Cara Mempercepat Loading Blog / Website yang Efektif dan Mudah

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Muat halaman atau loading yang lambat bisa membuat kita kesal dan bosan. Tidak jarang kita bahkan menutup dan meninggalkan page atau sebuah website karena sudah tidak tahan menunggu lama. Keterlambatan atau susah loading ini datang dari entah itu karena faktor koneksi internet atau dari faktur situs web itu sendiri.

Jika koneksi internet, maka Anda memang harus menunggunya kembali normal tetapi jika faktor loading lambat itu dikarenakan oleh situs web, maka pemiliknya harus segera memperbaiki masalah ini secepat mungkin sebelum pengunjungnya kabur. Bagi Anda pemilik situs web atau blog, perhatikan faktor kecepatan loading Anda karena ini adalah hal yang krusial.

Disebut karena hal yang krusial dari sebuah blog/website itu karena Anda sebagai pemiliknya menggantungkan kemajuan dan keberhasilan Anda dari pengunjung dan pembaca Anda. Maka selalu lakukan pengecekan berkala untuk mengetahui apa saja yang menghambat atau potensi masalah pada blog/website Anda agar kinerja blog Anda akan terus stabil serta tidak lagi mengalami penurunan traffic kunjung.

 

Mengapa Pentingnya Akses Cepat untuk Website

Kunci utama kenyamanan berselancar di dunia maya adalah waktu. Setiap orang yang berada di internet tentu menginginkan blog atau website yang mereka akses akan terhubung dan terbuka dengan cepat bahkan pada hitungan detik saja. Terlebih lagi di zaman di mana koneksi internet sudah sangat cepat seperti saat sekarang ini.

Pengunjung tidak mempunyai banyak waktu dan kesabaran untuk menunggu loading satu halaman pada browser mereka meskipun mereka ingin mengetahui konten blog atau website tersebut. Karena kunci waktu yang efisien dan cepat sangat berpengaruh disini, maka sebaiknya setiap pemilik blog dan situs web juga mengikuti kunci serta trik yang sama.

Alasan ini tidak mengada- ngada mengingat Goole juga berbagi informasi mengenai data pengunjung internet yang sebanyak 53% dari total keseluruhan akan memilih meninggalkan blog atau situs web yang mempunyai muat ulang atau loading berdurasi lebih dari 3 detik. Tentunya ini harus menjadi perhatian utama Anda selaku pemilik blog dan situs web jika tidak ingin kehilangan minat pengunjung dan pelanggan Anda.

Baca Juga :  Kumpulan Template Blogger Responsive dan Gratis

 

Tools untuk Pengecekan Loading Website

 

Ada banyak tools atau aplikasi yang bisa Anda coba untuk mengetahui kecepatan loading blog atau website yang efektif dan mudah. Berikut 10 tools yang bisa Anda coba untuk melakukan pengecekan :

  • Google PageSpeed Insight
  • Geek Flare
  • Chrome DevTools
  • Pingdom
  • Web Page Analyzer
  • GTMetrix
  • Google Mobile Website Speed Testing Tool
  • WebPageTest
  • KeyPageTest
  • Load Impact

Baca Juga :  Panduan Lengkap Belajar HTML untuk Pemula [LENGKAP]

 

Cara mempercepat loading blog atau website yang efektif dan mudah

Untuk mempercepat loading blog dan website memerlukan banyak faktor yang harus saling menunjang satu sama lain. Karena blog dan situs web adalah kumpulan dan rangkaian dari hal- hal kecil hingga besar yang saling terjalin untuk membuatnya berjalan serta beroperasi dengan baik. Mari simak cara- cara yang bisa Anda terapkan jika blog/website Anda juga mengalami kendala loading yang lambat berikut ini.

  1. Optimasi ukuran gambar pada konten

    Ini adalah masalah klasik pada sebuah blog dan situs web sedari dulu, tetapi saat ini kecepatan internet sudah sangat jauh berkembang dan gambar atau foto pada konten tidak terlalu menjadi masalah kecuali jika ukurannya yang besar tidak seimbang dengan kemampuan blog/website tersebut. Meski sebenarnya tidak adalah masalah tentang jumlah foto dan gambar yang bisa Anda masukan ke dalam konten hanya saja pastikan semua gambar tersebut telah teroptimasi dengan baik.

