Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal dan Tips Menambang Mining Bitcoin

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bitcoin atau yang dikenal sebagai mata uang digital ini sangat diminati. Sebab Bitcoin dianggap sebagai peluang bisnis digital yang sangat menjanjikan saat ini. Cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal dan tips menambang mining Bitcoin sangat mudah untuk dipraktikkan.

Bitcoin adalah uang berupa elektronik yang dapat digunakan untuk investasi masa depan. Uang elektronik ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pengiriman uang dari satu pihak ke pihak lain melalui jaringan internet. Selain sebagai alat transaksi melalui internet, Bitcoin juga dapat dicairkan ke dalam bentuk rupiah. Penukaran Bitcoin ke rupiah tersebut dapat dilakukan melalui situs exchanger atau dengan datang langsung ke ATM Bitcoin.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan Bitcoin, salah satu nya yaitu dengan menambang Bitcoin (Bitcoinmining). Lalu bagaimana cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal dan tips menambang mining Bitcoin? Simak informasinya berikut ini.

 

Apa Itu Bitcoin?

 

 

Bitcoin merupakan sistem mata uang digital cryptocurrency global, biasanya disebut uang virtual maupun aset Kripto.  Bitcoin ini memungkinkan orang untuk mengirim atau menerima uang hanya dengan melalui internet.

Awal mula dibentuknya Bitcoin pada tahun 2009 dalam whitepaper yang diterbitkan oleh programmer yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto, yang didefinisikan sebagai sistem pembayaran elektronik peer-to-peer.

Sistem pembayaran tanpa perantara ini menggunakan jaringan, namun tidak memiliki entitas manajemen pusat membuat pemerintah atau lembagauntuk mengontrol mata uang ini.

 

Apa Perbedaan Bitcoin dengan Mata Uang Negara?

Ada beberapa hal mendasar yang membedakan mata uang kripto dengan mata uang tradisional atau fiat yang bahkan juga bisa diperjual-belikan secara digital. Ini dia perbedaannya :

 

  1. Suplai Terbatas

    Tidak seperti mata uang fiat yang bisa terus dikeluarkan oleh bank sentral negara, Bitcoin memiliki suplai total 21 juta yang sepenuhnya dikontrol oleh algoritma yang mendasarinya.

  2. Pseudonimitas

    Sistem Bitcoin yang tidak memiliki validator sentral membuat kita sebagai pengguna menjadi semi-anonim. Jika kita ingin melakukan pengiriman atau transfer, sistem hanya mengecek apakah kita memiliki Bitcoin untuk dikirim dan tidak mengecek identitas kita. Sehingga transaksi yang terjadi di dalam sistem bersifat pseudonim.

  3. Desentralisasi

    Karakteristik yang paling penting adalah bahwa itu terdesentralisasi. Tidak ada satu institusi pun yang mengendalikan jaringan Bitcoin.

  4. Kekekalan

    Transaksi Bitcoin dan aset kripto yang lain tidak dapat dibatalkan, tidak seperti transaksi fiat elektronik.

Baca Juga : Panduan Fintech, Definisi, Manfaat Serta Jenisnya

Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal

 

Cara mengumpulkan Bitcoin bisa dikelompokkan menjadi dua, yakni dengan cara membeli atau berbayar dan secara cuma-cuma. Semakin lama bitcoin semakin banyak diminati. Oleh sebab itu, fasilitas untuk memenuhi kebutuhan jual-beli Bitcoin sudah mudah ditemukan. Namun untuk itu pengguna harus mengeluarkan modal.

Saat ini Bitcoin atau cryptocurrency menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian. Salah satunya adalah tentang bagaimana cara mendapatkan Bitcoin secara gratis,sehingga pengguna kini tidak lagi harus khawatir lagi isi kantong terkuras. Ada beberapa cara untuk mendapatkan Bitcoin tanpa modal, diantaranya sebagai berikut.

 

  1. Menerima Bitcoin dari Orang Lain

    Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk digital, sehingga Bitcoin memiliki fungsi yang sama seperti uang konvensional. Uang digital ini juga bisa digunakan untuk transaksi jasa maupun barang.
     
    Seiring perkembangannya kini uang digital ini sudah bisa ditransfer atau di cairkan ke dalam bentuk uang tunai. Cara mentransfernya adalah dengan menggunakan Bitcoin Wallet Address. Jadi salah satu cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal adalah dengan menerima Bitcoin dari orang lain.

  2. Mining Bitcoin

    Cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal yang selanjutnya adalah mining Bitcoin. Namun menambang ini tidak bisa dilakukan secara individual. Tapi mining Bitcoin ini sangat fleksibel bisa dilakukan dimana dan kapan saja.
     
    Untuk mining pengguna perlu ditunjang dengansoftware dan hardware. Sebelumnya pengguna harus paham terlebih dahulu perangkat apa mendukung untuk menambang Bitcoin.

  3. Airdrops

    Merupakan stategi marketing dimana sebuah perusahaan akan memberikan cryptocurrency secara gratis dengan ketentuan atau tugas tertentu. Tugas tersebut seperti harus melakukan follow akun Twitter perusahaan kemudian me-retweet postingan dari perusahaan, bergabung dengan sebuah group media sosial perusahaan kemudian membagikannya di Facebook atau platform media sosial yang lain. Cryptocurrency yang diperoleh bisa ditukarkan ke uang rupiah melalui beragam situs exchanger seperti Indodax, Bitcoin.co.id dan Triv.co.id atau Binance untuk memperoleh Bitcoin.

  4. Afiliasi Bitcoin

    Afiliasi Bitcoin ini berupa link bisa digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Dimana para pengguna memasang link afiliasi di web mereka dan akan memperoleh imbalan berupa bitcoin di setiap impresi nya. Ada beragam link mengenai Bitcoin seperti, Bitcoin.co.id, Binance, Huobi, Triv.co.id Indodax, dan masih banyak situs exchanger lain.

