Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Instagram

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Perkembangan sosial media yang semakin pesat dengan jumlah yang begitu banyak tidak lepas dari kebutuhan dan keinginan manusia akan media internet yang mengubah hampir semua hal yang bisa ditemui manusia di dunia nyata. Misalnya saja sekarang lagi marak sekali tren jual beli online sehingga bnyak masyarakat yang berbondong-bondong mengubah tindakan konsumsinya yang dulu biasa dilakukan offline sekarang berubah melalui internet. Selain itu, terdapat juga tren di masyarakat yang sudah cukup lama terjadi dan tetap eksis yaitu bersosial media.

Bersosial media seakan menjadi kebutuhan wajib bagi para generasi milenial dan Gen Z sekarang. Sosial media di zaman sekarang sudah menjadi hal untuk memenuhi kebutuhan hiburan, eksistensi diri, aktualisasi, dan masih banyak lagi. Penggunaan sosial media seiring berkembangnya waktu banyak dimanfaatkan untuk hal-hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan contohnya seperti sebagai platform jual beli, forum antar orang, tempat belajar, dan lain-lain. Namun, manfaat sosial media ini pula tidak lepas dari pemanfaatan sosial media yang tidak baik dan berpengaruh negatif bagi pelaku dunia maya.

Pastinya Anda sekarang menggunakan sosial media bukan? Bahkan mungkin sosial media yang dipakai pasti lebih dari satu platform, baik itu Instagram, Facebook, Snapchat dan lain- lain dan  merupakan hal yang wajar. Memang dalam pemakaiannya sendiri, sosial media sangatlah mudah dan ketika mengalami masalah pun seperti eror atau masalah yang paling umum seperti lupa password akun bisa diselesaikan dengan mudah sehingga hampir di semua platform sosial media hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Begitu juga di Instagram, platform sosial media yang penggunanya termasuk yang paling banyak di dunia. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi lupa password untuk akun Instagram.

 

Mengenal Apa Itu Instagram

Instagram platform paling hits yang banyak digandrungi anak muda ini sekarang menjadi salah satu platform sosial media yang mempunyai pengguna terbanyak. Disamping Facebook, Twitter, dan lainnya, Instagram memberikan sesuatu yang berbeda dibanding sosial media lainya dan kelebihan tersebut memberikan keunikan sendiri bagi Instagram. Hal ini terbukti saat Facebook bersedia mengakuisisi Instagram seharga 1 Milliar US Dollar meski pada mulanya Instagram dikembangkan oleh sebuah startup Burbn.Inc yang dipimpin oleh Kevin Systrom dan Mike Kriegrer.

Saat awal peluncurannya Instagram langsung mendapatkan antusias yang luar biasa bagi pengguna sosial media. Ketika rilis pertama kalinya platform ini di launch hanya untuk pengguna IOS saja. Awalnya aplikasi ini memiliki fitur yang banyak, namun seiring perkembangannya fitur-fitur platform ini banyak yang dipangkas selang tidak begitu lama saat pertama kali Instagram, di rilis, yaitu tepatnya 10 bulan kemudian. Instagram, sudah mendapatkan jumlh pengguna mencapai 8 juta orang dengan unggahan foto sebanyak 150 juta orang dan hngga saat ini sudah tercatat pengguna sosial media Instagram mencapai lebih dari 1 Miliar orang,  jumlah yang sangat fantastis bagi sebuah sosial media.

Dengan jumlah yang begitu banyak tersebut tentunya Instagram berjuang keras untuk selalu melakukan inovasi-inovasi mengenai fitur yang ada di dalam platformnya. Banyak sekali fitur unggulan yang akhirnya tercipta seiring perkembangan Instagram, misalnya seperti Instagram Stories yang banyak digunakan oleh penggunanya untuk mengupdate kegiatan sehari-hari, info-info terbaru dan masih banyak lagi. Instagram Explore juga merupakan fitur andalan Instagram dimana pengguna bisa mengetahui postingan akun yang tidak dikenal namun memiliki followers dengan jumlah yang banyak atau juga sesuai dengan lokasi terdekat.

Fitur satu lagi yang menjadi jagoan instagram adalah Instagram Live. Dengan fitur ini pengguna bisa menyiarkan aktivitas sehari-harinya dan selain itu, fitur ini juga bisa digunakan secara kolaborasi 2 orang. Begitukah  tadi penjelasan singkat  mengenai Instagram yang merupakan platform berbasis Android, IOS, dan Windows Phone yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit, menampilkan, memposting foto maupun video di lini masa Instagram Anda,

 

Baca Juga :      Instagram for PC : Cara Download, Install, dan Menggunakannya

 

Penyebab Lupa Akun Instagram

Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Instagram
 

Sebelum menggunakan akun Instagram penggunanya diwajibkan untuk memilih username dan password. Username atau nama akun instagram ini biasanya bebas di kostumisasikan sesuai keinginan pengguna, begitu juga dengan password Instagram, mengenai password yang dicantumkan pengguna diberi kebebasan untuk menuliskannya. Akan tetapi syarat yang berlaku biasanya password Instagram haruslah kuat dan pemilihan password yang kuat ini menghindari akun kendalikan atau diblok oleh orang tidak dikenal.

