Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Salah satu aplikasi berkirim pesan yang paling digemari dan digunakan banyak orang di dunia adalah WhatsApp. Terlebih lagi aplikasi pilihan utama ini juga semakin meningkatkan fitur- fitur mereka untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Rasanya baru kemarin kita melihat bahwa aplikasi pesan ini membawa fitur praktis seperti group video calls berbagi status WhatsApp, WhatsApp Web dan lainnya.

Fitur- fitur ini dibuat untuk mengembangkan WhastApp sebagai salah satu platform online yang serba bisa. Salah satunya adalah fitur WhatsApp Click to Chat yang dikembangkan untuk membantu para pelaku bisnis online. Kemudahan yang ditawarkan terasa lebih fleksibel karena penjual dapat mempromosikan bisnis mereka tanpa harus menyimpan nomor calon pembeli satu- persatu.

Kedua belah pihak dapat menjalin komunikasi lebih personal dan proses penjualan yang spesifik. Penjual juga dapat berbagi iklan dan memberitahukan pelanggan jika mereka mempunyai tawaran atau promo terbaru. Cara ini dapat menghemat lebih banyak usaha dan biaya jika dibandingkan dengan cara beriklan konvensional seperti biasa. Kalau Anda adalah salah satu penjual online, mari simak cara membuat WhatsApp Link berikut ini.

 

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Link

Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi
 

WhatsApp Link dikembangkan untuk dapat membantu Anda menghasilkan pesan yang telah ditentukan agar dapat menjangkau pelanggan Anda. Anda dapat membagikan tautan ini dengan audiens Anda ketika mereka berinteraksi dengan aset dan perangkat digital. Dari situs web dan gambar ke iklan dan email, Anda dapat menyematkan tautan ini di seluruh platform Anda dan berbicara dengan pelanggan Anda secara langsung atau waktu nyata (real time).

Berbicara dengan pelanggan Anda juga dapat membuat fungsi pemasaran dan dukungan Anda lebih lancar. WhatsApp Chat Link dapat membantu Anda mengumpulkan nomor telepon pelanggan Anda yang kemudian diharapkan juga untuk meningkatkan pengembangan image (image branding) dan penjualan Anda.

Salah satu keuntungan memiliki Link WhatsApp adalah bahwa pelanggan tidak perlu repot menghubungi Anda sebagai penjual. Kepraktisan fitur ini mengurangi pemakaian fitur “Hubungi Kami (Contact Us” yang biasanya harus disertai dengan email untuk dapat melakukan interaksi semisal keluhan pelanggan. Pengguna cukup mengeklik tautan bahkan tidak harus menyimpan nomor penjual, serta langsung dapat melakukan obrolan.

Baca Juga :  PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya

 

Bidang dan Sektor yang Sesuai untuk  Link WhatsApp

Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi
 

Ada banyak sektor, instansi, lembaga, organisasi, komunitas maupun penjual online perorangan yang dapat menggunakan WhatsApp Link dengan berbagai tujuan. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau Anda pun dapat menggunakannya untuk leperluan pribadi. Dibawah ini adalah beberapa penggunaan Link WhatsApp yang umum :

  1. E- commerce
  2. Real Estate (penjual properti)
  3. Logistik
  4. Asuransi
  5. Agen Perjalanan (travel agency)
  6. Event Organizers
  7. Sales Marketing

 

Di samping menggunakan WhatsApp Link sebagai sarana penjualan dan promosi, Anda juga dapat menggunakan sarana ini sebagai customer sales dan juga customer support untuk dapat mendengar keluh- kesah para pelanggan Anda, membantu mereka dalam retur barang, mengevaluasi alamat pengiriman dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Mamikos : Aplikasi Pencarian Kost-Kostan & Apartemen Murah dan Cepat

 

Cara membuat Link WhatsApp

Untuk mempermudah para penggunanya, WhatsApp memberikan 3 cara membuat Link WhatsApp yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keperluan serta kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa cara membuat link yang bisa Anda praktekkan sendiri.

 

Membuat Link WhatsApp Biasa

Ini adalah salah satu cara yang biasa digunakan karena kemudahan pembuatannya. Pengguna tinggal memasukkan nomor telepon mereka pada shortlink yang ada. Link ini bisa Anda gunakan pada platform media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Blog, Situs Web hingga toko dan platform penjualan online skala besar.

Dengan modal nomor telepon yang menggunakan kode dial internasional, semisal kode untuk wilayah negara Indonesia yang mengubah angka 0 di awal nomor telepon pada umumnya menjadi 62.

