Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Sekolah & Madrasah

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Pada masa pandemi ini banyak sekolah dan aktivitas yang biasa dilakukan diluar menjadi diberhentikan. Hal itu menyebabkan beberapa sekolah harus melakukan pembelajaran secara daring dari rumah. Namun masalah yang masih terjadi saat ini adalah tidak semua sekolah memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Salah satunya adalah website sekolah.

Kegunaan dari website sekolah ini sendiri sangat banyak yaitu sebagai media informasi kepada murid, menunjukkan profil sekolah dan juga pendaftaran peserta didik baru. Melihat kondisi tersebut maka idcloudhost menyelenggarakan program EKABIMA untuk pembuatan website serta domain dan hosting gratis untuk sekolah di Indonesia. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk dimanfaatkan sekolah yang belum memiliki website agar mengikuti program ini.

Dengan menggunakan kesempatan ini tentunya banyak sekolah yang terbantu untuk pemenuhan fasilitas belajar mengajar di sekolah tersebut. Website saat ini merupakan salah satu perlengkapan yang harus ada disetiap sekolah ditambah lagi dengan kemajuan zaman yang mengharuskan semuanya digital. Bagi Anda yang baru mengetahui adanya program EKABIMA ini maka sebaiknya cari tahu mengenai hal tersebut seperti persyaratan dan fasilitasnya. Maka dari itu dibawah ini terdapat penjelasan mengenai program EKABIMA dan cara memanfaatkan program tersebut.

 

Manfaat Website Sekolah

Keberadaan website sekolah ini sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas sebuah institusi pendidikan yaitu sekolah. Suatu sekolah yang memiliki website pribadi tentunya dianggap berkompeten untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital ini. Selain itu banyak manfaat lain dari kepemilikan website sekolah yaitu :

 

  • Media Informasi

    Terdapat banyak informasi yang sudah selayaknya untuk disebarluaskan kepada wali siswa baik itu berkaitan dengan perkembangan sekolah maupun peserta didik. Melalui website sekolah ini wali siswa menjadi tidak perlu repot untuk datang ke sekolah lagi supaya bisa mendapatkan informasi terbaru dari perkembangan sekolah tersebut.Tentu saja yang demikian itu justru akan sangat menghemat waktu dan tenaga, karena semua itu bisa diakses dari manapun dengan koneksi internet. Selain itu juga dapat menunjukkan prestasi apa yang baru diraih oleh sekolah tersebut.

  • Memperkenalkan Fasilitas Sekolah

    Siapa sangka dengan adanya website sekolah akan menjadi media lapak bagi instansi tersebut untuk memperkenalkan beragam fasilitas sekolah yang ada. Berbagai macam foto fasilitas bisa upload dan ditampilkan dalam sebuah website.Nantinya akan dapat membantu untuk menarik hati masyarakat supaya tergerak untuk mendaftarkan putra-putrinya agar bisa menjadi siswa didik di sekolah tersebut. Berbagai fasilitas yang dapat ditampilkan di sini diantaranya seperti tempat ibadah, perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga dan lain sebagainya.

  • Pendaftaran Peserta Didik Baru

    Pada tahun sebelumnya pendaftaran peserta didik baru pada suatu sekolah mengharuskan calon siswa dan wali siswa hadir secara langsung di sekolah. Hal tersebut tentunya sangat menyita waktu dan tenaga karena harus mengantri dengan peserta lain. Sekarang hal tersebut telah dimudahkan dengan adanya website untuk sekolah. Calon siswa baru hanya tinggal mengisi form pendaftaran dan memenuhi persyaratan yang dilampirkan pada website. Tidak perlu mengantri dan memakan waktu lama untuk mendaftar

 

Baca Juga :     Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Bisnis Online

 

Program EKABIMA IDCloudHost

Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Sekolah & Madrasah
 

EKABIMA merupakan singkatan dari (Edukasi Bangun Indonesia Maju). Pengertiannya adalah suatu program yang memberikan website secara gratis untuk seluruh sekolah di Indonesia. Program ini merupakan suatu bentuk kepedulian idcloudhost selama masa pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dengan memberikan bantuan fasilitas website untuk sekolah yang terkendala proses belajar mengajar secara daring. Ini merupakan program kolaborasi IDCloudHost dan LeapUp yang bertujuan untuk memberikan dan memajukan Pendidikan Indonesia melalui peran penting Teknologi Informasi yang ada pada Sekolah.

Baca Juga :    Tips Memilih Nama Domain untuk SEO yang Baik dan Benar

 

Fasilitas Program EKABIMA

Terdapat beberapa fasilitas yang didapat sekolah dengan menerapkan program EKABIMA ini yaitu :

 

  • Domain Gratis

    Dengan memberikan ekstensi domain sch.id yang khusus untuk instansi pendidikan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mendapatkan domain ini.

  • Hosting Gratis

    Selain mendapat domain gratis, sekolah juga akan mendapatkan hosting gratis dengan jenis cloud hosting packet business pro selama 6 bulan. Hal ini tentu sangat membantu dalam penyelenggaraan sekolah online. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perpanjangan paket hosting.

