram telah diakuisisi oleh Facebook, sejak saat itu pula Instagram berada dibawah naungan Facebook.

 

Alasan Menggunakan Instagram Ads

Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Mengapa Instagram Ads menjadi pilihan untuk beriklan? Dilansir dari situs milik Instagram Indonesia mengatakan pengguna Instagram di Indonesia mencapai lebih dari 61 juta orang. Jumlah ini terbilang fantastis dan perlu diketahui juga bahwa pengguna Instagram di Indonesia menduduki jumlah keempat terbanyak di dunia. Adapun diamati secara lebih detail oleh Instagram dominasi dari pengguna Instagram ini adalah kaum perempuan sebanyak 50,8% sedangkan laki-laki hanya terpaut sedikit saja yaitu sebanyak 49,2%.

Selain itu menurut survei dari Tech in Asia menyatakan bahwa banyak pengguna melakukan transaksi pembelian melalui platform Instagram. Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa Instagram Ads itu perlu bagi sebuah bisnis :

 

  • Meningkatkan Penjualan Produk

    Alasan pertama yang dapat dipertimbangkan untuk menggunakan platform Instagram Ads adalah meningkatkan produk yang dijual. Banyaknya pengguna Instagram dan didukung perilaku para pengguna yang menyukai Instagram sebagai tempat untuk membeli produk adalah beberapa contoh mengapa produk yang akan dijual melalui fitur Instagram Ads sangat efektif karena engagement akan lebih mudah diraih para pelaku bisnis ketika melakukan promosi di platform ini. Menurut riset Forrester menyatakan bahwa iklan di Instagram berhasil mempengaruhi engagement lebih tinggi 58 kali daripada iklan-iklan di sosial media lainnya.

  • Mudah dalam Menjangkau Pelanggan

    Dengan jumlah pengguna sedemikian banyak membuat Instagram Ads menjadi salah satu fitur periklanan sosial media yang terpercaya. Menurut data yang dimiliki oleh Instagram menyatakan bahwa 62% dari penggunanya mengetahui produk-produk baru melalui Instagram. Selain itu, melalui riset yang dilakukan Hootsuite mengatakan Instagram Ads lebih mampu untuk menjangkau pelanggannya secara tepat daripada jasa iklan sosial media lainnya.
     

    Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan alasan yang kuat untuk dipertimbangkan bagi siapa saja yang ingin beriklan melalui platform ini. Dengan menjangkau lebih banyak pelanggan dan hal tersebut dilakukan secara tepat tentu akan berpengaruh pada keberhasilan penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

  • Meningkatkan Trafik ke Situs Pembelian

    Ada fitur menarik yang diberikan Instagram melalui Instagram Ads nya yaitu adanya tombol Call To Action yang membuat fitur ini dapat mengajak bagi para pengguna instagram yang tertarik dengan produk yang dijual. Pada umumnya sebuah iklan di Instagram tidak terlihat sebagai sebuah iklan namun lebih seperti unggahan atau post pada umumnya yang membuat Instagram lebih disukai oleh para pelaku bisnis. Selain itu, di Instagram Ads juga didukung dengan CTA tadi tentu hal ini semakin memberikan dorongan bagi para pelanggan untuk membeli produk tersebut.

 

Baca Juga :     Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Tips Beriklan di Instagram Ads

Ada banyak tips yang perlu dipahami oleh para calon pengguna Instagram Ads sebelum mengeksekusi iklannya lewat platform tersebut. Tips-tips ini perlu diperhatikan agar nantinya iklan yang dibuat di Instagram mendapatkan engagement yang banyak dan meraih peningkatan penjualan secara signifikan. Berikut ini adalah beberapa tips sebelum membuat iklan di Instagram.

 

  • Lakukan Perencanaan yang Matang

    Kadang terdapat kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis dalam beriklan di Instagram, salah satunya adalah adanya pengelolaan yang buruk saat beriklan di Instagram. Para pelaku bisnis wajib mengenali produk apa yang akan mereka dijual di platform ini dan harus menjalankan iklan yang dikelola dengan displin. Segmentasi pasarnya yang ditargetkan juga harus jelas dimana hal ini nantinya akan berpengaruh pada keberhasilan pencapaian iklan yang ada di Instagram. Para pelaku bisnis wajib melakukan riset yang cocok bagi produknya dan memahami seleras konsumen dan pasar dari produk yang hendak dipasarkan.

  • Buatlah Konten yang Menarik

    Konten iklan yang menarik akan lebih disukai oleh para calon pelanggan dan konten yang menarik ini didukung oleh kualitas dari konten tersebut. Misalnya menggunakan foto dengan hasil yang jernih, copywriting yang digunakan relateable dengan masalah yang dialami pelanggan, dan masih banyak lagi. Instagram sebagai sebuah platform media sosial berbasis visual maka wajib bagi para marketer yang ingin mengiklankan produknya juga harus melalui konten visual. Buatlah konten dengan foto maupun video yang menarik serta jangan membuat kesalahan-kesalahan seperti mengunggah foto duplikasi dari sumber lain, membuat video duplikat mirip sekali dengan kompetitor karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas konten iklan yang disajikan.

  • Melibatkan Pelanggan dalam Beriklan

    Sekarang lagi trennya Inbound Marketing, salah satu jenis marketing yang melibatkan pelanggan dalam setiap iklan yang ditampilkan. Dengan metode ini diharapkan iklan bukan hanya bermaksud menjual produk namun juga membantu calon konsumen dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya yang tentunya masalah tersebut akan terbantu dengan produk yang dijual. Usahakan konten instagram memuat masalah yang dihadapi oleh para pelanggan sehingga pelanggan akan merasa terbantu dengan adanya iklan tersebut.

