Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram Ads (IG Post dan IG Story)

Business, Social Media Marketing / 0 | | 3

Instagram tidak lagi sekedar mengunggah foto dan stories saja, sejak dimiliki oleh Facebook, Instagram mengalami perubahan dengan adanya Instagram Ads. instagram Ads ini hadir karena banyaknya brand atau merek yang membuat branding mereka melalui platform media sosial yang sangat digemari mengalahkan Facebook dan Twitter ini.

Diciptakan untuk membantu meningkatkan brand exposure, traffic website, mengumpulkan leads baru dan lainnya, Instagram Ads adalah alat advertising atau iklan dengan menggunakan konten berbayar di Instagram agar lebih dapat menjangkau audiens jauh dalam cangkupan luas dan dengan target yang biasanya telah ditentukan lebih dulu.

Fitur Instagram Ads ini dengan sales funnel juga akan membantu memindahkan leads yang telah ada untuk dilanjutkan pada pembelian. Instagram Ads juga merupakan bentuk visual sehingga sebaiknya Anda harus memasang iklan dengan foto dan gambar yang interaktif dibandingkan dengan teks saja. Untuk lebih jelas, mari simak panduan cara membuat Instagram Ads berikut.

 

Cara membuat Instagram Ads

Sebelum membuat Instagram Ads, Anda juga akan memerlukan akun Facebook karena kedua platform media sosial ini terhubung satu sama lain. Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai iklan Anda sendiri di Instagram :

  • Pada aplikasi Instagram
  • Facebook Ads Manager
  • Facebook Power Editor
  • Facebook’s Marketing API
  • Instagram Partners

Dari lima cara yang bisa Anda coba dan terapkan di atas, memang yang termudah adalah membuat iklan Anda melalui Facebook Ads Manager. Sedangkan jika Anda berniat membuat iklan yang berjumlah banyak untuk satu waktu bersamaan, maka Anda dapat mencoba Facebook’s Marketing API dan juga Facebook Power Editor. Namun jika Anda membutuhkan bantuan untuk membeli serta mengelola iklan Anda sembari juga membuatkan konten, maka Instagram Partners adalah kumpulan experts yang bisa membantu Anda.

 

Membuat Instagram Ads melalui Facebook Business Manager

 

Anda dapat mencoba cara ini sebagai cara yang paling mudah dan sederhana untuk Anda coba serta terapkan sendiri. Berikut langkah- langkah yang bisa Anda ikuti.

 

1) Tentukan objektif atau target iklan/campaign Anda

Tujuan iklan atau campaign adalah faktor yang sangat penting karena itu akan menentukan pembelian dan traffic penjualan Anda. Jika Anda masih bingung akan target iklan Anda, Facebook mempunyai format iklan yang bisa membantu Anda, auto optimization dan bidding options supaya Anda dapat menentukan target objek Anda. Di bawah ini adalah beberapa format yang tersedia pada Facebook Ads Manager yang bisa Anda andalkan untuk membantu Anda :

  • Brand awareness
  • Local awareness
  • Reach
  • Traffic
  • Video views
  • Conversions
  • Engagement
  • All installs
  • Store visits
  • Product catalog sales

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang dari Instagram tanpa Modal dengan Cepat & Mudah

 

2) Berikan nama pada iklan atau campaign Instagram

Penamaan pada iklan atau campaign juga adalah faktor yang penting mengingat Anda juga akan memasukkan record atau pendataan semua iklan yang pernah Anda buat. Selain menambahkan nama, Anda juga harus mencatat lengkap penanggalan demi mempermudah tracking dan pengelolaan campaign lebih teratur serta sistematis.

Berikan nama iklan atau campaign yang mudah dimengerti dan mempercepat Anda untuk mengetahui iklan Anda. Hal ini tergantung dengan kebutuhan Anda yang paling penting jangan sampai penamaaan iklan dan campaign malah membuat Anda menjadi ribet atau kesusahan.

 

3) Tentukan target audience

Pada tahap ini Anda sudah harus mempunyai target audience yang jelas dan spesifik, karena ini adalah alasan Anda memasang iklan. Target audience yang tepat berarti biaya dan iklan Anda sudah terpenuhi dan dianggap berhasil. Untuk membantu Anda memilih audience, Anda dapat memilih dari 2 opsi dibawah :

  • Menentukan dan menggunakan target audience yang telah Anda tentukan sendiri
  • Membuat target audience baru di Facebook

Baca Juga :  Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

 

4) Atur penempatan iklan Anda dengan strategis

Langkah selanjutnya adalah memilih dan menentukan pilihan dalam meletakkan iklan Anda dengan strategis. Ini adalah opsi yang bisa Anda pilih :

  • Facebook News feed untuk mobile dan desktop
  • Pada bagian sebelah kanan Facebook
  • Instagram
  • Instant Articles
  • In-stream Video
  • Audience Network

 

5) Ketahui budget dan bidding iklan Instagram Anda

Setelah mengetahui target audience, maka Anda juga harus turut menentukan anggaran atau budget dan bidding (tawar menawar) iklan Anda. Bidding iklan sebuah proses yang sama dengan pelelangan tapi dalam hal ini Anda ingin iklan yang Anda buat mendapatkan perhatian dan tepat sasaran. Berikut aspek- aspek yang mempengaruhi sebuah biaya iklan :

  • Bidding untuk iklan Facebook Anda.

