Cara Mendaftarkan Domain Organisasi (OR.ID) untuk Organisasi di Indonesia

Development & Security, Domain & Hosting / 1 | | 0

Saat ini banyak sekali kita melihat berbagai kegiatan yang dibuat para mahasiswa maupun millenial untuk membangkitkan kegiatan bermanfaat dimasyarakat. Kegiatan ini biasanya membentuk sebuah perkumpulan yang dinamakan organisasi. Namun, banyak sekali organisasi yang sudah lumayan besar tapi tidak memanfaatkan teknologi.

Dengan hadirnya teknologi digital saat ini juga merupakan dampak dari globalisasi, dan anda dapat memanfaatkan teknologi ini sebagai media promosi organisasi anda. Selain itu, website ini juga sebagai portofolio website organisasi anda, agar masyarakat mengetahui kegiatan yang selama ini anda lakukan bermanfaat.

Jika organisasi anda masih menggunakan cara lama yaitu membagikan brosur maupun menawarkannya ke masyarakat secara personal, maka dengan adanya sebuah teknologi website organisasi (OR.ID) ini dapat membuat anda lebih banyak mengajak masyarakat yang ingin bergabung. Lalu bagaimana cara mendaftar domain organisasi di Indonesia?

 

Mengapa Organisasi Butuh Domain Organisasi (OR.ID) ?

 

Keberadaan website organisasi itu sendiri sangat membantu masyarakat untuk tahu lebih jauh terkait dengan berbagai informasi yang disediakan oleh organisasi yang bersangkutan. Lebih penting lagi, adanya sebuah website juga sangat membantu sebuah organisasi yang kian hari diminta untuk meminimalisir penggunaan sumber daya alam demi mempertahankan eksistensinya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan hadirnya website bagi organisasi.

 

  1. Meningkatkan produktivitas kerja

    Sebagai contoh dalam sebuah organisasi sering kali setiap bagian akan membutuhkan informasi dari bagian lainnya dan hal ini sudah pasti saling berkaitan. Adanya sebuah website organisasi akan membantu untuk menjangkau informasi tersebut sekalipun dalam jarak yang jauh dengan kondisi apapun itu. Ketika kemudahan tersebut bisa didapatkan, maka secara tidak langsung produktivitas kerja masing-masing bagian terwujud.

  2. Lebih efisien dari segi waktu

    Dahulu, sebelum hadirnya website organisasi, banyak pihak yang harus bersusah payah untuk mendapatkan informasi baik itu melalui pos ataupun harus mengunjungi instansi yang bersangkutan. Akan tetapi, semua ini telah berubah semenjak hadirnya website bagi organisasi yang kemudian semua informasi yang dikonsumsi oleh public bisa didapatkan dengan mengunjungi websitenya kapanpun dan dimanapun.

  3. Sebagai sarana untuk berkomunikasi

    Komunikasi dalam sebuah organisasi yang diwujudkan dalam bentuk koordinasi yang baik menjadi kunci kesuksesan dalam membangun sebuah organisasi. Sedangkan komunikasi dalam sebuah organisasi itu sendiri bisa bersifat internal ataupun eksternal yang masing-masing tergantung dari kebutuhan. Melalui website organisasi, maka komunikasi tersebut akan bisa berjalan dengan lebih lancar tanpa adanya suatu hambatan.

  4. Efisiensi memanfaatkan jaringan

    Dalam meningkatkan perkembangan dari sebuah organisasi, tidak hanya dibutuhkan sebuah website organisasi saja, sebab media lain seperti halnya email menjadi prioritas penting dalam meningkatkan eksistensi organisasi tersebut. Adanya email yang juga didukung dengan sebuah website akan membantu dalam meningkatkan suatu kerjasama sekaligus juga menciptakan sebuah produk yang lebih berkualitas.

  5. Sebagai kerangka atas perubahan budaya kerja

    Untuk memajukan sebuah organisasi, para pegawai yang ada di organisasi tersebut sering kali mendapatkan berbagai ide cemerlang. Selanjutnya, dengan hadirnya internet dan juga website organisasi, maka semua akan mudah untuk terhubung antara satu dengan lainnya.

  6. Kaitannya dengan ruang lingkup organisasi

    Masuknya internet ke berbagai wilayah di Indonesia juga memberikan manfaat besar bagi setiap orang dalam mendapatkan informasi terkait dengan organisasi yang bersangkutan. Tentu saja hal ini bisa diakses dengan mengunjungi website organisasi yang selanjutnya ragam informasi apapun bisa didapatkan.

  7. Kemudahan operasi dan management

    Perkembangan sebuah organisasi yang dibarengi dengan hadirnya website organisasi akan membantu dalam memperlancar operasi sekaligus juga management organisasi tersebut baik secara eksternal ataupun internal. Tanpa adanya sebuah website bagi organsiasi, maka akan terjadi kesulitan dalam melakukan management serta operasi organisasi dalam mempertahankan kemajuannya.

