Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Berkembangnya teknologi saat ini membuat segala kebutuhan dan keperluan dalam kehidupan manusia semakin tercukupi dengan mudah. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi tersebut seperti compress video. Compress video atau yang lebih dikenal dengan mengecilkan video dapat mempermudah Anda dalam mengecilkan ukuran video sesuai dengan keinginan.

Namun permasalahannya, bagaimana cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dan ketajaman dari video itu sendiri? Jangan sampai, cara yang Anda lakukan hanya malah ikut mengurangi/mengecilkan kualitas video yang sebelumnya tajam menjadi buram. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengecilkan ukuran video dengan tepat.

Dengan begitu, berapapun ukuran video Anda akan dikecilkan tidak akan mempengaruhi kualitas dari video itu sendiri. Mengingat video yang di resize akan turut mempengaruhi kualitas tontonnnya nanti. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya mengecilkan ukuran video dan tetap memerptahankan kualitasnya, maka simak ulasan selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

 

Bagaimana Cara Mengecilkan Ukuran Video

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah
 

Video merupakan sebuah hasil/tampilan dari teknologi yang dapat menangkap, merekam, mengolah, kemudian mentransmisikan gambar dengan disertai gerak dan suara. Dari hasil rekaman tersebut nantinya dapat bermanfaat bagi manusia, baik itu untuk promosi produk/jasa, membagikan momen sehari-hari, dan masih banyak lagi. Sayangnya saat merekam sebuah video tersebut tak jarang Anda akan mendapatkan hasil video dengan ukuran yang besar.

Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk mengecilkan ukuran video. Lalu, bagaimana cara mengecilkan ukuran video tersebut? Saat ini tersedia banyak aplikasi yang bisa Anda pakai untuk mengecilkan ukuran video bahkan beberapa video tersebut bahkan bisa Anda pakai secara gratis atau tanpa biaya. Dengan begitu, video Anda yang memiliki ukuran besar pun dapat dikecilkan tanpa perlu mengurangi kualitas gambar yang ada. Lantas, apa saja aplikasi untuk mengecilkan video tersebut? Di bawah ini beberapa aplikasi beserta cara mengecilkan ukuran video yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

 

5 Cara Mengecilkan Ukuran Video dengan Aplikasi

Cara mengecilkan ukuran video sebenarnya sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di bawah ini :

 

  • Movie Maker

    Saat membuat video, tak jarang Anda mendapati hasil ukuran yang sangat besar. Untuk itu, Anda bisa mengetahui cara mengecilkan ukuran video dengan menggunakan aplikasi Movie Maker. Aplikasi ini umumnya digunakan bagi Anda yang memang belum terlalu mahir dalam hal edit video. Untuk aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi bawaan komputer dengan OS Microsoft. Dengan begitu, Anda tak hanya dapat mengecilkan ukuran video saja akan tetapi juga melakukan beberapa langkah editing lainnya. Seperti memotong video, memasukkan suara, menambahkan efek-efek cantik, dan masih banyak lagi.
     
    Berikut cara mengecilkan ukuran video lewat Movie Maker :

    1. Buka aplikasinya terlebih dahulu.
    2. Klik Add Video pada pilihan menu lalu pilih video yang ingin Anda kecilkan ukurannya
    3. Klik File pada menu lanjut dengan klik Save Movie. Lalu beri nama video baru dan klik Simpan Video.
    4. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses penyimpanan berhasil dilakukan. Jika sudah, maka secara otomatis ukuran video Anda akan mengecil tanpa berkurang kualitasnya.
  • YouCut

    Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah YouCut. Aplikasi berbasis Android ini dapat Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran video pada Android secara gratis. Berikut cara mengecilkan ukuran video lewat YouCut :

    1. Download terlebih dulu aplikasinya
    2. Buka aplikasi kemudian klik ikon + pada menu layar. Selanjutnya Anda bisa pilih video mana yang ingin dikecilkan ukurannya.
    3. Jika sudah, maka Anda akan mendapatkan tampilan editing pada aplikasi. Dengan begitu, Anda bisa mengecilkan ukuran sekaligus mengedit video sesuai dengan keinginan.
    4. Klik Simpan dan pilih kualitas video yang diinginkan lalu tekan Kompress.
    5. Terakhir, tunggu saja aplikasi selesai melakukan proses lalu simpan video pada gallery.