Kadangkala seseorang karena terlalu parno memberikan password Instagram yang sulit dituliskan dan sulit dinggat bahkan untuk dirinya sendiri dan hal ini memungkinkan pengguna nantinya kesulitan apabila di minta unutk login lagi. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan password yang mudah diingat dan dipahami oleh diri sendiri. Selain itu, disarankan untuk mencatat atau menyimpan password pada sebuah file di perangkat yang digunakan. Terdapat juga kasus yang sering terjadi penyebab lupa akun instagram ini, yaitu akun yang sudah lama tidak digunakan dan bisa jadi karena lama sekali tidak menggunakan akun Instagram pengguna akan lupa untuk masuk kembali.

 

Baca Juga :      Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Mengatasi Lupa Password Instagram

Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Instagram
 

Bagi siapapun yang mengalami lupa password di akun Instagramnya tidak perlu bingung maupun resah sebab Instagram memberikan solusi yang mudah untuk mengembalikan Instagram pengguna. Cara yang dilakukan adalah dengan mereset kembali password Instagram pengguna. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mereset password Instagram pengguna, yaitu dapat melalui Email, Nomor Telepon, dan Akun Facebook.

Email dan Nomor Telepon ini maksudnya adalah email dan nomor yang digunakan dulu pada waktu pertama kali mendaftar akun Instagram. Sedangkan, Akun Facebook ini adalah akun yang terhubung dengan Instagram. Dibawah ni adalah penjelasan mengenai cara mengatasi lupa password di Instagram.

 

  • Cara Mengatasi Lupa Password Instagram dengan Email

    Cara yang pertama ini menggunakan email yang sudah terdaftar pada akun Instagram. Langkah pertama yang dilakukan Install terlebih dahulu aplikasi Instagram di Smartphone melalui Apps Store atau Play Store. Setelah itu Buka Aplikasi, pada halaman log in ini pilih Bantuan Untuk Masuk. Klik kemudian akan tampil halaman dimana Anda harus mengisi email, no telepon, atau nama akun instagram anda yang pernah didaftarkan waktu dulu. Jika sudah terdapat beberapa opsi yaitu Email, Nomor Telepon, dan Facebook.
     

    Pilih Email, ketika Anda memilih Email, Instagram akan mengirimkan link ke alamat Email Anda. Selanjutnya buka Email Anda, Klik pesan yang diberikan Instagram. Berikutnya ini adalah proses akhir untuk mereset password Instagram yang baru. Masalah yang biasanya terjadi pada saat mereset kembali menggunakan email ini. Email yang dikirim instagram tidak muncul, namun jangan khawatir Anda bisa melihat pesan email tersebut di dalam folder spam.

  • Cara Mengatasi Lupa Password Instagram dengan No Telepon

    Cara yang kedua untuk mengatasi lupa password Instagram adalah dengan menggunakan nomor telepon yang terdaftar. Langkah-langkah yang dilakukan sama dengan menggunakan email sebelumnya. Pertama, masuk aplikasi Instagram yang sudah terinstall di Smartphone. Klik, Bantuan Untuk Masuk, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mencari nama akun Anda yaitu dengan mengetikkan nomor, email, maupun nama akun Instagram yang terdaftar. Pilih Opsi Nomor Telepon. Selanjutnya Instagram akan mengirimkan link merubah password melalui pesan teks atau SMS.

  • Cara Mengatasi Lupa Password Instagram dengan Facebook

    Langkah-langkah yang digunakan selanjutnya adalah dengan cara menggunakan akun Facebook yang terintegrasi dengan akun Instagram yang digunakan. Semenjak Instagram diakuisisi Facebook pada tahun 2012, hal ini tentunya berdampak pada fitur-fitur di Instagram. Langkah yang dilakukan juga sama yakni pilihlah opsi Facebook setelah memasukkan nama akun, nomor telepon, maupun email. Maka, Anda akan diminta untuk login ke dalam akun Facebook Anda. Jika sudah login setelah itu anda akan diarahkan ke dalam halaman reset password.

  • Cara Mengatasi Lupa Password Instagram dengan WhatsApp

    Lalu ada yang layanan reset password yang diberikan Instagram selain layanan-layanan di atas, yaitu dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. WhatsApp ini juga merupakan aplikasi dibawah naungan Facebook jadi merupakan hal yang lumrah jika Anda bisa mereset Password Instagram melalui WhatsApp. Pilih, kirim melalui WhatsApp. Maka setelah itu Instagram akan mengirim Link yang akan diarahkan pada halaman reset password.

 

Baca Juga :      Tutorial Cara Mendaftar Akun Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Cara mengatasi lupa password di Instagram memiliki banyak cara yaitu bisa dilakukan melalui email, SMS, WhatsApp, dan juga Facebook da cara yang ditempuh pun sangatlah mudah sehingga Anda tidak perlu bingung dan pusing untuk mereset password akun Instagram Anda. Dengan hitungan menit saja akun Instagram Anda bisa kembali dan Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur keren yang dimiliki Instagram yang membuat platform ini  memang tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu platform sosial media yang paling digemari di dunia.

Fitur-fitur seperti Instagram Live, Instagram Explore, Instagram Stories banyak digandrungi oleh kaum milenial maupun Gen Z mengingat banyak penggunaan Instagram ditunjukkan untuk meningkatkan eksistensi diri di depan orang banyak. Biasanya banyak dari pengguna Instagram yang mengabadikan momen yang berkualitas di lini masa Instagram mereka. Demikianlah artikel tentang cara mengatasi lupa password atau kata sandi di Instagram.

Related Post :

popup image