Cara Mengetahui Apakah Domain Anak Reseller Sudah Bisa Diakses atau Belum

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Mempunyai domain milik pribadi merupakan hal yang sudah Anda idamkan dari dulu, namun entah kenapa domain yang Anda punya ternyata tidak dapat diakses. Ini terjadi setelah Anda mendapatkan aktivasi domain baru, domain anak reseller atau baru saja mengubah dan melakukan konfigurasi baru. Setelah menyimpan semua konfigurasi itu, situs web Anda pun tidak lagi bisa diakses.

Anda pun juga telah mengulang konfigurasi baru lagi tetapi ketika Anda mencoba akses kembali, sayangnya belum ada perubahan berarti. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah apakah domain Anda sudah terhubung dengan server hosting? Atau adakah kendala lain yang menyebabkan domain Anda tidak bisa muncul?

Biasanya masalah atau kendala website yang tidak bisa diakses setelah aktivasi baru atau melakukan konfigurasi baru karena domain sedang memasuki masa resolve. Masa resolve ini sendiri adalah masa dimana domain Anda sedang berada pada proses indeks atau dikenali oleh internet yang membuat domain Anda berhenti dari cara akses seperti biasanya.

 

Penyebab Munculnya Kendala Resolve DNS

Cara Mengetahui Apakah Domain Anak Reseller Sudah Bisa Diakses atau Belum

Dibawah ini adalah beberapa yang menyebabkan munculnya kendala resolve DNS yang harus Anda ketahui :

  1. DNS pada server hosting gagal melakukan resolve ke cluster DNS.
  2. Nameserver sudah dalam posisi benar namun A Record masih mengarah pada server yang lain.
  3. Nameserver tidak dapat terbaca di internet.

Untuk mengecek sebuah domain sudah melalui masa resolve atau belum, Anda juga dapat menggunakan beberapa tools khusus yang bisa Anda temukan di mesin pencari. Anda dapat mengecek domain Anda dengan tools pengecekan seperti intodns(dot)com dan whatsmydns(dot)net yang memberikan kemudah pengecekan yang tidak terlalu rumit. Anda tinggal memilih salah satu dari 2 tools yang telah disebutkan tadi dan input nama domain Anda pada kolom yang mereka sediakan.

Baca Juga :  Cara Setting Child Nameserver untuk Reseller Hosting

 

Cara Mengetahui Apakan Domain Anak Sudah Bisa Diakses atau Belum

Cara Mengetahui Apakah Domain Anak Reseller Sudah Bisa Diakses atau Belum
 

Berhubung penyebab kendala munculnya resolve DNS disebabkan oleh 3 hal, maka kita akan memahami setiap kendala yang ada dan mengikuti setiap langkah penyelesaiannya satu- persatu.

Cara Mengatasi Kendala Server Hosting Gagal Resolve ke Cluster DNS

Untuk mengatasi kendala pertama DNS di server hosting tidak berhasil resolve ke cluster DNS, Anda dapat mengeceknya secara cepat dengan menggunakan kemudahan dari intodns(dot)com. Disini Anda hanya perlu memasukkan nama domain Anda dan apabila Anda menemukan hasil pengecekan yang berwarna merah, maka ikuti langkah penyelesaian kendala reseller hosting di bawah.

  1. Masuk ke laman WHM cPanel Anda.
  2. Akses menu Synchronize DNS Zone pada cPanel tadi.
  3. Jika Anda menggunakan VPS, isi kolom yang bertuliskan Synchronize One Zone To This Server Only saja.
  4. Apabila Anda menggunakan paket domain anak reseller, maka isi kolom pada bagian Hosting Synchronize One Zone To All Servers saja.
  5. Jika Anda sudah mengisi seperti yang diminta, silahkan tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan intodns(dot)com yang menunjukkan record DNS yang tidak lagi berwarna merah terutama pada bagian sisi A Record dan MX Record.
  6. Kemudian Anda bisa mengakses menu WHM Anda di DNS Zone Editor.
  7. Lalu pilih domain anak reseller yang hendak Anda resolve.
  8. Langkah terakhir adalah menyimpan semua konfigurasi ini dengan menekan tombol Save tanpa melakukan perubahan apapun agar DNS dapat terbaca di cluster DNS.

Baca Juga :   Tutorial Cara Setting Domain Forwarding

 

Cara Mengatasi Kendala Nameserver Benar tapi A Record Masih Mengarah ke Server lain

Selanjutnya adalah mengatasi kendala yang disebabkan oleh A Record yang masih mengarah ke server yang lain.

  1. Anda dapat menggunakan langkah ke-3 dan ke-4 dari langkah penyelesaian kendala diatas yaitu dengan synchronize domain dan apabila masih belum memahaminya Anda bisa mencoba langkah ke-7 dengan mengecek IP record DNS.
  2. Lakukan pengeditan pada Edit IP sesuai dengan server yang benar sedangkan IP yang dimaksud adalah yang telah ditandai pada kotak di jajaran ke-4.
  3. Pada kotak IP, Anda bisa mengubahnya sesuai dengan IP server hosting dari domain Anda.

Baca Juga :   Cara Mengarahkan Domain ke A Record atau IP Public

 

Cara Mengatasi Kendala IP, Konfigurasi cPanel dan Cek Domain

Terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kendala pada IP, konfigurasi cPanel serta mengecek domain.

  1. Untuk mengatasi kendala nomor 3 ini Anda dapat mengecek melalui intodns(dot)com dan apabila Anda menemukan peringatan error yang berwarna merah, maka itulah penyebabnya.
  2. Cara selanjutnya adalah mengecek apakah konfigurasi child nameserver Anda sudah benar begitu juga IP yang Anda gunakan.
  3. Agar menambahkan pengecekan yang lebih lanjut, Anda perlu memeriksa dari sisi konfigurasi Anda yang berada pada cPanel serta juga dari sisi domain Anda.

Baca Juga :   Tips Cara Mendapatkan Domain Gratis dan Cara Menggunakannya

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah tadi beberapa penyebab yang mungkin saja menjadi penyebab domain anak reseller Anda atau aktivasi domain baru Anda tidak bisa diakses. Semua penyebab di atas juga dapat membantu Anda mengetahui apakah domain anak reseller Anda sudah bisa diakses atau belum sejak dari Anda membuatnya pertama kali.

Selain itu tentu ada masalah serta kendala lain yang membuat situs web Anda tidak bisa di indeks atau ditemukan di mesin pencarian internet. Tapi jangan khawatir karena bisa jadi situs web atau domain Anda sedang memasuki masa resolve untuk mengevaluasinya lebih jauh lagi.

Tetapi tidak dapat dihindari juga kalau kendala domain anak reseller tidak dapat diakses karena adanya konfigurasi yang tidak sesuai. Jadi jangan kuatir, tentukan masalah Anda dari ke-3 masalah yang diatas dan ikuti langkah- langkah penyelesaiannya dengan seksama. Serta jangan risau karena masa resolve juga biasa muncul setelah adanya registrasi domain.

 

 

 

Related Post :