logo Cara Membuat Marketing Plan dengan Mudah - IDCloudHost

Cara Membuat Marketing Plan dengan Mudah

Cara Membuat Marketing Plan dengan Mudah

Anda yang bekerja di bidang marketing pasti sudah akrab dengan istilah marketing plan. Rencana pemasaran ini seringkali menjadi tanggungjawab seseorang yang bekerja di bidang marketing, dan menjadi sesuatu yang penting untuk Anda ketahui. Tanpa rencana pemasaran yang baik, akan sulit membuat kegiatan promosi yang sesuai dengan target konsumen. 

Namun, tahukah Anda bagaimana caranya membuat rencana pemasaran yang baik? Membuat rencana yang konkret dan berakar pada data yang kuat akan membantu Anda. Dalam artikel ini, Anda akan memahami bagaimana cara membuat marketing plan yang baik untuk bisnis Anda. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Marketing Plan?

Maketing plan adalah sebuah peta strategis yang digunakan bisnis untuk mengatur, melaksanakan, dan melacak strategi pemasaran mereka selama periode tertentu. Rencana pemasaran dapat mencakup strategi pemasaran yang berbeda untuk berbagai tim pemasaran di seluruh perusahaan, tapi semuanya bekerja menuju tujuan bisnis yang sama.

Tujuan dari marketing plan adalah untuk menuliskan strategi secara terorganisir. Ini akan membantu Anda tetap berada di jalur yang benar dan mengukur keberhasilan campaign Anda.

Menulis marketing plan akan membantu Anda memikirkan misi setiap campaign, buyer persona, anggaran, strategi, dan hasil. Dengan semua informasi ini di satu tempat, Anda akan lebih mudah tetap berada di jalur campaign yang sesuai dengan brand Anda. Anda juga akan menemukan apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam kegiatan marketing tersebut. 

Jenis-jenis Marketing Plan

Tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja, marketing plan yang dibutuhkan mungkin juga berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis rencana pemasaran yang biasanya dibuat oleh sebuah perusahaan:

Annual & Quarterly Marketing Plan: Rencana ini menyoroti strategi atau kampanye yang akan Anda lakukan dalam periode tertentu.

Social Media Marketing Plan: Ini dapat menyoroti saluran, taktik, dan kampanye yang ingin Anda capai secara khusus di media sosial.

Content Marketing Plan: Rencana ini dapat menyoroti berbagai strategi, taktik, dan kampanye di mana Anda akan menggunakan konten untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda.

New Product Launch Marketing Plan: Ini akan menjadi peta jalan untuk strategi dan taktik yang akan Anda terapkan untuk mempromosikan produk baru.

Cara Membuat Marketing Plan

Setelah memahami apa itu marketing plan, Anda pasti penasaran ingin mengetahui apa saja langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk membuatnya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Sampaikan Misi dari Bisnis Anda

Langkah pertama Anda dalam menulis marketing plan adalah menyatakan misi perusahaan Anda. Meskipun rencana ini dibuat untuk divisi pemasaran, misi dari brand harus tetap menjadi pernyataan misi utama bisnis Anda.

Jadilah spesifik, tetapi tidak terlalu spesifik. Anda harus tetap memiliki banyak ruang tersisa dalam rencana pemasaran ini untuk menguraikan bagaimana Anda akan mendapatkan pelanggan baru dan mencapai tujuan pemasaran. 

Misalnya, jika misi bisnis Anda adalah “membuat pemesanan perjalanan (travelling) menjadi pengalaman yang menyenangkan,” misi pemasaran Anda mungkin “untuk menarik audiens yang hobi travelling, mengedukasi mereka tentang industri pariwisata, dan mengubah mereka menjadi pengguna platform pemesanan kami.”

Tentukan KPI

Setiap marketing plan yang baik menjelaskan bagaimana Anda akan melacak kemajuan dari campaign yang sudah Anda jalankan. Untuk melakukannya, Anda harus menentukan key performance index (KPI) Anda. 

