Cara Mengarahkan Domain ke A Record atau IP Public

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Tidak jarang seorang pengguna ingin mengarahkan domain mereka ke A Record mau pun kepada IP Public meski mereka membeli hosting di tempat lain ke server mereka sendiri. Pengguna juga bisa mengarahkan subdomain mereka tertentu pada domain tersebut seperti mail(dot)namadomainanda(dot)com ke server milik sendiri.

Ini bukan hal mustahil yang bisa dilakukan siapa saja bagi pemilik situs web dan domain. Anda dapat mengarahkan domain Anda ke A Record atau bahkan IP Public demi memudahkan kunjungan umum. Cara ini lazim digunakan untuk situs web yang ramai dikunjungi atau untuk kepentingan yang bersifat umum dan massal.

Alamat IP Anda akan dapat disingkat sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat mencarinya dengan menggunakan nama singkat saja. Namun sebelum mengikuti langkah untuk mengubah domain lebih lanjut lagi, mari ketahui mengenai A Record dan IP Public lebih dahulu dan atas alasan apa saja sebuah domain pantas untuk diarahkan.

 

Mengenal Apa Itu A Record

A Record adalah sebuah pencatatan rekor yang mempunyai cara kerja atau tugas untuk mengarahkan serta memetakan nama domain menjadi IP Address. Secara garis besar, A Record berfungsi untuk menemukan IP Address yang telah terkoneksi ke internet dengan melalui nama singkat saja.

Huruf A pada A Record berarti Address atau alamat. Ini berkaitan dengan tiap kali adanya kunjungan pada situs web, mengirim dan menerima email, maupun terhubung ke platform media sosial sekalipun, alamat yang dimasukkan adalah merupakan serangkaian kata yang terhubung dengan dots (titik- titik).

Seperti contohnya, untuk dapat mengakses suatu situs web, maka Anda perlu memasukkan alamatnya yaitu www(dot)namasitusweb(dot)com. Pada server kemudian ada catatan A yang akan mengarah pada alamat IP dengan angka, semisal 0.0.0.0 tertentu sebagai IP Address dari Google. Maka ini berarti permintaan dari browser Anda ke situs web yang dimaksud akan diarahkan ke server dengan alamat IP 0.0.0.0.

 

Mengapa Domain Diarahkan Ke A Record atau IP Public

Cara Mengarahkan Domain ke A Record atau IP Public
 

Sebuah domain akan diarahkan ke A Record atau IP Public, apabila domain tersebut :

  • Domain memiliki server web-nya tersendiri yang telah memiliki IP Public sehingga perlu adanya pengarahan domain tadi ke IP server milik sendiri yang sudah ada.
  • Domain memiliki server dengan service tertentu, misalnya memiliki server email yang telah terinstalasi dengan Zimbra. Ini membuat subdomain mai(dot)namadomain(dot)com menjadi diarahkan ke dalam server Zimbra tadi.
  • Subdomain ingin diarahkan kepada hosting lain yang berbeda.

Baca Juga :   Tips Cara Mendapatkan Domain Gratis dan Cara Menggunakannya

 

Cara Mengarahkan Domain Ke A Record

A Records adalah salah satu cara yang untuk mengarahkan domain Anda ke hosting situs web Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menambahkan A Record adalah untuk memastikan bahwa Anda menggunakan server nama standar www(dot)namadomain(dot)com (komputer mana yang mencari catatan DNS Anda ke tempat semua catatan.). Setelah Anda berada di name server Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Masuk ke akun www(dot)namadomain(dot)com Anda.
  2. Klik pada tombol Domain Saya (My Domain), yang terletak di sudut kanan atas.
  3. Klik pada nama domain yang ingin Anda buat menjadi A Record.
  4. Klik Kelola Catatan DNS.
  5. Pada tahap ini, Anda akan menambahkan A Record yang diinginkan, biasanya disediakan oleh penyedia situs web atau host Anda. Jika Anda diberi alamat IP maka biasanya Anda akan membuat dua A Record.

 

Sedangkan 2 A Record yang dimaksud adalah :

  • Catatan A Record pertama

    Biarkan menu drop- down Type sebagai A. kosongkan bidang yang bertuliskan Host, lalu salin dan tempel (copy dan paste) alamat IP ke dalam bidang atau kotak jawaban. Kemudian klik tombol Add Record yang berwarna biru.

  • Catatan A Record kedua

    Pada record kedua ini, Anda dapat mengikuti langkah- langkah yang sama seperti pada catatan pertama, hanya saja pada bidang kolom Host Anda bisa menambahkan simbol (*).

Baca Juga :  Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

 

Cara Mengarahkan Domain ke IP Public VPS

Langkah lainnya adalah mengarahkan domain Anda ke IP Public yang bisa Anda terapkan sebagai berikut :

  1. Login ke halaman member area dan kemudian pilih domain yang hendak dan ingin Anda setting.
  2. Masuk ke menu DNS Management untuk dapat menambahkan Record IP to Domain.
  3. Atur setting @ dan kemudian arahkan kepada IP Public VPS.

Baca Juga :   Cara Setting Child Nameserver untuk Reseller Hosting

 

Cara Mengarahkan Domain ke IP Berbeda

Cara Mengarahkan Domain ke A Record atau IP Public
 

Cara lain yang bisa Anda coba adalah mengarahkan domain Anda ke IP yang berbeda dengan mengikuti langkah :

  • Login ke Client Area Anda

    Buka www(dot)namadomain(dot)com pada browser Anda, lalu input username dan password Anda. Username dan password ini adalah bagian akun pada saat Anda mendaftar sebelum melakukan pembelian domain atau hosting.

  • Memilih atau menentukan domain

    Setelah masuk Anda akan diarahkan ke dashboard client area Anda. Pada tahap ini di client area Anda bisa mengetahui produk apa saja dan untuk mengarahkan domain ke IP yang berbeda klik pada tombol Domains. Tentukan domain mana yang ingin Anda arahkan, kemudian beri tandang centang pada domain yang dipilih dan klik domain tersebut.

  • Menambahkan A Record

    Kemudian pilih pada tab Addons, pada bagian DNS Zone Manager klik pada Manage DNS. Jika Anda ingin menambahkan record baru, Anda dapat mengklik Add New Record. Apabila nama domain tersebut sudah tersedia, klik pada Edit di nama domain. Disini pastikan pada bagian Type telah tertulis A Record. Kemudian pada kolom Destination masukan IP Address yang ingin dituju. Setelah semua sudah terisi, maka klik pada tombol Apply Modification.

  • Domain telah berhasil diarahkan

    Disini jika step yang Anda ikuti telah benar maka domain telah berhasil diarahkan ke server lain. Anda dapat mengarahkan domain Anda ke hosting atau VPS yang berbeda tempat hanya saja tetap pastikan name server yang Anda gunakan adalah Use Default Nameserver.

Baca Juga :  Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah tadi langkah- langkah mengarahkan domain yang bisa Anda ikuti satu persatu. Pastikan kondisi yang diperlukan untuk melakukan pengarahan ini sudah Anda pahami dan penuhi. Anda harus telah memiliki server web sendiri yang telah juga memiliki IP Public serta punya server dengan service tertentu pulan

Selain itu Anda juga telah mempunyai subdomain yang ingin Anda arahkan kepada hosting lain sebelum Anda bisa benar- benar dapat mengarahkan domain ke A Record atau pun IP Public. Karena jika persyaratan diatas belum terpenuhi, Anda akan mengalami kendala dalam mengarahkannya. Oleh sebab itu, periksa kembali keaktifan domain Anda untuk memperlancar pengarah domain.

Related Post :

popup image