Cara Mengatasi Laptop MacBook (Apple) yang Hang atau Lambat Saat Digunakan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sama seperti laptop lainnya, MacBook juga pasti mengalami kendala seperti keyboard yang tiba- tiba berhenti berfungsi hingga hang atau lambat. Ada banyak alasan mengapa Anda Mac Anda, contohnya menjadi membeku atau MacBook Anda tidak mau menyala padahal sebelumnya tidak terjadi apa- apa. Sejauh yang Anda ingat, Anda tidak menemukan gejala yang mencurigakan sebelumnya.

Anda tentunya ingin memeriksa segala kemungkinan yang menyebabkan masalah ini dengan sesegera mungkin. Namun Anda tentunya harus membuat juga menjalankan berbagai pemeriksaan dan perubahan yang harus dilakukan agar Mac Anda boot dan mulai bekerja kembali. Ini juga bisa Anda lakukan sendiri dirumah karena biasanya beberapa masalah tidak terlalu rumit.

Baca terus untuk beberapa tips dan cara sederhana yang seharusnya membuat Mac Anda berfungsi kembali, dari hal-hal yang jelas seperti memeriksa koneksi daya, untuk melakukan siklus daya, memulai dalam mode pemulihan, dan memeriksa sistem file. Tetapi jika Mac Anda benar-benar mati setelah beberapa cara telah Anda tempuh, mungkin sebaiknya Anda mengirimkannya ke service khusus Apple.

 

Cara Mengatasi Laptop MacBook (Apple) yang Bermasalah

Cara Mengatasi Laptop MacBook (Apple) yang Hang atau Lambat Saat Digunakan
 

Apakah Mac Anda mulai menunjukkan tanda-tanda yang aneh, bertingkah atau mulai sering mengalami kendala tiba- tiba? Sebelum Anda mengirimnya kepada teknisi, mungkin ada beberapa perbaikan mudah untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa cara perbaikan untuk masalah- masalah umum MacBook yang menyebabkannya lambat.

 

Cara Mengatasi MacBook yang Tidak Mau Menyala

  • Periksa untuk melihat apakah MacBook dimatikan atau hanya layarnya saja. Apakah tombol Caps Lock masih menyala? Apakah menekan tombol daya membuat bunyi denting? Apakah keyboard terasa sedikit hangat? Jika semua jawabannya adalah YA, maka masalahnya mungkin ada pada layar MacBook Anda.
  • Jika MacBook Anda benar-benar mati dan menolak untuk menyala, maka periksa masalah daya laptop Anda. Apakah baterainya sudah diisi? Apakah laptop Anda berfungsi dengan kabel daya terpasang? Apakah kabel daya yang berbeda berfungsi? Ini menunjukkan adanya masalah dengan baterai atau kabel daya. Kemudian coba putuskan semua koneksi yang terpasang seperti mouse, perangkat seluler, dll jika memang solusi ini membantu memperbaiki masalah.
  • Tahan tombol Daya setidaknya selama 10 detik untuk memulai ulang perangkat MacBook Anda lalu tekan lagi tombol Daya untuk melihat apakah Mac menyala.
  • Hapus semua peningkatan manual yang terkadang peningkatan seperti memori baru dapat membekukan laptop dalam mode yang menyangkut permanen. Namun, jika Anda telah menambahkan memori atau kemampuan lain melalui pekerjaan eksternal atau internal, menghapus faktor upgrade dapat menyelesaikan masalah.

 

Baca Juga  :     Aplikasi untuk Rekam Layar / Screen Recorder Laptop Windows & Mac OS yang Gratis dan Terbaik

 

Cara Mengatasi MacBook yang Hang atau Lambat

  • Coba mulai ulang atau restart paksa dan lakukan langkah ini jika laptop tampak berfungsi tetapi layar tidak mau hidup. Tahan tombol Daya setidaknya selama 10 detik dan kemudian tekan lagi tombol Daya untuk melihat apakah layar menyala.
  • Update MacBook Anda dan gunakan solusi ini saat mengalami masalah dengan layar eksternal. Dengan kabel masih terpasang, klik System Preferences di Dock dan pilih Software Update. Jika Mac Anda kadaluarsa, instal pembaruan apa pun yang Anda lihat untuk firmware, Mac OS, atau operasi terkait lainnya.
  • Gunakan adaptor Apple mengingat MacBook Air tidak selalu berfungsi baik dengan adaptor layar kedua pihak ketiga.
  • Apabila MacBook Air Anda jelas menyala dengan adanya suara, cahaya latar, dll, tetapi layar benar-benar gelap yaitu dimatikan, tidak ada gerakan kursor mouse, mungkin pilihan terbaik satu-satunya adalah menghubungi teknisi resmi Apple.