KPI adalah metrik individual yang mengukur berbagai elemen dari campaign pemasaran. Unit-unit ini membantu Anda menetapkan tujuan jangka pendek dalam misi Anda dan mengkomunikasikan kemajuan Anda kepada para atasan.

Mari kita ambil contoh misi pemasaran dari langkah di atas. Jika bagian dari misi kita adalah “untuk menarik audiens wisatawan,” kita dapat melacak kunjungan situs web menggunakan tampilan halaman organik. Dalam hal ini, “tampilan halaman organik” adalah salah satu KPI, dan kita dapat melihat jumlah tampilan halaman kita terus meningkat dari waktu ke waktu.

Identifikasi buyer persona Anda

Buyer persona adalah deskripsi tentang siapa yang ingin Anda tarik menjadi audiens dan konsumen. Ini dapat mencakup usia, jenis kelamin, lokasi, penghasilan, pekerjaan, hobi, dan lain-lain. Setiap buyer persona harus secara langsung mencerminkan pelanggan bisnis Anda saat ini dan calon pelanggan. 

Jelaskan tujuan dan strategi konten Anda

Di sinilah Anda akan memasukkan poin-poin utama dari strategi pemasaran dan konten Anda. Karena ada banyak sekali jenis dan saluran konten yang tersedia untuk Anda saat ini, Anda harus memilih dengan bijak dan menjelaskan bagaimana Anda akan menggunakan konten dan saluran Anda di bagian rencana pemasaran ini.

Strategi konten harus menetapkan content pillar, channel yang Anda gunakan, jadwal, alur kerja, dan lain-lain. 

Tentukan anggaran pemasaran Anda.

Strategi konten Anda mungkin memanfaatkan banyak saluran dan platform gratis, tetapi ada beberapa biaya tersembunyi yang perlu diperhitungkan oleh tim pemasaran.

Baik itu biaya freelance, sponsor, atau perekrutan karyawan baru, gunakan biaya ini untuk menyusun anggaran pemasaran dan uraikan setiap pengeluaran di bagian rencana pemasaran Anda ini.

Riset Kompetitor Anda

Bagian penting dari pemasaran adalah mengetahui siapa yang menjadi lawan bisnis Anda. Teliti pemain kunci dalam industri Anda dan pertimbangkan untuk membuat profil masing-masing dan identifikasi strategi apa yang mereka lakukan.

Ingatlah bahwa tidak setiap pesaing akan menimbulkan tantangan yang sama bagi bisnis Anda. Misalnya, sementara satu kompetitor mungkin memiliki peringkat tinggi di mesin pencari untuk kata kunci yang Anda inginkan untuk peringkat situs web Anda, pesaing lain mungkin memiliki followers yang banyak di jejaring sosial tempat Anda berencana untuk melakukan promosi.

Susun tim Anda dan tanggung jawabnya masing-masing

Dengan rencana pemasaran Anda yang sepenuhnya matang, inilah saatnya untuk menjelaskan siapa yang melakukan apa. Anda tidak perlu mempelajari terlalu dalam proyek sehari-hari karyawan Anda, tetapi harus diketahui tim dan pemimpin tim mana yang bertanggung jawab atas jenis konten tertentu, saluran, KPI, dan banyak lagi.

Penutup

Demikianlah cara membuat marketing plan dengan mudah untuk bisnis Anda. Marketing plan ini tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan besar saja, lho! Sebagai pemilik UMKM, Anda juga bisa membuatnya agar kegiatan pemasaran Anda lebih terarah dan terukur. 

Dalam menjalankan aktivitas pemasaran, salah satu channel yang bisa Anda gunakan adalah website resmi dari bisnis Anda. Untuk membuatnya, Anda tentu butuh layanan hosting yang handal seperti WordPress Hosting IDCloudHost, buat website dengan cepat dan mudah mulai dari Rp 5.000,-/bulan! 

 

 

 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image