  5. Menulis Tentang Cryptocurrency

    Bagi yang memiliki keahlian dalam bidang menulis, bisa menjadi seorang penulis khusus tentang cryptocurrency. Saat ini, dunia crypto telah mimiliki situs-situs berita yang memuat beragam informasi tentang crypto.
     
    Salah satunya yaitu Cryptoharian. Atau bisa juga dengan mengirim berupa proposal dan karya tulis, serta imbalan yang dinginkan pada email yang ada di situs web cryptocurrency.

 

Tips Menambang Mining Bitcoin

Menambang atau Mining Bitcoin adalah suatu kegiatan yang dilakukan para miner untuk memecahkan atau memiliki blok Bitcoin baru. Untuk Mining Bitcoinini harus menggunakan perangkat software dan hardware. Kemudian kelompok penambang akan memecahkan sejumlah algoritma.

Dengan bergabung di jaringan mining pool inilah para pengguna bisa berkesempatan memperolehbanyak Bitcoin. Uang digital yang telah berhasil dikumpulkan tersebut bisa digunakan untuk berbagai transaksi atau pun tabungan masa depan.

Meskipun Mining Bitcoin terlihat rumit dengan segala tahapannya, tetapi pengguna akan mendapatkan kemudahan dengan 4 tips menambang mining Bitcoin berikut ini.

 

  1. Tentukan Hardware

    Untuk menambang Bitcoin, pengguna harus mempunyai hardware. Hal pertama yang dilakukan adalah menetukan hardware apa yang akan digunakan. Salah satu hardware yang bisa menggunakan custom Bitcoin ASIC chips yang kini hadir dengan performa kinerja lebih baik dari yang sebelumnya.
     
    Atau bisa juga menggunakan Cloud Mining. Hardware yang satu ini memiliki kemamampuan menyederhanakan proses mining tetapi dengan risiko lebih besar. Sebab pengguna tidak memiliki kendali atas perangkat keras dan hanya bisa mengandalkan pihak ketiga. Pengguna juga bisa menggunakan beberapa perangkat keras lainnya yaitu kartu grafis, GPU, dan prosesor.
     
    Selanjutnya tinggal download software khusus penambang Bitcoin. Software yang paling populer digunakan adalah CGminer dan BFGminer. Keduanya adalah software yang tidak memiliki graphic display. Atau lebih mudah menggunakan GUIMinner. Fortend grafis ini menawarkan kemudahan kepada pengguna saat mengoprasikan mining Bitcoin. Software ini juga support CPU mining, kartu grafis AMD dan NVIDIA. Selain itu GUIMiner menyediakan fasilitas daftar mining pool untuk para penggunanya.

  2. Bergabung ke Mining Pool

    Mining Pool adalah kelompok para penambang Bitcoin yang menyatukan sumber daya dalam memecahkan blok baru dengan kekuatan pemrosesan. Kemudian hasilnya akan dibagi dengan merata disesuaikan dengan kekuatan pemrosesan individu.
     
    Keberadaan mining pool ini tentu akan memudahkan penambangan Bitcoin. Sebab tanpa jaringan ini, selama satu tahun hanya kemungkinan kecil bisa menghasilkan sebuah blok dan menambang Bitcoin.
     
    Pengguna bisa bergabung pada jaringan mining pool seperti F2Pool, KanoPool, BTC.com, AntPool, SlushPool, BitMinter dan masih banyak lagi.

  3. Siapkan Bitcoin Wallet

    Untuk mining Bitcoin, tentu pengguna harus memiliki Bitcoin Wallet atau dompet Bitcoin untuk menyimpan Bitcoin dari hasil menambang di jaringan Mining Pool. Pengguna bisa menggunakan Bitcoin wallet pada operasional cloud, seperti Xapo, Blockchain, dan Coinbase.
     
    Bitcoin akan dikirimkan pada wallet pengguna menggunakan vanity address atau address dengan kata unik yang hanya akan berbeda pada masing-masing pengguna.
     
    Hal terpenting dalam menyiapkan Bitcoin Wallet adalah memastikan tingkat keamanannya. Pastikan aman dari potensi dicuri para peretas juga saldo Bitcoin yang dimiliki tidak digunakan orang lain. Untuk kenyamana dan keamanan maka aktifkan autentikasi dua faktor.

  4. Update Berita Bitcoin

    Agar bisa membaca peluang menambang Bitcoin, pengguna harus terus memantau berita tentang perkembangan Bitcoin terkini.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Mata Uang Digital Libra Cryptocurrency dari Facebook

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah cara mendapatkan Bitcoin tanpa modal dan tips menambang mining Bitcoinyang bisa mulai dilakukan. Berdasar ulasan diatas, untuk memperoleh Bitcoinsecara gratis dengan menambang tidaklah sulit. Sebab hanya dengan berbekal jaringan internet dan perangkat software dan hardware pendukung mining bitcoin sudah bisa dilakukan.

Di era digital ini, secara perlahan sistem konvensional semakin bergeser ke arah digital. Mulai dari belanja, hingga transaksi pembayaran digitalpun sekarang terus berkembang. Sehingga di masa yang akan datang, uang digital atau Bitcoin ini akan sangat bermanfaat. Baik untuk transaksi maupun investasi.

Saat ini mengubah bitcoin ke bentuk uang tunaipun sangat mudah. Baik melalui situs exchanger atau dengan datang langsung ke ATM Bitcoin, fasilitas tersebut sudah tersedia di Indonesia. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menambang Bitcoin.

Related Post :

popup image