5+ Cara Menemukan Ide Bisnis dengan Mudah 2022

Startup & Bisnis / 0 | | 3

Salah satu cara memperoleh penghasilan adalah dengan berbisnis. Dengan menjadi pemilik bisnis, Anda mendapatkan kesempatan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dan penghasilan tak terbatas. Namun, Anda tentunya perlu ide bisnis untuk memulai. Bagaimana cara menemukan ide bisnis tersebut?

Mencari ide usaha bukanlah hal mudah. Anda butuh peka terhadap lingkungan sekitar dan banyak mencari tahu tentang berbagai kemungkinan ide usaha yang ingin Anda tekuni. Semuanya harus dipikirkan dengan matang agar bisnis Anda mampu bertahan di pasaran. Bagaimana cara menemukan ide bisnis yang tepat? Simak jawabannya di artikel ini, ya. 

Cara Menemukan Ide Bisnis dengan Mudah 2022

Menemukan ide bisnis adalah langkah awal untuk memulai usaha. Banyak orang yang ingin membangun bisnis sebagai resolusi awal tahun mereka, tapi beberapa diantaranya tak bisa mencapai resolusi ini karena belum menemukan ide bisnis yang tepat. Padahal, Anda bisa menemukan ide bisnis yang sesuai keinginan Anda dengan melakukan beberapa tips berikut. 

  1. Ikuti Tren

Segala hal yang berhubungan dengan tren pasti menjadi pembicaraan banyak orang. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung ketika mencari ide bisnis. Contoh tren yang berasal dari ide bisnis adalah minuman boba yang saat ini mudah ditemui di mana-mana. 

Namun, tidak semua tren dapat Anda jadikan peluang usaha, ya. Ada beberapa tren yang sifatnya sementara dan bisa saja hilang setelah beberapa waktu. Mengikuti tren yang seperti ini justru akan membuat usaha jadi sulit bertahan ketika trennya sudah lewat. 

Jika ingin mengikuti ide usaha seperti ini pun, Anda harus mempertimbangkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk balik modal dan mendapat keuntungan maksimal. 

  1. Pelajari Kesuksesan Pebisnis Lain

Saat mencari ide bisnis, Anda harus berkaca pada bisnis-bisnis lain yang ada di sekitar Anda. Bisnis seperti apa yang sukses? Apa yang mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan itu? Perhatikan dan pelajari agar bisa diterapkan di bisnis Anda kelak. 

Melihat kisah sukses pebisnis lain juga bisa membuat Anda lebih termotivasi, lho. Anda akan merasa lebih semangat dan tak mudah menyerah saat menghadapi kesulitan. Jika sudah mempelajarinya, Anda bisa menggunakan prinsip amati, tiru, modifikasi.

  1. Lihat Permasalahan di Sekitar Anda

Dalam keseharian, Anda pasti pernah mengalami suatu masalah. Jika lebih peka terhadap masalah-masalah ini, sebenarnya Anda bisa menjadikannya ide bisnis. Cara menemukan ide bisnis yang satu ini butuh sensitivitas yang baik dan pemikiran problem-solving yang senantiasa ingin mencari solusi untuk masalah tersebut. 

Salah satu bisnis yang lahir dari permasalahan yang dihadapi pendirinya adalah Netflix. Reed Hastings, pendiri Netflix, awalnya terinspirasi mendirikan perusahaan ini setelah ia diharuskan membayar denda karena terlambat mengembalikan DVD. 

Hastings kemudian berpikir bahwa harus ada bisnis yang memungkinkan orang-orang menonton film dengan mudah tanpa membayar denda, dari sanalah kemudian Netflix lahir dan tetap eksis hingga sekarang. 

Permasalahan yang Anda perhatikan tidak hanya yang terjadi pada diri Anda saja, lho. Bisa juga permasalahan yang dihadapi orang-orang terdekat atau lingkungan sekitar. Perhatikanlah apa yang kira-kira mereka butuhkan, kemudian sediakan solusi untuk kebutuhan atau malah tersebut. 