 

Baca Juga  :    Cara Melakukan Screenshot Di Laptop Windows dan Mac OS (Macbook)

 

Cara Mengatasi MacBook yang Overheating

  • Cari aplikasi yang tersembunyi atau mungkin tidak terduga dengan mengklik Go (Buka) di bilah menu diikuti oleh Utilities (Utilitas), lalu buka Activity Monitor (Monitor Aktivitas). Tab pertama adalah CPU, yang menunjukkan jumlah waktu dan energi CPU yang digunakan setiap aplikasi yang terbuka. Jika ada yang aneh menggunakan banyak persentase CPU, matikan dengan mengklik namanya, lalu klik tombol Stop di pojok kiri atas aplikasi yang berupa tanda X di dalam segi delapan.
  • Jika kipas tidak berfungsi, Mac akan menjadi panas maka dari itu periksa kipas MacBook Anda. Dari suaranya, Anda dapat menentukan apakah kipas itu benar berputar, namun jika tidak, kipas mungkin sedang berjalan namun tidak pada kecepatan bising maksimum biasanya.
  • Periksa ventilasi yang terletak di bagian belakang di area engsel. Mengingat lokasinya, kotoran dapat terkumpul, menyumbat dan mencegah pembuangan panas yang tepat. Anda dapat ,rutin mencoba membersihkannya menggunakan bantuan udara bertekanan.
  • Jalankan Diagnostik Apple dengan mematikan Mac sepenuhnya dan lepaskan semua perangkat sekunder, seperti drive eksternal. Selanjutnya, tekan tombol Daya lalu segera tekan dan tahan tombol D. Lakukan ini sampai pemeriksaan Diagnostik Apple dimulai. Ini akan mencakup bilah kemajuan dan akhirnya memberikan Anda laporan notifikasi. Jika ada kesalahan, silahkan baca dengan cermat apa yang dikatakan kemudian tulis kode kesalahan dan petunjuknya. Klik Restart untuk kembali ke MacOS.
  • Casing dan cangkang pihak ketiga biasanya memiliki ventilasi di sepanjang bagian bawah untuk memungkinkan pembuangan panas yang tepat. Silahkan lepaskan casing atau cangkang untuk sementara waktu. Meskipun tidak mungkin menyebabkan masalah kepanasan, hapuslah untuk melihat apakah masalahnya hilang. Kualitas build dari shell atau casing tertentu mungkin menjadi penyebab masalah pada MacBook sehingga memerlukan penggantian.

 

Baca Juga :     Rekomendasi Antivirus Windows dan Mac OS Terbaik dan Gratis

 

Cara Mengatasi Aplikasi  MacBook  yang Macet

  • Jika MacBook Anda benar-benar tidak responsif, buka Dock dan klik kanan pada aplikasi untuk memunculkan opsi Force Quit (Paksa Berhenti), yang seharusnya dapat mematikannya. Jika Anda hanya melihat opsi Quit, tahan tombol Option, dan Quit akan berubah menjadi Force Quit. Mulai ulang aplikasi untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah.
  • Klik App Store di Dock, lalu pilih Update (Pembaruan) yang terdaftar di sebelah kiri. Pilih untuk menginstal pembaruan apa pun dari aplikasi Anda.
  • Matikan MacBook sepenuhnya yang merupakan salah satu opsi terbaik Anda jika seluruh komputer Anda macet. Tahan tombol Daya selama 10 detik, lalu lepaskan untuk mematikan secara paksa.
  • Apabila Anda baru saja memperbarui MacOS, aplikasi mungkin tidak lagi bekerja sama dengan versi baru. Ini membutuhkan pembaruan di pihak pengembang aplikasi.

 

Baca Juga  :     Cara Install dan Aktivasi Microsoft Office di Laptop Windows dan Mac OS

 

Cara Mengatasi MacBook Wi-Fi yang Mati

Cara Mengatasi Laptop MacBook (Apple) yang Hang atau Lambat Saat Digunakan
 

  • Matikan dan nyalakan Wi-Fi lalu kemudian sambungkan kembali ke jaringan lokal agar internet Anda terkoneksi kembali. Klik ikon Wi-Fi di bilah menu, diikuti oleh sakelar Wi-Fi di menu tarik-turun. Tunggu sebentar dan aktifkan kembali.
  • Masalah Wi-Fi biasa terjadi tetapi sangat sulit didiagnosis. Matikan modem, router, dan Mac, lalu hidupkan kembali dalam urutan itu. Cara ini akan membersihkan dan mengatur ulang jalan antara perangkat.
  • Perbarui MacOS karena pembaruan dapat membuat Wi-Fi Anda berfungsi kembali. Klik System Preferences di Dock dan pilih Software Update. Jika Mac Anda kedaluwarsa, instal pembaruan apa pun.
  • Sambungkan ke pita 5GHz jika memungkinkan yang meskipun jangkauannya lebih pendek, 5GHz tidak terlalu padat karen dengan beralih dapat membantu mengatasi masalah konektivitas. Untuk melakukannya, klik ikon Wi-Fi pada bilah menu dan pilih koneksi yang sesuai. Namun, metode ini memerlukan pita 5 GHz untuk memiliki SSID sendiri, yang tidak tersedia di beberapa router dan kit yang secara otomatis menyeimbangkan perangkat hanya dengan menggunakan satu SSID.

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap benda elektronik tidak terkecuali laptop seperti MacBook juga akan mengalami masa- masa yang menimbulkan masalah tersendiri. Mulai dari hang atau lambat secara tiba- tiba, layar yang membeku, tidak dapat di charging, aplikasi yang tidak dapat diakses, Wi-Fi yang terputus mendadak, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat lumrah dan sebagian diantaranya dapat diselesaikan sendiri tanpa harus mengirim MacBook Anda ke teknisi. Tetapi, sebaiknya lakukan upaya pencegahan dengan rajin mengecek kipas, kemungkinan kotoran yang menyumbat, update dan aplikasi yang belum divalidasi dan lain- lain. Tetapi jika MacBook Anda masih mengalami kendala, sebaiknya segera perbaiki ke teknisi resmi Apple.

Related Post :