Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Perusahaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Perkembangan dunia internet yang kian masif membuat semuanya berubah menjadi serba online. Semua sektor penting dalam kehidupan manusia sekarang dapat ditemui dengan mudah di internet. Mulai dari ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Menurut riset dari We Are Social terdapat kurang lebih 175,4 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020. Angka ini naik sebesar 17% dari tahun 2019 lalu.

Kedepannya angka ini pastinya akan terus naik. Kabar baik ini seharusnya segera direspon cepat oleh para pelaku usaha atau perusahaan untuk memperkenalkan diri mereka melalui internet. Sebab manfaat yang akan diterima perusahaan jika sudah go online pasti akan berpengaruh besar pada perkembangan mereka. Salah satu media yang dapat perusahaan gunakan adalah Website. Website dapat digunakan oleh perusahaan sebagai media informasi kepada khalayak untuk memberi tahu berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan.

Lalu bagaimana cara membuat website bagi perusahaan? Apakah membuat website sulit? Membuat website sekarang sangatlah mudah, dengan penggunaan Content Management System atau CMS. Hal ini tentu cocok bagi perusahaan yang baru saja di rintis atau masih kecil. Jika Anda inding membuat website perusahaan Anda sendiri, mari simak artikel ini akan dijelaskan tentang cara membuat website perusahaan dengan mudah dan cepat.

 

Memahami Awal Pembuatan Website Perusahaan

Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Perusahaan
 

Website sangat dibutuhkan bagi perusahaan di era digital sekarang. Banyak perusahaan menggunakan website sebagai pusat informasi untuk mengenalkan mereka kepada masyarakat luas. Maka dari itu, dalam pembuatan website perusahaan diperlukan langkah-langkah yang runtut dan hati-hati agar nantinya website yang telah dibuat hasilnya maksimal. Serta fungsionalitas dari website bisa berjalan sebagaimana mestinya. Nah, berikut ini adalah cara dan tips membuat website dengan mudah dan cepat.

 

  1. Pahami Tujuan Pembuatan Website

    Memahami tujuan pembuatan website bagi perusahaan sangat lah penting. Sebab nantinya website akan menjadi pintu awal informasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang perusahaan itu. Rencanakan isi dari website yang akan dibuat. Website perusahaan pada umumnya memuat profil dari perusahaan itu sendiri. Profil apa saja yang akan dimuat dalam website bisa di diskusikan terlebih dahulu agar pengunjung website nantinya akan mendapatkan impresi yang bagus ketika pertama kali mengunjungi website tersebut.

  2. Memilih Konten Yang Menarik

    Konten yang terdapat di dalam website harus dapat menarik dan membantu pengunjung. Konten yang menarik tentang perusahaan akan meningkatkan traffic dari pengunjung website tersebut. Dalam membuat konten perusahaan di website pastikan untuk membuatnya mudah dikenali oleh search engine. Pemilihan konten yang menarik akan meningkatkan user experience bagi pengunjung website perusahaan yang juga akan berdampak baik bagi perusahaan.
     

    Baca Juga :   Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Perusahaan

  3. Menentukan Konsep Desain Website

    Pembuatan konten yang menarik juga harus sejalan dengan konsep desainnya. Konsep desain dari perusahaan tentu wajib terlihat enak di pandang atau eye catchy. Sama halnya dengan konten, desain dari website akan mempengaruhi impresi dari pengunjung website. Dalam menentukan desain website ini bisa dilakukan perusahaan dengan tim website developer mereka. Sehingga pembuatan desain website akan maksimal dan menghasilkan website yang bagus.
     

    Perusahaan yang besar dapat merekrut tim yang khusus mengembangkan website mereka. Namun, untuk perusahaan yang baru dirintis atau kecil yang belum mampu merekrut website developer juga tetap bisa membuat website dengan desain yang tidak kalah bagus yaitu dengan menggunakan Content Management System.

  4. Membuat Domain dan Web Hosting

    Langkah selanjutnya adalah membuat domain dan web hosting perusahaan. Pembuatan domain perusahaan akan berpengaruh pada brand identity perusahaan tersebut. Membuat domain perusahaan atau nama website perusahaan disarankan menggunakan nama yang pendek dan mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, dalam membuat website perusahaan perlu memperhatikan TLD (Top Level Domain). Contoh TLD yang umum digunakan perusahaan biasanya adalah .com, .net, .co dan lain-lain. Contoh domain perusahaan seperti jualbeli.com, jualbekas.co dan lainnya.
     

    Namun, terdapat juga perusahaan yang menggunakan TLD yang mempresentasikan dimana perusahaan itu berada yaitu dengan memakai TLD seperti .id, dan .co.id. Berbeda dengan TLD lainnya, khusus pembuatan TLD tersebut wajib memenuhi beberapa syarat. Syarat-syaratnya adalah me-scan KTP penanggung jawab , SIUP/TDP atau Akta Notaris (cover halaman 1 dan NPWP perusahaan), dan surat Kepemilikan Merk apabila mempunyai. Syarat-syarat tersebut wajib dipunyai ketika ingin mendaftarkan domain khusus tersebut di penyedia layanan hosting.
     