  1. Mulai dari Hobi

Hobi adalah sesuatu yang Anda sukai, karena itu setiap orang pasti memiliki pemahaman mendalam tentang hobinya masing-masing. Hal ini bisa Anda jadikan salah satu cara menemukan ide bisnis. Bayangkan mengelola bisnis yang berhubungan dengan hobi, pekerjaan jadi terasa lebih ringan, bukan? Anda pasti pernah mendengar istilah pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar. 

Contohnya, Anda memiliki hobi memancing. Maka salah satu ide bisnis yang bisa Anda coba adalah berjualan alat-alat pancing. Anda bisa mulai memasarkannya ke komunitas hobi yang Anda ikuti, pemasaran ini juga pasti lebih mudah karena Anda sudah mengenal dengan baik orang-orang di komunitas tersebut karena berbagi hobi yang sama. 

  1. Dapatkan Ide dari Pekerjaan Anda Sebelumnya

Kebanyakan pemilik bisnis pasti pernah bekerja sebelumnya. Apakah Anda juga demikian? Pengalaman kerja yang Anda miliki bisa Anda jadikan salah satu cara menemukan ide bisnis. Carilah ide yang berhubungan dengan tempat kerja Anda sebelumnya, lalu terapkan hal-hal yang baik dari bisnis tersebut ke bisnis Anda sendiri. 

Anda bisa mempelajari banyak hal dari tempat kerja Anda yang lama. Misalnya, Anda bisa menerapkan model bisnis yang sama, belajar dari kekurangan produk dan layanannya, atau bahkan memahami target marketinya. Namun, usahakan Anda tetap memiliki ide original yang memberi bisnis Anda value yang lebih dibandingkan pesaing lainnya. 

  1. Lihat Kekurangan Kompetitor 

Dalam menjalani bisnis, kompetitor adalah pihak yang harus Anda perhatikan dengan baik. Walaupun saling bersaing, bukan berarti Anda bisa mengabaikan keberadaannya begitu saja. Ketika sudah mendapatkan ide bisnis yang ingin Anda tekuni, langkah selanjutnya adalah memperhatikan kompetitor. 

Jika ingin produk Anda lebih unggul, tentunya Anda harus mengenali kekurangan kompetitor Anda. Catat apa saja kekurangan produk dan layanan mereka, apa yang bisa diperbaiki. Setelah itu, perbaiki kekurangan-kekurangan tersebut agar produk Anda lebih sempurna. 

  1. Lakukan Banyak Riset

Riset adalah hal yang wajib Anda lakukan sejak awal. Mulai dari proses cara menemukan ide bisnis, hingga saat Anda sudah menjalankan bisnis tersebut. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus terus berinovasi agar bisnis Anda mampu bertahan di pasaran.

Ada banyak cara untuk melakukan riset. Mulai dari mengamati orang lain, kompetitor, lingkungan sekitar, membaca buku, ikut kursus online dan webinar, membaca artikel-artikel terkait, hingga menonton video yang terkait dengan bisnis Anda. Ilmu yang Anda dapatkan tersebut bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda. 

Penutup

Demikianlah 7 tips cara menemukan ide bisnis yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat untuk memulai dan mengembangkan usaha Anda, ya. Menemukan ide bisnis yang tepat bisa membantu Anda mengelola usaha lebih baik ke depannya. 

Dalam menjalankan bisnis, kegiatan promosi juga sangat penting dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan memiliki website resmi di mana Anda dapat menawarkan produk-produk Anda. Website ini dapat membuat Anda menjangkau calon pelanggan dengan lebih luas. Untuk membuat website, Anda tentunya butuh layanan hosting dan domain yang handal. Seperti Cloud VPS dari IDCloudHost yang handal, cepat, dan mudah digunakan. Coba sekarang dan dapatkan free credit Rp 50.000,-! 

Related Post :