 

Baca Juga :     Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram Ads (IG Post dan IG Story)

 

Cara Membuat Iklan di Instagram Ads

Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Ada banyak cara melakukan iklan di Instagram seperti melalui aplikasi Instagram itu sendiri, Facebook Ads Manager, Instagram Partners, Facebook Marketings API, dan Facebook Power Editor. Ada banyak tipe iklan yang ditawarkan oleh pihak instagram seperti Stories Ads, Video Ads, Photo Ads, Carousel Ads dan lain-lain. Untuk seseorang yang sudah terbiasa menjalankan iklan Facebook maka akan lebih mudah untuk menjalankan iklan di Instagram juga sedangkan untuk para pemula akan lebih direkomendasikan menggunakan aplikasi Instagram sebab penggunaanya lebih mudah. Syaratnya akun Instagram yang digunakan terkoneksi dengan akun Facebook yang dimiliki pengguna. Berikut ini adalah cara membuat iklan di Instagram dengan mudah dan cepat untuk pemula.

 

  • Buat Akun Instagram Menjadi Profil Bisnis

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun profil Instagram menjadi akun bisnis. Akun bisnis ini nantinya akan berpengaruh ketika pelaku bisnis ingin mengetahui jumlah Like, Followers, dan Engagement pada setiap postingan yang diunggah di akun instagram. Selain itu, profil bisnis juga menjadi syarat bagi pelaku bisnis untuk mencoba fitur Instagram Ads.
     

    Login ke akun Instagram yang akan menjadi akun bisnis nantinya. Setelah itu masuk ke dalam pengaturan, pilih akun, selanjutnya klik Beralih Ke Akun Profesional, Anda akan menemukan  dua pilihan yaitu Kreator dan Bisnis, klik akun bisnis pada pilihan ini. Berikutnya akan tampil ucapan pembuka pada profil bisnis akun, selanjutnya klik sampai menemukan kategori bisnis apa yang akan dijalankan.
     

    Apabila sudah tampil halaman untuk memilih kategori bisnis apa yang akan dijalankan. Di tahap ini pilihlah kategori yang sesuai dengan bisnis yang akan dilakukan. Banyak pilihan dalam kategori ini, contohnya seperti Belanja & Ritel, Pakaian, Alat Musik dan lain-lain. Jika sudah, klik selanjutnya. Tahap berikutnya akan menampilkan 3 informasi bisnis utama yang akan ditampilkan yaitu email, nomor telepon, dan alamat bisnis. Atur sesuai dengan profil bisnis yang sudah dijalankan dan hubungkan akun bisnis ini dengan akun Facebook yang dimiliki.

  • Pengaturan Iklan Instagram

    Apabila semua hal di atas selesai dilakukan tahap selanjutnya adalah mengunggah konten iklan. Langkah pertama unggah konten iklan di postingan instagram. Jangan lupa untuk memperhatikan konten yang diunggah adalah konten yang benar-benar berkualitas. Jika sudah klik tombol promosi Instagram, selanjutnya akan ditampilkan halaman untuk memilih dimana nantinya pelanggan akan diarahkan atau CTA nya. Ada beberapa opsi disini yaitu profil instagram, situs web, dan pesan DM, sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Berikutnya akan tampil halaman segmentasi dari target pasar dan pengguna bisa memilih secara otomatis maupun melakukan segmentasi sendiri. Pada tahap ini akan lebih baik jika pengguna mengenal segmentasi pasar mereka dan melakukan pengaturan pada segmentasinya.
     

    Langkah setelah itu adalah akan ditampilkan potensi dari segmentasi target audiens yang sudah diatur. Apabila dirasa potensi yang akan dijangkau sudah sesuai dengan target selanjutnya terdapat opsi pembayaran. Di dalam opsi ini pengguna diberi kebebasan untuk mengisi jumlah nominal yang akan dibayar dan dalam jangka waktu berapa lama iklan tersebut berlangsung. Optimalkan fitur ini, jangan sampai terlalu mahal dan murah kalau bisa diimbangkan sesuai dengan keperluan. Jika opsi pembayaran sudah selesai maka tahap selanjutnya adalah pembayaran sedangkan pembayarannya dibagi menjadi 3 yaitu melalui doku, bank, dan kartu kredit. Ketika pembayaran sudah selesai dilakukan maka iklan Instagram Ads sudah selesai dan tinggal menunggu hasilnya.

 

Baca Juga :     Tutorial Cara Mendaftar Akun Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi adalah beragam cara membuat iklan di Instagram dengan mudah dan cepat untuk pemula. Kehadiran Instagram Ads sendiri memberikan peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk mendapatkan jangkauan pelanggan yang luas. Penggunaan dari Instagram Ads mempermudah pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan bisnis yang telah diimplementasikan. Dengan jutaan pengguna Instagram sekarang tentunya bukan hal yang sulit lagi bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya secara cepat melalui platform Instagram.

Pelaku bisnis juga dipermudah dengan berbagai fitur yang terdapat di dalam Anstagram Ads seperti fitur analitik, parameter, segmentasi target audiens, dan lain-lain. Jadi apalagi yang membuat para pelaku bisnis untuk tidak mencoba menggunakan platform yang lagi happening ini. Sangat direkomendasikan sekali untuk para pelaku bisnis menjalankan iklan melalui Instagram. Demikianlah artikel tentang cara iklan di Instagram dengan mudah dan cepat untuk pemula, semoga dapat membantu para pelaku bisnis yang ada di Indonesia.

Related Post :

popup image