Penulisan nomor telepon juga tidak boleh menggunakan spasi mau pun tanda strip untuk menghindarinya tidak terbaca dan menjadi error di server WhatsApp. Sebagai contoh nomor telepon 081299912345 akan diubah dan ditulis dengan penambahan kode menjadi 6281299912345. Dengan demikian pembuatan Link WhatsApp berubah menjadi :

  • http://api.whatsapp.com/send?phone=NOMORHP
  • http://api.wa.me/NOMORHP

Catatan : Ganti NOMORHP dengan Nomor HP (WA) Anda

 

Setiap nomor yang mendaftarkan diri pada link dengan cara ini akan mendapatkan link dengan nomor telepon mereka masing- masing pada akhir link-nya.

Baca Juga :  Daftar Situs Nonton Film Streaming Online Terbaik Gratis 2020 [Download & Legal]

 

Membuat Link WhatsApp dengan Postcron

Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi
 

Berikutnya adalah membuat WhatsApp Link dengan menggunakan bantuan shortener. Shortener sendiri merupakan fitur yang memungkinkan sebuah link URL yang biasanya panjang dan penuh konfigurasi, menjadi pendek agar mudah diingat dan digunakan. Dari beberapa aplikasi shortener yang ada seperti Bitly, Join.chat, ToBiDigital dan Postcron. Kali ini kita akan menggunakan aplikasi Postcron yang cukup user friendly dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Berikut cara yang bisa Anda coba :

  • Klik dan temukan Postcron pada mesin pencari Anda
  • Anda dapat memilih menggunakan aplikasi ini dengan gratis maupun mendaftarkan sebuah akun lebih dulu.
  • Scroll kebawah dan isi data nomor Anda pada kolom nomor telepon dan pesan yang ingin Anda bagikan pada konsumer Anda.
  • Dengan menekan tombol klik maka Anda akan mendapatkan tautan link yang bisa Anda bagikan di Instagram, Facebook feed hingga Twitter.
  • Link yang Anda terima juga akan menyertakan nomor telepon Anda dan pesan yang sudah Anda kostumisasi.

 

Membuat Link WhatsApp dengan Menggunakan Gambar

Cara ketiga ini bisa dibilang lebih menarik karena juga menyertakan gambar sebagai penunjang yang aestetik. Karena pada dasarnya penggunaan image dan gambar akan lebih menarik minat dan meningkatkan kepercayaan pembeli yang turut menaikkan penjualan. Ini juga termasuk cara penjualan yang disebut dengan Call To Action (CTA) dengan tampilan visual yang lebih banyak dipilih oleh konsumen.

Jika Anda memilih cara pembuatan link ketiga ini, Anda dapat mencari dan membuat image gambar desain CTA Anda sendiri dari mesin pencari atau membuatnya lebih personal. Anda juga dapat menyematkan tautan link, teks yang menjadi tagline atau promosi dan semua yang rasanya akan Anda butuhkan untuk cara ini.

 

Hal- hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Link WhatsApp

Meski Anda telah memilih salah satu cara pembuatan Link WhatsApp di atas, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti detail dibawah ini :

  • Saat memasukkan nomor telepon, pastikan Anda telah menghilangkan parameter tambahan yang datang dengan nomor telepon internasional.
  • Ini termasuk nol, tanda kurung, atau tanda hubung. Nomor telepon yang terlihat seperti +6281299912345 akan dimasukkan sebagai https://wa(dot)me/+6281299912345/.
  • Selain itu, nomor telepon yang akan dihubungi pelanggan Anda harus memiliki akun WhatsApp yang aktif.
  • Jika Anda ingin menambahkan nomor telepon lokal (dalam negeri) sebagai gantinya ke buku alamat ponsel Anda, masukkan nomor tersebut seperti biasa saat Anda sedang memasukkan kontak Anda di telepon.

Baca Juga :   Kumpulan Daftar Kode Telepon Negara di Seluruh Dunia

 

Kesimpulan dan penutup

WhatsApp yang merupakan aplikasi perpesanan populer gratis yang dimiliki oleh Facebook memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Terlebih lagi jika Anda mengandalkan aplikasi ini dalam menunjang penjualan e-commerce Anda. Maka dari itu banyak merek- merek besar juga memanfaatkan aplikasi dan fitur WhatsApp Link ini untuk menjangkau klien dan calon pembeli mereka.

Dengan menggunakan Internet yang Anda dapat mengirim pesan teks, foto, file audio, dan video dalam obrolan pribadi dan grup. Karena penggunaannya yang meluas, banyak pengguna berusaha memasang tautan langsung ke WhatsApp mereka di platform media sosial, termasuk Instagram. Anda dapat menyematkan dan menyisipkan tautan link Anda di Instagram bio, Instagram Story highlight hingga iLink Tool.

Related Post :

popup image