Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer/Laptop [LENGKAP]

Development & Security, Tutorial / 4 | | 0

Dalam melakukan pekerjaan sehari – hari , kita memerlukan tempat penyimpanan yang aman untuk menyimpan data penting yang telah kita oleh. Misalnya data pekerjaan, data pribadi maupun file – file berharga lainnya. Namun, apa ajadinya jika file yang anda simpan di dalam laptop atau komputer hilang?

Anda pasti akan mencari kembali file yang anda simpan dengan fitur ‘search’ pada file. Namun, jika file yang anda cari tidak ditemukan juga maka anda harus melakukan pencarian file di dalam laptop anda dengan cara lain.

Data yang terhapus atau hilang biasanya akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih lama. Bukan hanya itu saja, bisa – bisa atasan anda marah karena file yang di minta hilang. Jangan khawatir, artikel ini akan memuat tentang cara mengembalikan file yang terhapus di komputer.

 

Cara Backup Konvensional 

Metode ini bisa mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop tanpa menggunakan software dan bisa digunakan untuk Windows 7, 8 dan 10. Tapi cara ini hanya bisa digunakan jika kalian memiliki data backup terbaru di Windows backup berikut ini:

Menggunakan Backup dan Restore

Pertama gunakanlah aplikasi bawaan dari laptop anda yaitu Backup dan Restore. Yuk simak langkah – langkahnya berikut ini :

 

1. Caranya dengan klik menu Start dengan lambang Windows

 

2. Kemudian pilih Control Panel

 

3. Setelah itu pilih opsi System and Maintenance dan pilih Backup and Restore.

 
 

4. Klik backup, maka tunggu hingga selesai proses backup. kemudian file yang terhapus akan ditemukan. selesai

 

Baca Juga : Mengenal Data Center Indonesia

 

2. Menggunakan Recycle Bin

Menggunakan Recycle Bin pada bawaan laptop yang terdapat di laptop anda. akan membuat anda lebih mudah untuk mendapatkan file yang terhapus berikut ini :

– Cari file yang Anda butuhkan, coba ingat-ingat nama file-nya dan ketik di kolom Search.

 

– Kalau sudah ketemu, coba klik kanan kemudian klik opsi “Restore” untuk mengembalikan file-nya itu

 

– Jika anda sudah melakukan beberapa langkah diatas. Maka, windows anda akan melakukan mengembalikan file tersebut secara otomatis ke tempat file yang pertama kali anda letakkan. 

 

Cara Menginstall Aplikasi Tambahan 

Nah, apabila langkah – langkah sebelumnya data anda masih belum berhasil dikembalikan. anda dapat mencoba langkah – langkah berikut ini :

Metode Restore Previous Versions

 

Jika kalian menggunakan laptop dengan Windows 7, 8 atau 10, kalian bisa mengembalikan file yang terhapus permanen dengan mengembalikan versi sebelumnya. Tapi, pastikan fitur File History kalian sudah aktif sebelumnya.

Cara mengembalikan filenya dimulai dengan mencari folder tempat file atau folder yang telah terhapus secara permanen. Klik kanan di folder tersebut dan pilih opsi Restore previous versions.

Kalian akan melihat daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen.

 

Wise Data Recovery

 

Cara Mengembalikan File yang terhapus di Komputer berikutnya adalah dengan menggunakan sofware gratis yang bernama Wise Data Reocvery, sofware gratis ini terbukti sangat membantu untuk menggenbalikan file-file yang tidak sengaja terhapus, Wise Data Recovery sendiri merupakan sofware yang pertama kali ada pada tahun 2016 sampai dengan saat ini sofware ini masih menjadi pilihan bagi penggunanya.

 

Menggunakan Aplikasi Recuva

 

Sedikit berbeda dengan Wise Data Revocery Recuva sofware merupakan aplikasi yang sudah sejak tahun 2000-an hadir sebagai penyelmat bagi mereka yang tidak sengaja menghaspus beberapa file penting dalam PC ataupun laptop, jangan lupakan juga Cara mengembalikan File yang terhapus Di komputer menggunakan recuva terbilang cukup prakit terlebih aplikasi ini merupakan aplikasi/sofware gratis yang sudah cukup terpercaya.

