Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Apa perangkat lunak pengeditan video terbaik yang dapat Anda unduh hari ini? Ini akan sangat tergantung untuk apa Anda menggunakannya dan tingkat keterampilan dan pengalaman Anda. Misalnya, perangkat lunak yang tepat untuk profesional pembuat film dengan Mac berkekuatan tinggi tidak akan sama dengan perangkat lunak pengeditan video terbaik untuk YouTuber pemula yang ingin mengedit footage di ponsel cerdas mereka.

Kabar baiknya saat ini ada banyak software mau pun aplikasi edit video yang beragam mulai dari tahap pemula hingga untuk profesional sekalipun. Bahkan Anda juga dapat memilih menggunakan versi gratis atau versi berbayar yang lebih advance dengan tawaran kelebihan fitur- fitur tersendiri. Meski Anda tidak mempunyai budget sama sekali, jangan putus asa karena Anda akan tetap dapat menemukan perangkat lunak pengeditan video gratis terbaik juga dan versi gratis ini juga memiliki fitur pengeditan video yang sangat canggih.

Jadi dalam panduan rekomendasi aplikasi edit video ini akan memberikan Anda pilihan perangkat lunak berkualitas tinggi untuk berbagai situasi, dan memberi Anda pengetahuan yang Anda butuhkan untuk memutuskan mana yang terbaik untuk Anda. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan Anda atau budget Anda sekalipun. Mari simak rekomendasi aplikasi edit video terbaik dan terbaru untuk laptop & PC berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Edit Video

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC
 

 

Pengeditan video adalah proses memanipulasi dan mengatur ulang hasil jepretan video untuk membuat karya baru. Pengeditan biasanya dianggap sebagai salah satu bagian dari proses pasca produksi dan tugas pasca produksi lainnya termasuk judul, koreksi warna, pencampuran suara, dll. Banyak orang menggunakan istilah editing untuk mendeskripsikan semua pekerjaan pasca produksi mereka, terutama dalam situasi non-profesional. Apakah Anda memilih untuk pilih-pilih tentang terminologi terserah Anda.

Jadi dengan kata lain edit video bermakna :

 

  • Menata ulang, menambah dan / atau menghapus bagian klip video dan / atau klip audio.
  • Menerapkan koreksi warna, filter, dan peningkatan lainnya.
  • Membuat transisi antar klip.

 

Baca Juga :     Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Kegunaan Edit Video

Ada banyak alasan untuk mengedit video dan pendekatan pengeditan Anda akan bergantung pada hasil yang diinginkan. Sebelum memulai, Anda harus menentukan dengan jelas tujuan pengeditan Anda, yang dapat mencakup salah satu dari berikut ini :

 

  • Menghapus rekaman yang tidak diinginkan

    Ini adalah tugas paling sederhana dan paling umum dalam pengeditan. Banyak video yang dapat ditingkatkan secara dramatis hanya dengan membuang bagian yang cacat atau tidak diinginkan.

  • Untuk memilih rekaman terbaik

    Adalah umum untuk merekam lebih banyak rekaman daripada yang sebenarnya Anda butuhkan dan hanya memilih bahan terbaik untuk pengeditan akhir. Seringkali Anda akan mengambil beberapa versi (pengambilan) dari sebuah bidikan dan memilih yang terbaik saat mengedit.

  • Menciptakan alur

    Kebanyakan video memiliki tujuan seperti bercerita atau memberikan informasi. Pengeditan adalah langkah penting dalam memastikan video mengalir dengan cara agar dapat mencapai tujuan dan alur yang diinginkan.

  • Menambahkan efek, grafik, musik, dll

    Ini sering kali merupakan bagian yang menarik dari pengeditan. Anda dapat meningkatkan sebagian besar video (dan bersenang-senang) dengan menambahkan elemen tambahan baik itu efek suara, musik, warna dan lain- lain.

  • Mengubah gaya, kecepatan, atau mood video

    Editor yang baik akan dapat membuat petunjuk suasana hati yang halus dalam video. Teknik seperti musik suasana hati dan efek visual dapat mempengaruhi reaksi penonton. Oleh karena itu proses editing video sangat berpengaruh dalam menyampaikan mood yang tepat.

  • Memberikan video angle tertentu

    Video dapat disesuaikan untuk mendukung sudut pandang tertentu, menyampaikan pesan atau melayani agenda. Biasanya disinilah proses editing video lebih banyak diperhatikan dan dicermati mengingat sudut angle yang diinginkan harus menunjang video kesleruhan.

 

Baca Juga :     Kumpulan Aplikasi Edit Video Profesional yang GRATIS Untuk Android dan iOS

 

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC
 

Apakah Anda menggunakan laptop terbaik untuk mengedit video atau hanya bekerja di ponsel Anda, dan apakah Anda benar-benar pemula atau veteran industri, Anda tentu menginginkan aplikasi editing yang mendukung. Kriteria sederhananya adalah membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan alur kerja Anda lebih cepat. Jadi, baca terus untuk menemukan perangkat lunak pengeditan video terbaik untuk Windows, Mac, Android dan iOS yang tersedia saat ini.

 

  • Adobe Premiere Pro

    Platform: Windows and Mac | Key features: Multi-cam editing, 3D editing | Free trial: Yes | Sesuai untuk : Video editing professional dan siswa
     

    Adobe Premiere Pro adalah salah satu dari dua paket perangkat lunak pengeditan video yang digunakan oleh para profesional top, mulai dari video YouTube dan iklan hingga acara TV atau film blockbuster. Sedangkan yang lainnya adalah Final Cut Pro. Jadi bagaimana Anda memilih di antara mereka? Pilihan Anda akan tergantung pada sejumlah faktor, tetapi yang pertama dan paling jelas adalah Final Cut Pro hanya tersedia untuk Mac. Jadi jika Anda seorang profesional yang menggunakan Windows, bisa dikatakan bahwa Premiere Pro adalah perangkat lunak pengedit video terbaik untuk kebutuhan Anda.

