Cara Melihat Siapa yang Mengunjungi Instagram Kita dengan Mudah dan Aman

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Instagram kini menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan dan digemari masyarakat, jejaring sosial ini cukup sukses dengan berbagai pembaruan yang ada. Fitur-fitur terbaru yang disajikan Instagram juga menjadi alasan melonjaknya peminat media sosial satu ini. Namun pernahkah terpikirkan tentang orang-orang yang melihat akun Instagram Anda tanpa mengikuti terlebih dahulu? Bisakah Anda melihat siapa-siapa saja yang melakukan hal tersebut?

Banyak dari kita atau justru Anda sendiri berpikiran tentang pengguna Instagram yang melihat akun milik Anda namun tidak mengikutinya, sehingga Anda merasa risih karena dimata-matai seperti itu. Hal itu bisa saja terjadi, namun sayangnya Instagram tidak memiliki fitur bawaan tersebut untuk membantu Anda. Dengan mengetahui pengguna yang mengunjungi akun Instagram, Anda bisa melihat dan menilai hal apa yang diminati oleh pengunjung di Instagram. Sehingga jika Anda seorang pebisnis online, pangsa pasar Anda bisa terlihat lebih jelas.

Sampai saat ini Instagram belum terlihat akan mengeluarkan fitur baru untuk melihat siapa saja yang mengunjungi akun Instagram kita, sehingga muncul aplikasi pihak ketiga sebagai sarana untuk membantu melihatnya. Aplikasi yang ada bisa sedikit mengurangi rasa penasaran Anda terhadap hal tersebut, namun perlu Anda ingat tidak semua aplikasi bisa berfungsi seperti yang diinginkan. Anda bisa mencobanya untuk mengetahui keakuratan aplikasi maupun situs tersebut.

 

Fitur Baru Instagram

Cara Melihat Siapa yang Mengunjungi Instagram Kita dengan Mudah dan Aman
 

Pasca diintegrasikannya messenger dengan Instagram, bermunculan fitur-fitur baru yang bisa Anda nikmati saat ini.Beberapa dari fitur tersebut tersedia untuk pengguna Android maupun iOS, berikut fitur baru tersebut.

 

  1. Communicate Across Apps

    Tahukah Anda dengan fitur yang satu ini? Fitur ini membuat Anda bisa terhubung secara langsung dengan siapa saja untuk mengirim pesan maupun melakukan panggilan video hanya dengan menggunakan salah satu dari aplikasi messenger atau Instagram.

  2. Watch Together

    Seperti namanya fitur ini membuat Anda bisa menonton video di Facebook Watch, IGTV, acara televisi, film, dan lainnya saat melakukan panggilan video.

  3. Vanish Mode

    Fitur satu ini membuat percakapan Anda dengan teman di dalam pesan lenyap setelah dibaca saat Anda atau teman Anda menutup percakapan tersebut.

  4. Selfie Stickers

    Ada banyak pembuat stiker di Instagram saat ini, stiker cantik dan menggemaskan itu bisa Anda gunakan pada saat melakukan pemotretan dengan menggunakan aplikasi Instagram. Stiker-stiker ini bisa dipadukan dengan foto selfie yang kemudian digunakan pada percakapan.

  5. Chat Colors

    Pembaruan ini memungkinkan Anda untuk melakukan personalisasi percakapan dengan sejumlah warna yang tersedia.

  6. Message Control

    Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa mengirimi pesan dan yang sama sekali tidak bisa mengirimkan pesan kepada Anda.

  7. Replies

    Di percakapan yang masih bergulir, Anda tetap bisa membalas dan menanggapi langsung pesan tertentu di percakapan tersebut.

  8. Beralih Akun dengan Tap

    Jika Anda melakukan login ke berbagai akun Instagram dalam satu aplikasi, Anda bisa dengan mudah beralih ke akun berikutnya hanya dengan melakukan tap dua kali pada ikon profil di pojok kanan bawah.

  9. Stories Reaction Baru

    Meski sudah memiliki reaksi di fitur sebelumnya, kini Instagram menambah emoji reaction baru untuk menanggapi stories. Ada beberapa emoji yang mewakili Anda untuk menggunakannya secara langsung.

  10. Photobooth

    Sudahkah Anda mencoba fitur yang satu ini? Fitur ini membantu Anda melakukan photobooth hanya dengan menggunakan Instagram stories, baik itu photobooth tanpa filter dan dengan filter.

Baca Juga   :   Tips dan Trick Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack atau Diretas

 

Memahami Fitur Insight di Instagram

Fitur satu ini merupakan fitur yang ada pada Instagram business, fitur ini membantu Anda mempelajari performa konten. Anda bisa melihat apa yang followers lakukan pada konten, bagaimana interaksi mereka terhadap konten yang dibuat dengan melihat pada post, stories, dan IGTV sehingga pemasaran konten yang Anda lakukan berjalan maksimal. Berikut pembahasan terkait Instagram Insight.

