Cara Menggunakan WordPress Bagi Pemula

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Website menggunakan WordPress sebenarnya cukup mudah, tetapi teman-teman pelaku UKM sebagai user baru, pasti tetap akan membutuhkan masa-masa adaptasi. Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Bagaimana Membuat Toko Online dengan WordPress secara Gratis Untuk Pemula yang selanjutnya pada postingan kali ini akan memperdalam lagi mengenai seluk beluk dari WordPress.

Jika teman-teman ingin mencoba secara gratis, bisa mendaftar di WordPress.com dan teman-teman dapat menggunakan fasilitas yang ada di sana. Atau teman-teman yang sudah membeli domain dan hosting di IDCloudHost.com, Layanan WordPress sudah disediakan di halaman Administrator sehingga teman-teman dapat langsung menggunakannya.

Nah, sekarang apa saja yang bisa kita pelajari dalam menggunakan WordPress ini? Disini IDCloudHost akan membahas mulai dari login ke halaman admin WordPress, mengatur layout website, mengganti tampilan, menambah aplikasi plugin, hingga cara menerbitkan artikel.

1. login ke halaman admin WordPress

Untuk login ke halaman admin WordPress “Klik” Login atau ketik: “wp-admin” di belakang nama domain teman-teman. Kemudian setelah berubah tampilan masukkan username dan Password kemudian “klik” login. Berikut adalah gambaran halaman Dashboard WordPress.

0

2. Mengganti tampilan

Dalam mengganti tampilan teman-teman dapat memilih berbagai macam tema di WordPress langsung. Tema-tema tersebut sudah cukup bagus untuk website pertama teman-teman. Teman-teman hanya perlu mengganti logo dan beberapa warna saja jika diperlukan.

01

3. Menambah aplikasi Plugin

Untuk menambahkan Plugin pertama “klik” Plugin >>Add New.

02

Kemudian ketik nama Plugin dan teman-teman akan melihat daftar plugin yang tersedia seperti contoh dibawah ini:

03

Silahkan pilih Plugin yang terbaik untuk pasang, kemudian klik link install Plugin. Maka akan muncul jendela pop-up dengan informasi plugin seperti dibawah ini:

04

jika benar plugin yang teman-teman pilih maka “klik” pada tombol Install Now yang berwarna merah. Setelah mengklik tombol itu, plugin akan terinstal.

04

4. Cara Menerbitkan Artikel

Untuk melakukan posting artikel, maka Anda cukup mengakses menu Posts >> Add New pada dashboard wordpress Anda dan Anda akan dibawa ke halaman posting artikel. Perhatikan screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

04

Setelah selesai, Anda dapat mem-postingnya langsung atau memasukkan ke kategori khusus. Jika belum membuat kategori, maka Anda dapat membuatnya saat posting. Perhatikan screen shot berikut:

04

Selanjutnya, klik Publish untuk melakukan posting

04

Selesai. Silahkan cek hasilnya di website Anda

materinya dirasa singkat, Namun harapan kami. ini bisa menjadi bekal teman-teman untuk mengeksplor WordPress lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Related Post :