Cara Membuat Link WhatsApp (WA) Agar Bisa Dishare dan Di Klik

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Berkomunikasi adalah sebuah tindakan yang dilakukan dari masa ke masa bahkan bisa dibilang berkomunikasi merupakan sebuah kebutuhan dasar bagi manusia yang bersosial. Oleh sebab itu, dari waktu ke waktu teknologi yang mendukung manusia berkomunikasi terus berkembang. Mulai yang hanya dulu menggunakan kode-kode untuk berkomunikasi contoh saja kode morse pada tahun 1844 hingga sekarang muncul platform-platform perpesanan instan berbasis internet.

Dengan kemajuan teknologi internet yang kian pesat membuat cara berkomunikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat terbukti sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi perpesanan instan. Contoh dari aplikasi-aplikasi tersebut adalah WhatsApp, Messenger, Line, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat populer di masyarakat sebab membantu kegiatan masyarakat untuk bisa saling berhubungan satu dengan yang lainnya meskipun berjauhan.

Salah satu dari aplikasi perpesanan instan yang populer saat ini adalah WhatsApp. Menurut data dari Kominfo 116 juta orang di Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi pesan instan mereka. Banyak sekali orang yang menggunakan WA (sebutan WhatsApp oleh khalayak) tidak lepas dari layanan dan fitur-fitur bermanfaat yang diberikan oleh aplikasi ini. Dari sekian fitur WA yang bermanfaat terdapat salah satu fitur yang menarik yaitu fitur membuat Link WhatsApp. Apa itu Link WhatsApp? Bagaimana cara membuat Link WA? Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat link WhatsApp agar bisa dishare dan di klik.

 

Mengenal Apa Itu WhatsApp

Siapa yang tidak mengenal layanan pesan instan ini? Banyak orang Indonesia yang menyebutnya dengan sebutan WA. WhatsApp adalah layanan komunikasi instan yang membantu penggunanya untuk bisa saling berkomunikasi melalui fitur pesan singkat (chatting), panggilan suara (voice call), dan panggilan video (video call). WhatsApp didirikan di Mountain View, Amerika Serikat oleh mantan pekerja Yahoo yaitu Brian Action dan Jan Koum dan pertama kali di liris oleh mereka pada tanggal November 2009 di Apps Store.

Pada awal mendirikan WhatsApp ini Jan Koum sempat berputus asa dan hampir menutupnya akan tetapi sahabatnya Brian Action memintanya untuk tetap bertahan untuk beberapa bulan kedepan. Akhirnya kesabaran founder dari WA ini terbayar ketika popularitas WhatsApp mulai naik. Terbukti meskipun WA sudah tidak memberikan layanan yang gratis lagi pada tahun 2013 penggunanya terus naik mencapai angka 200 juta. Pada tahun yang sama tepatnya menjelang akhir tahun jumlah terbuk naik 2 kali lipat hingga akhirnya WhatsApp sukses sampai sekarang dengan memiliki pengguna sebanyak 1,5 Miliar.

Sebenarnya apa yang membuat WhatsApp ini sukses? Ada banyak sekali faktor yang membuat WA sukses. WhatsApp dikenal baik dalam memberikan layanannya. Dengan menggunakan WhatsApp pengguna bisa mengirimkan pesannya kepada seseorang yang dituju dengan cepat. Jika dilihat dari fungsinya ini WhatsApp ini hampir sama dengan SMS namun ternyata tetap ada perbedaan diantara mereka. WA menggunakan paket data internet untuk mengirimkan pesannya tentu berbeda dengan SMS yang mengandalkan pulsa dan verifikasi kontak WA juga berbeda dengan layanan pesan instan sekarang seperti BBM, LINE, dan lain-lain. WA menggunakan verifikasi kontan dengan nomor telepon, sedangkan BBM menggunakan pin dan LINE selain nomor telepon juga mencantumkan email yang membuat WA lebih simpel dalam hal penggunaanya.

 

Fungsi dan Manfaat Menggunakan WhatsApp

Cara Membuat Link WhatsApp (WA) Agar Bisa Dishare dan Di Klik
 

Banyak sekali fungsi maupun manfaat yang diberikan WhatsApp oleh para penggunanya karena WhatsApp terus melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan layanannya sebagai medium perpesanan online. Fitur-fitur yang terdapat di WA memudahkan bukan hanya soal berkomunikasi saja. Jika digali lebih jauh soal fungsi dari WhatsApp ternyata ada banyak yang bisa dimanfaatkan seperti media pendidikan melalui fitur grup, media jual beli, dan masih banyak lagi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi dan manfaat menggunakan WhatsApp.