 

  1. Download Recuva Terlebih dahulu dan install aplikasinya.
  2. Klik kanan kemudian tahan. Supaya Anda bisa lakukan “extract”.
  3. Setelah Anda selesai mengekstraknya, silakan buka folder Recuva yang ada dan pilih opsi yang memang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda.
  4. Selanjutnya, Aplikasi Recuva bisa dibuka lewat Wizard. Ikutilah seluruh langkah yang diajukan oleh Wizard. Lalu Anda buka Recuva dengan cara klik opsi bertulisan “Next.”
  5. Kemudian, Aplikasi Recuva akan memberikan pilihan soal tipe file yang Anda mau kembalikan, Coba Anda klik opsi bertulisan “All Files”. Nah jika Anda pilih opsi itu maka Anda bisa kembalikan semua jenis file, mulai dari email, foto, video, dan semua jenis yang lain-lainnya.
  6. Klik opsi bertulisan “Next”.
  7. Setelah itu, aplikasi Recuva akan meminta lokasi atau tempat penyimpanan file hilang yang Anda cari. Jika anda tidak ingat dimana penyimpanan file terakhir, maka Anda pilih opsi “I am not sure.” Namun, bila Anda ingat tempat penyimpanan sebelumnya, klik opsi “In a specific location” kemudian browse tempat file yang hilang itu. Setelahnya, klik lagi “Next.”
  8. Klik “Start” dan tunggu proses instalasinya yang sedang berlangsung.
  9. Akan muncul menu “Welcome to the Recuva Wizard”, program ini akan membujuk Anda untuk menginstall aplikasi lain bernama CCleaner. Jika memang tidak butuh dan tidak mau install CCleaner atau aplikasi lainnya yang ditawarkan itu, hapus saja semua centang pada kolom yang di menu.
  10. Lalu, buka Recuva Wizard dari komputer Anda, lalu pilih jenis file apa yang mau Anda kembalikan nantinya, apakah itu file berupa gambar atau video atau lainnya. Lalu klik “Next”.
  11. Nah, anda bisa langusng mencoba tentukan tempat penyimpanan file yang terhapus itu supaya Anda bisa mempercepat proses pencarian file hilang yang Anda cari.
  12. Kalau sudah yakin tempatnya klik “Next”. Kalau tidak coba klik “I’m Not Sure”. Ini bisa bantu Recuva dalam menyortir file di seluruh lokasi komputer walau ya memang  perlu waktu yang cukup lama.
  13. Untuk memulai proses pencariannya, coba centang di kolom sebelah opsi bertulisan “Enable Deep Scan”, dan klik “Start”. Di sini bakal makan waktu lebih lama lagi, tapi Anda harus bersabar supaya file Anda bisa dicari oleh Recuva.
  14. Kalau sudah muncul semua hasil sortir, pilih saja langsung file mana yang ingin Anda kembalikan. Caranya centang kolom di file-file yang mau dikembalikan. Terakhir coba klik kanan dan pilih opsi bertulisan “Recover Highlited”, akhiri dengan klik opsi bertulisan “Recover”.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Big Data : Sejarah, Cara Kerja dan Peluang Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup 

Sering kali Data yang hilang akan membuat kita tidak nyaman. Apalagi jika laptop anda sering error dan bermasalah. Hal ini tentu juga akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih lama. Untuk itu IDCloudHhost Storage hadir sebagai solusi digital penyimpanan di laptop anda.

Dengan Menggunakan IDCloudHost Storage anda dapat menyimpan file dan menjaganya di tempat aman diluar dari laptop anda. IDCloudHost StorageMerupakan sebuah perangkat lunak cloud Storage yang dapat membuat dan menggunakan layanan hos berkas.

Layanan Nextcloud IDCloudHost akan membantu anda dalam menyimpan data dalam jumlah besar dengan aman, nyaman dan fleksibel. Cukup membayar hanya Rp 30.000 saja semua fitur canggih ini, akan berada didalam ponsel atau laptop anda.

Related Post :