    Umumnya, semakin Anda membayar lebih besar maka Facebook akan juga menampilkan iklan Anda lebih sering secara optimal. Anda bisa menyebutkan angka yang Anda inginkan dan juga melakukan bidding secara otomatis yang kemungkinan mempunyai harga lebih dari budget Anda. Tapi jika iklan Anda berhasil, maka harga bidding akan semakin turun dan Anda akan mendapatkan distribusi iklan yang lebih luas.

  • Relevance score

    Setiap iklan yang di pasang pada Facebook dan Instagram memiliki relevance sore atau nila relevansi yang dinilai dengan melihat reaksi dari ads yang ditampilkan bagi segi positif maupun negatif. Dari cara ini Google akan mengatur relevance score Anda yang mempunyai pengaruh langsung pada biaya iklan Anda dan bagaimana Facebook akan membuat iklan Anda menjadi prioritas.

  • Estimated action rates

    Selain relevance score yang sudah dijelaskan, Facebook juga turut menentukan estimated action rates yakni estimasi atau jangkaan kemungkinan orang yang melihat iklan yang Anda tebar akan juga turut melakukan interaksi dengan mengklik iklan tersebut.

Baca Juga :  Tutorial Cara Mendaftar Akun Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Membuat Instagram Ads

 

Jika Anda telah memahami langkah- langkah sebelumnya, kini Anda harus memilih dan menentukan format Instagram ads yang Anda perlukan dengan memilih dari 7 format dibawah ini :

  1. Single image ads – merupakan format yang paling sering digunakan karena hanya membutuhkan gambar, caption dan tombol call to action.
  2. Instagram carousel ads – format ini mengizinkan penggunanya untuk memilih hingga 10 gambar dan video.
  3. Instagram video ads – format GIF atau video.
  4. Slideshow ads – format ini memungkinkan Anda untuk memakai 10 gambar dan menambahkan musik untuk membuatnya menjadi looping video.
  5. Instagram lead ads – format ini membantu Anda mengumpulkan data atau informasi dari calon pelanggan tanpa membawa mereka keluar dari Instagram. Jika iklan Anda di klik, maka langkah selanjutnya membawa mereka pada halaman baru yang berisikan formulir yang meminta info kontak mereka.
  6. Instagram stories image ads – ini adalah penempatan iklan yang memanfaatkan fitur Stories dari Instagram.
  7. Instagram stories video ads – melalui Instagram Stories, Anda dapat mengunggah iklan format video Anda selalu 15 detik.

 

Apabila Anda telah menentukan satu dari 7 format diatas, selanjutnya adalah mengisi detail dari ads tersebut seperti headline, text, pilihan tombol call to action (CTA). Anda juga bisa menggunakan Ad Preview Tool untuk meninjau kembali tampilan iklan Anda. Setelah Anda merasa semua telah sesuai dengan keinginan Anda, klik place order untuk mengirimkan iklan Anda yang akan dicek dan dan nantinya diterbitkan Instagram.

 

Cara membuat postingan promo produk di Instagram

 

Dalam mempromosikan konten Instagram memang cara yang paling cepat melalui Instagram secara langsung. Hanya saja Anda tidak dapat menggunakan aplikasi sebagai wadah menyiapkan campaign yang detail atau sekedar mengubah detail dari postingan Anda sebelum melakukan promosi. Untuk dapat melakukan promosi postingan tersebut, Anda harus memenuhi dan mengisi persyaratan dibawah ini :

  • Anda telah mengkonversi profil biasa menjadi profil bisnis di Instagram
  • Anda telah menjadi admin pada halaman Facebook yang terhubung ke akun Instagram Anda
  • Anda telah mengikuti kebijakan periklanan dari Facebook

Baca Juga :   Instagram for PC : Cara Download, Install, dan Menggunakannya

 

Langkah selanjutnya adalah membuat promosi di Instagram tanpa meninggalkan aplikasi :

  • Buka aplikasi Instagram Anda
  • Masuk ke profil Anda
  • Pilih konten/postingan yang ingin Anda promosikan
  • Pada bagian bawah postingan, klik promote

 

Kemudian Anda harus mengikuti langkah terakhir berikut :

  • Pilih dari 2 tujuan iklan yang telah tersedia

    Pilihan itu adalah Kunjungi Website Anda (Visit Your Website ) dan Panggilan Kunjungi Bisnis Anda (Call Of Visit Your Business).

  • Isi rincian promosi Anda

    Caranya dengan mengatur objective, destination, audience, action button, budget dan duration. Lalu klik “Create Promotion”.

 

Kesimpulan dan penutup

Sebagai platform yang menitik beratkan pada visualisasi dan estetika , pastikan iklan Anda mempunyai visual yang menarik dengan perpaduan gambar, video dan teks yang sesuai serta saling menunjang satu sama lain. Audiens Instagram akan lebih memilih dan menyukai iklan menarik pandangan mata mereka dalam sekejap saja daripada membaca panjang lebar.

Bahkan menurut riset dari Instagram yang mengatakan 60% pengguna Instagram mengklaim mereka telah menemukan bermacam produk- produk dan informasi baru dari media sosial ini. Sedangkan 75% lainnya mengatakan bahwa mereka turut tertarik untuk melakukan interaksi atau action setelah melihat postingan iklan di Instagram.

Ini tentu berarti bahwa iklan yang di pasang di Instagram telah berhasil dan menarik minat penggunanya. Selalu pastikan iklan Anda telah mempunyai target audiens yang Anda perlukan dan mengeluarkan sedikit dana untuk membantu promosi postingan Anda juga turut meningkatkan exposure dan pengetahuan tentang brand Anda. Selamat mencoba beriklan di Instagram Ads!

Related Post :

popup image