5 Jenis Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Content Marketing / 0 | | 5

Pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan, menurut data dari Statista, sejak tahun 2017 pengguna internet meningkat hingga 13% dari tahun ke tahun. Jumlah ini bahkan diperkirakan akan terus bertambah ke depannya. Hal ini membuat digital marketing menjadi strategi yang paling diminati oleh pemilik bisnis saat ini. Namun, tahukah Anda apa saja jenis digital marketing tersebut?

Digital marketing sudah digunakan oleh berbagai industri dan skala bisnis. Mulai dari UMKM hingga perusahaan besar, semua mulai beralih ke pemasaran digital untuk dapat meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pengguna. Bisa dibilang digital marketing adala strategi yang powerful untuk mempromosikan produk Anda.

Baca Juga: 7 Tools Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

5 Jenis Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Digital marketing ternyata merupakan bidang yang luas dan kompleks. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mempelajarinya, lho! Ada banyak channel yang digunakan dalam digital marketing. Berikut pembahasannya satu per satu.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah jenis digital marketing yang tidak perlu mengeluarkan modal besar. Semuanya dilakukan secara organik agar website Anda menempati peringkat teratas pada halaman pertama di mesin pencarian. Untuk mengoptimalkan SEO, Anda perlu membidik kata kunci tertentu dan membuat konten yang relevan dengan hal itu.

Kata kunci yang relevan mampu membuat SEO menjangkau pengguna internet untuk memperkenalkan bisnis Anda. Jika sedang berselancar menggunakan mesin pencari, biasanya Anda hanya akan meng-klik hasil yang muncul pada halaman pertama saja, kan? Inilah mengapa SEO penting. Dengan berada di halaman pertama mesin pencarian, akan lebih besar kemungkinan bisnis Anda untuk dikenal.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Sama halnya dengan SEO, Search Engine Marketing (SEM) juga merupakan jenis digital marketing yang memanfaatkan mesin pencari. SEM bertujuan untuk membuat produk atau website Anda tampil di halaman pertama mesin pencari dalam bentuk iklan.

Biasanya, saat Anda mencari sesuatu di Google akan muncul beberapa website dengan keterangan iklan. Website ini ditampilkan paling atas, sebelum masuk ke hasil pencarian organik. Iklan yang Anda lihat tersebut adalah hasil dari penerapan SEM yang baik. 

Walaupun sama-sama menggunakan mesin pencari, SEO dan SEM sangat berbeda. Salah satu yang membedakannya adalah, untuk menerapkan SEM dibutuhkan budget yang cukup dan keahlian khusus. Anda bisa menerapkan SEM dengan membeli spot iklan melalui Google Ads.

Baca Juga: 5+ Website Belajar Digital Marketing Online Gratis 2022

3. Social Media Marketing (SMM)
Social Media Marketing (SMM)

Salah satu jenis digital marketing yang paling banyak digunakan saat ini adalah social media marketing. Promosi melalui situs jejaring sosial memang membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Hal ini karena sebagian besar masyarakat menggunakan media sosial untuk mencari informasi dan berinteraksi setiap harinya.

Beberapa media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dan lain-lain. Platform media sosial ini menyediakan berbagai fitur untuk melakukan promosi. Memasarkan produk lewat media sosial bisa Anda lakukan secara gratis maupun berbayar.

Sebagai awalan, Anda harus membuat akun pada platform media sosial tersebut. Setelah itu, konsistenlah dalam membuat konten yang menarik dan relevan dengan brand Anda. Jika memiliki budget, Anda bisa melakukan promosi berbayar dengan menggunakan iklan.

4. Email Marketing

email marketing

Email marketing adalah jenis digital marketing di mana Anda mengirim pesan berbentuk tulisan ataupun gambar kepada pelanggan yang telah mendaftarkan email di platform tertentu milik bisnis kita. Strategi pemasaran yang satu ini paling efektif dan masih digunakan hingga saat ini.

Dengan pesatnya penggunaan smartphone, bisa dipastikan hampir semua orang pasti memiliki email. Bangunlah email list dan mulailah mengirimkan email berisi konten pemasaran pada orang-orang yang berlangganan. Ada banyak jenis email marketing yang bisa Anda gunakan dalam memasarkan produk, mulai dari welcome email, newsletter, dan promotional email. 

Baca Juga: 7+ Istilah Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

5. Influencer Marketing

Influencer adalah orang-orang yang memiliki jumlah pengikut yang banyak di sosial media. Banyaknya pengikut ini membuat mereka mempunyai pengaruh besar dalam memasarkan produk. Mereka juga tak jarang memiliki fans loyal yang akan membeli apa saja yang diiklankan oleh sang influencer.

Bekerjasama dengan influencer bisa membuat bisnis Anda menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, perhatikan influencer yang dipilih untuk bekerjasama juga, ya. Carilah influencer yang memiliki pengikut sesuai dengan target market yang ingin Anda tuju. Influencer marketing biasanya dilakukan dengan endorsement. Namun bisa juga dilakukan dengan memberikan kode diskon, giveaway, lomba, dan lain-lain.

Baca Juga: Influencer : Tipe/Jenis dan Manfaatnya Bagi Mempromosikan Produk/Brand

Penutup

Anda bisa mulai menggunakan salah satu strategi di atas atau menkombinasikannya untuk membuat bisnis Anda semakin dikenal. Dalam mempelajari digital marketing, yang paling penting adalah konsistensi dan praktek. Semakin sering Anda menerapkan jenis-jenis pemasaran digital ini, Anda akan semakin mahir. Salah satu channel digital marketing yang bisa Anda gunakan adalah website. Yuk, gunakan WordPress Hosting IDCloudHost, membuat website dengan mudah dan cepat mulai dari Rp 5.000,-!

 

Related Post :

popup image