     
    Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

  • VidCompact

    Aplikasi compress video ini juga bisa Anda gunakan melalui Android. Apabila Anda ingin mengecilkan ukuran video lewat aplikasi VidCompact maka unduh dulu aplikasinya. Kemudian, berikut cara mengecilkan ukuran video selengkapnya :

    1. Buka aplikasi VidCompact
    2. Pilih menu Trim & Compress, kemudian pilih video yang ingin Anda kecilkan ukurannya.
    3. Selanjutnya pilih juga resolusi video sesuai keperluan. Umumnya mulai dari 240p sampai 480p.
    4. Klik Compress Video lalu klik Save to Galery untuk menyimpannya.
  • Video Compressor

    Selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dengan menggunkan aplikasi video compressor. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk Android dengan cara berikut:

    1. Download dulu aplikasi Video Compressor
    2. Tentukan video yang ingin Anda kecilkan
    3. Lanjutkan dengan memilih kualitas (besar, medium atau kecil)
    4. Kemudian klik Compress dan Simpan
  • Timbre

    Merupakan aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran video secara multifungsi. Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa khawatir mengurangi kualitas saat proses compress dilakukan. Berikut beberapa cara kompressnya :

    1. Install aplikasi Timbre pada telepon dan buka jika sudah.
    2. Pilih Resize dan sesuaikan dengan resolusi video yang Anda inginkan.
    3. Selanjutnya pilih Export Options untuk menentukan lokasi penyimpanan. Anda juga bisa
    4. menambahkan/mengganti nama baru dari video tersebut.

    5. Jika sudah, maka tekan tombol merah agar proses compress dapat berjalan.
    6. Jika terdapat pop-up tentang perubahan resolusi video, maka pilih Save agar proses berlanjut.

Kelima cara di atas bisa Anda lakukan dengan langkah yang cukup simple dan mudah. Anda juga bisa mengecilkan ukurannya dengan cepat. Selain cara mengecilkan video di atas, Anda juga bisa compress video lewat beberapa website di bawah ini.

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Android dan IOS (Smartphone)

 

Cara Mengecilkan Ukuran Video Online Lewat Website

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah
 

Apabila Anda ingin mengecilkan ukuran video tanpa menggunakan aplikasi, maka Anda juga bisa melakukannya secara online lewat beberapa situs. Di bawah ini beberapa situs tersebut :

 

  • Aconvert(dot)com

    Situs ini menyediakan layanan compress video serta beberapa layanan pendukung lain. Seperti konversi dokumen, audio, icon, foto, ebook, dan lainnya. Untuk cara mengecilkan ukuran video lewat situs ini bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah berikut:

    1. Masuk ke situs www(dot)aconvert(dot)com/video.
    2. Kemudian browse file video yang Anda ingin kecilkan ukurannya.
    3. Cek kolom Options lalu ubah dengan Change size, bitrate or frame rate.
    4. Lalu atur ukuran video yang diinginkan.
    5. Pilih Convert Now dan tunggu proses kompres selesai dilakukan.
    6. Pilih logo Save agar video dapat tersimpan.
  • Videosmaller(dot)com

    Anda juga bisa menggunakan situs ini untuk melakukan compress video. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Buka situs berikut www(dot)videosmaller(dot)com.
    2. Kemudian tekan browse file.
    3. Jika sudah tentukan pengaturan lanjutannya atau Anda juga bisa melewatinya jika dirasa tidak perlu.
    4. Selanjutnya klik Upload Video .
    5. Terakhir Download video yang sudah selesai dikompres.

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan video yang bisa Anda bisa mencoba beberapa cara di atas dengan mudah dan cepat tanpa perlu dipusingkan lagi mengenai video yang berukuran besar. Beberapa cara mengecilkan size video di atas hanya sebagai salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan. Pasalnya, tak semua orang memang memiliki penyimpanan yang memadai sehingga file video pun perlu dikecilkan ukurannya.

Namun, apabila Anda menginginkan lokasi penyimpanan yang cukup besar, maka tidak ada salahnya untuk memilih penyimpanan berbasis cloud. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan proses compress video dan kualitas video Anda juga akan tetap terjaga. Anda juga akan mudah dalam menghemat memori pada ponsel, laptop, maupun PC.

Related Post :