Mengenal Apa itu Mata Uang Digital Libra Cryptocurrency dari Facebook

News & Release, Serba Serbi / 2 | | 0

Apa itu Libra Cryptocurrency

Akhirnya, Facebook Punya Mata Uang Sendiri bernama Libra Cryptocurrency. Libra yang sebelumnya kita kenal merupakan salah satu zodiak yang kita kenal dari zodiak 16 rasi bintang. Tapi kini akan dikenal sebagai salah satu mata uang yang baru saja diresmikan oleh Facebook. Perusahaan raksasa media sosial, Facebook Inc telah mengumumkan kepada seluruh dunia mata uang digital miliknya. Dengan mata uang ini, pengguna Facebook yang jumlahnya miliaran itu bisa melakukan transaksi finansial di seluruh dunia.

Apa saja kecanggihan Libra Cryptocurrency? Pengguna Libra dapat mengirim uang ke pengguna lainnya. Libra juga bisa digunakan untuk membayar produk atau layanan yang mendukung penggunaan mata uang digital ini. Mata Uang Libra ini merupakan berbasis jejaring blockchain dan tak didesain sebagai aset spekulatif seperti bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif. Facebook mengatakan bahwa Libra bertujuan untuk menghubungkan orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki akses ke platform perbankan pada umumnya.

Kekuatan Facebook dengan jumlah pengguna bulanannya yang mencapai 2,4 miliar orang, Libra si mata uang facenook bisa saja menggoyang sistem keuangan perbankan dunia sepertinya. Dalam hal ini, Libra di desain akan lebih diprioritaskan untuk mengirimkan uang dari satu individu ke individu lain yang punya akses ke bank pada umumnya dimiliki di setiap negara. Namun bukan tidak mungkin dengan cepat, Libra akan membuat sebuah cryptocurrency mainstream, yaitu sebuah bentuk pembayaran terdesentralisasi yang nilainya stabil seperti dolar amerika serikat. Teknologi uang digital, Libra bakal tersedia secara standalone atau bisa dikafakan berdiri sendiri, namun juga tersedia di platform WhatsApp dan Facebook Messenger.

Mata uang ini paling cepat baru tersedia untuk publik pada 2020 mendatang. Apa kekuatan Libra ? 

Walaupun digunakan oleh Facebook, di kemudian hari Libra bakal diterjunkan ke komunitas yang lebih besar. Facebook sendiri sudah membentuk Libra Association dengan 27 partner untuk membangun sistem yang kuat untuk memantau dan mengembangkannya. Sebuah perhimpunan ini telah diisi oleh sejumlah perusahaan venture capital, organisasi nonprofit, perusahaan crypto, perusahaan finansial korporat, penyedia layanan teknologi dan telekomunikasi dan lainnya, demikian dikutip Guardian.

 

Beberapa perusahaan diantaranya adalah besar yang sudah terdaftar dalam perhimpunan seperti : Coinbase, Mastercard, Visa, eBay, payPal, Stripe, Spotify, Uber, Lyft, dan Vodafone. Perusahaan – perusahaan ini juga berkontribusi terhadap Libra Reserve, yang terhimpun dalam kumpulan dana untuk memastikan setiap unit di mata uang Libra ini terjamin dengan mata uang fisik, bukan seperti Bitcoin. Bagaimana dunia menganggapi kabar ini? Akankah ekonomi dunia akan dikuasai oleh sebuah media sosial. Tak diragukan jika kelak Whatsapp dan Facebook akan menggunakan libra dengan cepat untuk produk iklannyanya.

Apa yang harus kamu ketahui mengenai Libra?

Siapa yang Mengawasi Regulasi Mata Uang Libra? Beberapa perusahaan akan memberikan dukungan Mata Uang Libra dalam kelompok Libra Association. Organisasi ini menurut Facebook adalah non profit dan berbasis di Swiss. Fungsi utamanya untuk memvalidasi transaksi di blockchain Libra dan mengatur aset di belakang Libra. Libra tidak didesain sebagai aset spekulatif seperti Bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif. Dalam Libra Association, kita akan menemukan adanya badan pengatur bernama Libra Association Council yang terdiri dari para perwakilan perusahaan, masing-masing punya hak veto soal kebijakan dan keputusan yang diambil. Perusahaan tersebut telah menyumbang sedikitnya USD 10 juta akan dimasukkan dalam daftar pendiri Libra Associaton. Mereka termasuk PayPal, Ebay, Spotify, Uber, Lyft, Visa dan Mastercard.

Sebuah angka yang fantastis bukan? Bagaimana Kita Menggunakan Libra? Ketika Libra dirilis, dalam sebuah rencana pada tahun 2020, pengguna bisa download Calibra, sebuah dompet digital yang akan memungkinkan pengguna mengirimkannya pada siapapun dengan smartphone. Calibra akan tersedia di Messenger, WhatsApp dan sebagai aplikasi sendiri. Belum bisa kita ketahui kejelasan di negara mana saja pertama kali Libra diluncurkan dan digunakan. Hal ini tentu terkait dengan regulasi di masing masing negara.

 

Facebook mengklaim dirinya hampir semua orang di dunia yang memiliki smartphone akan bisa download Calibra. Apa yang Bisa Dibeli menggunakan Libra?. Pengguna bisa mengirim uang satu sama lain melalui Calibra. Dalam transaksi di dalam aplikasi, Facebook ingin pula memfasilitasi penggunaan Libra dalam penggunaan sehari-hari. Bisa saja untuk kamu membeli makanan kecil di warung langganan. Luarbiasa!! Transportasi online Uber dan Lyft adalah investor Libra, sehingga kemungkinan user dapat membayar layanan mereka dengan Libra.

Tidak tahu kedepan apakah para raksasa uang digital di Indonesia GO-Pay , OVO bisa tergerus atau malah menjadi partner dari mata uang ini, Apakah Libra Aman Digunakan? Facebook mengaku mereka akan mengimplementasikan teknologi untuk mencegah penipuan ataupun pencucian uang.

Baca Juga : Pembayaran Layanan IDCloudHost via GO-PAY

“Kami akan menggunakan semua verifikasi yang sama dan proses anti penipuan yang dipakai di bank dan kartu kredit dan kami akan memiliki sistem otomatis yang secara proaktif mengawasi dan mencegah kelakuan curang,” tukas Facebook dalam rilisnya. Akan ada banyak dukungan untuk membantu pengguna jika kehilangan akses ke akunnya atau kehilangan uang.

Facebook akan mengembalikan uang jika diperlukan. Selain itu, hacker yang dapat menemukan celah keamanan di Libra akan diberi bingkisan bernilai. Bagaimana Facebook Menghasikan dan menjadi Mesin Uang dari Libra? Libra sebagai perusahaan akan mengambil presentase kecil dari transaksi di blockchain. Biaya akan dibebankan pada vendor yang akan dibayar oleh mereka sendiri atau dibebankan kepada pelanggan.

Rangkuman Keunggulan Libra : Berbasis Teknologi Blockchain, dibawahi oleh lembaga dan legalitas resmi Libra Association, berkonsep Dompet Digital, Privasi dan Keamanan yang terjamin dari Facebook. Kamu tertarik untuk menggunakan Libra ? Tuliskan Komentar kamu dibawah yuk

Related Post :

popup image