  • Final Cut Pro X

    Platform: Mac | Key features: Muti-cam editing, intelligent colour balancing | Free trial: 90-day (limited time offer) | Sesuai untuk : Video editing professional dan siswa
     

    Sulit untuk mengatakan bahwa Final Cut Pro X lebih baik secara keseluruhan daripada Premiere Pro, atau sebaliknya, karena keduanya adalah alat yang sangat dihormati yang digunakan di seluruh industri. Namun, ada beberapa perbedaan yang jelas di antara keduanya untuk membantu Anda memilih, dan salah satunya adalah kenyataan bahwa Final Cut Pro X bebas langganan. Jadi, jika Anda adalah pengguna Mac (catatan: tidak ada versi Windows) dan tidak menyukai langganan Creative Cloud yang tidak pernah berakhir, Final Cut Pro X memungkinkan Anda membayar hanya sekali dan penggunaan yang unlimited.

  • Adobe Premiere Elements

    Platform: Windows and Mac | Key features: Video stabilisation, face detection, automatic motion tracking | Free trial: Yes | Sesuai untuk : Pemula dan penggemar pengeditan video
     

    Mungkin Anda bukan seorang profesional dan tidak memiliki ambisi untuk menjadi profesional, tetapi hanya ingin mengedit beberapa video untuk bersenang-senang, seperti rekaman keluarga atau saluran YouTube Anda. Atau mungkin Anda berpikir untuk menjadi seorang profesional suatu hari nanti, tetapi ingin beberapa perangkat lunak pengedit video yang mudah digunakan untuk Anda mulai? Untuk tujuan seperti itu, Adobe Premiere Elements adalah pilihan yang bagus.

  • Corel VideoStudio Ultimate

    Platform: Windows | Key features: Real-time effects, colour correction | Free trial: 30-day | Sesuai untuk : Pemula
     

    Adobe mungkin mendominasi banyak video editing diluar sana, tetapi jika Anda seorang pemula yang ingin memulai dengan perangkat lunak pengeditan video, ada banyak opsi lain untuk dipilih. Jadi, ada baiknya Anda mencoba Corel VideoStudio Ultimate, terutama jika Anda sudah terbiasa dengan software ilustrasi dan desain grafis Corel.

  • Filmora9

    Platform: Windows, Mac | Key features: 4K support, built-in effects and titles | Free trial: Free version available | Sesuai untuk : Penggemar video amatiran
     

    Filmora9 Wondershare adalah alat pengeditan video yang cukup kuat untuk penggemar editing video amatiran, atau mereka yang baru memulai pengeditan. Antarmuka yang intuitif seharusnya memudahkan untuk memulai, dan ada judul, efek, dan filter bawaan yang dirancang untuk para YouTuber pemula. Ada juga perpustakaan efek suara dan musik bebas royalti untuk memberi pengaruh pada video Anda dengan ditambah kemampuan untuk merekam media Anda sendiri untuk disertakan, langsung di dalam alat.

  • KineMaster

    Platform: Android, iOS | Key features: Instant preview, smart effects | Free trial: Free app | Sesuai untuk : Pemula dan penggunaan profesional ringan
     

    Jika Anda berpikir bahwa mencoba mengedit video pada smartphone atau tablet Anda adalah latihan yang tidak ada gunanya, KineMaster akan membuat Anda berpikir ulang. Tersedia untuk perangkat Android, iPhone, dan iPad, ini adalah opsi perangkat lunak pengeditan video terbaik untuk Android (gratis atau berbayar), karena kemampuannya jauh di atas dan melampaui apa yang Anda harapkan dari aplikasi seluler biasa.

  • Vimeo Create

    Platform: Browser, iOS, Android | Key features: Templates, stock content, intuitive interface | Free trial: 30 days | Sesuai untuk : Pemula
     

    Setelah mengakuisisi editor video bentuk pendek Magisto pada tahun 2019, Vimeo meluncurkan Vimeo Create, sebuah aplikasi baru yang ditujukan untuk bisnis yang ingin menghasilkan video media sosial yang terlihat profesional. Mereka yang tidak memiliki pengalaman perangkat lunak pengeditan video dapat menggunakan dan menyesuaikan template video yang telah disiapkan sebelumnya, dengan jutaan klip video, foto, dan trek musik berlisensi komersial yang tersedia untuk digunakan secara gratis.

 

Baca Juga :     Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika video belum menjadi bagian penting dari strategi pemasaran konten Anda, kemungkinan besar hal itu akan terjadi mengingat saat ini banyaknya konten video lebih diminati. Konten web beralih ke video meski secara SEO dan pemasar konten suka atau tidak. Hampir 50% pemasar (marketer) menambahkan saluran YouTube dan Facebook untuk distribusi video yang sepertiga dari aktivitas online dihabiskan untuk menonton video. Semua video itu sendiri diproyeksikan menyumbang lebih dari 80% dari semua lalu lintas internet pada 2019.

Ini membuat pemula dan penggemar video juga tertarik untuk memproduksi video mereka sendiri. Anda juga dapat menggunakan laptop, PC hingga ponsel untuk melakukan editing. Namun meski Anda pemula maupun profesional, menggunakan aplikasi edit video terbaik tentunya akan menambah nilai dan kesan kuat baik pada film pendek, video liburan keluarga hingga konten YouTube Anda.

 

 

Related Post :

popup image