  • Website Gratis

    Pembuatan website sekolah dan gratis tiga bulan sistem manajemen sekolah dari SCOLA.

  • Google For Education

    Pihak IDCloudHost akan membantu sekolah dan madrasah dalam melakukan setup Google For Education

 

Pada pendaftaran Program EKABIMA kali ini akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sekolah yang sudah mempunyai Website dan Belum mempunyai Website. Untuk sekolah yang belum mempunyai website maka akan mendapatkan semua fasilitas di atas, namun untuk sekolah yang sudah mempunyai website hanya akan mendapatkan Google for Education yaitu Bantuan Setup Google for Education.

Bac Juga :     Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Perusahaan

 

 

Syarat dan Ketentuan Program EKABIMA

Program ini sangat bermanfaat dan menarik untuk diikuti oleh sekolah yang ada di Indonesia. Namun terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Berikut tiga syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar program EKABIMA :

  • Sekolah belum mempunyai website berdomain sch.id
  • Mengirim berkas dokumen persyaratan domain untuk Sekolah terdaftar (Legalitas Dokumen)
  • Mengikuti prosedur pendaftaran yang benar dari Program Ekabima

 

Tata Cara Pendaftaran Program

Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Sekolah & Madrasah
 

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan diatas ikuti langkah tata cara pendaftaran program EKABIMA ini. Tidak menjadi hal yang rumit bila diikuti sesuai aturan. Berikut tata cara pendaftaran program EKABIMA :

 

  • Melakukan Pendaftaran

    Program ini sudah berlangsung dan mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat yang ingin mendaftar di program ini. Namun untuk keperluan pelayanan yang lebih baik maka program ini ditutup sementara. Tidak perlu khawatir karena program ini akan berlangsung kembali pada pertengahan Agustus 2020. Anda masih bisa melakukan pendaftaran sebagai waiting list untuk saat ini.

  • Order Layanan

    Anda dapat melakukan order seperti order paket hosting dan domain seperti biasa namun terdapat beberapa catatan yaitu :
    1) Saat Melakukan Order, Jangan Lupa memasukkan Kode Promo yang diberikan oleh IDCloudhost di email saat Anda melakukan Pendaftaran.
    2) Domain SCH.ID (namadomain.sch.id)
    3) Paket Hosting Business Pro, 6 Bulan (Semi Annually)
    4) Abaikan Invoice Saat melakukan Transaksi.

  • Kirim Konten Website

    Setelah melakukan order, Anda dapat langsung mengirimkan konten mengenai sekolah yang akan mendapatkan bantuan program EKABIMA.
    Untuk pengiriman konten,  sekolah dan madrasah dapat  mengirimkan konten website mereka ke :
     

    1) Email : mufid@idcloudhost.com
    2) Subjek : [EKABIMA – KONTEN WEBSITE] “Nama Sekolah” – “Domain Website Sekolah”
    3) Contoh : [EKABIMA – KONTEN WEBSITE] SMA N 1 Pekanbaru – sman1pekanbaru.sch.id
     

    Adapun Konten yang harus dikirimkan :
    1) Logo sekolah ukuran besar
    2) Beberapa foto ukuran besar untuk slider di halaman depan
    3) Profile
    3.a Identitas Sekolah
    3.b Visi Misi
    3.c Sambutan Kepala Sekolah
    4 )Prestasi
    4.a Akademik
    4.b Non-akademik
    5) Kegiatan Ekstrakurikuler
    6) Kontak
    6.a Alamat sekolah
    6.b Nomor telepon
    Serta beberapa konten tambahan lainnya yang dirasa perlu.
    Catatan : Semua file digabungkan dalam file .ZIP / .RAR

  • Finalisasi

    Silahkan menunggu penyelesaian Website dan Google for Education. Waktu untuk penyelesaian pengerjaan sekitar 2-7 hari Jam Kerja. Untuk informasi lebih lanjut dapat melalui email mufid@idcloudhost.com

 

Baca Juga :     Program EKABIMA IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan saat ini jangan sampai melewatkan kesempatan. Program EKABIMA ini sangat mudah untuk dimanfaatkan untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Website ini dapat digunakan dalam jangka waktu panjang dan akan terus berguna untuk kepentingan sekolah, karena dengan adanya website apapun keperluan dari sekolah dan madrasah menjadi lebih mudah.

Namun selain manfaatnya yang melimpah Anda juga harus menjaga performa dari website itu sendiri. Lakukanlah pengecekan secara berkala terhadap performa website. Jangan lupa melakukan perpanjangan masa aktivasi hosting agar tidak terlambat, jika terlambat maka Anda akan membeli paket hosting yang baru. Selain itu perbarui tampilan website sekolah sesuai dengan keadaan sekolah waktu demi waktu.

Server Sekolah - Server E-Learning | Server Ujian Online | Server CBT

Related Post :

popup image