Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Pada tahun 2020, aplikasi pengeditan video terbaik berarti Anda tidak perlu memiliki komputer desktop yang canggih untuk mengedit rekaman Anda. Apakah Anda sedang mengedit video media sosial, video YouTube, iklan, acara TV atau film, sekarang Anda dapat melakukan banyak pengeditan video di ponsel atau tablet Anda saja. Ini tentu lebih praktis dan cepat karena Anda bisa melakukannya secara mobile.

Tersedia untuk iOS, Android atau kedua platform, aplikasi di daftar ini akan mengubah perangkat Anda menjadi suite pengeditan mini. Anda dapat menggunakan banyak dari mereka dalam kombinasi dengan perangkat lunak desktop atau menyimpan semuanya di dalam aplikasi. Aplikasi pengeditan video terbaik menawarkan pilihan fitur canggih, dalam antarmuka sederhana yang mudah digunakan di layar sentuh kecil.

Aplikasi pengeditan di ponsel cenderung jauh lebih murah daripada perangkat lunak desktop juga. Pada tahun 2020, ada banyak variasi alat pengeditan video di pasaran, dan masing-masing menawarkan sesuatu yang berbeda untuk tujuan dan tingkat keahlian yang berbeda pula. Jadi untuk membantu Anda memilih di antara mereka, posting ini mengumpulkan aplikasi pengeditan video terbaik yang tersedia saat ini, baik berbayar maupun gratis.

 

Mengenal Edit Video dan Tipe- tipenya

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)
 

 

Pengeditan video adalah manipulasi dan pengaturan pengambilan video. Pengeditan video digunakan untuk menyusun dan menyajikan semua informasi video, termasuk film dan acara televisi, iklan video, dan esai video. Pengeditan video telah mengalami demokratisasi secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir dengan perangkat lunak pengeditan yang tersedia untuk komputer pribadi.

Mengedit video bisa jadi sulit dan membosankan, sehingga beberapa teknologi telah diproduksi untuk membantu orang dalam tugas ini. Perangkat lunak pengeditan video berbasis pena dikembangkan untuk memberi cara yang lebih intuitif dan cepat untuk mengedit video. Meskipun awalnya edit video lebih banyak digunakan untuk pekerjaan yang profesional, namun saat ini siapa saja bisa membuat video mereka sendiri dan mengeditnya melalui komputer maupun smartphone. Sedangkan tipe- tipe video editing adalah :

 

  • Pengeditan video linier menggunakan pita video dan diedit dengan cara yang sangat linier. Beberapa klip video dari kaset yang berbeda direkam ke satu kaset dalam urutan kemunculannya.
  • Sistem pengeditan non-linier (NLE) memungkinkan video diedit pada komputer dengan perangkat lunak khusus. Proses ini tidak merusak rekaman video mentah dan dilakukan dengan menggunakan program seperti DaVinci Resolve, Avid Media Composer, Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro.
  • Pengeditan offline adalah proses di mana footage mentah disalin dari sumber aslinya, tanpa mempengaruhi stok film atau video tape asli. Setelah pengeditan selesai, media asli kemudian dirakit kembali dalam tahap pengeditan online.
  • Pengeditan online adalah proses memasang kembali pengeditan ke video resolusi penuh setelah pengeditan offline dilakukan. Tipe dan cara editing ini biasanya dilakukan pada tahap akhir produksi video.
  • Pengeditan berbasis cloud adalah proses memanfaatkan internet untuk bekerja dengan konten dari jarak jauh, secara kolaboratif, atau yang bersifat waktu-kritis seperti mengedit acara olahraga langsung secara real-time menggunakan proxy video (salinan resolusi lebih rendah) dari materi asli.
  • Pencampuran visi digunakan saat bekerja dalam lingkungan produksi televisi dan video langsung. Mixer visi digunakan untuk memotong umpan langsung yang berasal dari beberapa kamera secara real time.

 

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik Smartphone

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)
 

Karena kamera di ponsel saat ini sudah sangat canggih, mengapa tidak memanfaatkannya dengan merekam beberapa konten dan mengeditnya dengan salah satu aplikasi editor video terbaik untuk Android? Baik Anda mengedit video untuk TikTok, atau hanya membuat video pribadi, ada aplikasi editor video yang tersedia untuk setiap orang dan setiap situasi.

Berikut rekomendasi aplikasi edit video terbaik yang bisa Anda download dan gunakan di perangkat mobile Anda.

 

  • Inshot

    Platform: iOS, Android | Multi-track editor: No | Export directly to YouTube: Yes | 4K support: No
     

    Salah satu aplikasi pengeditan video terbaik jika Anda menghabiskan banyak waktu online, Inshot adalah editor gambar dan video HD all-in-one untuk iOS dan Android yang sangat diarahkan untuk membuat klip untuk media sosial. Muncul, misalnya, dengan ukuran kanvas yang bisa disesuaikan untuk segala hal mulai dari IGTV hingga TikTok.
    Dengan antarmuka yang jelas dan menarik, aplikasi ini membuatnya mulus dan mudah untuk mengimpor, memotong dan mengedit klip Anda bersama-sama, dan kemudian menambahkan filter, stiker, keterangan, emoji, dan hal-hal menyenangkan lainnya di atas, serta musik dan efek suara gratis ke audio. Jadi, meskipun ini bukan salah satu aplikasi pengeditan video yang paling profesional karena hanya benar-benar untuk membuat video sosial, aplikasi ini cukup kuat dan mumpuni.