  2. Pengaktifan caching

    Caching adalah sebuah proses penyimpanan data sementara halaman HTML dari konten pada blog/website yang bertujuan mengurangi penggunaan resource juga loading server. Cara kerjanya membantu mempercepat loading halaman web dan blog dengan tidak perlu lagi mengambil data secara berulang untuk menampilkan halaman yang sama hingga meningkatkan kecepatan loading. Anda dapat menggunakan plugin caching untuk cara ini.

  3. Pembatasan jumlah posting per halaman

    Sebaiknya Anda tidak menampilkan semua postingan yang ada di halaman utama karena pengaruhnya yang tidak begitu baik bagi kecepatan loading web dan blog Anda. secara logika semakin banyak postingan pada suatu halaman, maka semakin banyak waktu yang diperlukan untuk memuatnya. Tentukan jumlah posting Anda dengan bijaksana.

  4. Hapus semua plugin yang memberatkan atau tidak terpakai

    Anda dapat menambahkan semua plugin yang Anda inginkan tapi alangkah baiknya jika hanya menginstal plugin yang penting dan fungsional dalam menunjang kinerja blog/website. Plugin yang menumpuk akan dapat menghambat resource hosting.

  5. Aktifkan GZip compression

    Salah satu cara yang turut membantu mempercepat loading adalah GZip compression dengan fungsinya memperkecil ukuran file website CSS, javascript, xml, font, json dan HTML. Tidak hanya loading cepat, GZip compression dapat menghemat resource server dan bandwidth hosting. Anda dapat mengaktifkannya secara manual melalui cPanel untuk dapat mendongkrak kecepatan blog/website Anda.

  6. Penggunaan embed untuk konten video

    Adanya video dalam konten dapat menurunkan bounce rate karena perhatian penonton akan terserap lama untuk menonton saja. Untuk mengatasi ini sebaiknya gunakan fitur embed video untuk mengunggah video pada postingan yang akan meringankan beban pada hosting dan mempercepat kemajuan loading.

  7. Leverage browser caching

    Fitur ini berguna dalam meringankan beban browser pengunjung yang datang karena leverage browser caching maka browser pengunjung dapat menyimpan cache file secara lokal sehingga kunjungan berikutnya lebih mudah mengingat browser telah menyimpan file blog/website sebelumnya. Untuk dapat menikmati fitur ini Anda perlu mengakses file. htaccess.

  8. Gunakan CDN

    Content Delivery Network (CDN) adalah jaringan server yang berada pada seluruh jaringan dunia. CDN merupakan teknologi yang dirancang untuk mengirimkan konten blog/website, gambar, Javascript, CSS dan video ke browser pengunjung dari server terdekat mereka. CDN akan membantu website untuk cepat loading meski pengunjung bisa saja tersebar di bagian dunia manapun.

  9. Pilih hosting yang mempunyai server dengan performa tinggi

    Hosting yang tepat akan berpengaruh pula pada kecepatan loading blog dan website Anda, jadi perlu untuk memastikan hosting yang Anda pilih juga mampu memberikan layanan server dengan performa yang tinggi pula. Maka lakukan riset sebelum Anda memilih hosting karena itu akan menjadi urat nadi dalam blog dan website Anda.

Baca Juga :  Kumpulan Template Blog / Website Keren dan SEO Friendly

 

Kesimpulan dan penutup

Dari penjelasan cara mempercepat loading blog dan website di atas, Anda tentu telah bisa menjadikannya panduan untuk mengoreksi kesalahan atau hal yang menghambat kinerja blog dan website Anda selama ini yang mungkin sebelumnya tidak Anda ketahui dan pahami sebelumnya.

Jangan menambahkan plugin- plugin yang jenisnya tidak krusial dan membantu menaikan kualitas blog dan situs web. Anda juga perlu memahami suatu guna dan keuntungan serta kekurangan plugin sebelum Anda menginstalnya untuk menghindari kumpulan plugin yang sia- sia dan akan memberatkan laju loading halaman blog/website.

Anda bisa menggunakan Plugin Performance Profiler too jika Anda masih ragu mengenai pengaruh plugin terhadap performa loading pada blog atau situs web. Disini Anda dapat memilahnya dengan bijaksana dan segera uninstall atau hapus semua plugin yang sekiranya hanya menghambat keseluruhan proses loading blog/website Anda.

Related Post :

popup image