Rekomendasi Antivirus Windows dan Mac OS Terbaik dan Gratis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Windows atau PC menjadi elektronik utama yang banyak dipakai saat ini. Kini Mac Os juga menjadi alternatif pilihan baru yang ditawarkan untuk lebih mudah dibawa kemana-mana. Kegunaannya pun beragam-ragam baik untuk pekerjaan dan media pembelajaran. Didalam Windows dan Mac Cenderung pengguna menggunakan banyak aplikasi, baik aplikasi bawaan maupun yang di install sendiri. Beberapa aplikasi inilah yang biasanya menyebabkan virus di Perangkat Anda.

Kemunculan virus pada komputer Anda tentu dapat membahayakan karena dapat menurunkan performa suatu komputer atau laptop. Virus pada komputer terus menerus didiamkan maka akan membahayakan kinerja komputer anda, khususnya akan sangat berbahaya data pada komputer anda. Terdapat banyak penyebab virus menyerang komputer. Dimana akibat dari virus komputer ini selalu menjadi masalah besar karena akan mengganggu kinerja komputer terutama untuk pengguna windows.

Oleh sebab itu, Maka perlu diatasi dengan Memberishkan atau menyapu bekas file-file yang tidak berguna dan menjadi sampah. Ini tidak cukup dengan merefresh windows maupun mac Anda saja namun menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda juga tidak perlu mengInstall ulang Windows atau Mac Anda karena hal ini dapat membuat hilang beberapa file. Cukup dengan Mendownload aplikasi pembersih virus. Ingin tahu apa saja rekemondasi antivirus windows terbaik. Simak ulasan berikut sampai selesai.

 

Mengenal Antivirus

 

Rekomendasi Antivirus Windows dan Mac OS Terbaik dan Gratis
 

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Saat ini ada banyak Alternatif pilihan Antivirus dan bentuk nya terus upgrade mengikuti zaman dan keperluan dari berbagai macam PC.

Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai, kit-akar, dan perangkat perusak lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna.

 

 

Baca Juga : Mengenal Aplikasi CloudX : Cara Install dan Fitur-Fitur CloudX Telkomsel [Lengkap] 

 

Jenis- Jenis Antivirus

 

Rekomendasi Antivirus Windows dan Mac OS Terbaik dan Gratis
 

Antivirus memiliki banyak macam. Hal ini dikarenakan bentuk windows yang semkin upgrade. Dan antivirus yang terus berkembang seiring zaman. Apalagi kini ada Mac Os yang pastinya akan menambah daftar baru antivirus yang beredar. Berikut beberapa jenis Antivirus :

 

  1. Antivirus trial (trial antivirus)
  2. Antivurs berbayar (paid antivirus):
  3. Antivirus gratis (free antivirus):
  4. Antivirus donasi (donation antivirus)

 

 

Baca Juga : Mengenal Aplikasi UMeetMe : Cara Install dan Fitur-Fitur UMeetMe Meeting [Lengkap] 

 

Cara Kerja Antivirus

Antivirus mempunyai cara kerja dengan cara pendektesian dimana. Dimana komputer akan mendeteksi virus yang masuk dan di bersihkan melalui jaringan yang tersambung pada Pc Anda berkut ulasannya :

  • Terdapat basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tetapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem.
  • Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan surel (email) secara massal terhadap daftar surel yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui surel), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature.

 

 

Baca Juga : Cara Setting APN Indosat, APN Telkomsel dan lainnya Tercepat & Stabil 2020 

 

 

Rekomendasi Antivirus Windows dan Mac OS Terbaik dan Gratis

Melihat ulasan diatas pasti Anda sudah tidak sabar mengetahui apa saja sih Antivirus untuk Windows dan Mac terbaik saat ini. Dan pada umumnya beberpa pengguna menginginkan Antivirus yang tidak hanya bagus tapi tentunya juga gratis. Berikut Ulasannya :

 

  • Sosphos

    Sophos benar-benar perangkat lunak yang canggih. Fitur ini banyak dipakai oleh pengguna Mac terutama ditahun 2020 dengan sosphos mengelola platform manajemen lokal sangatlah mudah (ada empat tombol dan hanya satu halaman). Mengonfigurasi perubahan pengaturan di situs web Sophos juga mudah dan cepat. Pengaturan dipisah berdasarkan fungsi, jadi semua yang terkait dengan perlindungan virus, perlindungan situs web, dan perlindungan privasi dikelola pada halaman terpisah. Menarik Bukan ?.

  • Avast Antivirus

    Avast Antivirus adalah salah satu antivirus terbaik yang gratis dan bisa diandalkan. Meskipun bebas biaya, software ini mampu mencegah serangan virus, malware, ransomware, dan phishing sebelum mereka sempat mempengaruhi perangkat Anda. Anti virus ini menjadi anti virus yang paling populer sebab kemampuannya dalam membunuh berbagai virus dan malware berbahaya sampai serangan dari hacker.

  • Avira

    Antivirus ini mendeteksi 100% sampel malware di perangkat saya saat saya melakukan pemindaian penuh. Dapat juga mengunggah ulang folder sampel malware pada PC dan menjalankan tiap program untuk menguji proteksi waktu nyatanya dan ini memblokir File sampah dan virus, Bahkan sampel ransomware yang canggih.

  • SmaDav

    Smadav merupakan antivirus yang sudah lama dipakai pengguna windows dan tentunya Anda sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini antara lain Smad-Lock dan SmaRTP. Smad-Lock merupakan folder yang berfungsi untuk mengamankan file dalam alat penyimpanan data dari serangan virus, sedangkan SmaRTP berfungsi untuk mencegah eksekusi file virus dari alat penyimpanan data.

 

Kesimpulan dan penutup

Antivirus memang sangat dibutuhkan bagi pengguna windows maupun mac. Jika komputer mereka tenganggu otomatis pekerjaan dapat tertunda. Apalagi ditengah banyaknya pekerjaan yang membutuhkan laptop seperti saat ini. Bebebrapa rekomendasi Antivirus diatas dapat Anda jadikan Alternatif pilihan untuk di pasang pada perangkat Anda. Situs Downloadnya pun kini sudah tersedia banyak pada browser dan Anda dapat mengisntall yang sendiri.

Apabila dirasa sangat memerlukan antivirus dengan fitur yang mumpuni dikarenakan terdapat berkas-berkas yang sangat penting dan menjaga kinerja komputer atau laptop tetap stabil. Pemasangan anti virus ini dapat dibilang wajib pada laptop atau komputer. Terdapat berbagai macam virus dari internet atau dari mana pun yang dapat menyebabkan laptop atau komputer Anda terkena virus. Ciri-ciri laptop atau komputer yang terkena virus adalah seperti sangat lambat, file dan folder hilang, aplikasi tidak bisa dibuka, blue Screen Of Death, banyak shortcut muncul.

 

 

Related Post :