    Setelah berhasil menentukan nama domain. Perusahaan selanjutnya harus menentukan web hosting yang tepat untuk memenuhi kinerja dari website yang akan dibuat. Pemilihan web hosting ini tidak boleh sembarangan karena akan berpengaruh pada cara kerja dari website perusahaan. Pemilihan website harus diupayakan memiliki spesifikasi yang bagus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih web hosting yaitu memiliki load yang baik, segi keamanan yang memadai, dan 24 jam non-stop dapat diandalkan.

  5. Membuat Website Perusahaan

    Jika sudah melakukan semua hal diatas hal yang terakhir adalah melakukan eksekusi pembuatan website. Bagi perusahaan yang ingin membuat website dapat merekrut tim developer website mereka. Namun, tentunya hal ini cukup mengeluarkan biaya dan memerlukan waktu yang cukup lama. Bagi perusahaan yang ingin cepat dalam melakukan pembuatan website dapat menggunakan platform Content Management System.
     

    CMS (Content Management System) dapat membantu perusahaan membuat website dengan hitungan menit saja. Ada banyak sekali CMS yang beredar sekarang seperti WordPress, Joomla, wix dan lain-lain. Pada artikel ini akan pembuatan website perusahaan dengan mudah dan cepat menggunakan WordPress. Pemilihan wordpress disebabkan karena WordPress merupakan CMS yang paling populer saat ini. Selain itu, kelebihan WordPress adalah mudah diinstall dan memiliki resources yang banyak. Nah, berikut ini adalah penjelasan cara membuat website perusahaan dengan WordPress.

 

Baca Juga :      Cara Memilih Layanan Server VPS Murah dan Terbaik untuk Perusahaan

 

Cara  dan LangkahMembuat Website Perusahaan dengan WordPress

Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Perusahaan
 

Cara membuat website perusahaan dengan wordpress adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan yang ingin segera mempunyai website dengan cepat dan mudah. Website yang dihasilkan dari wordpress ini memiliki hasil yang bagus. Banyak sekali pilihan theme yang ada di wordpress yang bisa dipilih sesuai dengan konsep desain perusahaan yang telah dibuat. Berikut ini adalah cara membuat website perusahaan dengan WordPress.

 

  • Masuk ke dalam Control Panel Web Hosting

    Pertama, yang tentunya harus dilakukan adalah masuk kedalam Control Panel Web Hosting. Masukkan username dan password web hosting. Setelah itu, tunggu sampai Control Panel terbuka. Jika sudah masuk, cari menu Softacolous Apps Installer, pilih WordPress.

  • Melakukan Instalasi WordPress

    Selanjutnya lakukan instalasi wordpress. Klik Install Now, selanjutnya lakukan konfigurasi mengenai url yang akan digunakan, nama dari situs, deskripsinya, username dan password yang nantinya digunakan untuk masuk ke dalam dashboard dari wordpress. Jika sudah, klik tombol install di bawah.

  • Melakukan Konfigurasi WordPress

    Tunggu proses instalasi sampai selesai. Jika sudah, saatnya melakukan proses konfigurasi terhadap website yang akan ditampilkan. Untuk dapat masuk ke dalam dashboard wordpress ketikkan (nama situs).com/wp-admin. Jika sudah masuk tampilannya maka seperti berikut. Pada tampilan dashboard tersebut terdapat menu-menu disebelah kiri yang dapat dijalankan dengan kebutuhan website. Seperti menu pages yang dapat membantu mengelola, membuat, dan mempublikasikan artikel yang ada di website perusahaan. Pada awal pembuatan ini yang dilakukan terlebih dahulu adalah memilih template yang akan digunakan untuk website perusahaan. Klik, Costumer Your Site.

Disinilah tempat dimana website perusahaan dibuat. Disini adalah halaman dimana website perusahaan dapat diatur mulai dari homepagenya, logo, warna, dan lain-lain. Pemilihan theme di wordpress ini sangat banyak. Biasanya saat konfigurasi awal, wordpress akan memberikan template dasar. Jika ingin merubahnya bisa langsung mengklik tombol change dan disitu langsung diarahkan ke halaman yang berisi template-template yang bagus. Apabila sudah selesai memilih template website yang tepat. Langkah selanjutnya adalah tinggal mengatur tampilan template sesuai dengan apa yang diinginkan dengan menu di sebelah kiri tersebut.

Baca Juga :      Apa itu Email Marketing : Pengertian, Cara Kerja, Tips & Trick untuk Bisnis/Perusahaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi pembahasan tentang bagaimana cara membuat website perusahaan dengan mudah dan cepat. Di era yang serba digital ini sudah harus menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk membuat sebuah website. Manfaat yang akan diperoleh perusahaan pun tidak akan main-main. Dengan Go Online perusahaan akan lebih bisa dikenal masyarakat luas baik itu di dalam maupun luar negeri.

Pembuatan website dengan cepat dan mudah yang menggunakan CMS WordPress merupakan salah satu cara yang bisa dicoba. WordPress sebagai CMS yang populer dan memiliki resources yang banyak merupakan salah faktor kenapa membuat website perusahaan dengan WordPress sangat direkomendasikan. Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Perusahaan.

Related Post :

popup image