  8. Meningkatkan kredibilitas dari organisasi

    Siapa sangka jika sebuah organisasi yang memiliki website organisasi akan membantu dalam meningkatkan kredibilitasnya. Hal ini bisa dilakukan ketika semua informasi bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat luas. Selain itu juga dapat menjadi lirikan untuk mendapatkan hibah / donasi secara resmi dengan kredibilitas yang terjamin tersebut.

  9. Membuka kerja sama baru

    Banyak organisasi yang bisa meningkatkan kemajuannya ketika pihak organisasi tersebut kemudian memutuskan menggunakan website organisasi. Adanya website tersebut kemudian menimbulkan suatu kerja sama baru dengan bidang lain yang kemudian akan menciptakan organisasi yang lebih solid serta berkembangan lebih pesat.

  10. Mendatangkan konsumen jarak jauh

    Tidak bisa lagi dipungkiri jika website organisasi juga sangat bermanfaat dalam mendatangkan konsumen dari jarak jauh. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda menghubungi organisasi tersebut melalui email atau kontak yang kebetulan dibubuhkan dalam sebuah website.

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Domain Sekolah (SCH.ID) Untuk Sekolah di Indonesia

 

Cara Mendaftar Domain Organisasi dari IDCloudHost

 

IDCloudHost menyediakan program yang berhubungan dengan website organisasi untuk organisasi. Anda juga bisa menggunakan dan menikmati langsung apa saja yang menjadi kemudahan dari kami. Berbagai macam keuntungan pun bisa Anda dapat, sehingga tak akan membebani organisasi untuk membuat web sendiri.

Anda bisa mendaftarkan NGO / Organisasi / Yayasan untuk mendapatkan website secara gratis melalui Program NGO GO DIGITAL yang bisa diakses melalui : https://idcloudhost.com/ngo-godigital/. Bila Anda ingin bergabung dengan kami, maka mendaftar adalah hal pertama yang harus dilakukan. Anda bisa mengikuti sejumlah langkah untuk mendaftarkan diri demi mendapat layanan website organisasi dari kami, seperti berikut.

 

  1. Buat terlebih duku akun user di https://www.techsoup.asia/en-AU/join/signup, kemudian isi info yang diminta.
  2. Pastikan Anda sudah memvalidasi akun pada link yang kami sediakan dengan email yang didaftarkan.
    Setelah membuat akun user, daftarkan organisasi Anda ke https://www.techsoup.asia/en-AU/join/register. isi form singkat mengenai organisasi Anda.
  3. Sesudah mendaftar, kami melakukan verifikasi bahwa organisasi Anda bersifat resmi. Kirimkan SK
  4. Kemenkum HAM, akta yayasan, dan NPWP organisasi dengan format pdf ke email [email protected]
  5. Sesudah terverifikasi, organisasi Anda bisa mendapat layanan dari kami, NGO Go Digital dalam bentuk hosting, domain, dan website melalui http://www.techsoup.asia/id/node/60055.
  6. Bila membutuhkan bantuan dari Setup Google for Non Profit Anda bisa langsung menghubungi [email protected] .

Baca Juga : Cara Membuka Situs Yang Di Blokir Untuk Laptop/Smartphone

 

Syarat dan Ketentuan Program

 

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan NGO/Komunitas/Organisasi/Yayasan bisa mengikuti Program NGO Go Digital:

  1. NGO berbadan hukum dan terdaftar secara resmi sebagai Yayasan/Perkumpulan/Organisasi Masyarakat
  2. NGO harus terdaftar di TechsoupAsia yang berperan sebagai lembaga kualifikasi
  3. NGO yang terdaftar wajib menggunakan layanan (Domain dan Hosting) dari IDCloudHost
  4. Memasang backlink menuju ke halaman #NGO-GODigital dan ikut mengkampanyekan program #NGO-GODigital

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika anda memiliki organisasi maupun anggota organisasi, anda dapat mengajukan membuat domain organisasi website anda. Selain anda akan mendapatkan fasilitas website dari IDCloudHost ini, anda juga dapat memperluas jangkauan organisasi anda.

Namun, anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan dari program CSR IDCloudHost ini, pastikan organisasi anda sudah terdaftar di TechsoupAsia dan memiliki badan hukum. Hal ini guna meminimalisir jangkauan penerima bantuan bagi organisasi ini lebih tepat sasaran.

Anda juga dapat membuat portofolio kegiatan anda selama mengikuti organisasi ini, jika anda memiliki sebuah website organisasi. Selain itu anda dapat meningkatkan efisiensi kinerja organisasi anda jika anda ingin membuat organisasi anda lebih besar dan mudah dikenali. Semoga bermanfaat!

Related Post :