 

  1. Gunakan Profil Bisnis

    Akun pribadi baik yang digembok maupun terbuka, tidak memiliki fitur insight seperti pada akun bisnis. Cara mengaktifkannya Anda bisa membuat akun instagram menjadi publik terlebih dahulu. Pilih hamburger menu pada pojok kanan atas, tap menu setting dan pilih menu Switch to Professional Account lalu ikuti langkahnya hingga selesai.

  2. Melihat Impression dan Reach

    Fitur ini berisi informasi seputar angka impression dan reach, ada beberapa istilah yang bisa Anda pahami kegunaannya.

    • Impression, berapa kali post Anda dilihat.
    • Account Activity, jumlah pengunjung, jumlah yang mengklik link Anda, serta aktivitas lainnya.
    • Top Posts, post yang punya reach dan engagement terbesar.
    • Top Stories, Instagram stories yang punya reach dan engagement terbesar.
    • Top IGTV Videos, IGTV yang punya reach dan engagement terbesar.
  3. Interaksi Konten

    Ini berisi engagement dari post dan stories, pada post interaksi yang terlihat seperti like, komen, dan share. Sementara pada stories interaksi yang terlihat seperti jumlah orang yang membalas stories Anda.

  4. Performa Instagram Post

    Pada menu ini dapat Anda temukan istilah yang ada pada Insight, berikut penjelasannya.

    • Impression berisi informasi seberapa banyak stories Anda dilihat orang.
    • Reach adalah berapa banyak pengguna unik yang melihat stories Anda.
    • Taps Forward, berapa banyak orang yang pindah ke stories berikutnya.
    • Taps Back, berapa banyak orang yang kembali ke stories sebelumnya.
    • Replies, berapa banyak orang yang membalas stories Anda.
    • Exist, berapa banyak orang yang pergi dari stories Anda setelah menonton.

Baca Juga   :    Tips dan Cara Meningkatkan Jumlah Follower Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Melihat Pengunjung Instagram

Cara Melihat Siapa yang Mengunjungi Instagram Kita dengan Mudah dan Aman
 

Ada beberapa aplikasi dan situs yang bisa dicoba untuk membayar rasa penasaran terhadap orang-orang yang mengunjungi akun Instagram Anda. Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua aplikasi pihak ketiga memberikan informasi yang valid, bisa saja hanya hasil dari pilihan yang terpilih secara acak di aplikasi dan situs tersebut.

 

  1. Follower Analyzer for Instagram

    Kegunaan dari aplikasi yaitu Anda bisa mengetahui siapa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti akun Anda, selain itu Anda juga bisa melihat orang-orang yang mengunjungi akun Instagram tanpa mengikuti Anda.

  2. FollowMeter for Instagram

    Kelebihan dari aplikasi ini selain bisa melihat siapa saja yang mengunjungi akun Instagram Anda, juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi akun Instagram yang memiliki pengikut palsu.

  3. Situs JNCK

    Tanpa aplikasi, Anda bisa menggunakan situs ini melalui sebuah link, caranya dengan ketik jnckmedia(dot)com/igstalk pada laman browser Anda. Lalu Anda akan diminta untuk memasukkan username Instagram yang ingin dilihat dan dilanjutkan dengan verifikasi captcha yang terletak pada bagian bawah username. Selanjutkan akan ditampilkan daftar username yang mengunjungi Instagram Anda.

Baca Juga  :   Cara Melihat Instagram Stalker dengan Aplikasi Secara Gratis

 

Kesimpulan dan Penutup

Tidak semua aplikasi ataupun situs pihak ketiga yang bisa Anda percayai, rata-rata dari situs dan aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk memverifikasi akun dengan meminta username dan kata sandi. Hal ini dinilai cukup beresiko mengingat tidak adanya jaminan bahwa situs dan aplikasi tersebut aman untuk akun Anda, karena bisa saja username dan kata sandi tersebut bocor dan digunakan oleh peretas sehingga akun Anda akan dicuri. Instagram sendiri menyediakan fitur yang bisa diakses untuk melihat interaksi pengunjung dengan Anda, juga tersedianya diagram umur maupun asal daerah yang mengunjungi akun Instagram Anda. Meski tidak menampilkan pengguna secara spesifik, Anda cukup terbantu dengan melihat jumlah interaksi mereka.

Untuk menjaga privasi ke sesama pengguna Instagram, Anda bisa mengurangi tingkat penasaran terhadap pengunjung akun instagram. Mengetahui nama-nama pengunjung bisa beresiko pada ketidaknyamanan penggunanya, sehingga Instagram hanya menampilkan jumlah, umur, daerah, dan lainnya yang di data menyeluruh secara otomatis. Insight ini bisa Anda jadikan acuan untuk sasaran postingan kedepannya, performa yang lebih maksimal, dan interaksi yang baik untuk akun Instagram Anda.

Related Post :