Cara Mendaftarkan Domain Sekolah (SCH.ID) Untuk Sekolah di Indonesia

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Saat ini perkembangan teknologi yang serba cepat dan praktis, menuntut manusia agar dapat menggunakan teknologi. Website dan aplikasi kini juga menjadi tools yang dapat memudahkan pekerjaan, dengan berbagai inovasinya.

Program ini merupakan salah satu program csr dari beberapa program pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan perusahaan digital dengan program untuk membagikan website ke sekolah – sekolah di Indonesia secara gratis.

Namun, saat ini masih banyak yang belum mengetahui tentang program ini, apalagi sekolah sekolah yang terletak di daerah yang sulit dijangkau. Nah, biasanya domain ini sepaket dengan hosting jika anda ingin membuat sebuah website.

Anda dapat memiliki domain gratis untuk sekolah ini yang dilengkapi dengan hosting yang ada di IDCloudHost. Lalu seperti apa domain gratis untuk sekolah ini? Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengapa Sekolah Membutuhkan Website ? 

 

Banyak yang beranggapan bahwa sekolah saat ini memang belum memiliki fasilitas yang memadai untuk menerapkan pembelajaran berbasis tekbologi, nah berikut ini alasan mengapa sekolah membutuhkan website :

 

  1. Sebagai media informasi sekolah dengan wali siswa

    Semakin banyak informasi yang harusnya disebarluaskan kepada wali siswa baik itu berkaitan dengan perkembangan sekolah ataupun peserta didik. Melalui website organisasi wali siswa kini tidak perlu datang ke sekolah lagi untuk bisa mendapatkan informasi terkini dari perkembangan sekolah tersebut. Tentu saja yang demikian ini justru sangat menghemat waktu dan tenaga, karena semua bisa diakses dari manapun itu.

  2. Wadah untuk memamerkan berbagai prestasi sekolah

    Sering kali website organisasi dijadikan sebagai media untuk memamerkan ragam prestasi yang sebelumnya pernah diraih oleh peserta didiknya. Kesuksesan dalam meraih kemenangan tersebut menjadi tolok ukur kesuksesan dalam mengembangkan sekolah menjadi lebih besar. Bahkan, dengan media website secara tidak langsung akan menarik perhatian masyarakat.

  3. Memperkenalkan berbagai fasilitas yang ada

    Siapa sangka jika adanya website organisasi seperti website sekolah akan menjadi lapak bagi instansi tersebut untuk memperkenalkan ragam fasilitas sekolah yang ada. Berbagai foto fasilitas bisa ditampilkan dalam sebuah website yang nantinya akan membantu dalam menarik hati masyarakat untuk mendaftarkan putra-putrinya agar bisa menjadi peserta didik di sekolah tersebut. Berbagai fasilitas yang bisa ditampilkan di sini diantaranya adalah tempat ibadah, perpustakaan, laboratorium dan lain sebagainya.

  4. Media untuk promosi

    Dahulu sebelum hadirnya website organisasi yang digunakan oleh sekolah, banyak masyarakat yang menggunakan brosur untuk media promosi. Tentu saja pemanfaatan brosur akan menghabiskan uang yang besar karena harus mencetak berlembar-lembar kertas yang bisa dibilang setiap kertas memiliki nominal tertentu. Padahal, bisa jadi penerima brosur akan membuang brosur karena menganggap kurang penting.

  5. Media pemberitahuan informasi kelulusan siswa

    Manfaat lain dari adanya website organisasi yang dimiliki sebuah sekolah adalah untuk menyebarluaskan berbagai informasi termasuk salah satunya adalah informasi kelulusan siswa. Melalui sebuah website, maka semua informasi tidak perlu lagi dengan susahnya disampaikan kepada wali siswa. Hanya dengan memposting informasi tersebut, akan banyak wali siswa yang mengetahui atas informasi tersebut.

  6. Menampilkan profile sekolah

    Banyak orang tua siswa ingin mendapatkan berbagai informasi terkait dengan profile sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa bagusnya kualitas dari sekolah tersebut. Untuk itu, penting menampilkan profile sekolah melalui website organisasi sehingga sekolah tersebut akan semakin maju serta semua persebaran informasi pun akan lebih transparan.

Baca Juga : Mengenal Apa itu CMS Sekolahku untuk Website Sekolah Indonesia

 

Manfaat Membuat Website Sekolah 

setelah mengetahui pentingnya membuat website untuk sekolah anda, nah berikutnya ialah anda wajib mengetahui apa saja manfaat dari website sekolah berikut ini :

 

  1. Sekolah mempunyai data data profil siswa yang akurat
  2. Membatu siswa dalam berkreasi
  3. Menampilkan profil sekolah yang update
  4. Terjalinnya Interaksi antar siswa dan guru yang tidak terbatas pada ruang dan waktu
  5. Mengenalkan profil sekolah secara umum bahkan dunia
  6. Menyediakan sarana belajar bagi siswa yang tidak terbatas pada ruang dan waktu
  7. Manfaat Website Sekolah Bagi Masyarakat

 

Elemen Dasar Website

Desain web, sama seperti fesyen, selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Ada trend yang sama sekali baru, ada pula yang merupakan pengulangan dari trend beberapa tahun ke belakang. Tapi, elemen-elemen esensial di dalamnya tidak banyak berubah.