 

  • Media Jual Beli

    WhatsApp sekarang banyak digunakan oleh para penggunanya bukan hanya sebagai media untuk saling berkomunikasi namun juga dapat sebagai media bisnis yang dapat dilakukan melalui WhatsApp melalui sebuah grup maupun orang ke orang. Bahkan WhatsApp sekarang mengeluarkan aplikasi mereka yang khusus digunakan untuk bisnis namanya adalah WhatsApp for Business. WA jenis ini memungkinkan pengguna untuk mencantumkan informasi-informasi penting tentang bisnisnya mulai dari website, email, link sosial media bisnisnya, dan lain-lain. Bahkan, terdapat fitur berbagi link WA yang bisa sekali digunakan pebisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggannya.

  • Media Pendidikan dan Kursus

    Sekarang lagi menjamur sekali pelatihan, kursus, maupun webinar yang ada di Internet. WA juga bisa ikut andil membantu siapa saja yang ingin membuat pelatihan atau kursus di platformnya. Dengan menggunakan fitur grup maka penyelenggara bisa menggunakan grup tersebut sebagai sarana untuk menjelaskan berdiskusi dengan peserta kursus. Selain itu, biasanya fitur grup ini juga digunakan oleh guru-guru sekolah sebagai media informasi pembelajaran baik tugas, materi, diskusi, dan lain-lain.

  • Media Komunitas atau Organisasi

    Memiliki sebuah komunitas atau organisasi tentunya tidak lepas dari yang namanya kumpul bareng, diskusi, bertukar pendapat, dan agenda bersama-sama lainnya. Dengan menggunakan fitur grup di WA semua hal itu bisa dilakukan dengan mudah bahkan jika perlu berdiskusi maupun berbicara face to face WA sudah menyediakan fitur Video Call dengan jumlah 8 orang. Fitur-fitur yang instan ini akan membantu para komunitas dan organisasi untuk tetap saling terjaga komunikasinya meskipun anggota dari mereka berada di tempat yang berbeda.

 

Baca Juga :       Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi

 

Mengenal Fitur-Fitur WhatsApp

Cara Membuat Link WhatsApp (WA) Agar Bisa Dishare dan Di Klik
 

Memiliki fitur-fitur yang canggih membuat WhatsApp diminati dan digemari oleh banyak orang untuk dijadikan platform pesan instan mereka. Pengguna WA tidak hanya disuguhkan platform pesan instan yang biasa saja namun pengalaman yang diberikan WA sangatlah menarik. Tidak hanya bisa memberikan pesan teks saja namun juga dapat mengirimkan GIF dan stiker untuk memperingan percakapan bahkan sekarang WA juga memberikan fitur canggih yaitu Video Call sampai 8 orang. Selain itu, ada fitur menarik sekali bagi para pengguna WA yaitu bagi link percakapan. Untuk penjelasan fitur-fitur unggulan WA lebih lanjutnya sebagai berikut :

 

    • Pesan Teks (Chatting)

      Sebagai platform pesan instan fitur yang paling sederhana dan utama yang dimiliki oleh WA adalah pesan teks atau chat. Menggunakan fitur ini seseorang bisa mengirimkan bukan banyak pesan singkat yang berisi kata-kata saja namun mereka juga bisa mengirim gambar, video, dan file-file lainnya. Pesan teks di WA juga semakin menarik karena terdapat fitur memberikan GIF dan stiker serta fitur ini tentunya kegiatan chattingan di WA akan menjadi lebih seru dan menarik.

    • Video Call 8 orang

      Semenjak adanya pandemi ini memaksa orang untuk tidak bertemu dan saling berkumpul yang dengan kondisi ini membuat seseorang terpaksa membatalkan pertemuan-pertemuan pentingnya. Namun tenang saja dengan menggunakan WA masalah bisa selesai dengan mudah dengan menggunakan fitur Video Call orang dapat berkomunikasi satu sama lainnya meskipun berbeda tempat. WA juga baru saja merilis fitur Video Call yang bisa dilakukan 8 orang yang akan sangat membantu bagi siapa saja yang sekarang menjalani kehidupan LDR baik itu keluarga, pasangan, mahasiswa, dan lain-lain.

    • Membuat Story atau Status

      Di dalam WhatsApp penggunanya juga bisa mengunggah status maupun story setiap harinya. Fitur story ini bisa digunakan sebagaimana mestinya oleh para pengguna yang dapat digunakan untuk mengabadikan kegiatan mereka terkini, membagikan informasi-informasi penting, tempat meningkatkan eksistensi, dan masih banyak lagi. Menggunakan fitur story ini juga sangat mudah. Sesuatu seperti video dan foto dapat diunggah di fitur status milik WA ini.

    • Keamanan Menggunakan Sidik Jari

      Bagi siapa saja yang sangat protektif dengan akun sosial medianya WhatsApp memberikan jawaban bagi kekhawatiran penggunanya perihal keamanan. Baru-baru ini WhatsApp merilis fitur barunya baik itu di WhatsApp versi IOS maupun Android soal keamanan aplikasi dengan menggunakan sidik jari. Keamanan sidik jari merupakan salah satu cara pengamanan terbaik saat ini sebab tidak mungkin sidik jari pengguna satu dengan yang lainnya itu sama. Jadi, dengan adanya fitur ini pengguna tidak perlu untuk khawatir perihal keamanan akun WA mereka.

