Cara Menggunakan VPN Untuk Mengakses Website Tertentu

Informasi / 0 | | 0

Internet saat ini telah menjadi kebutuhan wajib masyarakat. Bahkan, di Indonesia pengguna internet sudah mencapai 73,7 persen dari keseluruhan populasi pada tahun 2022. Sangat banyak, bukan? Namun, pernahkah Anda tak bisa membuka sebuah website ketika sedang mengakses internet? Maka Anda wajib mengetahui cara menggunakan VPN berikut ini.

Awalnya, VPN hanya digunakan sebagai tools untuk menghubungkan jaringan dalam sebuah gedung atau perkantoran. Namun, seiring perkembangan teknologi penggunaan VPN jadi semakin luas. Saat ini Anda bisa menggunakannya untuk mendapat koneksi secara aman dan remote.

VPN menyediakan koneksi antar jaringan yang bersifat pribadi. Dengan menggunakannya, data-data Anda akan terlindungi dan website akan mendeteksi Anda dengan IP Address yang baru. Sesuai namanya, Virtual Private Network menyediakan enkripsi data yang hanya dapat dilihat dengan cara khusus saja.

Salah satu kegunaan VPN adalah untuk membantu Anda mengunjungi website-website tertentu tanpa adanya pembatasan akses. Bagaimana cara menggunakannya? Simak langkah-langkahnya berikut ini, ya.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan VPN (Virtual Private Network) Bagi Pengguna Online yang Aktif

Apa itu VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yakni sebuah layanan yang memungkinkan pengguna agar dapat mengunjungi website melalui server jaringan lain. Layanan ini dapat Anda gunakan baik melalui smartphone maupun komputer.

Cara kerja VPN adalah dengan menghubungkan perangkat Anda dengan perangkat lain di tempat yang berbeda. Sehingga, Anda dapat mengakses internet dengan koneksi dari tempat tersebut. Di beberapa layanan VPN, hal ini membuat Anda seolah-olah mengakes internet dari negara lain.

VPN berguna memberikan Anda koneksi yang aman dan private dengan cara yang mudah. Dengan menggunakannya, Anda bisa mengunjungi website secara anonim dan memiliki alamat IP baru. Tidak hanya untuk melewati pembatasan situs saja, VPN juga bermanfaat untuk mengamankan pertukaran data dan informasi pribadi saat Anda berselancar di internet.

Cara Mengakses Website Tertentu Menggunakan VPN Outline

cara membuka blokir website

Jangan khawatir karena website-website yang aksesnya dibatasi tetap bisa Anda akses dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini. Dengan cara membuka blokir website ini, website akan tetap mendeteksi lokasi pengunjung dari Indonesia, sehingga aman dari pemblokiran karena tidak dianggap aktivitas mencurigakan.

Outline adalah software open-source yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai website di seluruh dunia tanpa pembatasan akses. Karena sifatnya open-source, Anda bisa menggunakannya secara gratis dan turut mengembangkannya di platform GitHub.

Aplikasi ini tersedia dalam dua jenis, yakni Outline Manager untuk membuat server privat Anda sendiri, dan Outline Client yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai website dengan bantuan VPN. Dalam tutorial ini, kami menggunakan Outline Client.

Outline tersedia untuk berbagai platform, mulai dari Windows, Linux, MacOS, Android, dan iOS. Sehingga, Anda bisa menggunakannya baik di smartphone maupun di PC. Dalam tutorial ini, kami menggunakan langkah-langkah di smartphone Android sebagai contoh. Namun, Anda tetap bisa mengikuti cara membuka blokir website ini di berbagai platform karena langkah-langkahnya kurang lebih sama.

Baca Juga: Memahami VPN (Virtual Private Network) dan Caranya Dalam Melindungi Data Pengguna

1. Buka Google Play Store dan cari ‘Outline’. Jika sudah menemukan aplikasi ini, klik ‘Install’. Jika ingin menggunakan untuk PC, Anda dapat mengunduhnya langsung melalui website official Outline.


2. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat tampilan berikut ini ketika membuka aplikasinya. Masukkan accsess key yang Anda miliki, kemudian klik ‘Add Server’.

Access Key : ss://[email protected]:48598/?outline=1


3. Selanjutnya, klik ‘Connect’.


4. Selamat! Sekarang Anda sudah berhasil terhubung dan bebas mengunjungi berbagai website tanpa pembatasan akses.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Situs Free VPN Terbaik untuk PC yang Layak Dicoba

Penutup

Demikianlah langkah-langkah mengakses website-website tertentu menggunakan Outline VPN. Sangat mudah, bukan? Dengan cara ini, Anda bisa mengakses website apapun tanpa pembatasan. Outline dapat Anda gunakan untuk mendukung berbagai keperluan dan pekerjaan Anda karena memberikan koneksi yang aman dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari solusi cara membuka blokir website dengan mudah dan cepat.

 

Related Post :

popup image