Elemen desain web bukan hanya agar web elok dipandang, tapi juga agar memudahkan pembaca dan Google Crawler ketika menjelajahi web kita. Dengan kata lain, meningkatkan user experience (UX).

 

1.  Layout

 

Layout merupakan sebuah wajah dalam sebuah situs web. Maka dari itu hendaklah mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen desain yang memudahkan pembaca untuk mencerna aliran informasi. Perhatikan hierarki dan keseimbangan layout secara keseluruhan. Biasanya susunan awal dalam menampilak halaman layout adalah atas-bawah-kiri-kanan.

Buat susunan atau aliran informasi yang mudah diikuti oleh mata pembaca.  Sebagian besar orang terbiasa membaca dari kiri ke kanan, maka letakkan main post di sebelah kiri sedangkan sidebar di sebelah kanan.

 

2. Pilihan Warna

 

Biasanya anda ketika melihat sebuah website pasti memperhatikan dari segi warnanya. Hal ini juga berfungsi kita sedang menyampaikan informasi kepada pembaca, bukan sedang mendistraksi mata mereka. Yang terpenting dari situs web adalah konten, jangan sampai warna latar yang Anda gunakan lebih ramai dari konten itu sendiri.

Ternyata warna juga mampu mempengaruhi psikologi pembaca, menciptakan mood, sehingga warna yang kita sukai cenderung embuat kita nyaman membaca sebuah website. Warna, bisa menyampaikan simbol dirinya sendirinya bahkan tanpa disertai oleh teks. Itu sebabnya mengapa pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dari desain sebuah web.

 

3. Laman Kontak

 

Ini merupakan laman yang paling penting, yaitu Laman kontak yang juga berpengaruh terhadap autoritas. Pembaca dan klien tentu harus tahu apakah situs yang mereka kunjungi benar-benar dikelola oleh perusahaan atau orang asli, bukan fiktif.

Pengguna juga menghubungi kita jika terjadi sesuatu dengan website pengguna maupun tertarik dengan penawarna website anda. Karena biasanya, costumer service yang tertera pada laman kontak , jika lama merespon pelanggan maka pelanggan tersebut dapat kecewa dengan pelayanan sekolah tersebut. Nah, Anda bisa meletakkan laman kontak di beberapa tempat: navigasi, header, footer.

Baca Juga : Domain .sch.id + Cloud Hosting  untuk Seluruh Sekolah di Indonesia

 

Program Ekabima IDCloudHost 

 

Guna mendukung Ekosistem Digital terutama di bidang pendidikan. IDcloudHost memberikan Website Gratis untuk Seluruh Sekolah di Indonesia. Berikut ini fasilitas yang diberikan oleh IDCloudHost :

 

  1. Domain Gratis : Domain sch.id untuk Website Sekolah selama 1 Tahun.
  2. Hosting Gratis : Cloud Hosting Paket Business Pro selama 6 Bulan.
  3. Website Gratis : Pembuatan Website Sekolah & Gratis 3 Bulan Sistem Manajemen Sekolah dari Scola.
  4. Google for Education : Bantuan Setup Google for Education.

Anda dapat mendaftarkan Sekolah Anda di : Program Ekabima IDCloudhost

 

Kesimpulan dan Penutup

Domain saat ini sangat penting jika anda ingin membuat sebuah website. Komponen selain domain yaitu hosting merupakan sebuah paket lengkap dalam website. Namun, anda tidak perlu khawatir jika sekolah anda tidak memiliki biaya untuk membayar domain, karena ada program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyediakan program domain sekolah gratis.

Lalu bagaimana cara mendapatkannya? anda bisa mendapatkan layanan ini di layanan yang menjual domain dan hosting untuk paketnya.  IDCloudHost dengan program CSR yaitu Program Ekabima yang membantu sekolah dalam membuat website akan memudahkan sekolah anda dalam mewujudkan sekolah yang digital.

Aanda dapat mendaftarkan sekolah anda di Layanan Domain Sekolah Gratis IDCloudHost, sebagai bentuk upaya memajukan pendidikan di sektor digital. Sebelum pendaftaran juga perlu diketahui, anda dapat menyiapkan Syarat dan Ketentuan yang tertera ketika ingin mengikuti program ini. Semoga Bermanfaat.

Server Sekolah - Server E-Learning | Server Ujian Online | Server CBT

Related Post :