    • Berbagi Link Percakapan

      Fitur ini cocok sekali digunakan oleh para pebisnis, bahkan memang sekarang fitur ini sedang digandrungi oleh para pebisnis untuk bisa berkomunikasi dengan calon pelanggan maupun pelanggan. Fitur ini adalah bagi link percakapan dan fitur berbagi link ini pengguna bisa memberikan sebuah link yang nantinya akan diarahkan kepada nomor chatting pribadinya, jadi siapa saja yang mengklik link tersebut pengguna akan langsung diarahkan untuk melakukan chatting dengan seseorang pemilik link WA tersebut.

 

 

Baca Juga :    Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp Untuk Android dan iOS

 

Cara Membuat Link WhatsApp (WA)

Cara membuat link WA sangat mudah untuk dilakukan bagi para pengguna WA dan terdapat 2 cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna WA untuk membuat link percakapn WA mereka. Cara tersebut tergantung kebutuhan dari para penggunanya itu sendiri karena ada perbedaan yang cukup mendasar untuk link yang dihasilkan dari 2 cara tersebut. Link yang dihasilkan dari WA ini cukup panjang dan kurang enak kalau dilihat. Agar lebih enak diketik pengguna bisa menggunakan jasa shorten link seperti bit(dot)ly dan berikut ini adalah cara membuat link wa dengan mudah dan cepat.

 

  • Cara Membuat Link WA Biasa

    Cara membuat link wa yang biasa pengguna dapat menggunakan 2 template dasar link yang bisa digunakan. Template yang pertama adalah https:/ /wa(dot)me/nomortelepon. Pada bagian nomor telepon tersebut pengguna bisa langsung mengisinya menggunakan nomor telepon mereka. Namun, dalam mengisi nomor tersebut yang sebelumnya contoh 08123456789 harus menggunakan kode telepon negaranya sehingga menjadi 628123456789. Selain itu, pengguna jugas bisa menggunakan template link yang tertulis seperti ini https:/ /api(dot)whatsapp(dot)com/send?phone=nomortelepon. Sama dengan template sebelumnya template yang ini nomor telepon harus didahului kode telepon negara.

  • Cara Membuat Link WA dengan tambahan pesan teks

    Perbedaan keduanya link tersebut terletak pada fitur canggih pada template yang menggunakan alamat API WhatsApp yaitu dapat ditambahkan pesan otomatis. Bagaimana cara membuatnya? Akan lebih baik jika anda mengenal sintaks tambahan yang akan ditambahkan untuk membuat pesan otomatis di link wa tersebut. Terdapat 2 sintaks yaitu %20 dan %0A. %20 digunakan untuk memberikan spasi antar kata pada pesan otomatis. Sedangkan %0A memberikan jarak antar kata. Template penambahannya pesan otomatis seperti ini https:// apiwhatsapp(dot)com/send?phone=nomortelepon&text=Hai20%Sobat!%0A Apa20%Kabar20%Kalian?.

  • Cara Memperpendek Link WA menggunakan bit(dot)ly

    Link yang dihasilkan oleh link berbagi WhatsApp tadi sangat panjang dan kurang menarik jika ditulis langsung seperti itu jika digunakan untuk link WA bisnis. Cara yang bisa dicoba untuk membuat link mudah diketik dan menarik yaitu menggunakan shorten link bit(dot)ly. Buka halaman bit(dot)ly lalu ketikkan link wa tadi ke dalam menu shorten link. Setelah itu, klik Shorten hasilnya akan tampak lebih pendek dan untuk shorten link ini pengguna juga bisa menamainya sendiri seperti bit(dot)ly/nomorteleponsaya dan lain-lain.

 

Baca Juga :   Firtur Unik Terbaru Aplikasi WhatsApp 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

Kebutuhan akan platform pesan instan secara online sudah merupakan bagian dari kebutuhan utama bagi masyarakat. WhatsApp merupakan salah satu jawaban bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pesan instan yang menarik dan memiliki fitur yang bermanfaat. WhatsApp memberikan layanan yang gratis dan bisa digunakan dengan mudah yakni cukup menginstallnya saja di playstore maupun apps store pengguna bisa menikmati manfaat WA.

Ada banyak sekali fitur fitur canggih yang diberikan oleh WA di platformnya seperti fitur pesan teks yang menarik, video call yang bisa dilakukan secara bersama-sama, status wa yang mengabadikan momen dengan mudah, keamanan akun wa yang terjadi dengan pengamanan sidik jari, dan berbagi link untuk memudahkan chat secara langsung. Jadi, itulah tadi fitur-fitur canggih yang diberikan WA diantaranya sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur yang diberikan oleh WhatsApp. untuk tetap menyenangkan penggunanya.

Related Post :

popup image