  • Power Director

    Platform: Android, iOS | Multi-track editor: Yes | Export direct to YouTube: Yes | 4K support: Yes (with in-app purchase)
     

    PowerDirector Cyberlink adalah sejenis Android yang setara dengan iMovie meskipun aplikasi ini juga tersedia untuk iOS. Antarmuka aplikasi yang mudah digunakan memungkinkan Anda mengatur dan mengedit adegan Anda pada garis waktu, serta menambahkan judul dan transisi. Ada juga pilihan efek yang bagus, kemampuan untuk menambahkan musik latar dan sulih suara, pembuat kolase foto, dan dukungan untuk gerakan lambat. Kelemahan dari versi gratisnya adalah Anda akan memiliki watermark yang ditambahkan ke video Anda. Tetapi pembelian dalam aplikasi $ 5 satu kali saja akan menghapus watermark ini, serta memungkinkan Anda mengekspor pada 1080p daripada 720p.
     

    Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

  • Filmmaker Pro

    Platform: iOS | Multi-track editor: No | Export direct to YouTube: No | 4K support: Yes
     

    Filmmaker Pro adalah pilihan bagus lainnya untuk pengeditan video level pro di iPhone Anda. Aplikasi pengeditan video tercanggih ini hadir dengan 30 filter luar biasa, misalnya, 17 transisi dan sulih suara berbantuan Audiometer. Aplikasi ini menawarkan penilaian video, dukungan layar hijau yang luar biasa, hampir 200 font berbeda untuk hamparan teks Anda dan alat canggih seperti kunci chroma,
    Namun perlu diperhatikan bahwa, seperti banyak aplikasi lain, aplikasi ini gratis untuk diunduh, tetapi tidak memberi Anda rangkaian fitur lengkap yang untuk itu Anda akan diarahkan ke pembelian dalam aplikasi. Selain juga menandai video Anda, dan jika Anda ingin menghapusnya maka Anda perlu langganan bulanan atau tahunan. Dengan kata lain, anggap ini sebagai aplikasi berbayar, berbasis langganan, dan perlakukan unduhan gratis pada dasarnya sebagai versi uji coba gratis.

  • Apple Clips

    Platform: iOS | Multi-track editor: No | Export direct to YouTube: Yes | 4K support: No
     

    Salah satu aplikasi pengeditan video yang lebih ringan dan menyenangkan adalah Apple Clips yang memungkinkan Anda membuat dan mengirim pesan video atau menceritakan kisah video dengan filter, teks animasi, musik, emoji, dan stiker. Terutama ditujukan untuk pengguna anak-anak dan keluarga, produk ini ringan dan mudah digunakan. Namun, pembaruan berturut-turut terus mendorongnya sedikit lebih dekat untuk menjadi aplikasi pengeditan video yang lebih serius.

  • FilmoraGo

    Platform: Android | Multi-track editor: No | Export direct to YouTube: Yes | 4K support: No
     

    Jika Anda pengguna Android yang mencari cara sederhana dan praktis untuk mengedit video online yang tidak memerlukan proses belajar yang rumit, FilmoraGo layak untuk dicoba. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan dapat membantu membuat video Anda terlihat sangat profesional berkat berbagai filter dan efek bertema. Tidak seperti penggunaan via desktop, FilmoraGo ini juga gratis untuk diunduh, dan tidak akan memberi watermark atau menempatkan batas waktu pada klip Anda, jadi patut dicoba. Memang, beberapa pembelian dalam aplikasi tersedia, seperti lagu dan efek, tetapi video Anda dapat bekerja dengan baik tanpanya, dan iklan internal juga tidak terlalu mengganggu.

  • KineMaster Pro

    Platform: Android | Multi-track editor: Yes | Export directly to YouTube: Yes | 4K support: Yes
     

    Ketika berbicara mengenai pengeditan video khusus Android, KineMaster adalah yang terbaik diantara pesaingnya. Kuat dan serbaguna, alat tingkat profesional ini memungkinkan Anda untuk merekam, mengedit, dan mengekspor rekaman Anda semua di ponsel atau tablet Anda tanpa harus mengorbankan kualitas. Dengan KineMaster Anda dapat memotong klip video dan lapisan secara tepat pada perincian bingkai demi bingkai, sementara waktu klip audio dapat disesuaikan dengan akurasi sub-bingkai.
    Aplikasi beberapa lapisan video (pada perangkat Android yang didukung), gambar dan teks, serta audio multi-track. Selain itu, dikemas dengan fitur-fitur canggih, termasuk pratinjau edit instan, kontrol volume envelope yang tepat, filter LUT warna, kontrol kecepatan, pengomposisian kunci chroma, dan transisi 3D. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, tetapi perhatikan bahwa Kine Master menambahkan watermark ke video, yang harus Anda keluarkan untuk menghapusnya. Anda juga perlu berlangganan untuk dapat mengekspor pada 1080p atau 4K.

 

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

 

Kesimpulan dan Penutup

Meskipun ada banyak sekali perangkat lunak pengeditan video yang tersedia untuk PC, aplikasi editor video gratis untuk ponsel pintar Android dan iOS juga dapat ditemukan dan diunduh di Play Store masing- masing. Aplikasi edit video ini meskipun dioperasikan melalui mobile, tetap menawarkan kenyamanan penggunaan. Selain itu aplikasi edit video versi smartphone juga mempunyai koleksi fitur yang luar biasa tidak kalah dari versi desktopnya.

Kelebihan lainya adalah pengguna bisa bekerja dari mana saja dengan perangkat pintar mereka yakni tablet dan smartphone. Walaupun tidak sebesar dan serumit mengedit melalui laptop, mengedit video melalui smartphone pun tak kalah hebatnya. Pengguna dapat memilih aplikasi edit video yang sesuai dengan style dan keperluan mereka serta kemudian dapat melakukan pengeditan yang menarik melalui layar ponsel mereka.

Related Post :